Connect with us

Asam Urat

21 Obat Tradisional Rematik – Cara Membuatnya Murah dan Mudah

Published

on

OBAT tradisional rematik bisa menjadi alternatif tepat untuk menyembuhkan penyakit Anda. Penyakit rematik tidak boleh dipandang sebagai penyakit ringan. Rematik harus diobati hingga tuntas biar tidak sering kambuh.

Jika rematik Anda sering kambuh, aduuhh.. itu sangat mengganggu. Apalagi sakit Anda sampai kronis. Bisa tiap hari rematik kambuh.

Selain rasa nyeri yang sangat, rematik juga bisa membuat Anda tak bisa beraktivitas. Bagian sendi yang diserang penyakit rematik menjadi kaku dan sulit untuk digerakkan.

Lebih-lebih jika sendi yang sakit adalah bagian lutut. Sebab, lutut bertugas menyangga tubuh Anda. Jika lutut terserang rematik sehingga tidak bisa untuk berjalan, ya Anda harus istirahat total sambil menikmati, ehh.. menahan rasa sakit di sendi.

Rematik yang tidak diobati juga bisa menyebabkan kelumpuhan. Selain itu, jika rematik dibiarkan tanpa penyembuhan hingga berkembang menjadi rematik kronis, biaya pengobatannya bisa sangat mahal.

Sendi yang banyak terkena sakit rematik adalah sendi di pergelangan tangan, buku-buku jari, lutut dan engkel kaki. Sendi-sendi yang lain juga bisa kena rematik. Tetapi, kebanyakan kasus adalah empat lokasi sendi tersebut.

Bagaimana pengobatan sakit rematik yang manjur dan mudah pelaksanaannya? Obat tradisional rematik apa yang harus Anda minum?

Berbagai Kandungan dari Obat Tradisional Rematik dan Cara Membuatnya

Ya, Anda perlu memilih obat tradisional rematik karena murah, mudah mendapatkannya, bebas dari risiko efek samping dan bisa menyembuhkan sampai ke sumbernya.

Sebagai perbandingan, saya pernah sakit maag sampai belasan tahun. Obat resep dokter tidak bisa menyembuhkan maag saya. Meskipun saya sudah berganti dokter.

obat tradisional rematikjahe (sumber:kumpulanpenyakit.com)

Maag saya bisa sembuh total setelah minum obat tradisional dari tumbuhan. Ditambah pola makan yang baik, penyakit maag saya tak pernah kambuh lagi. Bagi Anda yang masih menderita maag, bisa coba cara saya untuk sembuh total dari penyakit maag.

Kembali ke masalah cara mengobati rematik dengan obat rematik alami. Setidaknya ada 20 obat tradisional rematik yang sangat baik untuk dikonsumsi biar rematik Anda bisa sembuh total dan tidak kambuh lagi.

Ke-20 tumbuhan untuk obat tradisional rematik adalah:

1. Obat Tradisional Jahe

Anda bisa memanfaatkan jahe untuk menyembuhkan rematik Anda. Jahe mengandung minyak atsiri zingiberena (zingirona), zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit.

Cara membuat obat rematik alami dari jahe adalah siapkan 1 atau 2 rimpang jahe. Selanjutnya, jahe dipanaskan di atas api atau bara api. Lalu, jahe ditumbuk hingga halus. Hasil tumbukan ditempelkan pada sendi yang terkena rematik.

Cara lain, ambil 1 atau 2 rimpang jahe. Jahe dipotong-potong dan kemudian ditumbuk (diremukkan). Setelah itu, bubuk jahe direbus dengan diberi sedikit gula dan madu biar rasanya segar dan nikmat. Rasa pedasnya bisa berkurang.

Minum sekali tiap hari sampai penyakit rematik Anda sembuh.

2. Kumis Kucing dan Meniran

Tanaman kumis kucing dan meniran juga bagus untuk mengobati rematik Anda. Kedua tanaman itu punya kandungan yang sangat baik untuk menyembuhkan sakit rematik dan asam urat.

Antara lain kalium, damar, tanin, filatin, hipofilatin, dan flavonid. Selain itu, juga punya kandungan senyawa osthosiphonin glikosida yang bisa membuang kelebihan asam urat di dalam tubuh Anda.

Cara membuat obat tradisional rematik dari tanaman kumis kucing dan meniran sangat mudah. Ambil beberapa daun kumis kucing dan daun meniran. Keduanya direbus sampai airnya mendidih.

Setelah air rebusan agak dingin, Anda bisa meminumnya. Anda bisa minum rebusan daun kumis kucing dan meniran tiap hari dua kali sampai rematik Anda sembuh total.

3. Mengobati Rematik dengan Kulit Manggis

Kulit manggis juga berkhasiat pengobatan sudah dikenal luas oleh masyarakat. Banyak penyakit yang bisa diatasi dengan konsumsi ramuan dari kulit manggis.

Cara membuat obat rematik dari kulit manggis adalah kulit manggis Anda potong kecil-kecil dan keringkan. Lalu, siapkan air panas 1 gelas dan masukkan kulit manggis yang sudah dikeringan ke gelas.

Hasilnya, warna minuman akan berubah keruh dan Anda bisa meminumnya. Tentu saja, setelah airnya agak dingin. Minum ramuan obat rematik dari kulit manggis tiap hari sampai penyakit rematik Anda sembuh. Ya, sembuh total 100%.

4. Cengkih Dipadu dengan Jahe: Obat Rematik

Anda juga bisa membuat obat rematik tradisional dari cengkih. Cengkih tidak hanya bisa untuk campuran dalam pembuatan rokok atau bumbu masak. Tetapi, juga berkhasiat untuk pengobatan.

Cengkih bisa untuk pengobatan stroke, kanker, migrain, rematik, dsb. Setidaknya ada 16 manfaat cengkih untuk kesehatan.

Cara memanfaatkan cengkih untuk mengobati rematik tidak sulit. Ambil cengkih secukupnya dan jahe yang telah dikupas atau dibersihkan. Setelah Anda lembutkan, hasilnya Anda oleskan di bagian sendi yang terkena penyakit rematik.

Lakukan rutin tiap hari sampai penyakit rematik Anda sembuh.

5. Obat Rematik Tradisional Akar Pepaya

Akar pepaya juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat rematik alami. Manfaat kesehatan lainnya adalah bisa untuk mengatasi sakit ginjal, mengobati saluran kencing, radang ginjal, cacingan, dsb.

Akar pepaya mengandung beberapa zat seperti papain, kimopapain, fitokinase, karpain, malsium maleat, asam malat, dan glikosida sianogenetik.

Cara membuat obat rematik dari pepaya adalah sediakan 5 potong akar pepaya. Pilih akar sebesar jari bayi. Potong kecil-kecil dan tambahkan 3 sendok makan bubuk lengkuas.

Bahan dari akar pepaya dan lengkuas lalu Anda rebus hingga airnya mendidih. Tambahkan sedikit gula aren. Minum air rebusan akar pepaya hingga rematik Anda sembuh.

6. Brotowali, Batangnya Lebih Berkhasiat

Rebusan brotowali juga bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan penyakit rematik. Cara membuatnya, ambil sekitar 15 batang tanaman brotowali dan rebus dengan menggunakan tempat rebus yang dibuat dari tanah liat.

Anda sebaiknya minum obat herbal brotowali 3 kali sehari untuk menyembuhkan sakit rematik.

Tanaman brotowali mengandung zat alkaloid dan pikroretin. Fungsi alkaloid untuk membunuh bakteri di bagian luka. Sedangkan zat pikroretin bisa merangsang kerja pada urat saraf di bagian pencernaan dan bisa menurunkan suhu tinggi saat Anda demam.

Bagian yang berkhasiat mengobati sakit rematik adalah pada batang yang segar. Ada beberapa jenis rematik yang bisa disembuhkan dengan minum rebusan tanaman brotowali.

Khasiat lain bisa menyembuhkan luka, kudis, demam, kencing manis, dsb.

7. Daun Seledri, Khasiat Bonggol Lebih Besar

Daun seledri tidak hanya berkhasiat untuk menurunkan darah tinggi. Daun seledri juga bisa untuk pengobatan rematik dan cuci ginjal. Daun seledri mengandung vitamin A, C dan K, zat besi dan fosfor.

Kandungan sodiumnya juga tinggi yang bisa menjaga kesehatan tubuh, termasuk bebas dari sakit rematik.

Selain daunnya, biji seledri juga bermanfaat untuk menyembuhkan rematik. Daun seledri bisa Anda konsumsi langsung setelah dibersihkan. Bisa pula dicampur dengan makanan lain sehingga rasa tak nyaman dari daun seledri tak terasakan.

Tetapi, bagian yang banyak kandungan apiin atau apiol sebagai zat yang bisa mengatasi rematik adalah bonggol daun seledri. Daunnya juga mengandung zat penyembuh rematik, tetapi kandungan apiin dan apiol lebih banyak di bonggol.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengambil bonggolnya lalu ditumbuk dan diperas untuk mendapatkan air perasannya (diekstrak). Lalu, air perasan dari bonggol seledri itulah yang Anda minum.

8. Daun Sirsak Punya Efek Kemoterapi

Anda juga bisa menggunakan daun sirsak untuk menyembuhkan rematik Anda. Daun sirsak mempunyai efek kemoterapi.dan bisa menghangatkan tubuh Anda.

Untuk membuatnya sebagai obat tradisional rematik, Anda bisa mengambil beberapa daun sirsak berwarna hijau tua dan merebusnya hingga air rebusan mendidih.

Setelah air rebusan daun sirsak dingin, Anda bisa meminumnya secara teratur selama dua minggu untuk menyembuhkan rematik Anda.

9. Daun Dandelion, Mengobati Rematik dengan Cepat

Daun dandelion juga sangat bagus sebagai obat tradisional rematik. Ramuan daun ini bisa mengatasi rematik Anda dengan cepat. Daun damdelion mengandung vitamin A dan C yang tinggi sehingga sangat efektif untuk mengobati rematik.

Kedua vitamin itu mampu memperbaiki kerusakan dalam tubuh dan mengeluarkan racun yang ada di dalam darah.

Cara membuat obat rematik dari daun dandelion adalah cukup dengan cara dikukus lalu Anda konsumsi. Lakukan beberapa kali sampai nyeri sendi Anda sembuh.

10. Lendir Lidah Buaya

Lendir lidah buaya juga berkhasiat untuk mengobati rematik. Ini berkat kandungannya berupa vitamin A,C,D dan E. Selain itu, juga mengandung asam folat, kalsium, magnesium, zat besi, dan beberapa mineral lainnya.

Sebagai tanaman antiinflamasi yang juga bisa mempercepat pertumbuhan sel baru, konsumsi lendir lidah buaya bisa memperbaiki kerusakan sel akibat rematik.

Selain itu, lendir lidah buaya juga bisa mengobati kerusakan tulang rawan dan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tulang rawan sendi.

11. Daun Singkong + Kapur Sirih dan Jahe

Anda juga bisa memanfaatkan daun singkong atau ketela pohon untuk obat tradisional penyakit rematik. Cara membuatnya juga mudah. Kandungan kimiawi daun singkong yang bisa menyembuhkan penyakit rematik adalah tannin, enzim, glikosida, kalsium oksalat dan perosidase.

Cara membuat obat rematik dari daun singkong adalah ambil 5 lembar daun singkong dan haluskan. Tambahkan kapur sirih dan 15 gr jahe merah biar daya sembuh atau khasiatnya lebih tinggi.
Hasil tumbukan daun singkong ditempelkan pada sendi yang nyeri karena rematik.

Bahan tanaman obat lain yang bisa untuk menyembuhkan penyakit rematik adalah:

12. Mustard oil dan kapur barus
13Akar Beluntas
14. Akar Sembung
15. Daun Landep
16. Tanaman Sosor Bebek
17. Kacang Kedelai Hitam
18. Daun Kentut
19. Daun Senggugu
20. Bengle/Panglai
21. Mengkonsumsi Singkong

Demikian bahan obat tradisional rematik yang bisa Anda buat sendiri. Anda tinggal memilih mana yang dirasa paling mudah untuk membuatnya dan besar khasiatnya.

Tetapi, jika Anda enggan membuat sendiri, ya Anda bisa membeli obat herbal rematik di toko-toko obat rematik online atau offline. Tentu saja, kualitasnya lebih baik daripada obat rematik buatan sendiri.

Jangan lupa untuk menghindari makanan yang menyebabkan sakit rematik. Semoga Anda sukses menyembuhkan rematik Anda.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.