Connect with us

Asam Urat

Ramuan Tradisional Asam Urat – Mudah Pembuatannya, Besar Khasiatnya

Published

on

ANDA bisa membuat sendiri ramuan tradisional asam urat. Tidak terlalu sulit untuk menemukan bahan pembuatan ramuan asam urat. Yang penting Anda harus mengobati asam urat. Sebab, risiko dari asam urat yang tidak diobati bisa menyebabkan sakit batu ginjal, dll.

Penyakit asam urat adalah penyakit yang terjadi pada persendian dengan ditandai rasa nyeri pada sendi yang tidak tertahankan. Kadangkala juga disertai pembengkakan dan rasa panas sehingga membuat Anda harus istirahat atau tidak bisa bekerja.

Bahkan, tetangga saya seorang polisi harus dirawat di rumah sakit sampai 6 hari karena sakit asam uratnya kambuh dengan tingkat kesakitan yang sangat tinggi.

Terbanyak asam urat terjadi pada sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

9 Tanaman Berkhasiat Besar untuk Penyakit Asam Urat

Untuk mengatasi asam urat, Anda bisa memanfaatkan tanaman obat yang banyak terdapat di wilayah Indonesia. Bahkan, tanaman obat tumbuh liar karena tidak ada yang menanam.

Ternyata, tanaman obat itu mampu menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk penyakit asam urat. Tanaman obat yang dimanfaatkan terkadang buahnya, akar tumbuhan, batang, kulit buah, dsb.

Jika Anda ingin menyembuhkan asam urat dengan ramuan tradisional asam urat, Anda harus menyiapkan sendiri bahannya, memprosesnya dan menentukan dosisnya.

Tetapi, jika tidak ingin repot, ya beli saja obat asam urat herbal di toko obat herbal atau di berbagai toko online. Banyak herbal asam urat yang bagus dan diproses menggunakan teknologi maju.

Harganya pun tidak mahal. Herbal asam urat buatan pabrik tentu lebih higienes atau lebih sehat dan lebih nyaman.

Berikut ini bahan ramuan tradisional asam urat:

1. Ramuan Tradisional Asam Urat Brotowali

ramuan tradisional asam urat

sumber:brotowali.com

Ramuan dari tanaman brotowali sangat pahit. Tetapi, rasa pahit itulah yang menyebabkan brotowali sangat manjur untuk berbagai penyakit. Hampir semua penjual jamu keliling pasti menyediakan ramuan tradisional dari brotowali.

Selain itu, brotowali juga bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan darah tinggi, kolesterol tinggi, mengendalikan gula darah, meningkatkan imunitas tubuh, dan membuat kulit Anda senantiasa kencang/awet muda.

Brotowali mengandung senyawa kimia seperti kurkuminoid yang berkasiat untuk menghilangkan nyeri sendi, menetralkan racun, menurunkan kolesterol tinggi, dsb.

2. Jamu Herbal Asam Urat dari Sidaguri

penyakit asam urat

sumber:herbplasa.com

Anda juga bisa memanfaatkan tanaman sidaguri untuk mengobati asam urat. Tanaman sidaguri juga termasuk tanaman liar di rerumputan. Tanaman ini mengandung zat alkaloid ephedrine dan bersifat diuretik.

Cara membuat ramuan tradisional asam urat ini dengan cara mengambil daun sidaguri dan bijinya. Lalu direbus. Anda bisa minum air rebusan sidaguri dengan teratur sampai asam urat Anda sembuh,

Selain mengobati asam urat, ramuan dari sidaguri juga bisa mengobati peradangan pada saluran kencing dan meningkatkan stamina Anda.

3. Sambiloto, Obat Asam Urat Cukup Ampuh

teh sambiloto

sumber:daunsambiloto.com

Hampir sama dengan tanaman obat lainnya, daun sambiloto juga bisa Anda manfaatkan untuk menurunkan asam urat sehingga menjadi normal. Nama obat tradisional dari daun sambiloto sudah sangat terkenal.

Zat kandungan sambiloto antara lain aldehid, keton, alkane, flavanoid, dan berbagai mineral penting seperti kalium, natrium, dan kalsium. Zat-zat itu bisa membuat sambiloto bermanfaat untuk meredakan rasa sakit dan pembengkakan di seputar sendi, bisa mengatasi radikal bebas yang bisa merusak sel-sel dalam tubuh.

Anda bisa mengambil daun sambiloto dan direbus. Setelah air rebusan agak dingin, Anda bisa meminumnya.

4. Kumis Kucing, Ampuh untuk Menghancurkan Batu Ginjal

Khasiat obat dari daun kumis kucing sudah sangat terkenal sejak puluhan tahun lalu. Kumis kucing dikenal sangat ampuh untuk menghancurkan batu ginjal. Selain itu, juga sangat bagus untuk mengatasi sakit asam urat.

herbal asam urat

sumber:tokopedia.com

Kandungan zat berkhasiat obat dari tanaman kumis kucing antara lain zat orthosiphonin glikosida dan diuretik yang bisa merangsang pengeluaran asam urat melalui urin. Kandungan lain, zat sinsetin yang dapat mencegah peradangan dan infeksi pada saluran kemih.

Banyak kandungan zat kimia dalam daun kumis kucing sehingga daun tanaman ini bisa menyembuhkan banyak penyakit. Anda bisa mengambil 10 daun kumis kucing kering atau 20 helai daun kumis kucing segar untuk dijadikan minum obat.

Anda bisa mencampur dengan daun meniran, sawi tanah, dan kapulaga. Cara membuatnya ya seperti membuat minuman dengan menggunakan teh celup atau teh kepyur. Jika ingin nyaman, sebaiknya air ramuan tradisional asam urat dari daun kumis kucing disaring lebih dulu. Anda bisa minum pagi, siang dan petang hari.

5. 1001 Manfaat Daun Sirsak, Menyembuhkan Asam Urat

ekstrak daun sirsak

sumber:amwah.wordpress.com

Daun sirsak juga memiliki 1001 khasiat obat seperti halnya beberapa tanaman obat lainnya. Ada beberapa senyawa kimia yang membuat konsumsi daun sirsak bisa membunuh bakteri, virus dan regenerasi sel yang rusak.

Bahkan, kandungan zat dalam daun sirsak ada yang bisa mengatasi kanker. Misalnya acetogenin. Zat lainnya adalah acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, asam linoleat, dsb.

Daun sirsak juga bisa berfungsi sebagai antivirus, antibakteri, membantu proses pencernaan dan antimikroba.

Cara membuat ramuan untuk asam urat adalah ambil daun sirsak 6-10 lembar dan bersihkan dengan air mengalir dari kran. Setelah dipotong-potong, daun sirsak direbus.

Setelah air mendidih, maka rebusan diangkat dan didinginkan. Kini, Anda siap untuk meminum rebusan daun sirsak . Lakukan minum ramuan daun sirsak pagi dan petang hari.

6. Daun Seledri Mengobati Asam Urat


Selain dikenal luas bisa menurunkan darah tinggi, daun seledri juga bisa mengatasi penyakit asam urat. Banyak kandungan zat dalam daun seledri penyedap masakan ini.

Di antara kandungan itu kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, C, glikosida, apiin, apiol, dan falvonoid. Zat glikosida sangat efektif untuk mengatasi penyakit sendi, termasuk menyembuhkan asam urat.

Anda bisa mengonsumsi langsung daun seledri yang tidak perlu direbus. Tetapi, rasanya tidak nyaman. Bagi Anda yang mampu menghadapi sensasi daun seledri, ya silakan.

Anda juga bisa membuat jus daun seledri. Yang paling penting adalah jus seledri jangan ditambah gula pasir.

Anda mengambil beberapa lembar daun tanaman kumis kucing untuk direbus. Minum air rebusan tanaman kumis kucing secara teratur bisa menyembuhkan asam urat Anda.

7.Daun Salam

daun salamsumber:agenherbaljogja.com

Daun salam juga bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan asam urat Anda. Sebab, daun salam mengandung beberapa zat yang penting untuk kesehatan. Misalnya, flavanoid, tanin, dan minyak atsiri. Kesemuanya bisa menyembuhkan asam urat Anda.

Cara mengolahnya, ya sama dengan sayuran lain. Yakni, dengan cara mengambil beberapa daun untuk direbus. Air rebusan daun salam itulah yang harus Anda minum tiap hari sampai kadar asam urat Anda kembali normal.

8. Daun Bidara Mengobati Asam Urat

bubuk daun bidara

sumber:bukuherbalrukqyah.blogspot.com

Anda juga bisa memanfaatkan daun bidara untuk mengobati penyakit asam urat. Daun bidara mengandung senyawa aldehid, alkane, flavanoid, keton, dan mineral seperti kalium, kalsium, dan natrium.

Cara membuat ramuan asam urat dari daun biara adalah siapkan 10 gram daun bidara, 10 gram temulawak, 1 gram buah lada, dan 9 gram komfrey. Bahan-bahan itu direbus dengan air 5 gelas sampai airnya mendidih.

Minum air tebusan daun bidara sehari 3 kali: pagi, siang dan malam menjelang tidur.
Tetapi, Anda juga bisa membuat ramuan obat asam urat dari daun bidara tanpa campuran apa pun. Ya, terserah Anda pilih yang mana.

Mana yang terbaik? Ya, coba saja Anda membuat ramuan hanya daun bidara dan lain kali membuat ramuan daun bidara komplet dengan tambahannya. Lalu, evaluasi mana yang terbaik.

9. Konsumsi Buah yang Kaya Vitamin C

Anda juga bisa mengonsumsi banyak buah yang kaya vitamin C untuk menurunkan kadar asam urat pada diri Anda. Fungsi vitamin C untuk melarutkan semua asam urat sehingga semuanya bisa diproses dengan baik.

Buah terbaik untuk melarutkan asam urat Anda adalah buah cherry, jeruk nipis, sayuran segar, susu rendah lemak, dan air putih. Baca Lengkap: 17 Makanan dan Buah Penurun Asam Urat yang Perlu Anda Konsumsi.

Demikian artikel mengenai Ramuan Tradisional Asam Urat yang Sangat Penting untuk Menyembuhkan Sakit Anda. Semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.