Penyakit Ambeien, Tanda-tanda dan Cara Mengobatinya

Diposting pada

PENYAKIT ambeien perlu mendapat perhatian dari kita semua. Meskipun bukan penyakit berat (mematikan) seperti stroke, tetapi penderita penyakit ambeien (wasir atau hemoroid) cukup besar, yaitu 5,7 % dari jumlah penduduk Indonesia atau sekitar 10 juta orang.

Jika penyakit ambeien tidak diatasi dengan baik dan cepat, ambeien bisa berkembang menjadi penyakit kanker kolorektal. Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 600.000 orang di dunia meninggal akibat kanker kolorektal.

Oleh karena itu, jika Anda menderita ambeien hendaklah segera diobati atau disembuhkan hingga sembuh total. Sayangnya, kata dr Peter Ian Limas, dokter di RS Gading Pluit Jakarta seperti dikutip oleh lifestyle.kompas.com, sebagian besar masyarakat Indonesia meremehkan masalah buang air besar (BAB) yang tidak lancar, bahkan buang air besarnya berdarah.

Ini membuat penyakit ambeien sulit untuk disembuhkan. Atau penyakit ambeien yang dideritanya berkembang menjadi lebih parah (stadium 4).

Pengertian Penyakit Ambeien dan 2 Jenis Ambeien

Ambeien atau wasir adalah penyakit yang menyerang bagian dari rectum atau anus. Penyebab terjadinya sakit ambeien antara lain karena sering duduk terlalu lama. Ini bisa menyebabkan pembuluh darah vena di sekitar anus tertekan.

Kian lama muncullah pembengkakan pada pembuluh darah yang akhirnya memunculkan benjolan. Anda sebaiknya segera mengatasi benjolan itu sehingga penyakit ambeien tidak berkembang menjadi lebih besar dan serius. Anda selalu sehat, fisik dan psikis.

Ada dua jenis ambeien, yaitu:

1. Penyakit Ambeien Eksternal

penyakit ambeien
(sumber:penyebabdanpengobatanhipertiroid17.wordpress.com)

Penyakit ambeien jenis ini muncul di luar anus atau permukaan anus. Tanda-tanda penyakit ameien jenis ini adalah rasa nyeri panas dan gatal. Tentu saja, Anda harus mengobatinya biar penyakitnya tidak membesar dan meluas.

2. Ambeien Internal

Ambeien internal sering tidak disadari oleh penderitanya karena tidak adanya tanda- tanda ambeien. Tanda adanya ambien sangat dirasakan oleh penderita ketika sedang BAB atau buang air besar.

Gejala Penyakit Ambeien

Ada beberapa gejala dari terjadinya penyakit ambieien, baik ambeien internal ataupun eksternal. Gejala-gejala itu antara lain:

1. Pada bagian anus terasa gatal akibat adanya iritasi. Jika tidak segera diobati bisa muncul benjolan. Maka, jika Anda merasakan gejala seperti ini, segera disembuhkan.

2. Ada rasa nyeri ketika buang air besar. Bahkan, terkadang buang air besar tidak mudah dan Anda harus mengejan karena buang air besar tidak lancar. Kondisi ini terjadi akibat luka pada jaringan anus.

3. Ada pendarahan waktu buang air besar, baik sedikit atau banyak. Hal ini disebabkan adanya infeksi di rongga dalam anus.

4. Jika kondisi ambeien sudah parah, maka muncullah benjolan. Untuk mengatasinya, dokter sering melakukan operasi untuk itu.

5. Setelah buang air besar muncullah lendir yang berasal dari luka di dalam anus. .

6. Tidak nyaman ketika duduk. Ini terutama terjadi saat penyakit Anda kambuh. Bahkan, untuk berjalan juga tidak nyaman.

Cara Mengobati Penyakit Ambeien

Jika tanda-tanda sudah nyata dan Anda dipastikan kena penyakit ambeien atau wasir, maka Anda perlu segera mengobatinya sehingga ambeien tidak berkembang makin parah.

Cara mengobati penyakit ambeien tidak sulit. Kecuali penyakitnya sudah parah dan harus dilakukan operasi medis. Ambeien yang parah bisa menimbulkan gangguan pada sistem saraf.

Cara mengobati ambeien yang akan dijelaskan di sini adalah cara mengobati ambeien secara alami menggunakan bahan dasar tumbuhan obat. Antara lain:

1. Cara Mengobati Ambeien dengan Bawang Putih

Khasiat bawang putih untuk kesehatan sudah sangat dikenal. Bawang putih bisa mengatasi banyak penyakit. Hanya bau dan rasanya yang menyengat membuat banyak orang tidak suka mengonsumsi bawang putih.

Tetapi, kini banyak obat herbal dari bawang putih yang bisa Anda konsumsi dengan nyaman. Apalagi, jika obat herbal itu dalam bentuk tablet (pil) atau kapsul. Anda tidak akan merasakan adanya bau dan rasa yang menyengat. Anda bisa mengonsumsi dengan nyaman. Ramuan obatnya pun lebih berkhasiat karena ada campuran bahan herbal lainnya. Selain itu, teknologi pengolahannya lebih baik dan higienes.

Jika Anda ingin membuat sendiri ramuan bawang putih, ya ambil dua siung dan haluskan. Lalu, ramuan bawang putih dioleskan di benjolan sekitar anus. Anda bisa pula minum jus bawang putih untuk melawan bakteri ambeien dari dalam tubuh.

2. Mengobati Ambeien dengan Kulit Manggis

Ramuan kulit manggis juga sangat bagus untuk mengobati ambeien. Sebab, kulit manggis bisa berfungsi sebagai antioksidan yang besar khasiatnya karena kandungan xanthone. Bahkan tidak hanya antioksidan, tetapi juga anti diabetes, anti peradangan, anti kanker, anti bakteri, anti jamur, dsb.

Turunan terbanyak dari xanthone terdapat pada kulit manggis, yaitu alfa-mangistin dan gamma-mangostin. Keduanya mampu menghentikan proses peradangan dengan sangat baik.

Caranya, kulit manggis dikeringkan lalu direbus. Rebusan kulit manggis Anda minum. Jika tidak ingin membuat sendiri, ya Anda bisa membeli obat herbal yang terbuat dari kulit manggis. Anda tidak kesulitan untuk menemukan atau mendapatkannya.

3. Cara Mengobati Wasir dengan Daun Sirsak

Anda juga bisa mengobati ambeien dengan mengonsumsi ramuan daun sirsak. Banyak khasiat pengobatan yang terkandung dalam daun sirsak. Daun sirsak mengandung senyawa yang berfungsi sebagai anti bakteri. Daun sirsak bisa juga digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, kolesterol tinggi, diabetes, darah tinggi, dsb.

Cara mengobati ambeien dengan daun sirsak juga mudah. Caranya, ambil 5 lembar daun sirsak dan bersihkan dengan air mengalir (melalui kran). Setelah itu daun sirsak direbus.
Setelah mendidih hingga air rebusan berkurang, lalu angkat dan dinginkan. Setelah disaring, air rebusan daun sirsak bisa diminum untuk menyembuhkan ambeien atau wasir Anda.

4. Menyembuhkan Ambeien dengan Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan penyakit ambeien. Caranya, ambil satu helai daun lidah buaya sedang. Bersihkan dan buang pangkal dan ujungnya. Lalu, daun lidah buaya diparut.

Hasil parutan lidah buaya diperas sehingga keluarlah gel lidah buaya. Setelah selesai, tambahkan air matang setengah gelas dan madu untuk dicampurkan. Hasilnya, Anda minum. Ulangi hal yang sama sampai ambeien Anda sembuh total.

Tetapi, Anda juga bisa mendapatkan obat herbal yang terbuat dari daun lidah buaya. Silakan Anda memilih, yaitu membuat sendiri ramuan obat ambeien alami atau membeli obat herbal alami untuk ambeien.

Demikian artikel mengenai Penyakit Ambeien, Tanda-tanda dan Cara Mengobatinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda bisa sukses menyembuhkan sakit ambeien atau wasir yang Anda derita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *