Hindari Pantangan Darah Tinggi – Cara Cepat Menurunkan Darah Tinggi

ANDA ingin menurunkan darah tinggi dengan cepat? Caranya sangat mudah. Asal Anda bersedia menghindari semua pantangan darah tinggi, ya Anda akan sukses mengobati darah tinggi.

Ya, caranya memang benar-benar mudah. Saya tidak membual. Saya bicara berdasarkan pengalaman yang saya alami sendiri. Sebab, saya punya pengalaman 26 tahun menderita sakit darah tinggi atau hipertensi.

Saat awal menderita penyakit hipertensi, saya memang jatuh bangun. Berulangkali jatuh sakit dan harus istirahat di tempat tidur sampai beberapa hari karena tekanan darah tinggi naik.

Penyebabnya adalah saya mengonsumsi makanan pemicu darah tinggi. Bukan karena sengaja. Tetapi, karena saya tidak tahu bahwa makanan yang saya konsumsi itu makanan pantangan darah tinggi.

Biasanya, sehari atau dua hari setelah mengonsumsi makanan penyebab hipertensi, saya jatuh sakit. Kepala pusing, leher belakang (tengkuk) sakit, punggung sakit, dsb. Otomatis saya harus istirahat karena sekujur tubuh juga ikut sakit.

Tentu saja, saya harus pergi ke dokter untuk periksa dan mendapatkan obat tekanan darah tinggi. Begitu obat saya minum, tekanan darah tinggi saya mulai turun secara bertahap hingga akhirnya kembali sehat.

Dengan berjalannya waktu, akhirnya saya mulai memahami seluk beluk penyakit darah tinggi atau hipertensi. Saya mulai melakukan diet hipertensi. Yaitu, menghindari makanan pantangan darah tinggi.

Ada beberapa makanan pantangan darah tinggi yang benar-benar saya hindari demi kesehatan saya. Misalnya, makanan banyak garam, gula, aneka gorengan, daging kambing, buah durian, kuning telur, kulit ayam, jeroan binatang/hewan, cumi-cumi, udang, dsb.

Kini, saya merasa lebih sehat dibandingkan pada tahun-tahun awal terkena sakit darah tinggi. Saya mulai bisa mengendalikan penyakit darah tinggi sesuai dengan petunjuk dokter yang memeriksa saya.

Bahkan, saya juga mulai bisa menurunkan darah tinggi dengan cepat. Caranya, dengan diet hipertensi yang lebih intensif. Ditambah olahraga atau senam secara rutin tiap hari dengan waktu yang cukup.

buah penurun darah tinggimelon, buah terbaik menurunkan darah tinggi (sumber: hasbihtc.com)

Perbanyak Informasi Mengenai Penyakit Hipertensi

Peristiwa tekanan darah naik akibat mengonsumsi makanan pantangan darah tinggi terjadi beberapa kali. Tentu saja, bukan untuk makanan yang sama. Tetapi, mengonsumsi makanan lain yang ternyata juga pantangan darah tinggi.

Umumnya peristiwa itu terjadi saat saya makan di luar rumah. Kalau makanan yang tersedia di rumah, semua sudah diupayakan sesuai dengan apa yang boleh dikonsumsi oleh penderita darah tinggi.

Misalnya, rendah garam, bukan daging kambing, bukan buah durian, dsb. Pokoknya, terhadap semua makanan pantangan darah tinggi yang sudah umum diketahui berdasarkan informasi dari banyak pihak dan baca beberapa artikel, saya hindari.

Hanya masalahnya, waktu itu saya sering tugas di luar kantor, termasuk keluar negeri. Mencari makanan yang aman bagi penderita hipertensi saat tugas di luar tidak selalu mudah.

Apalagi saat makan di hotel besar, wooww.. mengenali makanan yang aman bagi penderita darah tinggi bukan hal mudah. Tanya kokinya pun tidak bisa mendapatkan informasi yang akurat.

Tetapi, saya tetap berhati-hati. Sedapat mungkin saya berusaha menghindari makanan yang bisa menyebabkan tensi darah naik. Walaupun, cara ini sangat berat.

Saya berkali-kali mengalami darah tinggi hingga 175/100 mmHg karena ketidaktahun saya mengenai makanan yang saya konsumsi atau karena sembrono (kurang hati-hati). Tetapi, saya tidak boleh putus asa. Setiap terjadi kesalahan mengonsumsi makanan penyebab hipertensi, saya selalu jadikan sebagai pelajaran.

Sampai akhirnya saya menemukan banyak informasi mengenai darah tinggi. Apalagi, setelah melakukan rongent jantung dan paru-paru dan hasilnya menyatakan saya sehat, saya makin rajin mencari informasi mengenai darah tinggi dan melaksanakan berbagai informasi itu untuk membuat diri saya sehat.

Kini, saya makin merasa nyaman dan sehat. Sebab, kemampuan menjaga agar tensi darah normal alias tidak naik tinggi, terus saya tingkatkan. Diet hipertensi saya perluas mencakup banyak makanan dan minuman.

Diet adalah cara efektif untuk menurunkan darah tinggi. Diet terutama dengan menghindari makanan pantangan darah tinggi atau makanan minuman penyebab darah tinggi.

7 Tips Menurunkan Darah Tinggi dengan Diet Hipertensi

makanan pemicu darah tinggiApa saja yang harus dilakukan ketika Anda diet hipertensi? Ya, ada 7 tips melakukan diet yang harus Anda patuhi.

Pertama: Hindari makanan pemicu darah tinggi. Misalnya, makanan banyak (tinggi) garam, makanan dan minuman yang mengandung banyak gula, daging kambing, jeroan, kuning telur, kulit ayam, udang, cumi-cumi, dsb.

Akan lebih efektif lagi jika upaya menghindari makanan penyebab darah tinggi itu Anda lakukan dalam program diet hipertensi. Anda tulis apa saja makanan pantangan yang harus Anda hindari supaya tensi darah Anda segera normal.

Kedua: Perbanyak makanan dan buah penurun darah tinggi. Anda bisa memilih makanan untuk darah tinggi yang cocok. Banyak buah penurun darah tinggi berharga murah dan mudah didapatkan. Selain bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, beberapa buah terasa segar. Ya, buah rasa segar, lezat dan berkhasiat menurunkan tensi darah.

Ketiga: Perbanyak minum air putih. Ya, air putih juga sangat baik untuk kesehatan. Misalnya, untuk mencegah tensi darah Anda naik. Setidaknya, Anda harus minum air putih 2 1/2 (dua setengah) liter per hari. Jika bisa, mulailah minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari. Itu adalah sangat baik.

Banyak orang telah membuktikan bahwa minum air putih langsung begitu bangun tidur bisa menyembuhkan penyakit yang dideritanya.

Keempat: Olahraga, senam, bersepeda, jalan kaki, dsb. Usahakan berolahraga atau senam paling tidak 30 menit per hari. Jika tidak punya waktu, lakukan senam sesuai dengan waktu yang tersedia. Yang penting rutin tiap hari hingga Anda terbiasa berolahraga atau senam. Membangun kebiasaan berolahraga atau senam sangat baik untuk membuat diri Anda selalu sehat. Tensi darah tidak naik.

Kelima: Jangan merokok dan minum alkohol. Ya, merokok dan minum alkohol adalah perilaku buruk untuk kesehatan. Bahkan, merokok dan minum alkohol bisa menyebabkan seseorang menderita hipertensi atau stroke dan kanker.

Keenam: Hindari stres. Walaupun Anda sibuk bekerja dan banyak masalah yang harus Anda selesaikan, Anda harus tetap tenang. Jangan stres. Sebab, stres hanya akan membuat Anda mudah dihinggapi penyakit, termasuk penyakit kolesterol tinggi.

Ketujuh: Istirahat cukup. Luangkan waktu sebentar untuk istirahat. Tidur juga termasuk istirahat. Jangan habiskan waktu Anda untuk bekerja atau melakukan aktivitas lain yang akhirnya membuat Anda kurang istirahat. Dampaknya, Anda mudah dihinggapi penyakit, termasuk hipertensi.

Itulah tujuh tips untuk bebas dari penyakit hipertensi. Anda bisa menurunkan darah tinggi dengan baik dan cepat. Anda pun sehat. Caranya dengan menghindari pantangan darah tinggi.

Yang saya utamakan untuk diet sebagai upaya pengendalian tensi darah tinggi adalah menghindari makanan penyebab darah tinggi. Saya memandang ini pekerjaan utama yang harus dilakukan oleh penderita darah tinggi.

Setelah itu, diet hipertensi ditambah dengan menjalankan tips-tips lain sehingga Anda benar-benar mampu menurunkan darah tinggi dengan cepat.

Semoga artikel Menghindari Pantangan Darah Tinggi ini bermanfaat untuk Anda. Hidup tanpa hipertensi adalah sangat nyaman dan sehat.

CATATAN: Cek tekanan darah kamu. Hasilnya masuk kategori mana, lihat tabel di bawah ini.

Tensi Darah Normal Di bawah 120/80
Prahipertensi 120 – 139 /80 – 89
Hipertensi Tahap 1 140 –  159/90 – 99
Hipertensi Tahap 2 160 – lebih/100 – lebih