Santan Kelapa Aman untuk Penderita Hipertensi?

SANTAN kelapa aman untuk penderita penyakit hipertensi atau darah tinggi? Pertanyaan ini saya ajukan karena saya punya pengalaman buruk untuk itu. Tidak hanya sekali, tetapi beberapa kali.

Telah menjadi tradisi di banyak daerah, tiap hari raya Idul Fitri, warga memasak lontong opor ayam. Masakan ini sering juga disajikan kepada tamu, terutama tamu dari kerabat.

Bahkan, dalam acara halal bihalal setelah hari Lebaran, lontong opor ayam sering disajikan kepada para peserta acara saling memaafkan itu.

Baik di desa ataupun di kota. Instansi pemerintah ataupun swasta.

Lontong opor ayam terdiri dari lontong dan opor ayam. Lontong dibuat dari beras. Ia berfungsi sebagai pengganti nasi.

Cara memasaknya direbus. Bungkus lontong menggunakan daun pisang. Setelah dicuci, beras dibungkus dengan daun pisang, lalu dimasukkan ke tempat perebusan.

Selain lontong, adakalanya tuan rumah juga menyiapkan ketupat. Bedanya, bungkus ketupat menggunakan anyaman janur (daun kelapa muda). Bentuknya persegi empat.

Sementara, ayam opor atau opor ayam adalah lauknya atau kuahnya. Tentu saja, bahan utama untuk membuat opor ayam adalah daging ayam dengan kuahnya dari santan kelapa.

Usai Idul Fitri, Tekanan Darah Saya Selalu Naik

opor ayamlontong opor ayam, masakan tradisional lebaran (sumber:food.detik.com)

Dulu, saya sangat suka makan lontong opor. Setelah menderita darah tinggi, saya juga masih makan lontong opor ketika pulang ke tempat orang tua di desa saat Lebaran Idul Fitri.

Saat itu, opor ayam tak menyebabkan tensi darah saya naik.

Oleh karena itu, jika ada penelitian yang menyatakan santan kelapa tidak menyebabkan tensi darah tinggi naik, itu bisa dipahami.

Santan kelapa hakikatnya memiliki kandungan zat yang sangat bermanfaat. Bahkan, ada yang menyebut santan kelapa memiliki setidaknya 7 manfaat, yaitu:

1. mencegah penuaan

2. kaya zat besi yang bisa mencegah anemia atau kurang darah

3. menguatkan tulang

4. memperkuat imunitas atau kekebalan tubuh

5. kaya antioksidan yang bisa melawan kerusakan sel

6. penyubur rambut

7. memperkuat kulit

Namun, beberapa tahun belakangan, saya merasakan tensi darah tinggi naik tiap pulang dari mudik di desa. Saya selalu jatuh sakit dan harus istirahat beberapa hari.

Tentu saja, saya harus minum obat antihipertensi atau obat darah tinggi supaya tensi saya turun dan kembali sehat.

Biasanya saya harus istirahat sekitar 5 – 7 hari. Ya, saya harus tiduran di tempat tidur karena kepala pusing dan badan tak enak (sakit).

Melihat tiap pulang dari Lebaran di kediaman orang tua di desa saya selalu jatuh sakit, anak saya meminta saya untuk mengevaluasi apa yang terjadi sehingga darah tinggi saya naik.

Setelah mengingat dan menduga apa yang menyebabkan saya jatuh sakit usai Lebaran, akhirnya saya berkesimpulan bahwa penyebabnya adalah makan lontong opor yang menggunakan santan kelapa.

Pada lebaran tahun berikutnya, saya mencoba makan lontong opor ayam tanpa mengambil kuahnya. Saya hanya mengambil ayamnya saja.

Sebab, saya menduga sumber penyakit adalah kuah yang terbuat dari santan kelapa.

Betul juga. Saat pulang dari desa usai berlebaran, saya tetap sehat. Darah tinggi saya tak naik seperti tahun-tahun sebelumnya. Saya tidak jatuh sakit dan harus terbaring di tempat tidur.

Sudah empat kali Idul Fitri, saya tetap sehat. Ini adalah pengalaman nyata yang saya alami.

Mungkin Anda yang darah tingginya naik usai mengonsumsi makanan dengan kuah dari santan kelapa, pengalaman saya ini bisa dicoba. Jika cocok, Anda bisa meneruskan kebiasaan baik dan sehat itu, yaitu diet terhadap masakan yang menggunakan santan kelapa.

Beberapa Makanan yang Dibuat Menggunakan Santan Kelapa

rendang padangrendang padang, makanan daerah yang menggunakan santan kelapa (sumber:resepharian.com)

Tidak hanya di hari raya Idul Fitri. Kapan saja dan di mana saja, Anda perlu menghindari masakan yang dibuat dengan menggunakan santan kelapa. Apa pun jenis masakannya.

Mengapa? Karena ia merupakan makanan penyebab darah tinggi. Ada beberapa makanan yang dibuat dengan menggunakan santan kelapa dan Anda perlu hati-hati untuk mengonsumsinya.

Tentu saja, diet makan menggunakan kuah santan kelapa perlu dilakukan jika darah tinggi Anda naik akibat mengonsumsi makanan itu. Jika tensi Anda tidak naik, ya ketahanan tubuh Anda masih cukup baik.

Untuk kuah, misalnya, ada pada kare, lodeh dan bobor. Santan kelapa juga sering digunakan untuk menggurihkan daging, ayam, dan sayuran. Misalnya pada rendang, ayam goreng, dan kari.

Santan kelapa juga bisa Anda temukan pada pembuatan kue, saus dan minuman. Dawet, cendol, bajigur, es puter adalah beberapa minuman yang menggunakan santan kelapa.

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki masakan khas yang pembuatannya menggunakan santan kelapa. Misalnya bina ambon (Medan), rendang padang (Minangkabau), gulai ikan patin (Jambi), mi Aceh (Aceh), dsb.

Apakah semua makanan dan minuman yang pembuatannya menggunakan santan kelapa harus Anda tinggalkan atau hindari?

Tidak. Itu tergantung pada bobot (kualitas) dari santan yang dicampurkan. Jika tidak terlalu kental, sementara tensi darah Anda tidak terlalu tinggi, ya.. Anda masih aman.

Tetapi, jika tensi Anda sudah akut seperti yang saya alami, ya Anda harus meninggalkan makanan dan minuman yang berpengaruh buruk pada tensi Anda.

Kalau setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang disebutkan di atas ternyata tensi darah tinggi Anda naik drastis, ya Anda sudah mendapat lampu merah.

Anda harus mulai menghentikan kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman yang menyebabkan tensi Anda naik.

Tentu saja, sebelum mengambil kesimpulan makanan minuman apa yang harus Anda hindarkan, Anda perlu tes seperti saya lakukan terhadap opor ayam.

Jadi, setelah makan masakan menggunakan santan kelapa, Anda perlu cek penyakit hipertensi Anda.

Jika hasilnya menyatakan bahwa makanan atau minuman tertentu menyebabkan tensi Anda naik, maka hindari makanan atau minuman itu.

Anda bisa mencari alternatif makanan dan minuman yang aman. Anda harus berani mengambil sikap seperti itu demi kesehatan Anda sendiri.

Tetapi, jika tensi Anda tetap baik setelah mengonsumsi makanan atau minuman menggunakan santan kelapa berarti Anda sehat. Anda masih memiliki ketahanan yang cukup untuk mengonsumsi makanan minuman yang menggunakan santan kelapa seperti opor ayam.

Hati-hati, Gula Pasir Juga Penyebab Hipertensi

teh manis

 teh manis dengan gula pasir berlebihan juga penyebab hipertensi (sumber:halosehat.com)

Dalam kaitan ini, saya punya kenalan yang telah mengidap darah tinggi. Ia sering berjalan kaki atau lari-lari kecil untuk menurunkan tensinya.

Saat bertemu, saya sarankan dia untuk diet hipertensi. Yaitu, menghindari makanan dan minuman yang potensial menyebabkan tensi darah tingginya meningkat.

Apa jawab dia? Wah, itu berat baginya. Sebab, ia masih aktif bekerja dan suka makan di luar.

Ya, terserah. Hidup memang pilihan. Ingin memilih tetap sehat atau mudah dihinggapi penyakit.

Sebenarnya, diet hipertensi tidak berat. Ya, lakukan bertahap. Misalnya, diet terhadap makanan penyebab hipertensi tertinggi. Jika sudah berhasil dengan baik, bisa menambah dengan makanan minuman lainnya.

Sebab, berdasarkan pengalaman, diet adalah sangat efektif untuk mengobati darah tinggi, kolesterol atau lainnya. Bagi saya, pengobatan dokter harus disertai diet.

Ini akan sangat membantu menurunkan tensi darah tinggi. Penurunan darah tinggi akan berlangsung cepat jika disertai diet hipertensi.

Terakhir, saya diet terhadap minuman dan makanan menggunakan gula pasir, terutama minuman teh yang biasa saya konsumsi tiap pagi.

Apa yang terjadi? Batuk yang disebabkan oleh tenggorokan gatal langsung menghilang. Sudah dua bulan belakangan saya sering batuk akibat tenggorokan gatal.

Telah aku belikan obat untuk menyembuhkannya. Tetapi, obat habis, batuk belum juga sembuh. Padahal, beberapa tahun lalu, tablet itu bisa menyembuhkan tenggorokan gatal dan menyebabkan batuk.

Eh, ketika saya diet terhadap minuman teh untuk mengurangi konsumsi gula pasir, batuk saya menghilang. Tenggorokan saya tak gatal lagi.

Tak hanya diet minuman teh. Saya juga menghindari makanan yang pembuatannya menggunakan gula pasir seperti roti, permen, dsb. Saya ganti dengan minuman dan makanan manis alami lainnya yang tetap menyehatkan.

Ada yang menyamakan bahwa efek buruk mengonsumsi gula pasir sama dengan mengonsumsi garam. Ia bisa menjadi penyebab utama terjadinya darah tinggi atau hipertensi. Bahkan, penyebab kematian.

Bagi Anda yang masih sehat, belum terkena hipertensi, sakit jantung, ginjal dan kencing manis, tentu mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula pasir masih diperbolehkan.

Tetapi, harus dibatasi. Tujuannya supaya tidak berlebihan yang bisa mendatangkan berbagai penyakit pada diri Anda, termasuk penyakit darah tinggi.

Demikian artikel tentang Santan Kelapa Aman untuk Penderita Hipertensi? Semoga artikel ini bermanfaat.

Save