Connect with us

Obesitas

13 Jenis Olahraga Efektif untuk Mengecilkan Perut Wanita

Published

on

Oleh Ratna Silvi

OLAHRAGA mengecilkan perut wanita tidak sulit. Anda pun punya banyak pilihan. Pilih olahraga yang mudah tetapi efektif mengatasi perut buncit. Sesuaikan pilihan Anda dengan kondisi fisik Anda, khususnya perut buncit yang akan dikecilkan.

Sebab, berat badan Anda berbeda-beda. Tentu, perut buncit yang Anda ingin kecilkan juga tidak sama. Ya, pilih saja jenis olahraga yang Anda suka dan bisa menjalankannya secara rutin. Ini yang lebih penting.

Segala sesuatu jika dijalankan secara rutin, hasilnya bisa maksimal. Selain itu, juga akan terasa ringan. Olahraga mengecilkan perut wanita bukan sebagai beban tetapi sebagai kebutuhan.

 Rincian 13 Olahraga Mengecilkan Perut Wanita yang Bisa Anda Pilih

olahraga mengecilkan perut wanita
olahraga back up (sumber:seruni.id)

Berikut ini daftar 13 jenis olahraga yang bisa Anda pilih untuk  mengecilkan perut buncit Anda. Pilihan tidak harus satu, Anda boleh memilih beberapa jenis olahraga. Tentu saja, cara ini lebih baik karena bisa mempercepat usaha mengecilkan perut buncit Anda.

1. Olahraga Back Up

Olahraga mengecilkan perut wanita ini lebih praktis karena Anda bisa melakukannya di rumah. Baik di ruang keluarga, ruang garasi, teras atau tempat. Ambil matras atau alas apa pun untuk tempat latihan.

Tetapi, tanpa matras pun bisa jika lantai di rumah Anda memang nyaman dan bersih untuk melakukan back up.

Olahraga back up merupakan salah satu olahraga senam lantai yang bisa Anda gunakan untuk mengecilkan perut buncit. Caranya, Anda tengkurap dengan tangan ke belakang. Lalu, angkat ke atas bagian tubuh atas Anda, yakni dari dada sampai kepala.

Lakukan beberapa kali naik turun. Artinya, setelah bagian atas tubuh Anda terangkat ke atas, lalu turunkan. Setelah itu, kembali naikkan.

Anda juga bisa melakukan dengan mengangkat kedua kaki. Bisa juga dengan kedua tangan menjulur ke depan. Jadi, ada beberapa variasi gerakan yang bisa Anda lakukan.

Jadi, selain mampu mengecilkan perut buncit, olahraga back up juga bisa melatih otot pinggang, otot pantat, dan otot paha bawah.

Nah, Anda siap untuk melakukan olahraga back up? Ini adalah salah satu olahraga mengecilkan perut wanita yang cukup efektif. Tetapi, pria juga bisa melakukan olahraga ini.

Lakukan setidaknya 8 kali tiap berolahraga dan lakukan rutin tiap hari. Selain mengencangkan otot perut, olahraga ini juga bisa membakar banyak lemak di perut.

2. Mengecilkan Perut Wanita dengan Olahraga Sit Up

sit up

sumber:fispol.com

Sit up bisa dibilang sebagai kebalikan dari back up. Jika back up dilakukan dengan posisi tengkurap, sedangkan sit up dilakukan dengan posisi tubuh Anda telentang dengan lutut diangkat (ditekuk).

Langkah selanjutnya, angkat badan bagian atas sampai kepala hingga menyentuh lutut. Lalu, rebahkan lagi tubuh Anda dan angkat lagi seperti sebelumnya. Lakukan gerakan sit up berulang-ulang sehingga banyak lemak dalam perut terbakar.

Selain itu, latihan ini juga dapat mengencangkan otot perut dan membuatnya atletis. Anda bisa melakukan gerakan sit up bervariasi. Misalnya, saat posisi badan telah bangkit ke atas, Anda bisa menambah gerakan ke samping kanan dan kiri.

3. Vertical Leg Chrunch

Vertical Leg Chrunch

Olahraga mengecilkan perut wanita ini cukup sederhana dan mudah. Caranya, Anda tiduran telentang dengan posisi tangan di bawah kepala. Lalu, angkat kedua kaki Anda ke atas hingga lurus dan kembali turunkan ke lantai. Anda bisa mengulangi lagi beberapa kali.

Tetapi, Anda juga bisa membuat variasi dengan mengangkat kepala Anda saat kedua kaki telah terangkat lurus ke atas. Atau, angkat juga kepala Anda dan kedua tangan dijulurkan menuju ke sepatu kaki yang juga terangkat ke atas.

Olahraga ini bisa membuat perut Anda kencang dan ramping dengan cepat apabila Anda melakukan olahraga itu tiap hari.

4. Bersepeda untuk Mengecilkan Perut Wanita

 

bersepeda sehat

sumber:caramelangsingkanperut.com

Anda juga bisa mengecilkan perut buncit dengan bersepeda. Ketika kaki Anda mengayuh sepeda, maka otot perut Anda juga mampu membakar lemak yang cukup banyak. Bahkan, bisa maksimal.

Lakukan olahraga bersepeda ini tiap hari, dan Anda akan mampu mengecilkan perut Anda. Tetapi, Anda sebaiknya bersepeda di jalan yang tidak ramai lalu lintas. Jalan yang sangat ramai lalu lintasnya sangat membahayakan keselamatan Anda. Selain itu, pilih jenis sepeda yang cocok dan nyaman bagi Anda.

5. Ball Crunch

olahraga bola
Bagi pemula, olahraga ball crunch ini tidak mudah. Perlu latihan berkali-kali sehingga terampil melakukan olahraga dengan menggunakan bola besar tetapi empuk. Dengan bola besar, Anda bisa melakukan sit up di atasnya. Jika Anda pemula, perlu hati-hati biar tidak terjatuh dari bola. Tetapi jika Anda rajin melakukan olahraga ini, Anda bisa sukses mengecilkan perut Anda.

6. Olahraga Senam Lilin

senam lilin

Bagi Anda yang telah lulus SMP dan SMA, tentu tidak asing dengan olahraga senam lilin ini. Sebab, olahraga ini telah diajarkan di sekolah dan bisa mengencangkan perut buncit.

Gerakan dari olahraga ini sebenarnya simple. Hanya bagaimana Anda bisa mengangkat kedua kaki Anda lurus ke atas dengan posisi pantat juga terangkat, di sini Anda perlu hati-hati. Pada tahap awal latihan, Anda bisa menggunakan dinding bagunan untuk bertumpu kedua kaki Anda.

Atau, lakukan secara bertahap. Tidak langsung bisa mengangkat kedua kaki lurus ke atas. Lebih jelasnya, ya lihat gambar.

7. Olahraga Elliptical Training

Elliptical training ini seperti gabungan olahraga berjalan kaki dan naik tangga. Cuma latihannya menggunakan peralatan khusus yang hampir mirip dengan treadmill.

Selain mengecilkan perut, memperkuat otot perut, elliptical training juga bisa memperkuat otot kaki dan tangan. Bahkan, juga memperkuat dan menyehatkan jantung.

Tidak hanya itu. Tumit pun ikut bergerak saat Anda menginjak pijakan kaki. Selain membuat semua organ tubuh berlatih, cara ini juga bisa mengurangi beban lutut dan menghindarkan terjadinya cedera lutut.

8. Senam Yoga

senam yogaSenam yoga juga merupakan cara mengecilkan perut yang populer. Senam ini memang sangat disukai oleh banyak wanita. Lelaki juga ada yang menyukai senam ini. Tetapi, wanita yang sering melakukan senam yoga lebih banyak dibandingkan dengan kaum pria.

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari latihan yoga, di antaranya membuat otot-otot lebih kencang sehingga tubuh lebih langsing dan indah.

Ada 10 jenis senam yoga yang bisa Anda lakukan. Yoga tidak serta merta mengecilkan perut Anda. Tetapi, jika dilakukan secara teratur sesuai dengan ketentuan, Anda akan mendapati perut mengecil dan berat badan Anda pun turun ke arah berat badan ideal.

9. Senam Aerobik

senam aerobik

Senam aerobik juga sangat bagus untuk mengecilkan perut buncit. Seperti senam yoga, aerobik juga terdiri dari beberapa macam. Ada yang gerakannya sangat berat, tetapi ada yang ringan. Bahkan, orang usia lanjut pun bisa melakukan senam ini.

Yang paling keras gerakannya adalah senam aerobik high impact. Senam ini hanya cocok untuk wanita usia muda, lincah dan aktif. Tetapi, senam ini juga bisa membuat perut Anda cepat kecil. Bahkan, juga bisa mengecilkan dada, betis dan pinggang.

Jenis aerobik yang lembut adalah low impact. Orang berusia lanjut bisa melakukan senam ini. Tetapi, ada juga jenis aerobik yang merupakan gabungan dari senam keras dan senam lembut. Senam ini juga bisa Anda gunakan sebagai cara mengecilkan perut Anda.

10. Bridge Opposite Arm-Leg Reach

senam mengecilkan perutLatihan ini juga praktis. Anda bisa melakukan di rumah dengan alas matras atau tanpa matras juga bisa. Cara melakukannya, Anda telentang di atas matras. Lalu, kedua kaki ditekuk dan tangan lurus di samping. Angkat kaki kanan dan tangan kiri secara bersamaan.

Setelah itu, kaki dan tangan diturunkan kembali. Anda bisa ulangi beberapa kali gerakan itu sampai Anda pandang cukup.

11. Donkey Kickback

senam donkey kickbackGerakan lain adalah donkey kickback. Caranya, Anda memposisikan tubuh Anda seperti merangkak. Angkat salah satu kaki Anda hingga menjulur lurus ke belakang. Anda akan merasakan adanya kontraksi pada perut.

Sementara, ujung jari kaki yang satunya sebagai penopang. Setelah beberapa saat, turunkan kaki dan kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan yang sama dengan berganti posisi kaki yang diangkat ke atas dan satunya sebagai penyangga.

Anda bisa mengulangi gerakan donkey kikckback beberapa kali atau sampai 8 kali. Lakukan rutin olahraga ini sehingga mampu mengecilkan perut buncit Anda.

12. Circles In The Sky

senam mengecilkan perut

Senam mengecilkan perut yang ini lebih mudah. Anda berbaring di atas matras atau lantai dengan posisi kedua tangan lurus ke bawah. Angkat salah satu kaki ke atas dan putar kaki searah jarum jam hingga 4 – 5 putaran.

Selanjutnya, ubah putaran ke arah yang sebaliknya (berlawanan dengan arah jarung jam) dengan 4 – 5 putaran. Setelah itu, kaki turunkan. Selanjutnya, angkat kaki yang satunya dan lakukan gerakan yang sama. Yaitu, kaki berputar hingga 4 – 5 kali.

Anda bisa ulangi gerakan seperti itu hingga dirasa cukup. Misalnya, sampai 30 menit.

13. Side Bridge

side bridge

sumber:alexandriachirocenter.com

Ada juga latihan mengecilkan perut buncit yang bernama side bridge. Caranya, Anda berbaring dengan posisi miring ke sisi kanan dengan kaki lurus. Lalu, angkat tubuh Anda dengan salah satu tangan sebagai penopang. Tahan posisi Anda hingga 2 – 4 detik atau lebih. Jika terasa telah lelah, Anda bisa turunkan posisi Anda.

Selanjutnya, Anda lakukan hal yang sama dengan posisi yang berbeda. Jika yang pertama tangan kanan sebagai penyangga, kini giliran tangan kiri sebagai penyangga.

Ulangi aktivitas yang sama beberapa kali sampai terasa cukup. Ya, tingkatkan lamanya olahraga ini pada hari-hari berikutnya. Makin bertambah hari latihan, tentu kemampuan Anda akan terus meningkat.

Perlu Didukung dengan Pola Makan Sehat

Sebenarnya masih banyak jenis olahraga mengecilkan perut wanita yang bisa Anda lakukan. Tetapi, dengan contoh 13 olahraga di atas, rasanya sudah cukup untuk membuat Anda bisa mengecilkan perut buncit dan organ tubuh lainnya sehingga Anda bisa tampil langsing, cantik dan cekatan.

Yang terpenting adalah pilih salah satu atau lebih olahraga mengecilkan perut dan lakukan secara rutin hingga mencapai apa yang Anda inginkan. Setelah itu, lakukan olahraga ini secara berkala untuk menjaga penampilan tetap langsing dengan perut ramping.

Tentu saja, olahraga mengecilkan perut wanita ini perlu didukung dengan pola makan yang sehat sehingga bisa membantu menurunkan perut buncit Anda. Bukan sebaliknya, makan tanpa terkendali. Anda juga perlu rajin minum air putih setidaknya dua liter perharti dan hindari stres serta minuman keras.

Ini bisa membuat usaha mengecilkan perut Anda sulit mendapatkan hasil maksimal seperti yang Anda inginkan. Meskipun sudah rajin berolahraga khusus, bahkan dengan biaya yang tidak kecil,  perut buncit Anda masih tetap buncit.

Kondisi semacam itu jelas tidak Anda inginkan. Anda benar-benar ingin hasil maksimal, mampu membuat perut Anda ramping. Selamat untuk menjalani olahraga mengecilkan perut wanita.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.