Connect with us

Diet Sehat

11 Olahraga yang Cepat Membakar Lemak – Efektif Melangsingkan Tubuh

Published

on

OLAHRAGA yang cepat membakar lemak, apa ya? Bagi Anda yang di dalam tubuhnya terdapat timbunan banyak lemak, tentu saja Anda harus berusaha menurunkannya. Ini sangat penting karena kegemukan bisa membuat tubuh Anda mudah dihinggapi penyakit.

Olahraga bisa Anda pilih sebagai salah satu cara untuk membakar lemak dengan cepat. Anda bisa memilih satu atau dua jenis olahraga yang cepat membakar lemak dalam tubuh sehingga Anda bisa tampil langsing dan selalu sehat.

Apalagi buat wanita, terutama wanita karier. Tubuh subur dengan banyak lemak sangat mengganggu. Anda tak bisa tampil cantik, gesit dan lincah. Selain itu, Anda rentan terkena penyakit akibat kegemukan tubuh Anda.

Risiko tubuh yang mengalami kegemukan atau obesitas bisa terkena penyakit tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, liver, artritis, gangguan kandung empedu, menyebabkan diabetes, sakit jantung, stroke, dsb.

Bahkan, kegemukan juga bisa membuat datang bulan bagi wanita tidak teratur. Selain itu juga bisa menimbulkan gangguan infertilitas sehingga tidak punya anak.

Daftar 11 Olahraga yang Cepat Membakar Lemak Anda

Bagaimana cara membakar lemak dalam tubuh, khususnya lemak di perut, dengan cepat? Apa yang harus Anda lakukan supaya lemak dalam tubuh turun dengan cepat sehingga Anda bisa memiliki tubuh yang ideal?

Lemak atau lipid adalah zat organik hidrofobik yang sukar larut dalam air. Ia bisa larut dalam pelarut organik seperti kloroformeter dan benzen.

Setidaknya ada 11 olahraga yang cepat membakar lemak sehingga Anda bisa mengurangi berat badan atau kegemukan. Anda bisa memilih jenis olahraga mana yang ingin Anda lakukan. Dengan tubuh yang ideal, Anda bisa tampil nyaman dan selalu sehat.

1. Olahraga Aerobik

Banyak jenis olahraga aerobik yang bisa Anda lakukan. Tetapi, yang sangat efektif untuk membakar lemak dalam tubuh Anda adalah aerobik. Sebab, dengan senam atau olahraga aerobik, semua anggota tubuh melakukan gerakan sehingga bisa mempercepat pembakaran lemak

Berbagai jenis olahraga aerobik seperti sepakbola, basket, atau tenis bisa Anda pilih sebagai olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan Anda. .

Mengapa? Olahraga aerobik itu membuat hampir semua organ tubuh Anda bergerak sehingga proses pembakaran lemak bisa berlangsung dengan optimal dan cepat.

Yang terbaik senam aerobik dilakukan pada waktu pagi hari sebelum sarapan pagi. Anda bisa minum 1 – 2 gelas sebelum senam. Olahraga aerobik pada pagi hari bisa membakar lemak 300% lebih banyak daripada aerobik di waktu lain.

2. Olahraga Bersepeda

olahraga yang cepat membakar lemak

sumber:intisari.grid.id

Bersepeda juga merupakan cara membakar lemak sangat bagus. Bersepeda bisa mempercepat penurunan lemak dalam tubuh sehingga Anda bisa tampil langsing. Efektif karena bersepeda dapat membakar 1.000 kalori dalam satu jam.

Rinciannya, seorang wanita dengan berat badan 72 kg bisa membakar kalori 850. Sedangkan pria dengan aktivitas yang sama bisa membakar lebih besar, yaitu 950 kalori. Ini berarti timbunan lemak yang bisa dibakar dengan cara bersepeda cukup besar.

Olahraga bersepeda sebaiknya Anda lakukan minimal 3 kali dalam satu minggu. Jika Anda bersepeda lebih kencang, tentu kalori yang berhasil Anda bakar lebih besar.

3. Senam Aerobik Membakar Lemak

Banyak gerakan senam aerobik yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan. Sama dengan olahraga aerobik (nomor 1), senam aerobik juga efektif untuk membakar lemak dalam tubuh sehingga Anda bisa menurunkan berat badan atau kegemukan dengan efektif.

Jenis gerakan dalam senam aerobik antara lain gerakan pavan muktasan, banda sarvangasana, gerakan dhanurasan, gerakan sit up, bisycle, dsb.

4. Jogging Efektif Membakar Lemak

 

jogging

Jogging atau lari merupakan salah satu olahraga favorit banyak orang untuk membakar banyak lemak dalam tubuh, khususnya di area perut. Hasil olahraga ini memang tampak lebih efektif dibandingkan dengan olahraga lain.

Caranya pun sangat mudah. Tidak banyak peralatan dibutuhkan, kecuali sepatu dan bekal air minum.

Tidak hanya membuat tubuh Anda langsing, jogging juga bisa membuat Anda lebih sehat dan segar. Apalagi, Anda jogging dengan intensitas lebih tinggi. Artinya, Anda lari lebih cepat sehingga lemak yang berhasil dibakar pun lebih banyak.

Tidak hanya saat lari. Saat istirahat setelah jogging pun pembakaran lemak masih berlangsung. Sebaiknya Anda lari 15 km/jam tiap hari.

Dengan lari sedang pun, jumlah lemak yang berhasil dibakar lebih besar 30% dibandingkan dengan pembakaran lemak dengan jalan kaki. Jadi, jika Anda ingin cepat bisa menurunkan berat badan atau perut buncit, ya lari bisa menjadi pilihan pertama.

5. Berenang 2 Kali dalam 1 Minggu

Berenang juga efektif untuk membakar lemak dalam tubuh Anda sehingga Anda bisa menurunkan berat badan Anda. Kalori yang berhasil dibakar dengan olahraga ini juga besar, yakni 720 kalori untuk wanita dan 840 kalori untuk pria.

Berenang menjadi salah satu cara efektif membakar lemak dalam tubuh karena berenang membutuhkan banyak energi. Berenang adalah bergerak dalam air dan itu tidak mudah. Berenang memerlukan energi besar untuk bisa bergerak dalam air.

Sebaiknya Anda melakukan olahraga renang dua kali dalam satu minggu. Gaya berenang yang bisa Anda pilih adalah bebas. Bisa gaya bebas, gaya ddada, atau gaya punggung.

Yang penting, renang bisa menjadi olahraga yang cepat membakar lemak. Berat badan turun dan Anda sehat.

6. Lompat Tali 60 Kali Ayunan

lompat tali

Anda juga bisa melakukan lompat tali untuk membakar banyak lemak di tubuh Anda. Dengan olahraga lompat tali 1 jam, Anda bisa membakar sekitar 850 kalori untuk pria dan 750 kalori untuk wanita.

Saat berolahraga lompat tali, hampir seluruh otot dalam tubuh Anda bergerak. Ini yang membuat lompat tali bisa melakukan pembakaran lemak yang cukup besar. Bahkan, ada yang menyatakan lompat tali 10 menit hampir setara dengan jogging 8 menit per mil.

Cara melompat tali, lakukan 30 kali dengan ayunan tali ke belakang. Setelah istirahat 30 detik, lakukan lagi lompat tali 30 kali dengan ayunan tali ke depan. Atau seluruhnya 60 kali lompatan sekali melakukan olahraga lompat tali.

Atau lompat tali selama 10 menit sama dengan lari 5 km.

7. Bersepeda Statis

Anda juga bisa membakar banyak lemak dengan menggunakan sepeda statis. Ya, sepeda statis bisa menggantikan sepeda biasa. Selain melakukan olahraga untuk kesehatan tubuh, menggunakan sepeda statis juga lebih aman dan nyaman.

Anda tidak perlu khawatir terjadi kecelakaan akibat tersenggol pengendara motor atau mobil jika Anda bersepeda di jalan raya. Dengan sepeda statis, Anda bisa mengatur kecepatan Anda bersepeda.

Biasanya, sepeda statis dilengkapi dengan alat ukur kecepatan sepeda, berapa kalori yang berhasil Anda bakar, dsb.

Tetapi, jika Anda belum punya sepeda sendiri, ya Anda bisa datangi tempat-tempat kebugaran. Anda bisa menjadi member dan mengikuti latihan sesuai dengan ketentuan yang ada.

8. Naik Tangga Lebih Sehat

naik tangga

Naik tangga di rumah atau bangunan bertingkat juga bisa dijadikan sebagai olahraga yang cepat membakar lemak di tubuh Anda. Ya, Anda bisa memprogram untuk menuju tempat kerja tidak selalu naik lift.

Tetapi, menggunakan tangga biasa sehingga bisa membakar banyak lemak dalam tubuh Anda. Tentu saja, cara ini melelahkan dan tidak nyaman dibandingkan naik lift. Tetapi, itu cara lebih sehat dan Anda bisa tampil langsing.

Anda bisa menurunkan perut buncit, paha dan lengan besar, dsb. Selain itu, Anda juga lebih sehat jika cara itu Anda lakukan secara rutin dan terprogram.

9. Kick Boxing

Ya, Anda bergaya seperti petinju dengan olahraga ini. Tetapi, ini bukan olahraga untuk menjadi petinju. Tujuan utama supaya bisa membakar banyak lemak di tubuh Anda, termasuk lemak dalam perut sehingga Anda bisa tampil langsing dan sehat.

10. Olahraga Sepakbola

Olahraga sepakbola juga sangat baik untuk menurunkan berat badan atau membakar banyak lemak dan kalori. Selama berolahraga sepak bola, semua otot dari tubuh bergerak sehingga Anda menjadi sehat.

Jumlah kalori dan lemak yang terbakar pun makin banyak sehingga Anda bisa menurunkan berat badan, termasuk perut buncit.

Dalam olahraga sepakbola, Anda juga jogging, lari, dsb. Tetapi, Anda sebaiknya memperhatikan kemampuan fisik Anda. Jangan terforsir sehingga berakibat fatal. Beberapa orang akhirnya meninggal ketika melakukan sepakbola seperti penderita sakit jantung.

11. Melakukan Beladiri

Bela diri juga sangat baik untuk menurunkan berat badan Anda sehingga Anda bisa tampil langsing. Selain itu, dengan beladiri Anda bisa membentengi diri dari gangguan keamanan dan juga bisa membuat Anda tetap sehat.

Bagi Anda yang masih muda, tidak ada salahnya Anda juga melengkapi diri dengan kemampuan  bela diri. Jika ada gangguan pelaku kejahatan, Anda bisa melawannya, baik untuk diri sendiri atau menolong orang lain.

Anda bisa berlatih karate, judo, tae kwon do, silat, dsb. Yang utama memang Anda akan sehat, bisa membakar banyak lemak dan kalori.

Demikian artikel mengenai Olahraga yang Cepat Membakar Lemak sehingga Anda bisa tampil langsing dan sehat. Bisa dilakukan oleh pria ataupun wanita.

Selain melakukan olahraga, Anda sebaiknya juga melakukan diet kegemukan. Maksudnya, mengatur pola makan dengan menghindari konsumsi makanan minuman yang menyebabkan kegemukan.

Selain itu, juga menghindari cara hidup yang bisa membuat berat badan Anda meningkaat.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda untuk hidup sehat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.