Radang Tenggorokan Akut dan Kronis – 7 Cara untuk Menyembuhkannya

JIKA sakit radang tenggorokan (faringitis) Anda sudah akut, segera obati supaya tidak berkembang menjadi radang tenggorokan kronis. Mengapa? Jika radang tenggorokan akut berubah menjadi radang tenggorokan kronis, risikonya bisa terkena penyakit yang lebih berat.

Misalnya, bisa membuat klep jantung Anda rusak, muncul penyakit campak, sakit kuning, radang ginjal, paru-paru, dsb. Oleh karena itu, jika muncul radang tenggorokan pada diri Anda, maka sebaiknya Anda segera menyembuhkannya.

Apalagi, radang tenggorokan yang Anda derita merupakan penyakit akibat bakteri. Ini harus cepat disembuhkan.

Tujuannya supaya tidak menjadi lebih parah atau radang tenggorokan kronis yang bisa menimbulkan komplikasi dengan munculnya penyakit lain yang lebih berat.

Terkadang, dokter memerintahkan penderita radang tenggorokan kronis untuk operasi seperti dialami oleh Suko Prayogo, warga Semarang, Jawa Tengah. Wahh… ngeri juga yaa..

Maka, jika Anda sakit tenggorokan, cepat sembuhkan. Anda harus secepatnya  menyembuhkan radang tenggorokan, terutama radang akibat bakteri.

Banyak cara menyembuhkan radang tenggorokan yang bisa Anda lakukan.

Jika tidak segera diobati, bisa fatal akibatnya. Radang tenggorokan akut bisa meningkat menjadi radang tenggorokan kronis.

Perbedaan Antara Radang Tenggorokan Akut dan Kronis

radang tenggorokan akutreprome.cz

Apakah perbedaan antara radang tenggorokan akut dan kronis?

Radang tenggorokan akut apabila penyakit itu berlangsung kurang dari tiga minggu. Sementara, radang tenggorokan kronis terjadi lebih dari tiga minggu.

Radang tenggorokan sering muncul secara mendadak (tiba-tiba). Kondisi tampak parah pada hari ke-2 dan ke-3.

Berikut ini adalah tanda-tanda atau gejala penyakit radang tenggorokan akut:

1. Rasa sakit pada tenggorokan

2. Suara Anda terasa serak

3. Terjadi demam ringan

4. Sulit untuk berbicara

5. Batuk berulang-ulang yang sangat menjengkelkan.

6. Berdahak terus-menerus dari tenggorokan

Jika Anda menderita sakit tenggorokan akut dengan gejala seperti disebutkan itu, Anda bisa menyembuhkan atau mengobatinya dengan cara alami. Anda bisa menggunakan obat radang tenggorokan alami.

Dalam hal ini, Anda tidak perlu minum obat farmasi. Dengan pengobatan secara alami, radang tenggorokan bisa cepat sembuh. Dokter umumnya juga tidak menyarankan penggunaan obat farmasi jika tidak terlalu berat sakitnya.

Dengan pengobatan alami ini, radang bisa segera dihentikan sehingga Anda bebas dari gangguan kesehatan yang menjengkelkan. Ya, radang tenggorokan bukan penyakit berat, tetapi sering menjengkelkan.

Apalagi, radang yang diikuti batuk terus-menerus muncul saat Anda dalam pertemuan bersama banyak orang. Anda tentu sangat risi dengan apa yang Anda alami: tenggorokan gatal, sakit tenggorokan dan sering batuk.

7 Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan Akut

Untuk meredakan atau menyembuhkan radang tenggorokan, Anda bisa melakukan berbagai cara. Berikut ini 7 cara untuk menyembuhkan radang tenggorokan yang bisa Anda lakukan sendiri.

1. Jangan banyak bersuara

Ya, bersuara atau berbicara bisa meningkatkan intensitas sakit tenggorokan Anda. Karena itu, jangan banyak bicara saat Anda menderita tenggorokan akut atau kronis. Untuk sementara, Anda sebaiknya puasa bicara.

2. Hirup udara lembab

Anda bisa menghirup udara lembab saat radang tenggorokan muncul. Udara lembab akan membantu Anda untuk menghilangkan lendir dan cairan dalam tenggorokan sehingga Anda merasa nyaman.

3. Jangan gunakan antihistamin dan kortikosteroid

Sepintas, dengan menggunakan salah satu dari kedua obat itu, radang tenggorokan mereda. Anda pun bisa berbicara dengan baik. Tetapi, itu hanya bersifat sementara atau menipu.

Yang terjadi selanjutnya justru membuat sakit tenggorokan bisa meningkat jadi radang tenggorokan kronis. Ya, sakitnya lebih parah dari sebelumnya.

4. Hentikan merokok

Anda sebaiknya berhenti merokok untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Cara ini bisa mempercepat penyembuhan dari sakit tenggorokan akut atau kronis.

5. Banyak minum air putih

Perbanyak minum air putih yang bisa menghindarkan Anda dari dehidrasi atau kekurangan cairan (air minum) selama terkena sakit tenggorokan. Kekurangan air bisa meningkatkan sakit tenggrorokan Anda.

6. Hindari konsumsi gorengan

Ya, gorengan yang menggunakan minyak kurang sehat bisa menambah radang tenggorokan Anda makin meningkat. Oleh karena itu, saat Anda menderita sakit tenggorokan, hindari konsumsi gorengan. Ya, gorengan apa pun. Misalnya, tahu goreng, tempe goreng, daging goreng, ayam goreng, dsb.

7. Perkuat daya tahan tubuh

Usahakan daya tahan tubuh Anda tetap sehat dengan mengonsumsi makanan yang sehat, termasuk memperbanyak konsumsi buah-buahan. Ini adalah sangat penting supaya radang tenggorokan tidak berkembang menjadi radang tenggorokan kronis.

Demikian artikel mengenai radang tenggorokan akut dan radang tenggorokan kronis serta cara mengobati radang tenggorokan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sehingga bisa sembuh dari sakit tenggorokan yang menjengkelkan.

Terima kasih atas kunjungannya.