Penyakit Jantung Koroner: Cara Mudah Mencegah dan Mengobati

PENYAKIT jantung koroner kini menjadi ancaman terbesar bagi semua orang. Penyakit jantung menjadi penyebab kematian nomor 1 di dunia. Di Indonesia, 50% penderita sakit jantung adalah usia produktif, 35 – 50 tahun.

Banyak penyebabnya mengapa seseorang terkena penyakit jantung koroner. Sebagian penyebab dari mereka sendiri dan sebagian lagi karena faktor luar.

Penyakit jantung jenis ini memerlukan pertolongan cepat. Keterlambatan pertolongan bisa menyebabkan kematian. Pasien harus segera mendapatkan pengobatan sakit jantung sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut ini pengenalan tentang penyakit jantung koroner, pencegahan dan pengobatannya dengan cara yang mudah.

Bahasan disajikan dalam bantuk tanya jawab sehingga mudah untuk dipahami. Tetapi, yang lebih penting adalah Anda harus melakukan langkah-langkah untuk mencegah dan mengobati sakit jantung koroner ini.

Apakah penyakit jantung koroner itu?

Penyakit jantung terjadi akibat rusaknya dinding pembuluh darah yang disebabkan oleh tumpukan plak pada arteri koroner. Kondisi ini menyebabkan pasokan darah yang kaya oksigen ke jantung terhambat. Jantung pun tidak bisa bekerja atau berfungsi dengan baik.

gejala sakit jantunggejala penyakit jantung, dada sakit (foto:gejalapenyakitjantung.com)

Benarkah penyakit jantung bisa menyebabkan kematian?

Ya, benar. Karena itu, penanganan terhadap penderita serangan jantung harus dilakukan segera. Tujuannya supaya jantung segera mendapatkan asupan darah yang cukup sehingga bisa berfungsi dengan baik. Keterlambatan penanganan dapat menyebabkan kematian. Inilah yang disebut sebagai gagal jantung.

Apa penyebab terjadinya tumpukan plak?

Penyebab terjadinya tumpukan plak adalah pengendapan lemak dan kolesterol. Ini terjadi sejak Anda masih muda. Makin lama makin menumpuk hingga mengganggu jalannya darah pembawa oksigen.

Apa yang menyebabkan terjadinya penyakit serangan jantung?

Serangan jantung terjadi akibat plak pecah. Ini membuat aliran darah di pembuluh darah arteri koroner terhambat. Jantung pun harus bekerja keras memompa darah supaya aliran lancar.

Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner?

Ada beberapa faktor, antara lain:

1. Radikal bebas yang berasal dari rokok dan polusi udara

2. Penyakit hipertensi (darah tinggi)

3. Kolesterol tinggi

4. Diabetes (kencing manis)

5. Kebiasaan merokok

Bisa dijelaskan, apakah radikal bebas itu?

Radikal bebas adalah molekul organik. Ia bisa menjadi penyebab seseorang tampak lebih tua dari usia sebenarnya, jaringan dalam tubuh rusak, timbulnya beberapa penyakit seperti kanker dan gangguan pada jantung.

Dari mana asal radikal bebas?

Sumber radikal bebas adalah;

1. asap rokok

2. polusi udara

3. polusi kimiawi seperti semprotan nyamuk, inteksida, dan cat

4. polusi elektromagnetik seperti handphone, layar TV, dan layar monitor.

radikal bebas

Bagaimana cara melawan radikal bebas?

Ya, kita perlu antioksidan yang lebih banyak. Mengapa? Karena setelah antioksidan mampu menetralisir radikal bebas, ia menjadi mandul (tidak aktif). Perlu antioksidan baru untuk melawan radikal bebas baru.

Bisa dicontohkan tentang antioksidan?

Antara lain vitamin C, E dan beta-karoten. Anda juga bisa mendapatkan pasokan antioksidan dari mengonsumsi tomat dan semangka.

Cara lain untuk memasok antioksidan yang terus-menerus mampu melawan radikal bebas?

Ya, lakukan pola hidup sehat. Konsumsi makanan yang sehat dan banyak buah. Selain itu, melakukan olahraga secara teratur dan hindari rokok serta minuman keras.

Siapa saja yang rentan (mudah) terserang penyakit jantung koroner?

Banyak. Mereka antara lain yang berusia lanjut. Yaitu, usia 45 tahun ke atas untuk lelaki dan 55 tahun ke atas untuk wanita. Mereka yang punya riwayat keluarga sakit jantung.

Mereka yang punya kolesterol tinggi, darah tinggi (hipertensi), pengidap diabetes (kencing manis), perokok pasif (bukan perokok tetapi sering berdekatan dengan orang yang sedang merokok), orang yang mengalami kegemukan (obesitas), dan kurang istirahat.

Apa gejala orang sakit jantung koroner?

Gejalanya adalah sakit di dada, bagian lengan, pundak, leher, rahang, punggung dan sesak nafas. Sakit di dada bervariasi.

Bagaimana cara menghindari sakit jantung koroner atau mempercepat penyembuhan penyakit jantung koroner?

Ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan, yaitu:.

Pertama, jalani pola hidup sehat. Caranya, hindari makanan berlemak dan kolesterol tinggi. Misalnya, seafood dan makanan yang digoreng. Jika ingin makanan yang digoreng, penggorengannya harus menggunakan minyak zaitun.

Kedua adalah tidak merokok. Ketiga menghindari stres atau jangan stres. Banyak cara bisa dilakukan untuk menghindari stres seperti olahraga, jalan-jalan, membaca buku, dsb. Atau, berlatihlah tentang cara menghindari stres.

Hindari juga penyakit darah tinggi dan kegemukan (obesitas). Selain itu, lakukam pemeriksaan berkala untuk cek berapa tensi darah Anda, kolesterol Anda, gula darah Anda.

Lakukan diet sehat. Ini juga cara efektif untuk membuat hidup Anda tetap sehat. Tambahan, lakukan juga aktivitas fisik seperti berkebun, menanam dan memelihara bunga di rumah, bersih-bersih rumah, dsb.

operasi jantungoperasi bypass jantung (sumber:icpplus.com)

Bagaimana dengan operasi by pass atau pasang ring?

Ya, itu merupakan upaya dokter untuk mencegah meningkatnya sakit jantung Anda. Tetapi, itu adalah jalan pintas dengan biaya yang sangat mahal.

Cara termurah dan termudah adalah perbaiki pola hidup sehat Anda. Jika toh Anda harus melakukan operasi, ikuti dengan pola hidup sehat dan pola makan sehat. Olahraga teratur, stop merokok dan stop stres.

Bagaimana dengan obat herbal atau upaya alternatif lain?

Ya, itu bisa dijadikan cara untuk menghindari atau menyembuhkan sakit jantung koroner. Banyak orang yang mampu menyembuhkan penyakit yang dideritanya dengan minum obat herbal atau obat alternatif.

Bahkan, tidak sedikit penderita sakit jantung yang tadinya sudah diperintahkan operasi oleh dokter, tetapi dengan minum obat herbal jantung, akhirnya tak jadi operasi.

Mengapa? Dokter menyatakan pasien telah sehat dari sakitnya sehingga tidak perlu operasi seperti direncanakan semula.

5 Tips Penting Supaya Anda Terhindar dari Sakit Jantung Koroner

Jika sekarang Anda masih sehat dan belum kena penyakit jantung koroner, tidak berarti Anda boleh menjalani hidup sembarangan. Anda tetap harus menjalani pola hidup sehat. Anda harus menjalani cara hidup yang mampu membuat Anda sehat.

Banyak orang terkena penyakit jantung, termasuk jantung koroner, karena cara hidup yang buruk. Cara hidup sehat harus mendapatkan perhatian yang cukup dari Anda.

Anda, saya dan semua orang, harus memperhatikan kesehatan jantung. Kesehatan adalah nomor satu dalam hidup. Banyak uang, banyak ilmu, banyak jabatan, suami ganteng atau istri cantik, tetapi kalau tidak sehat, ya semua bisa jadi percuma.

Saya punya teman seorang profesor ahli hukum. Ia mengajar di banyak perguruan tinggi sampai di luar Jawa. Ia tinggal di Jawa. Kini, sudah satu tahun lebih ia terbaring di tempat tidur karena stroke.

Jika ingin keluar dari tempat tidur, ia harus menggunakan kursi roda. Harus ada anggota keluarga yang mendampingi atau membantu mendorong kursi rodanya.

Padahal, ia masih sangat muda. Baru usia 53 tahun. Aduhh.. ilmunya banyak, tetapi kini berhenti dari tugasnya mengajar dan berhenti dari berbagai kegiatan organisasi.

obat jantungsalah satu obat herbal sakit jantung (sumber:sbelen.wordpress.com)

Memelihara Kesehatan Jantung Investasi untuk Masa Depan

Maka, kesehatan adalah nomor satu. Anda harus selalu memperhatikan kesehatan. Jangan terlalu sibuk kerja, lupa memperhatikan kesehatan.

Anda tidak pernah mempelajari atau membaca artikel-artikel kesehatan. Juga tidak dengarkan acara kesehatan di TV. Tidak pernah ikuti penyuluhan kesehatan.

Padahal, kesehatan itu penting dan harus dirawat sejak sekarang. Jangan merasa, toh saya masih muda. Saya masih sehat dan tidak lagi memperhatikan kesehatannya.

Sebab, kesehatan itu investasi. Anda minum obat herbal pencegah sakit jantung, misalnya, ini akan membuat jantung Anda sehat setahun ke depan. Berarti investasi.

Saya bisa bicara seperti ini karena pengalaman. Dulu, waktu muda saya suka mengabaikan waktu makan siang. “Ah, nanti saja. Nanggung, pekerjaan biar kelar dulu, baru makan siang,” pikir saya.

Cara itu saya lakukan beberapa tahun. Saya sering makan siang pada pukul 15.00 atau lebih. Apa yang terjadi kemudian? Saya terkena sakit maag.

Ternyata, sakit maag juga bukan penyakit ringan. Cara penyembuhannya memakan banyak energi dan waktu. Bertahun-tahun saya didera sakit maag. Sakit yang sangat menjengkelkan. Walaupun, sudah berkali-kali periksa dokter, sakit maag belum hilang juga.

Ya, ini contoh diri saya mengabaikan kesehatan. Sakit maag yang saya derita bertahun-tahun adalah kesalahan saya. Saya mengabaikan cara hidup sehat. Mengabaikan waktu makan. Makan tidak tepat waktu.

Contoh lain masih banyak. Anda bisa menggali cara hidup orang-orang dekat Anda sebagai pelajaran untuk hidup sehat.

Hindari Terjadinya Penimbunan Lemak di Arteri Jantung

Seperti dijelaskan di atas, untuk menjaga agar jantung Anda tetap sehat, ya Anda harus menghindari darah tinggi, kolesterol tinggi, dsb.

Penyakit darah tinggi adalah salah satu penyebab sakit jantung. Penyakit darah tinggi bisa membuat aliran darah di arteri jantung terhambat oleh timbunan lemak.

Penimbunan lemak di dalam arteri jantung dikenal dengan nama aterosklerosis. Penimbunan lemak inilah penyebab utama terjadinya penyakit jantung koroner.

Akibat dari kondisi itu, suplai darah ke jantung pun menjadi tidak lancar atau berkurang. Ini bisa menyebabkan terjadinya trombosis atau penggumpalan darah.

Bahkan, aliran darah ke jantung bisa terhenti sehingga terjadilah serangan jantung.  Singkat kata, penyebab penyumbatan di arteri jantung terdiri dari darah tinggi, merokok, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu, Anda sejak dini harus berusaha mencegah terjadinya (1) sakit darah tinggi, (2) diabetes, dan (3) kolesterol tinggi. Selain itu, Anda (4) harus berhenti merokok dan (5) menurunkan berat badan jika Anda mengalami kegemukan.

Lima hal inilah yang harus Anda perhatikan untuk membuat jantung Anda tetap sehat sejak sekarang. Semoga Anda mampu menjalaninya dengan baik dan sukses.

Demikian semoga artikel ini bermanfaat.

Cara Mudah Mencegah dan Mengobati Penyakit Jantung Koroner