Penyakit Kolesterol Tinggi: Turunkan dengan Obat Resep Dokter atau Obat Herbal

PERNAH terkena penyakit kolesterol tinggi? Sama dengan darah tinggi, kolesterol tinggi yang tidak segera diobati juga bisa menyebabkan Anda terkena sakit jantung atau stroke.

Pengobatan bisa dengan mengonsumsi obat penurun kolesterol resep dokter (obat farmakologis), obat herbal kolesterol tinggi, atau obat tradisional kolesterol tinggi. Anda bisa memilih obat kolesterol mana yang Anda suka dan bisa menurunkan kolesterol Anda dengan efektif.

Bagi saya, pilihan pertama jatuh pada obat kolesterol resep dokter. Apalagi, jika Anda periksa dokter. Tentu saja, dokter akan memberikan resep untuk pembelian obat di apotek.

Obat resep dokter lebih akurat dan lebih cepat penyembuhannya karena pemilihan dan penggunaannya telah didasarkan metode ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan.

Selain itu, obat resep dokter atau obat farmasi lebih cepat kerjanya. Pengaruhnya lebih terukur.

Tetapi, untuk perawatan dan pemeliharaan supaya penyakit kolesterol tidak kambuh, saya lebih suka pakai obat herbal. Selain bebas dari efek samping, fungsi obat ini juga bisa untuk pencegahan. Artinya, mencegah biar penyakit kolesterol tidak kambuh.

Jadi, obat herbal kolesterol tinggi bisa berfungsi ganda. Yakni, sebagai penyembuh dan pencegah sakit kolesterol tinggi.

Obat tradisional kolesterol tinggi juga hampir sama dengan obat herbal kolesterol tinggi. Hanya saja, obat tradisional lebih alami karena dibuat sendiri dengan cara sebisanya sesuai dengan tradisi masing-masing daerah.

Banyak Orang Menderita Penyakit Kolesterol Tinggi Tanpa Tanda-tanda

penyebab kolesterol tinggikerupuk goreng bisa menyebabkan kolesterol tinggi (sumber: health.detik.com)

Mana yang terbaik? Ya, masing-masing jenis obat seperti disebutkan di atas memiliki kelebihan dan kekurangan. Yang penting jangan minum dua jenis obat bersamaan. Misalnya, obat dari apotek dan obat herbal diminum bersamaan.

Anda harus memilih salah satu. Jika sakit Anda berat, utamakan minum obat resep dokter. Obat jenis lain sebagai pendukung. Jangan dibalik atau diminum bersamaan.

Kolesterol tinggi adalah keadaan di mana kolesterol dalam darah melebihi kebutuhan atau kolesterol normal. Kolesterol adalah senyawa lemak berlilin. Sebagian besar kolesterol diproduksi di hati, dan lainnya diperoleh dari makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi yang dibiarkan tidak diobati bisa menyebabkan sakit jantung dan stroke.

Lho, kok bisa sakit kolesterol tinggi tidak diobati?

Ya, bisa karena umumnya penyakit kolesterol tanpa gejala. Anda selalu merasa sehat dan terus mengonsumsi makanan yang mengandung zat kolesterol tinggi. Eh, tahu-tahu Anda merasa kepala pusing, leher belakang (tengkuk) kencang, punggung sakit, dsb.

Saat periksa dokter, ternyata kadar kolesterol Anda tergolong tinggi. Tidak hanya menderita penyakit kolesterol tinggi. Bisa jadi jantung Anda juga sakit akibat kolesterol Anda tidak diobati.

Bukan karena Anda tidak bersedia mengobati, tetapi karena Anda tidak tahu bahwa diri Anda menderita penyakit kolesterol tinggi. Anda tidak merasa tanda atau ciri-ciri orang menderita kolesterol. Sebab, kolesterol tidak memberikan tanda-tanda atau gejala khusus sejak awal.

Tanda khusus seperti tengkuk kencang dan kepala sakit muncul ketika kolesterol Anda sudah tinggi. Bahkan, sudah menyebabkan jantung Anda juga sakit.

Itulah kejadian yang dialami adik ipar saya, Trisjani (53). Akhirnya, dokter memerintahkan dia opname di rumah sakit untuk penyembuhan sakitnya. Saat periksa laboratorium, kolesterol adik ipar saya adalah 285 mg/dL. Jadi, sangat tinggi.

Ukuran kolesterol normal adalah maksimal 200 mg/dL. Yang ideal ya 180-an mg/dL. Ini berarti Anda harus berusaha membuat kadar kolesterol Anda selalu di bawah 200 mg/dL atau kolesterol normal (sehat). Kolesterol 201 – 239 mg/dL adalah pre-kolesterol tinggi. Kolesterol 240 – atau lebih adalah kolesterol tinggi.

Dua Kunci Sukses Menurunkan Kolesterol Tinggi

Cara terbaik untuk mengobati kolesterol tinggi adalah minum obat penurun kolesterol yang dibarengi dengan diet kolesterol. Yaitu, memperbaiki gaya hidup. Misalnya, Anda harus mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

Bahkan, jika kolesterol Anda belum tergolong tinggi tetapi sudah melebihi batas maksimal kolesterol normal, dokter menyarankan lebih dulu untuk memperbaiki gaya hidup menjadi gaya hidup sehat.

Dengan gaya hidup sehat, Anda hanya akan mengonsumsi makanan yang nyata-nyata membuat hidup Anda sehat, terutama sehat untuk kolesterol Anda.

Makanan yang mengandung lemak tinggi harus Anda hindari. Sementara, memperbanyak konsumsi buah adalah cara terbaik untuk menghindari kolesterol tinggi. Selain itu, juga menghindari konsumsi makanan dengan tinggi lemak seperti daging, terutama daging kambing, daging bebek dan kulitnya, jeroan, kuning telur, telur puyuh, udang, kerang, santan, dsb.

Buah, sayuran dan biji-bijian utuh harus Anda utamakan untuk konsumsi sehari-hari. Contohnya, ya roti gandum utuh.

Diet sehat atau diet kolesterol adalah cara jitu untuk menghindari penyakit kolesterol atau menurunkan kolesterol jika kadar kolesterol Anda telah tinggi. Anda harus memberi perhatian besar untuk kesehatan Anda dengan membuat atau menjaga kolesterol normal Anda.

Diet ditambah dengan melakukan olahraga tiap hari setidaknya selama 30 menit tiap olahraga, maka penurunan kolesterol Anda akan berjalan cepat. Mungkin dalam waktu satu minggu, kolesterol Anda telah kembali ke posisi kolesterol normal.

Ya, semua ini tergantung berapa kadar kolesterol Anda dan seberapa besar Anda melakukan diet kolesterol.

Jika Anda bersedia menjalankan semua cara untuk menurunkan kolesterol Anda seperti dijelaskan di atas, Anda akan sukses memiliki kolesterol normal atau kolesterol sehat.

Upaya membuat kolesterol normal sekaligus menghindari kolesterol tinggi harus Anda lakukan terus-menerus. Anda sebaiknya membuat variasi makanan yang harus Anda konsumsi sehingga Anda tidak merasa jenuh.

Tetapi, yang harus Anda bangun pertama adalah keinginan untuk hidup sehat. Ini harus menjadi tujuan utama dari hidup Anda. Keinginan untuk hidup sehat harus selalu Anda kobarkan dalam dada.

Ini adalah kunci utama untuk sukses membuat diri Anda selalu sehat.

Pertama: semangat untuk hidup sehat. Kedua: menjalankan cara atau pola hidup sehat, termasuk bagaimana menurunkan kolesterol tinggi, bagaimana menghindari atau mencegah kolesterol tinggi, dan bagaimana membuat kolesterol Anda selalu dalam keadaan normal.

obat herbal kolesterolsalah satu obat kolesterol herbal (copy:herbaterapi.com)

Obat Penurun Kolesterol: Antara Obat Resep Dokter, Herbal dan Tradisional

Ada beberapa jenis obat penurun kolesterol yang biasanya diresepkan oleh dokter. Tetapi, semua obat kolesterol ini memiliki efek samping yang harus Anda perhatikan. Oleh karena itu, usahakan bahwa obat kolesterol ini tidak dominan dalam penurunan kolesterol.

Yang utama dalam penurunan atau mencegah terjadinya kolesterol tinggi adalah pola hidup sehat dan pola makan sehat. Ini yang harus Anda utamakan.

Alodokter.com menjelaskan bahwa obat penurunan kolesterol yang biasa diresepkan oleh dokter adalah statin, aspirin, dan ezetimibe. Pemberian obat ini dilakukan terutama jika selain menderita kolesterol tinggi, Anda juga menderita darah tinggi.

Efek samping dari konsumsi obat kolesterol antara lain gangguan pada perut, nyeri otot dan obat harus diminum seumur hidup.

Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal kolesterol tinggi. Banyak obat herbal kolesterol yang dijual di apotek obat herbal atau toko online. Obat herbal umumnya tidak memiliki efek samping seperti halnya obat resep dokter. Tetapi, daya kerjanya tentu tidak secepat obat resep dokter.

Beberapa obat herbal penurun kolesterol yang terkenal adalah Jamkho. Obat herbal ini diproduksi dalam beberapa paket sehingga Anda bisa memilih paket yang sesuai dengan keinginan Anda.

Jamkho adalah jamu fermentasi yang dibuat dari embrio nekar madu, gula aren, air hexagonal dan campuran herbal terpilih. Pengolahan obat ini menggunakan teknologi nano tanpa bahan kimia. Selain menurunkan kolesterol, juga membuat fisik Anda lebih sehat.

Obat herbal kolesterol ini sudah diuji secara klinis dan mampu menormalkan kolesterol Anda.

Pilihan lain adalah Herba Cholesterol.  Obat herbal kolesterol ini dibuat dari ekstrak tanaman obat pilihan dan sudah digunakan untuk menurunkan kolesterol sejak lama. Tidak ada efek samping yang perlu dikhawatirkan dengan mengonsumsi obat herbal penurun kolesterol ini.

Obat ini juga bisa digunakan sebagai suplemen harian untuk menghindari naiknya kadar kolesterol Anda.

Jadi, obat kolesterol ini mempunyai banyak khasiat atau manfaat. Yaitu, menurunkan kolesterol jahat, mengurangi lemak berlebihan, memperlancar buang air kecil, dan mencegah penyakit lain akibat kolesterol tinggi.

Sesungguhnya masih ada beberapa obat herbal penurun kolesterol yang cukup baik untuk dipilih. Anda bebas untuk memilih obat kolesterol mana yang cocok untuk Anda. Penyakit kolsterol tinggi harus Anda sembuhkan.

Obat Kolesterol Tradisional

Anda juga bisa mengonsumsi obat kolesterol tradisional untuk menyembuhkan penyakit kolesterol tinggi Anda. Jika Anda tekun dan konsisten mengonsumsi obat tradisional penurun kolesterol, Anda juga bisa sukses menyembuhkan kolesterol tinggi Anda.

Obat tradisional kolesterol bisa Anda dapatkan dari tanaman obat atau buah yang berkhasiat obat. Ini banyak terdapat di negeri kita, dan Anda bisa membuat sendiri. Misalnya, membuat obat tradisional penurun kolesterol dari buah atau tanaman obat.

Buah alpukat, misalnya. Buah ini mengandung asam pantotenat, asam folat dan berbagai vitamin untuk kesehatan. Alpukat juga mengandung asam tak jenuh, serat, glutation, magnesium dan lainnya, yang sangat membantu untuk menurunkan kolesterol. Terbaik dimakan langsung, tetapi Anda bisa membuatnya menjadi jus atau smothie.

Buah blimbing juga bagus untuk menurunkan kolesterol. Serat dari buah ini mampu menyerap lemak sekaligus menurunkan kolesterol tinggi. Baik alpukat maupun blimbing mudah Anda dapatkan dan harganya pun murah.

Yang terpenting mampu menurunkan kolesterol tinggi Anda. Lagi, cara konsumisinya sangat mudah. Anda bisa membuatnya jus atau mengonsumsinya langsung.

PENGINGAT dari Dr Vito A. Damay, SpJP, MKes, FIHA, FICA.

Hindari 5 makanan dengan tinggi kadar kolesterol jahat (LDL) biarAnda tidak terkena kolesterol tinggi. Ke-5 makanan itu adalah:

01 kuning telur dengan 1.234 kmg kolesterol/100 gram
02 telur ikan dengan 588 mg kolsterol/100 gram
03 hati hewan dengan 564 mg kolesterol/100 gr
04 mentega dengan 215 mg kolesterol/ 100 gr
05 udang dengan 588 mg kolesterol/100 gr

Demikian artikel mengenai penyakit kolesterol tinggi dan cara pengobatannya. Bisa mengonsumsi obat resep dokter, obat herbal kolesterol tinggi, atau obat tradisional kolesterol tinggi. Semoga Anda sukses menurunkan kolesterol tinggi Anda.