Connect with us

Diet Sehat

13 Tips Olahraga Diet Sebelum Tidur Biar Sukses Menurunkan Berat Badan

Published

on

ANDA sering melakukan olahraga malam atau olahraga diet sebelum tidur? Jika ya, baca tips tentang cara terbaik melakukan olahraga diet sebelum tidur. Olahraga malam selain untuk membuat tubuh sehat, juga bisa menurunkan berat badan.

Berdasarkan pada berbagai penelitian, olahraga kapan pun sangat baik bagi kesehatan. Apakah Anda melakukan olahraga di pagi hari, siang hari, sore hari atau bahkan malam hari menjelang tidur, semua positif untuk kesehatan.

Bagi Anda yang sangat sibuk di siang hari, tentu waktu luang untuk berolahraga adalah malam hari sebelum tidur.

Ya, kapan pun waktunya, Anda harus melakukan olahraga. Sebab, olahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk membuat tubuh Anda sehat, termasuk olahraga diet untuk menurunkan berat badan.

Bentuk olahraga bisa disesuaikan dengan tujuan berolahraga, kondisi fisik Anda, waktu yang tersedia, dsb. Bisa olahraga senam, basket, bulu tangkis, futsal, fitnes dan bilyard.

Olahraga sebelum tidur diperlukan bagi Anda yang tidak punya waktu untuk olahraga pagi atau siang hari. Punyanya waktu untuk berolahraga pada malam hari. Ya, Anda harus berolahraga pada malam hari atau olahraga diet sebelum tidur.

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan olahraga sebelum tidur. Misalnya, efisiensi waktu, membakar kalori, membuat awet muda, bertambah sehat, memompa jantung dengan baik, menyehatkan paru-paru, membantu diet untuk menurunkan berat badan, menghabiskan racun dan toxin dalam tubuh, meningkatkan gerak otot, mengatasi gangguan tidur, dsb.

Tetapi, supaya olahraga Anda efektif dan benar-benar mampu membuat Anda sehat, mampu menurunkan berat badan, maka perhatikan 13 tips dan hal penting lainnya berikut ini.

olahraga diet sebelum tidur
sumber:acapoenya.blogspot.com

Perbanyak Minum Air Putih dan Selesai Olahraga Jangan Langsung Tidur

Apa saja 13 tips penting untuk berolahraga pada malam hari sebelum tidur?

1. Makan malam 2 – 3 jam sebelum berolahraga

Artinya, setelah selesai makan malam jangan langsung berolahraga. Tetapi, tunggu dulu 2 sampai 3 jam baru berolaraga malam.

2. Makan malam terbaik adalah sebelum pukul 19.00

Dengan makan malam lebih awal, proses pengolahan makanan oleh pencernaan bisa sempurna. Jika pemrosesan makanan tidak sempurna, maka sisa makanan akan menjadi lemak. Kian hari lemak akan menumpuk menjadi perut buncit.

3. Jangan makan malam dengan porsi besar

Mengapa? Karena tidak lama setelah makan malam, Anda akan berolahraga. Ya, makanlah dengan porsi sedang. Tetapi, Anda juga boleh makan malam setelah berolahraga.

4. Ada yang menyarankan sebelum berolahraga, Anda perlu makan kudapan ringan atau roti dengan selai

Setelah olahraga, makan makanan padat dan bergizi. Misalnya ikan salmon, ayam, telur, udang, kacang badam, pistachio, biji labu, dan biji bunga matahari.

Tetapi, jumlah makanan jangan berlebihan. Sebab, sebentar lagi Anda akan tidur. Bisa-bisa, lemak justru akan menumpuk di sekitar perut Anda.

6. Selesai olahraga malam jangan langsung tidur

Tetapi tunggu beberapa jam kemudian. Tujuannya supaya suhu tubuh yang tinggi saat berolahraga kembali turun menjadi normal. Detak jantung juga bisa kembali seperti ketika Anda beristirahat. Tingkat Andrenalin akan kembali stabil.

7. Lakukan olahraga sebelum tidur secara rutin

Ini penting supaya pengaruhnya terhadap penurun berat badan benar-benar nyata. Badan menjadi lebih sehat dan berat badan bisa turun.

8. Selalu minum air putih

Baik sebelum berolahraga, di tengah olahraga atau sesudah olahraga selesai. Dengan cara itu, tubuh Anda tidak akan kekurangan air atau terjadi dehidrasi.

7. Pilih olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh

Misalnya, Anda punya penyakit jantung, riwayat patah tulang, cidera, darah tinggi, dsb. Ini sangat penting supaya olahraga tidak membuat Anda menderita sakit. Olahraga sebelum tidur yang baik antara lain senam, basket, bulu tangkis, futsal, fitnes dan bilyard.

8. Sebaiknya pilih olahraga atau senam yang ringan

Ya, mulailah dengan olahraga ringan jika Anda belum terbiasa berolahraga, terutama olahraga malam. Tujuannya supaya Anda tidak kelelahan. Pada tahap awal, tentu Anda perlu melakukan penyesuaian. Seperti saat mulai olahraga, Anda perlu pemanasan sebentar. Tidak langsung melakukan olahraga utama. Demikian juga setelah olahraga selesai.

9. Olahraga malam sebelum tidur sebaiknya dilakukan di dalam rungan (indoor)

Mengapa? Sebab, udara malam yang dingin tidak baik untuk kesehatan tubuh. Kapasitas karbondioksida pada malam hari lebih tinggi dibandingkan pada siang hari.

10. Jangan langsung mandi setelah selesai berolahraga malam

Tunggu suhu badan Anda sudah dingin dan baru mandi. Keringat sudah mengering.

11. Olahraga diet sebelum tidur sebaiknya jangan dilakukan sampai larut malam.

Terbaik sampai jam 21.00 – 22.00. Ini adalah waktu paling ideal. Lebih dari itu, Anda bisa kurang tidur. Cara ini justru akan mengganggu kesehatan Anda. Misalnya berolahraga sampai pukul 02.00 dinihari.

12. Jangan paksakan berolahraga malam hari jika kondisi fisik tidak memungkinan

Misalnya, fisik terlalu lelah habis kerja sepanjang hari. Waktu olahraga malam juga jangan terlalu lama. Cukup berolahraga sekitar 30 menit. Anda sudah bisa membuat tubuh selalu sehat.

13. Mengonsumsi makanan kaya protein sebelum tidur

Cara itu bisa membuat metabolisme tubuh meningkat ketika Anda istirahat. Itu hasil penelitian Florida State University belum lama ini. Makanan kaya protein bisa membakar lemak dan karbohidrat dengan baik. Makanan kaya pritein, misalnya, telur, daging sapi, keju, yoghurt, dada ayam, gandum, dsb.

Demikian beberapa tips tentang olahraga diet sebelum tidur. Tujuannya untuk membuat Anda selalu sehat, termasuk untuk menurunkan berat badan. Tips ini sangat penting bagi Anda yang tidak punya waktu untuk berolahraga pada pagi, siang atau sore hari.

Padahal, olahraga untuk diet sangat penting untuk kesehatan tubuh dan mencegah datangnya banyak penyakit. Semoga artikel ini bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.