Pengaruh Buruk Rokok terhadap Kesehatan Jantung, Percayakah Anda?

KAMPANYE bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan, bisa menyebabkan sakit kanker, sakit jantung, dsb., perlu terus digalakkan. Sebab, hingga kini masih jutaan penduduk Indonesia suka merokok. Mereka seolah tidak percaya dengan isi kampanye itu.

Atau, setidaknya mereka anggap kampanye itu sebagai angin lalu. Padahal, pengaruh rokok terhadap kesehatan, termasuk kesehatan jantung, sesungguhnya tidak perlu dipertanyakan. Semua lembaga kesehatan telah memastikan hal itu.

Yang diperlukan adalah menyadarkan masyarakat bahwa bahaya merokok itu nyata. Bukan sekadar slogan. Bukan ilusi. Apalagi hanya bualan belaka.

Walaupun, tidak semua orang yang merokok pasti akan menderita sakit seperti dalam slogan kampanye antirokok.

Sama seperti anjuran untuk tidak mengonsumsi banyak garam bagi penderita darah tinggi atau hipertensi. Atau tidak mengonsumsi banyak garam supaya terhindar dari sakit hipertensi.

Sebab, jika Anda sudah terkena darah tinggi, aduuhh… pengobatannya sangat susah. Makin bertambah usia makin berat. Bahkan, jika Anda tidak sungguh-sungguh mengobati atau menurunkan darah tinggi, Anda bisa terkena stroke.

Saya punya beberapa teman dan kenalan yang terkena stroke. Di antaranya adalah seorang profesor ahli hukum. Umumnya, darah tinggi mereka meningkat karena kurang sungguh-sungguh menghindari makanan penyebab darah tinggi. Akhirnya, mereka terkena stroke.

Berhenti Merokok Menunggu Sakit Jantung Dulu?

bahaya merokokhancurkan sisa rokok biar tidak merokok lagi (foto:health.liputan6.com)

Begitulah juga merokok. Tidak semua orang yang merokok akan sakit jantung. Tetapi, apakah Anda baru akan berhenti merokok menunggu setelah Anda menderita penyakit jantung?

Tentu saja, jawabnya tidak. Mengobati itu lebih berat dibandingkan dengan mencegah. Artinya, jika Anda berhenti merokok atau tidak merokok sejak sekarang, Anda tidak akan mengeluarkan biaya banyak untuk membuat diri Anda sehat.

Tetapi, jika Anda ingin berhenti merokok menunggu setelah sakit jantung, wahh.. itu sikap yang perlu diluruskan. Sebab, sakit jantung memerlukan banyak biaya untuk pengobatan. Apalagi, jika Anda harus operasi jantung. Woowww….

Teman dan tetangga saya harus mengeluarkan Rp 100 juta lebih untuk pasang ring karena sakit jantung. Ia harus menjual mobilnya untuk biaya operasi. Itu dialami teman kerja saya.

Kalau tentangga saya yang juga harus pasang ring untuk sakit jantungnya, ia dapat pinjaman dari kantor tempat dia bekerja. Selain itu istrinya seorang pejabat di kantor pemerintah. Tak harus jual-jual isi rumah.

Ya, biaya pengobatan sakit jantung bisa sangat besar, terutama jika harus operasi. Pasang ring saja habis Rp 100 juta lebih. Anda ingin seperti itu?

Ya, mencegah sakit jantung lebih murah dan nyaman dibandingkan mengobati sakit jantung. Kini, pilihan ada di tangan Anda. Ingin yang mana?

Sakit jantung dulu baru berhenti merokok atau berhenti merokok biar tidak sakit jantung? Tentu saja, pilihan terbaik adalah berhenti merokok tanpa menunggu sakit jantung.

7 Tips untuk Berhenti Merokok

Bagaimana cara berhenti merokok? Apa yang harus dilakukan supaya bisa berhenti merokok? Pertanyaan ini biasanya diajukan oleh mereka yang sudah bertahun-tahun merokok.

bahaya merokoksumber:askep33.com

Tentu saja, berhenti merokok bagi mereka bukan pekerjaan ringan dan mudah. Tetapi, tidak berarti mereka tidak bisa berhenti dari merokok. Yang terpenting adalah hadapi hambatan dan tantangannya sehingga Anda sukses berhenti merokok.

Berikut ini 7 tips cara berhenti merokok. Sehatfisik.com berharap Anda bisa berhasil untuk menjalankan ke-tips tersebut dan berhasil berhenti merokok. Ke-7 tips itu adalah:

1. Berniat untuk Berhenti dari Merokok

Niat dan tekad sangat penting. Dengan niat dan tekad yang bulat, Anda akan dengan sungguh-sungguh untuk mencapai sukses dari apa yang Anda niatkan: yaitu niat berhenti merokok.

2. Buang Jauh Semua Sisa Rokok

Jika Anda masih punya sisa rokok, buang jauh dari diri Anda. Intinya, Anda jangan mendekat kepada apa yang namanya rokok. Jangan pegang rokok.

3. Jauhi Teman Perokok

Untuk sementara, jauhi teman-teman perokok. Atau, jauhi semua perokok biar Anda tidak tergoda untuk kembali merokok. Selain itu, juga tidak terkena asap rokok.

Ya, tidak merokok tetapi sering duduk dekat perokok juga bisa berakibat buruk. Sebab, dengan duduk dekat orang merokok, Anda juga akan menghisap asap rokok. Dan, asap rokok itulah yang menimbulkan penyakit akibat rokok.

4. Tolak Ajakan Merokok

Jika ada teman atau siapa pun yang mengajak atau menawari rokok, katakan “tidak” atau “terima kasih, saya tidak merokok”.

Demikian juga ketika ada teman perokok yang membujuk Anda untuk kembali merokok. Atau, menganggap Anda banci, bukan lelaki sejati, dsb. Biar anjing menggonggong kafilah berlalu. Biar teman Anda ngomong apa pun terhadap sikap Anda, maka Anda tetap harus konsisten: berhenti merokok.

5. Gantilah Rokok dengan Permen

Pada hari-hari awal, gantilah rokok dengan permen. Pada hari-hari awal mulai berhenti merokok, tentu saja ada sesuatu yang hilang. Bahkan, mulut akan terasa kecut tanpa merokok.

Ya, kuatkan tekad Anda dan jangan cengeng. Rasa tak nyaman hanya akan berlangsung selama beberapa hari di awal Anda berhenti merokok. Setelah itu, suasana akan terbiasa dan kembali normal.

6. Isilah Waktu Kosong Anda dengan Membaca

Anda sebaiknya mengisi waktu kosong Anda dengan membaca buku, koran, berbagai artikel di Internet, mendengarkan musik, dsb. Ini bisa membuat Anda terhindar dari keinginan untuk kembali merokok. Atau, alihkan kebiasaan merokok dengan aktivitas-aktivitas positif lainnya.

7. Banyak Minum Air Putih biar Anda Tetap Sehat

Ya, air putih banyak manfaatnya untuk kesehatan, sekaligus menjadi penghilang rasa ingin merokok.

8. Ingat Bahaya Merokok

Anda harus selalu ingat terhadap bahaya merokok bagi kesehatan Anda. Kalau perlu tempelkan catatan tentang bahaya rokokĀ  bagi kesehatan di ruang santai Anda. Atau di mana saja yang bisa membuat Anda sering membacanya.

9. Bikin Slogan Anti-Merokok

Atau, Anda bikin slogan anti-merokok. Slogan Anda tulis besar dan letakkan di mana Anda bisa membacanya tiap hari dengan mudah. Misalnya, tempelkan di meja kerja, meja makan, dsb.

10 Bahaya Merokok bagi Kesehatan Anda

mencegah kanker perbanyak konsumsi buah (sumber:sehatdanfit.com)

Ada beberapa bahaya rokok terhadap kesehatan yang akan Anda dapatkan jika Anda terus-menerus merokok atau menjadi perokok berat. Banyak orang yang akhirnya menemui kematian akibat sakit berat yang disebabkan oleh merokok.

Rokok mengandung 40000 bahan kimia di dalamnya. Ratusan di antaranya mengandung zat beracun dan 70 bahan di dalamnya bersifat kanker.

Berikut ini 10 bahaya merokok bagi kesehatan yang perlu Anda perhatikan sehingga Anda bisa menghindarinya dan tetap hidup sehat.

1. Terkena sakit kanker perut, kanker darah dan kanker limpa akibat merokok. Sebab, rokok mengandung kadar 1,3-butadine, yaitu bahan kimia yang dipergunakan untuk membuat karet.

2. Bisa terkena sakit kanker paru. Sebab, rokok mengandung zat akrolein, formaldehida, dan kromium VI yang digunakan untuk memproduksi logam paduan, cat dan pewarna.

3. Rokok mengandung zat arsenik yang digunakan untuk mengawetkan kayu. Karena itu, rokok bisa membuat Anda terkena berbagai sakit kanker selain kanker paru-paru.

4. Anda bisa terkena risiko penyakit leukimia. Sebab, rokok mengandung zat benzene. Zat ini sebenarnya berguna untuk membuat bahan kimia lain.

5. Bisa membuat kerusakan pada ginjal atau sakit ginjal dan lapisan pembuluh darah arteri. Sebab, rokok mengandung zat kadmium, yaitu zat yang kaya akan serat.

6. Dapat menyebabkan sakit jantung dan serangan jantung. Pasalnya, asap rokok mengandung karbon monoksida yang bisa menyebabkan kelosterol tinggi. Dampak dari kolesterol tinggi bisa membuat Anda terkena sakit jantung.

7. Bisa menyebabkan sakit darah tinggi atau hipertensi.

8. Bagi pria, merokok bisa menyebabkan impotensi, mengurangi produksi sperma dan kanker testis. Bagi wanita, merokok bisa mengurangi kesuburan. Selain itu juga berisiko kena kanker serviks.

9. Merusak tulang. Misalnya kena tulang rapuh atai osteoporosis. Selain itu, racun rokok dapat mengganggu keseimbangan hormon-hormon penjaga tulang kuat.

10. Timbulnya penyakit asam lambung. Dengan merokok, otot pengontrol bagian kerongkongan menjadi lemah. Ini membua asam lambung bergerak ke arah yang salah.

Merokok bisa melemahkan otot yang mengontrol bagian bawah kerongkongan Anda. Hal tersebut memungkinkan asam dari lambung bergerak ke arah yang salah, yaitu ke kerongkongan. Kondisi tersebut dinamakan penyakit asam lambung. Beberapa risiko penyakit yang akan dihadapi oleh seorang perokok adalah tukak lambung dan kanker lambung.

Demikian bahaya rokok bagi kesehatan Anda. Pengaruh rokok terhadap kesehatan, termasuk kesehatan jantung, memang sangat dahsyat. Tak seimbang antara nikmatnya merokok dan bahaya yang akan Anda dapatkan.

Lihat saja data survei tentang kematian sebagai akibat merokok. Tiap tahun 200 ribu lebih orang Indonesia meninggal akibat merokok. Sebagian dari korban adalah anak-anak usia 10 – 14 tahun.

Bagaimana dengan Anda? Masih ingin merokok atau ingin berhenti merokok? Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin selalu hidup sehat.