11 Olahraga untuk Mengecilkan Perut Pria dengan Mudah dan Cepat

Posted on

TIDAK hanya wanita, para pria juga perlu menghindari perut buncit. Mengapa? Selain biar bisa tampil nyaman, dengan perut ramping tentu akan membuat Anda selalu sehat.

Siapa yang tidak ingin hidup sehat? Ya, semua orang ingin sehat dan tampil trendi. Karena itu, olahraga mengecilkan perut pria juga sangat penting. Jika perut Anda tidak buncit, ya olahraga tetap perlu untuk menjaga agar perut tetap tak buncit.

Ini berarti setiap pria juga perlu menjaga agar perutnya tetap tampak ramping dengan rutin melakukan olahraga sebagaimana halnya para wanita.

Ya, setidaknya melakukan olahraga 4 kali dalam satu minggu. Tidak perlu olahraga yang berat seperti halnya atlet atau olahragawan. Anda cukup melakukan olahraga ringan. Yang penting olahraga rutin dan tiap berolahraga setidaknya selama 30 menit.

Lari pagi, jalan kaki di kompleks perumahan, jogging, senam, bersepeda, renang, dsb, bisa Anda pilih untuk mengecilkan perut pria.

Dengan rajin melakukan olahraga seperti itu, Anda juga akan terhindar dari berbagai penyakit. Misalnya, penyakit darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, stroke, sakit jantung, dsb.

Beberapa Tips untuk Mengecilkan Perut Pria

makanan sehatsumber:tipsterpercaya.net

Aduh, saya tidak punya waktu untuk olahraga. Berangkat kerja pagi sekali dan pulang sudah petang. Sampai rumah sudah lelah sehingga tak sempat berolahraga. Banyak orang tak melakukan olahraga dengan alasan seperti itu.

Supaya Anda bisa selalu melakukan olahraga sehingga selalu sehat, tips berikut ini bisa membantu.

Pertama: Anda harus punya kemauan untuk hidup sehat. Ini sangat penting sebagai motivasi agar Anda punya semangat tinggi untuk berolahraga.

Kedua: Pilih jenis olahraga yang bisa Anda lakukan dengan mudah untuk hidup sehat, termasuk senam.

Ketiga: Selalu mengonsumsi makanan sehat. Apalagi buat Anda yang sudah punya penyakit tertentu seperti darah tinggi, kolesterol, asam urat, dsb. Anda sebaiknya menghindari makananĀ  pantangan untuk sakit Anda. Misalnya, makanan penyebab perut buncit.

Keempat: Perbanyak minum air putih. Ini juga bisa membantu mengurangi lemak untuk jangka panjang.

Kelima: Istirahat yang cukup, hindari konsumsi alkohol dan hindari stres.

Keenam: Cek kesehatan secara periodik. Cek kesehatan jangan menunggu kalau sakit. Banyak orang menderita stroke karena tidak pernah cek darah tinggi, tidak pernah cek kolesterol, tidak pernah cek gula darah, dsb.

Orang bisa terkena penyakit jantung karena tak pernah cek kolesterol.

Wah, banyak sekali ya.. yang harus dijalankan. Jangan hitung angkanya. Pemberian nomor hanya untuk memudahkan Anda menjalankan berbagai tips itu agar selalu hidup sehat.

Perut buncit terjadi akibat banyaknya lemak yang tertimbun di sana. Jika lemak tidak diatasi atau dihilangkan, Anda bisa kena penyakit jantung, diabetes, dsb.

Salah satu cara mengikis lemak di sekitar perut, menurut Dr Samuel Oetoro, MS, SpGK, dengan rutin melakukan olahraga mengecilkan perut dan mengonsumsi makanan sehat. Dua hal itu sangat penting dan Anda harus selalu memperhatikan.

11 Daftar Olahraga Mengecilkan Perut Pria

olahraga mengecilkan perut priapush up (sumber:builtlean.com)

Berikut ini 11 olahraga mengecilkan perut pria yang bisa Anda pilih. Ya, pilih saja olahraga yang mudah dan ringan tetapi mampu mengecilkan perut Anda. Selain itu, pilih jenis olahraga yang tidak memerlukan biaya besar.

Yang penting Anda bisa mencapai hidup sehat. Kecuali Anda punya dana cukup dan ingin berolahraga dengan alat olahraga yang berkualitas dan nyaman. Banyak alat olahraga yang bisa Anda gunakan.

1. Melakukan Olahraga Push Up

Push up termasuk olahraga rakyat. Artinya, siapa pun bisa melakukan dan tidak memerlukan biaya banyak. Bahkan, push up bisa dilakukan di mana saja dan kapan suka tanpa menggunakan peralatan khusus.

Dengan push up, Anda bisa meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Selain itu, juga membuat otot makin kuat. Dari penelitian diketahui tingkat testosteron rendah bisa mengakumulasi lemak visceral yang membuat perut buncit.

Melakukan push up rutin bisa menjaga jumlah lemak di perut tidak menumpuk sehingga perut akan tampak ramping alias tidak buncit.

2. Jalan Kaki, Olahraga Aerobik Paling Murah

Dengan berbagai kendaraan bermesin seperti sepeda motor dan mobil, kini banyak orang malas jalan kaki. Tetapi, biar tubuh Anda selalu sehat, coba luangkan waktu untuk jalan kaki sehat.

Bisa tiap pagi, sore atau petang hari. Ya, kapan saja Anda punya waktu. Usahakan selalu jalan kaki sekitar 30 menit. Jika Anda melakukan olahraga ini secara rutin, selain perut buncit Anda bisa kempis, Anda juga sehat.

Jalan kaki merupakan olahraga aerobik yang paling murah. Tak perlu biaya khusus untuk jalan kaki.

3. Hula Hoop Bisa Membakar 100 Kalori/10 Menit

Tahu hula hoop? Olahraga ini juga cukup bagus untuk menurunkan perut buncit. Dengan olahraga hula hoop, Anda bisa membakar 100 kalori dalam 10 menit. Jika Anda berolahraga hula hopp 30 menit berarti Anda bisa membakar 300 kalori.

Michael Obama, istri mantan Presiden Amerika Serikat Obama, rajin melakukan hula hoop sehingga perut selalu ramping. Tiap hari ia melakukan gerakan hula hoop 30 menit dan bisa membakar 150 – 250 kalori.

Anda ingin coba? Sangat baik. Tetapi, syaratnya olahraga ini harus dilakukan rutin tiap hari. Jika tidak rutin, ya tidak ada hasilnya. Perut Anda tetap buncit.

4. Latihan Perut Klasik Crunch Perut

Latihan atau olahraga crunch merupakan latihan perut klasik. Latihan ini bisa membantu mengencangkan dan mengecilkan lingkar pinggang. Selain itu, olahraga chrunch juga melatih bagian depan otot perut.

Caranya adalah Anda telentang dengan kedua lutut ditekuk. Lalu, kedua tangan diletakkan di belakang leher dengan satu tangan di atas tangan yang lain. Siku tetap terbuka lebar.

Selanjutnya Anda angkat pundak beberapa sentimeter dari lantai. Anda akan merasakan otot-otot perut mengencang. Angkat lagi sekitar 3 cm sehingga punggung bagian atas juga terangkat.

Setelah itu, Anda turunkan punggung perlahan ke lantai. Lakukan 3 set 10 sampai 100 kali. Latihan selanjutnya, angkat kaki lurus ke atas atau tekuk seperti berada di atas meja.

5. Latihan Crunch Bergaya Naik Sepeda

Versi latihan crunch lainnya, yakni crunch bersepeda. Latihan crunch ini dilakukan dengan gerakan seperti orang bersepeda. Tujuan gerakan ini melatih sisi-sisi perut dan pinggul.

Posisi awak sama dengan posisi latihan perut klasik. Setelah berbaring dengan kedua tangan larus ke bawah, Anda angkat kedua kaki ke atas. Bersamaan dengan iut, angkat pula dada sampai pundak dari matras. Lalu, gerakan kedua kaki seperti oranbg mengayuh sepeda.

Siku tangan harus tetap terbuka lebar sehingga tenaga yang bekerja tetap perut seperti tujuan olahraga ini. Yakni, mengecilkan perut. Bukan mengecilkan leher. Ulangi gerakan serupa hingga 10 sampai 20 kali.

6. Back Up Menguatkan Otot Perut dan Punggung

olahraga back upwanita juga bisa back up (sumber:ihealthus.blogspot.nl)

Olahraga back up merupakan lawan dari push up. Olahraga ini bisa melatih otot perut dan otot punggung sehingga perut Anda menjadi rata dan ramping. Perut buncit secara bertahap bisa kempis.

Caranya Anda dalam posisi tengkurap dengan tangan lurus ke belakang. Lalu, angkat kepala dan daga hingga tidak menyentuh lantai. Setelah beberapa saat, Anda bisa menurunkan dada dan kepala sampai pada posisi semula.

Lakukan gerakan ini beberapa kali sampai Anda rasa cukup. Jika Anda melakukan gerakan ini rutin tiap hari, Anda akan sukses mengecilkan perut Anda.

7. Lakukan Jogging Pagi dan Sore

Olahraga mengecilkan perut pria lainnya adalah jogging. Olahraga ini juga mudah dilakukan dan tidak memerlukan biaya banyak. Bahkan, tanpa biaya.

Anda bisa melakukan jogging di mana saja dan kapan saja. Bisa melakukan di garasi, di ruang keluarga, di teras rumah, dsb.

Banyak manfaat dari jogging. Banyak orang menyukai jogging sebagai sarana membuat tubuh sehat, termasuk bebas dari perut buncit.

Jogging merupakan olahraga ringan. Tetapi, jika Anda melakukan jogging rutin, bukan hanya mampu mengecilkan perut, tetapi Anda akan terhindar dari banyak penyakit.

Dengan jogging rutin, Anda akan mampu membakar banyak lemak dalam perut. Dibantu dengan diet, Anda akan sukses mengecilkan perut pria.

8. Mengecilkan Perut dengan Olahraga Bersepeda

olahraga-bersepedasumber:katarik.com

Anda juga bisa mengecilkan perut dengan bersepeda. Kini, banyak sepeda olahraga yang sangat bagus dan trendi yang bisa Anda gunakan untuk membuat tubuh Anda selalu sehat, termasuk mengecilkan perut pria.

Yang penting lakukan olahraga sepeda dengan rutin tiap hari. Atau setidaknya 4 kali dalam satu minggu. Tiap bersepeda setidaknya lakukan selama 20 menit. Anda juga bisa bersepeda dengan keliling di kompleks perumahan.

Banyak kompleks perumahan yang dilengkapi dengan area olahraga atau area rekreasi keluarga. Jadi, bersepeda menjadi sangat nyaman sekaligus membuat fisik Anda sehat, termasuk perut Anda yang tadinya buncit bisa menjadi ramping.

9. Elliptical Trainer

Olahraga mengecilkan perut pria yang ini memerlukan perangkat yang tidak murah. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa datang ke pusat kebugaran. Anda bisa menggunakan elliptical trainer mechine yang tersedia dengan cara menjadi member atau peserta.

Anda bisa berlatih dengan intensif sehingga Anda bisa menurunkan perut buncit. Bahkan, juga menurunkan berat badan secara keseluruhan.

Tetapi, jika Anda punya dana, ya bisa memiliki elliptical trainer machine sendiri. Pilih saja elliptical trainer dengan harga murah dari Rp 1,5 juta – Rp 3 juta. Anda bisa memakai perangkat itu untuk sekeluarga sehingga manfaatnya lebih besar. Orang serumah bisa sehat semuanya.

elliptical trainerelliptical trainer (sumber:topfitnessmag.com)

10. Latihan Olahraga Kardio sampai Berkeringat

Anda bisa mengurangi lemak di dalam perut dengan melakukan latihan kardio. Anda bisa memilih latihan kardio sedang atau kardio intensif. Latihan kardio sedang, misalnya, melakukan jogging, berenang, latihan menggunakan mesin elliptical, senam aerobika dan bersepeda.

Ada baiknya Anda bergabung dalam klub olahraga sehat di tempat tinggal Anda. Atau menjadi member di pusat kebugaran. Biasanya mereka punya program latihan bersama yang dipandu oleh mereka yang sudah ahli. Dengan cara itu, program penurunan perut yang Anda lakukan bisa berjalan dengan baik.

Saat melakukan latihan kardio, Anda harus sampai berkeringat. Ini pertanda kardio Anda telah mencapai tujuan maksimal. Ini penting supaya olahraga kardio Anda benar-benar membawa hasil, yakni mengecilkan perut Anda.

Latihan kardio terdiri dari jogging, berenang, bersepeda, dan senam.

11. Perbanyak Aktivitas Fisik untuk Mengecilkan Perut Anda

Aktivitas fisik yang membuat tubuh Anda selalu bergerak juga menurunkan perut buncit Anda, baik pria ataupun wanita. Saat bekerja, misalnya, usaha tiap dua jam berdiri sejenak dan jalan ke sana kemari selama 5 menit.

Pergi mendatangi suatu acara di kompleks perumahan, coba jalan kaki saja. Tak perlu naik motor biar fisik Anda bergerak dan itu sehat.

Membersihkan kebun, menanam bunga atau tanaman lain di samping rumah atau depan rumah juga termasuk olahraga yang bisa Anda berkeringat yang berarti membakar banyak lemak. Ya, pokoknya banyak lakukan gerakan fisik.

Ya, silakan Anda menambah sendiri gerakan fisik yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan perut dan membuat sehat semua anggota tubuh.

Demikian artikel mengenai 11 olahraga mengecilkan perut pria. Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda kaum pria bisa selalu sehat dan produktif.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *