Connect with us

Radang Tenggorokan

Radang Tenggorokan pada Anak – Ciri-ciri dan Cara Mengobatinya

Published

on

RADANG tenggorokan bukan sakit berat. Tetapi, sangat mengganggu dan membuat penderitanya tidak bisa tenang dan nyaman. Apalagi, buat anak-anak. Apa saja ciri-ciri radang tenggorokan pada anak dan bagaimana cara mengobatinya?

Biarpun bukan sakit berat, radang tenggorokan tetap harus disembuhkan. Jika dibiarkan, sakit tenggorokan bisa menjadi penyakit akut ataupun kronis.

Ini tidak boleh terjadi. Risiko dari sakit tenggorokan yang tidak diobati adalah munculnya penyakit campak, sakit kuning, klep jantung rusak, bronkhitis, sinusitis, radang ginjal, dsb.

Saya yakin, Anda tidak ingin terkena penyakit apa pun seperti yang disebutkan di atas. Anda ingin radang tenggorokan segera sembuh.

Apalagi, jika penyakit radang tenggorokan terjadi pada anak. Tentu saja, Anda ingin segera membawanya ke dokter, puskesmas, atau klinik. Anda tidak ingin melihat anak sering menangis karena radang tenggorokan.

Anda tidak tega melihat anak kesayangan sangat menderita. Apalagi, jika anak kesayangan itu anak pertama. Anda tentu ingin melihat anak Anda segera bebas dari sakit tenggorokan yang dideritanya.

Penyebab Radang Tenggorokan pada Anak – Cegah sebelum Menjadi Akut atau Kronis

radang tenggorokan pada anaksumber:hintmama.com

Bagi ayah atau ibu muda, tentu saja ingin tahu apa ciri-ciri radang tenggorokan pada anak.
Mengetahui tanda-tanda atau ciri radang tenggorokan pada anak adalah sangat penting.

Mengapa? Dengan mengetahui gejala awal sakit tenggorokan pada anak, Anda bisa segera melakukan tindakan penyembuhan ataupun tindakan pencegahan.

Apakah Anda berusaha menyembuhkan sendiri dengan cara-cara yang benar dan tepat atau membawanya ke dokter, puskesmas atau klinik di rumah sakit? Itu terserah Anda sesuai dengan tingkatan penyakit anak Anda.

Yang terpenting adalah anak bisa segera mendapatkan pertolongan. Penyakit yang dideritanya tidak berkembang menjadi radang tenggorokan akut atau bahkan radang tenggorokan kronis.

Apa saja penyebab sakit tenggorokan pada anak?

Ya, hampir 80% kasus radang tenggorokan pada anak disebabkan oleh virus. Selain virus, penyakit tenggorokan juga bisa diakibatkan oleh bakteri.

Penyakit tenggorokan yang diakibatkan oleh virus lebih mudah penyembuhannya. Dengan mengonsumsi obat alami atau obat tradisional, radang tenggorokan bisa sembuh.

Tentu saja, Anda sebaiknya secepatnya berusaha menyembuhkan sakit tenggorokan. Tujuannya supaya anak Anda segera terbebas dari penyakit radang tenggorokan sehingga tubuhnya tetap sehat.

6 Ciri Radang Tenggorokan pada Anak

Berikut ini 6 ciri penyakit tenggorokan pada anak yang perlu Anda ketahui sehingga Anda bisa mencegahnya secara dini. Atau bisa mengobati radang tenggorokan anak Anda sebelum menjadi parah, terutama jika ternyata penyakit yang dideritanya adalah radang tenggorokan akibat bakteri.

1. Pangkal Tenggorokan Tampak Memerah

Jika bayi atau anak balita Anda enggan makan, Anda sebaiknya mengecek kondisi tenggorokannya. Gunakan baterai kecil untuk melihat di pangkal tenggorokan. Apakah tampak memerah atau tidak.

Jika tampak memerah, itu pertanda anak Anda kena sakit tenggorokan. Anda harus segera menyembuhkannya.

2. Terasa Sakit Saat Menelan

Ciri radang tenggorokan lainnya adalah terasa sakit saat menelan makanan. Oleh karena itu, anak menolak saat Anda suruh makan atau ketika Anda suapi.

Anda harus segera menyembuhkannya. Jika tidak, ketahanan tubuh anak Anda bisa menurun tajam. Mungkin perlu pertolongan dokter.

3. Pembengkakan Tonsil

Ayah ibu bayi/anak yang bukan tenaga kesehatan tentu tidak bisa mengenali gejala ini, yaitu pembekakan tonsil. Hanya dokter dan tenaga kesehatan (paramedis) yang bisa mengenalinya.

Oleh karena itu, dengan dua ciri di atas Anda sudah bisa mendeteksi penyebab sakit anak Anda dan berusaha menyembuhkannya.

4. Menderita Demam

Jika bayi atau anak Anda menderita demam tinggi hingga lebih dari 38 derajat Celcius,  kemungkinan anak Anda menderita radang tenggorokan akibat bakteri.

Tetapi, jika panasnya rendah, itu radang akibat virus. Radang akibat virus lebih ringan dibandingkan dengan radang akibat bakteri.

Jika akibat bakteri, secepatnya diobati atau dibawa ke dokter. Dengan demikian, anak Anda bisa segera mendapatkan pengobatan yang tepat sehingga bisa diharapkan bisa cepat sembuh dari sakitnya.

5. Kelenjar Getah Bening Bengkak

Gejala lain dari radang tenggorokan pada anak adalah pembengkakan kelenjar getah bening di pangkal leher. Untuk radang tenggorokan akibat bakteri, terkadang muncul gejala sakit kepala dan bercak merah pada kulit.

6. Sakit Perut dan Muntah

Adakalanya, radang tenggorokan anak disertai sakit perut dan muntah. Anda harus segera menghentikan rasa sakit dalam perut dan muntah-muntah sehingga bisa terhindar dari kehabisan cairan. Terapinya, perlu banyak minum air putih.

obat radang tenggorokan untuk anakobat herbal radang tenggorokan untuk anak (sumber:istanaherbal.com)

Cara Menyembuhkan Sakit Radang Tenggorokan pada Anak

Sesungguhnya, jika sakit tenggorokan pada anak balita Anda adalah akibat virus, Anda tidak perlu membawa mereka ke dokter. Sebab, dengan berjalannya waktu, radang tenggorokan akan sembuh sendiri.

Tetapi, siapa yang tega menyaksikan anak Anda tidak mau makan, suka menangis, dsb. akibat radang tenggorokan?

Untuk meredakan sakit tenggorokan pada anak, termasuk anak di bawah usia 5 tahun (balita), Anda bisa memberi banyak minum air putih. Banyak minum bisa mencegah terjadinya dehidrasi atau kekurangan air.

Walaupun bayi atau anak balita Anda menangis akibat sakitnya, Anda tetap harus sering memberinya minum air putih. Apalagi jika anak Anda juga demam. Banyak minum air putih sangat diperlukan.

Bisa pula Anda memberinya minum air hangat atau teh madu. Jus apel atau es krim juga dapat diberikan untuk meredakan radang tenggorokan.

Tetapi, jangan beri buah jeruk atau jus jeruk karena dikhawatirkan bisa terjadi iritasi.

Selain itu, suruh sering berkumur dengan air garam. Caranya, ambil air putih satu gelas dan beri garam setengah sendok teh dan aduk hingga semua garam larut dalam air. Berilah air garam untuk berkumur berulang-ulang sehingga rasa sakitnya mereda.

Obat Radang Tenggorokan untuk Anak

Bagaimana cara menyembuhkan dan mengobati radang tenggorokan pada anak?

Ya, Anda bisa memberikan obat yang terbuat dari bahan madu dan bahan herbal lain seperti Promandel Syifa Kids.

Selain untuk penyembuhan sakit amandel, obat herbal ini juga bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan sakit radang tenggorokan pada anak. Obat herbal radang tenggorokan ini untuk anak usia 6 bulan sampai 6 tahun.

Ya, obat herbal ini bisa Anda gunakan untuk mencegah radang amandel, mengobati radang amandel, meredakan gejala amandel, mengobati radang tenggorokan, memperbaiki organ yang rusak, mengurangi rasa sakit, meredakan panas, dan menambah daya tahan tubuh bayi atau anak Anda.

Demikian artikel mengenai penyakit radang tenggorokan pada bayi dan anak-anak. Meskipun bukan penyakit berat, radang tenggorokan pada anak bisa membuat orang tuanya sangat repot.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk ibu dan ayah muda yang baru punya anak pertama. Terima kasih atas kesediaannya mengunjungi blok ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.