Connect with us

Asam Urat

Beberapa Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya

Published

on

MENGETAHUI penyebab asam urat adalah sangat penting. Baik bagi Anda yang sekarang menderita asam urat atau Anda yang sekarang sehat. Tujuannya supaya Anda bebas dari penyakit asam urat.

Menghindari penyebab asam urat itu sangat penting. Mengapa? Karena penyakit asam urat jika tidak disembuhkan sampai tuntas, akan sangat mereporkan. Kalau asam urat sedang kambuh, rasa nyeri sendi sering tidak tertahankan.

Bahkan, terkadang disertai bengkak di sekitar sendi yang sakit. Akibatnya, Anda tidak bisa pergi kemana-mana. Tidak tidak bisa berangkat kerja.

Oleh karena itu. Anda harus berusaha mengatasinya atau menyembuhkannya dengan sungguh-sungguh supaya sakit Anda tidak kambuh lagi. Atau setidaknya tidak sering kambuh.

Risiko penyakit asam urat jika dibiarkan tanpa pengobatan sangat berat. Misalnya akan timbul sakit batu ginjal, sakit ginjal atau gagal ginjal, sendi rusak, sakit jantung, diabetes (kencing manis), dsb.

Sakit asam urat diakibatkan oleh banyaknya zat asam urat dalam darah sehingga ginjal tidak bisa mengolah semua. Sebagian zat asam urat diolah oleh ginjal dan limbahnya dibuang melalui urine atau tinja.

Tetapi, jika zat asam urat dalam darah Anda terlalu banyak, maka ginjal tak bisa memproses seluruhnya. Jadilah, kelebihan zat asam urat makin menumpuk dan menjadi gangguan bagi kesehatan Anda.

Cara Mengatasi Asam Urat: Hindari Makanan dengan Kandungan Zat Purin Tinggi

Pertanyaannya sekarang adalah apa saja penyebab sakit asam urat dan bagaimana cara mengatasinya atau mengobatinya?

Ya, sekali lagi,  mengetahui penyebab asam urat adalah sangat penting. Biarpun Anda rajin mengonsumsi obat asam urat, tetapi di sisi lain Anda tetap mengonsumsi makanan penyebab asam urat, ini bisa membuat pengobatan yang Anda lakukan tidak efektif.

Penyakit asam urat Anda masih tetap suka kambuh. Kadar asam urat dalam darah Anda masih tetap tinggi. Atau setidaknya, asam urat Anda tidak cepat turun dan sembuh.

Dalam jangka panjang, cara mengatasi penyakit asam urat seperti itu tidak baik. Tidak bisa menyembuhkan asam urat Anda hingga tuntas sampai ke akar-akarnya.

Yang terbaik, selain meminum obat asam urat, Anda juga menghindari makanan penyebab asam urat, terutama makanan dengan kandungan zat purin tinggi.

Bisa dibilang, makanan dengan zat purin tinggi adalah penyumbang terbesar terjadinya zat asam urat. Zat asam urat yang tidak berhasil diproses oleh ginjal akan menjadi sumber atau penyebab terjadinya sakit asam urat.

Kelebihan zat asam urat akan disimpan di beberapa sendi, khususnya sendi di kaki. Zat asam urat yang menumpuk akan menjadi kristal yang menusuk-nusuk di area sendi sehingga Anda akan merasakan nyeri yang sangat tinggi dan tidak tertahankan.

Selain itu, pembengkakan sering membuat sendi tak bisa digerakkan. Anda pun terpaksa tidak bisa pergi kemana-mana, termasuk tidak bisa pergi kerja, Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

penyebab asam uratpenyebab asam urat (sumber:jurnalpasarpolis.com)

Penderita Asam Urat Pria Lebih Banyak, Penyebab Asam Urat

Penderita sakit asam urat pria ternyata lebih besar daripada wanita. Maka, pria perlu lebih berhati-hati dengan menghindari penyebab asam urat atau penyebab sakit lain.

Ya, tujuannya supaya Anda terhindar dari penyakit asam urat. Penyakit asam urat sangat menyakitkan. Rasa nyeri yang tidak tertahankan terasa menusuk-nusuk sendi sehingga terjadi peradangan di sendi dan Anda tidak bisa beraktivitas.

Oleh karena itu, Anda perlu mengatasi asam urat dan mengendalikannya agar tidak berlebih sehingga Anda bisa terhindar dari penyakit asam urat.

Kadar asam urat normal antara pria dan wanita berbeda, seperti pada data berikut ini:

  • Perempuan : 2.4–6.0 miligram per desiliter (mg/dL)
  • Laki-laki : 3.4–7.0 mg/dL
  • Anak-anak: 2.0–5.5 mg/dL

Berikut ini beberapa makanan dan minuman penyebab asam urat yang harus Anda hindari, yaitu:

1. Makanan dengan Banyak Zat Purin

Sebenarnya, zat purin juga dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel baru. Apalagi anak-anak yang masih dalam proses pertumbuhan. Mereka membutuhkan banyak zat purin.

Tetapi, jika Anda mengonsumsi zat purin berlebihan, ini yang akhirnya menyebabkan terjadinya sakit asam urat. Untuk itu, Anda perlu tahu makanan dan buah apa saja yang kandungan zat urinnya tinggi.

Setelah tahu, Anda perlu membatasi diri untuk mengonsumsi makanan dan buah dengan zat purin tinggi. Tujuannya biar Anda tidak terkena penyakit asam urat. Atau asam urat Anda tidak mudah kambuh.

Setidaknya ada 30 makanan larangan untuk penderita asam urat yang harus Anda hindari atau batasi konsumsinya. Cara membatasi konsumsinya adalah Anda boleh makan tetapi sedikit dan tidak tiap hari.

Contoh makanan yang harus Anda hindari karena kandungan zat purinnya tinggi adalah ikan laut dan daging merah. Ikan laut, misalnya ikan teri, ikan tuna, kerang laut, kepiting dan ikan asik.

Contoh makanan yang mengandung purin tinggi adalah daging merah, ayam kalkun, daging ayam, makanan yang mengandung banyak santan kelapa, jeroan seperti usus, hati, jantung, aneka gorengan, dsb.

Makanan kaleng, sayuran asparagus, bayam, kembang kol, jamur, buncis, dan daun pepaya serta sarden, juga harus Anda hindari supaya Anda sehat.

2. Minuman dengan Tinggi Purin

Minuman dengan kandungan purin tinggi, misalnya, alkohol dan bir. Keduanya mengandung zat purin tinggi. Lainnya adalah minuman kopi dan teh. Walau kedua minuman itu zat purinnya agak rendah, tetapi keduanya mengandung kafein. Jadi, bisa menjadi sumber datangnya penyakit asam urat.

3. Kurang Minum Air Putih

Mengonsumsi air putih bisa menetralisir beberapa senyawa kimia dalam tubuh Anda. Ini akan membuat kemungkinan terjangkit penyakit asam urat bisa berkurang dengan banyak minum air putih.

Maka, pastikan Anda tiap hari selalu mengonsumsi air putih paling sedikit 2,5 liter. Anda sebaiknya kemana pun membawa air putih sehingga bisa minum lebih sering. Air putih dalam botol bisa menjadi solusi terbaik karena lebih praktis.

Atau di rumah dan di kantor, di toko selalu sediakan air putih galon dan Anda harus sering minum air putih. Dengan cara itu, Anda akan lebih sehat. Anda akan terhindar penyakit asam urat.

Konsumsi banyak air putih juga membantu kinerja ginjal dalam memproses zat purin. Dengan cara minum banyak air putih, Anda akan terhindar dari sakit asam urat.

Baik juga Anda banyak minum jus. Jus bisa mengurangi kadar purin.

4. Tidak Pernah Melakukan Olahraga

Rajin berolahraga juga bisa membantu mengatasi asam urat Anda. Bahkan, bisa membantu  menyembuhkan sakit asam urat Anda. Atau, mencegah Anda terkena penyakit asam urat.

Maka, selalulah rajin berolahraga. Jangan sebaliknya, tidak pernah melakukan olahraga. Tidak pernah berolahraga bisa membuat Anda mudah dijangkiti penyakit, termasuk asam urat.

Anda bisa memilih olahraga apa saja yang Anda suka. Tidak perlu olahraga yang berat dan melelahkan. Sebab, tujuan olahraga ini untuk sehat, bukan untuk olahraga prestasi.

Oleh karena itu, yang perlu Anda lakukan adalah bagaimana bisa berolahraga secara rutin. Paling tidak empat kali seminggu. Waktunya boleh kapan saja. Pagi, siang, sore atau malam.

Baca Juga:

Yang penting Anda rajin berolahraga supaya sehat dan terhindar dari sakit asam urat. Olahraga merupakan salah satu cara efektif mengatasi asam urat. Misalnya, jalan kaki, jalan cepat, jogging, senam, sit up, push up, aerobik, dsb.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal asam urat. Baik untuk mengobati atau mencegah dan menghindari terjadinya penyakit asam urat. Banyak obat herbal asam urat dijual di toko obat dan Anda bisa memilihnya.

Harganya juga tidak mahal. Tetapi, nyaman pemakaiannya dan bebas dari efek samping.

Anda juga bisa mengonsumsi obat tradisional asam urat dengan membuat sendiri atau membeli di toko jamu, misalnya. Ya, semua terserah Anda. Yang penting Anda harus berusaha mengatasi atau mengobati asam urat.

Demikian artikel mengenai beberapa Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya. Semoga Anda selalu sehat dan bebas dari asam urat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.