Radang Tenggorokan Akibat Alergi Obat Darah Tinggi

ANDA pernah menderita radang tenggorokan? Ya, hampir semua orang pernah menderita radang tenggorokan. Saya pun beberapa kali pernah menderita radang tenggorokan (firingitis). Salah satunya akibat alergi obat darah tinggi atau hipertensi.

Saya cukup lama menderita sakit radang tenggorokan. Entah berapa tahun, saya tidak mencatatnya. Tetapi, sakit tenggorokan suka timbul tenggelam. Ya, kadangkala muncul, tetapi terkadang lama menghilang.

Sakit tenggorokan yang diderita banyak orang umumnya bukanlah sakit berat. Tetapi sangat mengganggu. Apalagi jika sedang bersama beberapa orang dalam suatu acara. Misalnya, mengikuti rapat, shalat berjamaah, atau acara bersama lainnya.

Tentu sangat risi jika batuk terus-menerus muncul akibat sakit tenggorokan atau terkena radang tenggorokan.

Pada saat seperti itu, biasanya tenggorokan terasa gatal akibat radang. Rasa gatal menimbulkan batuk berulang-ulang.

Setelah batuk berlangsung sekitar 10 menit, biasanya makin berkurang dan akhirnya berhenti. Atau kurang dari 10 menit.

Ya, batuk muncul terutama jika ada pemicunya. Misalnya, saya duduk di dekat kipas angin. Terpaan kipas angin bisa membuat saya batuk akibat radang tenggorokan muncul atau kambuh.

Begitu Obat Darah Tinggi Diganti, Radang Tenggorokan Langsung Menghilang

radang tenggorokancek radang tenggorokan (copy: sukses-klink.blogspot.co.id)

Apa yang saya kemukakan tentang radang tenggorokan hanyalah salah satu jenis dari banyak macam radang tenggorokan.

Gejalanya pun bermacam-macam. Ada yang gatal di tenggorokan dan batuk-batuk seperti saya alami.

Tetapi, ada juga dengan gejala sakit kepala, hidung beringus, iritasi, tenggorokan sakit dan sulit menelan, pembesaran kelenjar pada leher, nyeri otot dan tonsil/amandel yang bengkak karena radang.

Ya, sakit tenggorokan memang bukan penyakit berat. Bahkan, tanpa memerlukan pengobatan pun, rasa gatal di tenggorokan bisa menghilang dengan sendirinya bersamaan dengan bertambahnya waktu.

Radang tenggorokan yang diakibatkan virus akan sembuh dengan sendirinya sekitar 5 – 7 hari akan sembuh sendiri.

Demikian pula batuknya. Setelah berlangsung sekian menit, batuk akan mereda. Terutama setelah pemicunya dijauhkan. Misalnya, kipas angin saya pindahkan tempatnya. Atau saya menjauh dari kipas angin atau AC. Atau kipas angin /AC dimatikan.

Saya memang belum pernah periksa dokter secara khusus untuk pengobatan radang tenggorokan. Beberapa kali periksa hanya sebagai aduan tambahan.

Misalnya, saat periksa penyakit darah tinggi, saya juga menyampaikan keluhan tentang tenggorokan terasa gatal. Lalu, dokter pun memberikan obat tenggorokan sakit.

Saat minum obat, rasa gatal menghilang. Tetapi, beberapa hari setelah obat habis, rasa gatal kembali muncul. Mengakibatkan batuk-batuk.

Ya, sekali lagi, radang tenggorokan bukan penyakit berat. Tetapi, sangat mengganggu. Bahkan, menjengkelkan.

Penyakit tenggorokan bisa sembuh setelah saya bisa memastikan bahwa sakit itu akibat alergi dari konsumsi obat tekanan darah tinggi. Saya bisa mengenali ini karena terkadang saya berhenti tidak mengonsumsi obat darah tinggi saat tensi saya normal.

Artinya, saya tidak menderita sakit darah tinggi lagi. Saat tensi naik dan saya mengonsumsi obat, radang tenggorokan kembali muncul.

Ketika saya telah bisa memastikan bahwa radang tenggorokan akibat konsumsi obat hipertensi, saya langsung minta dokter untuk mengganti obatnya. Ya, alasan saya karena terjadi efek samping berupa tenggorokan gatal atau radang tenggorokan dan muncullah batuk yang menjengkelkan.

Begitu mendapatkan obat darah tinggi yang baru dan saya minum, kontan tenggorokan gatal menghilang. Tidak perlu waktu lama. Kurang dari 5 menit, tenggorokan kembali terasa nyaman dan tak muncul batuk lagi.

Mengenali gangguan kesehatan yang Anda alami adalah sangat penting. Anda tidak bisa hanya menyerahkan semuanya kepada dokter. Yang tahu tentang diri Anda, ya Anda sendiri.

Di sini, sangat penting sekali bagi Anda untuk memiliki pengetahuan atau informasi mengenai kesehatan.

Blog ini dibuat dengan tujuan untuk berbagi pengalaman dan informasi tentang kesehatan apa saja sehingga kita memiliki kemampuan yang cukup untuk hidup sehat. Walaupun, pengetahuan atau informasi yang kita miliki tidak harus mendalam.

Setidaknya, hal-hal yang dasar kita perlu kuasai. Hanya untuk hal-hal yang berat, kita perlu bantuan atau periksa dokter.

Bukan Hanya Pengobatan Radang Tenggorokan, tetapi Juga Pengobatan Maag

Tidak hanya untuk alergi tenggorokan ini saya berkali-kali periksa dokter tetapi belum bisa menemukan obat yang menyembuhkan atau menghilangkan rasa sakit yang saya derita.

Dulu, untuk sakit maag, periksa dokter juga tidak berhasil menyembuhkan maag saya secara permanen. Maag saya sembuh justru setelah minum obat tradisional atau obat maag alami. Yaitu ekstrak (jamu)  dengan bahan kunyit yang saya buat sendiri.

Bahkan, beberapa hari lalu saya mengonsumsi mangga hingga beberapa potong, maag saya tak kambuh. Tidak terasa lambung melilit, apalagi perih.

Tentu saya sangat bersyukur setelah belasan tahun menderita sakit maag, akhirnya bisa sembuh berkat obat herbal kunyit.

radang tenggorokanperbanyak minum air putih (sumber:vemale.com)

Pertolongan Pertama jika Anda Menderita Radang Teggorokan

Ya, jika Anda menderita radang tenggorokan, teliti apa penyebabnya sehingga bisa ditentukan terapinya dengan tepat. Tetapi sebagai pertolongan pertama, alodokter.com memberikan beberapa tips yang sangat bermanfaat berikut ini.

1. Anda perlu berkumur dengan air garam atau obat kumur antiseptik. Saya pernah pernah pula diberi resep dokter obat kumur antiseptik ini. Bisa meredakan untuk beberapa waktu, tetapi tenggorokan gatal muncul lagi.

2. Mengonsumsi minuman hangat ditambah mengonsumsi makanan lunak.

3. Jangan merokok atau berada di dekat orang yang sedang merokok. Sebab, dengan itu Anda ikut menghisap asap rokok.

4. Memperbanyak minum air putih.

5. Anda bisa mengisap es batu atau permen pelega tenggorokan.

6. Jangan minum minuman yang masih panas atau terlalu dingin. Bisa menyebabkan iritasi.

7. Istirahat yang cukup

8. Konsumsi obat sakit tenggorokan atau analgesik. Obat ibuprofen dan parasetamol sering disarankan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

Atau Anda minum obat tenggorokan herbal atau obat alami radang tenggorokan.

Misalnya obat herbal Jelly Gamat. Banyak orang merasa sembuh dari radang tenggorokan setelah minum obat herbal ini. Saya pun suka minum obat herbal ini, terutama istri saya. Darah rendahnya jarang kambuh sekarang.

Radang Tenggorokan Akut dan Radang Tenggorokan Kronis

Meskipun penyakit radang tenggorokan umumnya adalah ringan akibat virus, tetapi ada juga yang menderita sakit radang tenggorokan akut dan kronis akibat bakteri. Oleh karena itu, Anda perlu selalu menghindarkan diri dari sakit tenggorokan.

Jika terkena sakit radang tenggorokan, Anda perlu segera menyembuhkannya biar tidak berkembang menjadi penyakit radang tenggorokan akut, atau bahkan berkembang menjadi radang tenggorokan kronis.

Berikut ini ciri-ciri dari radang tenggorokan akut:

1. Nyeri di Tenggorokan. Selain sakit untuk menelan makanan, nyeri tenggorokan sering membuat penderita sulit berbicara.

2. Sulit Berbicara. Ya, radang tenggorokan akut membuat penderita sulit mengeluarkan kata-kata dengan suara jelas. Saraf-saraf tenggorokan tak bisa berfungsi dengan baik.

3. Merasa Nyeri Saat Menelan. Terkadang sakit untuk menelan. Akibatnya, makan pun menjadi malas. Tentu saja, hal ini tidak boleh terjadi pada diri Anda. Sebab, hal itu membuat Anda bertambah sakit dengan tubuh lemah karena kurang nutrisi.

4. Badan Demam. Suhu badan terkadang agak panas, tetapi adakalanya berubah menjadi dingin. Ini bisa disebabkan oleh kurangnya nutrisi akibat sulit atau malas makan.

Bahkan, akibat lanjutannya jika kondisi itu dibiarkan tanpa pengobatan, Anda bisa terkena radang tenggorokan kronis. Sebab, daya tubuh juga menurun drastis.

Ya, kondisi radang tenggorokan kronis lebih berat daripada radang tenggorongan akut. Supaya tidak tumbuh menjadi radang tenggorokan kronis, ya secepatnya mendapatkan pengobatan. Anda bisa konsultasi ke dokter.

Ciri radang tenggorokan kronis hampir sama dengan radang tenggorokan akut. Hanya kondisi sakit lebih berat. Ia memerlukan penanganan lebih serius. Jika tidak, sakit tenggorokan ini bisa berkembang menjadi sakit yang lebih berat atau terjadi komplikasi.

Misalnya terjadi sakit kelenjar getah bening. Bahkan, juga sakit jantung, paru-paru atau lainnya.

Gejala radang tenggorokan kronis antara lain sulit menelan, sulit berbicara, nyeri hebat, pembesaran kelenjar getah bening, muncul nanah di tenggorokan, demam tinggi dan terjadi komplikasi.

Gejala lain adalah air liur terus keluar, terkadang air luar disertai darah, sakit telinga, rasa nyeri di sendi, dan benjolan di leher.

Cara terbaik untuk menghindari radang tenggorokan adalah selalu mencuci tangan, terutama saat akan makan atau seusai makan dan selesai makan.

Bersihkan atau cuci peralatan yang sering dipegang banyak orang seperti pegangan pintu, gagang telepon, dsb. Juga hindari asap rokok dan sumber alergi.

radang tenggorokan pada anaksumber:wartasolo.com

Radang Tenggorokan pada Anak-anak

Radang tenggorokan tidak hanya dialami oleh orang dewasa. Anak-anak juga bisa menderita radang tenggorokan.

Tanda si kecil terkena radang tenggorokan adalah tidak mau makan, suka rewel, sakit kepala, nyeri otot, gatal, dan badan terasa lelah.

Umumnya radang tenggorokan yang menyerang anak-anak dan remaja adalah akibat virus. Walaupun, ada juga yang diakibatkan oleh bakteri.

Jika radang tenggorokan pada anak akibat virus, seperti radang yang diderita oleh orang dewasa, dalam seminggu akan sembuh. Meskipun tanpa mengonsumsi obat radang teggorokan.

Oleh karena itu, orang tua khususnya ibu si kecil tidak perlu panik jika anak kesayangan menderita radang tenggorokan.

Anda bisa mengurangi rasa gatal atau sakit dengan meminta anak Anda banyak minum air putih, berkumur dengan air garam dan minum obat penghilang rasa sakit.

Ya, perbanyak minum air putih hangat sangat penting supaya tidak terjadi dehidrasi. Apalagi, jika si kecil demam. Banyak minum air putih banyak menolong.

Obat acetaminophen atau ibuprofen bisa diberikan jika diperlukan. Tentu saja, obat radang tenggorokan anak harus diberikan dengan dosis sesuai ketentuan.

Demikian sedikit informasi mengenai radang tenggorokan yang pernah saya alami sebagai efek samping dari konsumsi obat darah tinggi. Semoa artikel ini bermanfaat bagi Anda.