Pola Hidup Sehat – 7 Tips untuk Tetap Hidup Sehat

Posted on

TIAP orang pasti menginginkan dirinya selalu sehat. Tak ada yang tidak. Pertanyaannya, sudahkah Anda menjalankan pola hidup sehat?

Coba jawab pertanyaan ini dengan jujur. Kebanyakan orang pasti akan menjawab “belum”. Saya pun mengakui bahwa diri saya sampai kini belum menjalankan pola hidup sehat dengan baik dan konsisten.

Padahal, kunci untuk hidup sehat, ya menjalankan pola hidup sehat dengan baik dan terus-menerus (kontinyu). Tanpa itu, mustahil seseorang bisa selalu hidup sehat.

Saya punya kenalan seorang kiai di wilayah saya. Dia sudah berumur 91 tahun. Tetapi, ia masih tangkas. Suka keliling kota dengan naik sepeda.

Saya pernah tanya, apa rahasianya ia bisa mencapai usia 90-an tahun dan selalu sehat?

Apa jawab dia?

Ya, jalani hidup dengan santai dan sabar. Hindari stres. Segala sesuatu serahkan kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa.

Selain itu, suka menolong orang lain. Ia selalu menyisihkan sebagian penghasilannya tiap bulan untuk disedekahkan. Ia bagi-bagi sedekahnya kepada orang yang membutuhkan.

Ia yakin, dengan cara itu banyak orang yang akan mendoakan dirinya. Ia pun bisa merasa tenang menjalani hidup kesehariannya.

Ini hampir sama dengan sikap hidup adik ipar saya yang pernah menjalani operasi kanker pada salah satu payudaranya 8 tahun lalu. Kini, ia tetap sehat dan menjalani hidup sebagaimana layaknya orang lain.

Banyak pasien operasi payudara tak mampu bertahan hidup untuk waktu yang agak lama.

Apa kunci suksesnya?

Kata adik ipar saya, hindari stres. Hadapi segala sesuatu dengan sabar, tenang, dan terima apa adanya.

Tidak perlu marah. Apa pun yang terjadi, termasuk jika ada sesuatu yang sesungguhnya bisa menyakitkan hati.

Misalnya, ia memberi contoh. Ia memerintahkan anaknya untuk mengerjakan sesuatu. Ternyata. anaknya tak menjalankan perintahnya. Ia tak marah. Pekerjaan itu ia jalankan sendiri tanpa marah terhadap anaknya.

mengatasi stresstress berat rat-rat-rattt…. (health.detik.com)

Pola Hidup Sehat dengan Bebas dari Stres

Ya, itu adalah salah satu dari pola hidup sehat. Yaitu, selalu mampu mengatasi stres. Atau, mampu mengelola stres dengan baik. Apa pun yang terjadi, hadapi dengan tenang.

Stres tidak bisa dihindarkan. Tiap orang pasti pernah stres. Tetapi, bagaimana mengatasi stres dengan baik sehingga dirinya selalu sehat, itu yang harus Anda lakukan.

Anda perlu berlatih untuk mengatasi atau menghilangkan stres dengan baik. Berlatih bagaimana cara menghindari stres. Apa yang harus Anda lakukan ketika menghadapi sesuatu yang bisa membuat Anda stres.

Banyak cara bisa Anda lakukan. Misalnya, Anda diam saja (puasa bicara). Tak perlu tanggapi sesuatu yang membuat Anda bisa stres. Biarkan saja. Masa bodoh.

Atau, ucapkan suatu ungkapan yang bisa membuat hati Anda tenang. Misalnya dengan menyebut kebesaran nama Tuhan.

Jika Anda muslim, ucapkan kata “Astaghfirullah..”. Atau katakan dalam hati “sabar, sabar, sabar… dsb.”

Anda bisa berlatih menghindari stres dengan sering berolahraga, meditasi atau wirid dalam Islam, banyak berdoa, dsb.

Anda juga bisa menulis kalimat peringatan untuk diri sendiri. Misalnya, “Jangan marah, jangan emosional, bersabar itu kunci sukses, kendalikan emosi”, dsb.

Ya, masih banyak cara bisa Anda lakukan untuk berlatih agar tidak mudah stres. Atau, Anda bisa mengelola stres dengan baik.

Dengan cara ini, Anda akan mencapai taraf hidup tanpa stres. Hidup tanpa stres ternyata nyaman sekali. Kini, saya merasakan suasana seperti itu.

Saya selalu berpikir positif. Tak peduli orang lain bilang apa. Yang terpenting, apa yang saya lakukan adalah positif dan membuahkan hasil yang baik.

Ini adalah kunci untuk mencapai pola hidup sehat. Sehat fisik, sehat psikis dan sehat kantungnya.. (haahaahaa…).

senam pagi senam pagi dan mengonsumsi buah: pola hidup sehat (sumber:lifestyle.sindonews.com)

7 Langkah untuk Mencapai Pola Hidup Sehat

Sebenarnya ada banyak tips atau langkah baik untuk memastikan Anda telah menjalani pola hidup sehat. Tetapi, di sini hanya akan dikemukakan 7 tips saja.

Pertama: Kelola Stres dengan Baik

Bagaimana mengelola stres agar Anda tetap sehat telah dijelaskan di atas. Yang terpenting, Anda harus terus-menerus berlatih untuk mampu mengelola dan mengatasi stres dengan baik.

Ya, tahap awal ini adalah berlatih untuk bisa mengelola stres dengan baik sehingga tak punya pengaruh negatif untuk kesehatan fisik Anda.

Tahap berikutnya adalah menghilangkan stres. Artinya, dalam menghadapi masalah apa pun, Anda tetap tenang, sabar, tidak kecewa, tidak marah, dan tidak stres. Tahap ini akan Anda capai seiring dengan berjalannya waktu dan intensitas latihan Anda.

Kedua: Cek Kesehatan secara Berkala

Anda harus cek kesehatan secara berkala, terutama setelah usia 40 tahun. Ini adalah ukuran normal. Jika Anda telah memiliki gangguan kesehatan atau penyakit sebelum usia 40 tahun, ya lakukan cek kesehatan sejak itu.

Ini sangat penting supaya Anda bisa menjaga kesehatan Anda tetap stabil. Jika kesehatan Anda menurun, Anda bisa segera melakukan peningkatan dengan berbagai aktivitas yang diperlukan.
Misalnya, cek tensi darah Anda, kolesterol Anda, gula darah Anda, asam urat Anda, jantung Anda, dsb.

Sesuaikan cek kesehatan dengan kebutuhan fisik Anda dan dana yang tersedia. Selalu ikuti petunjuk dokter.

Selain selalu cek kesehatan, Anda juga perlu meningkatkan pengetahuan dan wawasan Anda tentang cara hidup sehat. Info kesehatan apa pun sangat penting untuk Anda. Banyak artikel tentang kesehetan di Internet yang bisa Anda baca, pelajari, dan praktekkan.

Ketiga: Lakukan Olahraga secara Rutin

Bagaimana dengan olahraga Anda? Atau, Anda tak pernah berolahraga? Banyak cara bisa Anda lakukan supaya tetap sehat. Tidak perlu olahraga berat.

Jalan kaki bisa menjadi pilihan utama bagi Anda yang telah berusia. Tetapi, Anda yang masih muda bisa melakukan olahraga yang berkeringat. Misalnya, lari pagi, bersepeda, senam, atau olahraga seperti bulu tangkis, sepak bola, tenis meja, tenis lapangan, bola voli, dsb.

Ya, yang terpenting adalah untuk membuat badan sehat. Bukan olahraga untuk prestasi. Lakukan olahraga ringan secara rutin dengan semangat dan suasana hati yang ceria.

makanan sehatselalu sediakan makanan sehat (sumber:tribunnews.com)

Keempat: Konsumsi Makanan Sehat

Bagi Anda yang telah menyandang penyakit tertentu, usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat. Makanan yang membuat penyakit Anda bisa sembuh atau tidak kambuh. Ini sangat penting untuk dijaga.

Catat makanan dan minuman apa saja yang harus Anda hindari. Atau, makanan minuman sehat apa yang harus Anda konsumsi. Ini sangat penting supaya Anda selalu memperhatikan dan menjalankannya dengan konsisten.

Atau, lakukan diet sehat dengan terprogram dan konsisten. Saya merasakan hasil positif dari diet. Apa pun sakit Anda.

Kelima: Bangun Hubungan Sosial yang Harmonis

Hubungan sosial dengan istri atau suami dan anak-anak, hubungan dengan tentangga, rekan kerja dan siapa pun. Tujuannya supaya Anda bisa hidup tenang dan sehat. Bebas dari stres yang bisa menurunkan kesehatan Anda, baik kesehatan fisik maupun psikis.

Lebih-lebih antara suami dan istri. Harus saling mendukung dan selalu membantu kesembuhannya.

Saya pun merasakan bahwa bantuan istri sangat besar untuk stabilitas kesehatan saya. Istri selalu memasak sesuai dengan standar makanan yang harus saya konsumsi, tidak melakukan hal-hal yang bisa membuat saya stres, menemani untuk jalan-jalan pagi, dsb.

Keenam: Berhenti Merokok dan Minum Alkohol

Bagi Anda yang biasa merokok, sebaiknya hentikan jika Anda telah mengidap penyakit darah tinggi, diabet, jantung atau penyakit berat lainnya.

Demikian juga bagi Anda yang biasa mengonsumsi minuman keras. Sebaiknya juga Anda hentikan. Merokok dan minum alkohol bisa menambah sakit Anda lebih parah.

Saya punya tetangga penggemar minuman keras dan terkena stroke. Sebenarnya, ia telah berusaha keras untuk sembuh saat awal diketahui ia memiliki penyakit stroke.

Tetapi, usaha itu seperti sia-sia. Usaha itu tak mampu menghentikan deraan stroke sehingga ia akhirnya putus asa. Ia tak lagi melakukan penyembuhan. Ia hanya menghabiskan hari-harinya di tempat tidur sampai akhirnya Tuhan memanggilnya.

Ketujuh: Istirahat yang Cukup

istirahattidur, salah satu bentuk istirahat (sumber:wolipop.detik.com)

Pola hidup sehat terakhir adalah istirahat yang cukup. Ini juga sangat penting supaya fisik dan psikis Anda rileks kembali. Bisa fresh dan segar.

Istirahat adalah sangat penting. Apalagi, jika kerja Anda seharian dipenuhi ketegangan karena mengejar target yang masih jauh. Anda harus berpikir keras mencari solusi yang menguras tenaga dan pikiran.

Itulah sebabnya, dalam ajaran agama dianjurkan agar seseorang juga bertawakal (menyerahkan segala sesuatu kepada Tuhan). Tentu saja, tawakal harus dilakukan setelah bekerja keras dan terencana.

Ya, tujuan utamanya supaya Anda bisa bebas dari stres. Anda bisa mengistirahatkan pikir dan jiwa Anda menjadi sehat kembali.

Semoga Anda sukses menjalankan pola hidup sehat dengan melaksanakan 7 tips untuk tetap hidup sehat. Terima kasih atas kesediaan Anda untuk membaca artikel ini.

Bagikan kepada teman, relasi dan siapa pun jika Anda artikel ini bermanfaat.

2 thoughts on “Pola Hidup Sehat – 7 Tips untuk Tetap Hidup Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *