Hindari Sayur Pantangan bagi Penderita Asam Urat biar Sakit Anda Tak Makin Parah

ADA beberapa sayur pantangan bagi penderita asam urat. Tidak lain karena kandungan asam urat pada sayur itu cukup tinggi. Maka, Anda harus menghindarinya.

Ya, penderita penyakit asam urat (gout) harus menghindari makanan yang mengandung zat asam urat tinggi. Tujuannya supaya kadar asam urat yang Anda konsumsi tidak melebihi kebutuhan sehingga tubuh tetap sehat.

Kadar asam urat yang terlalu tinggi membuat ginjal Anda tidak bisa memproses seluruhnya. Akibatnya, terjadilah peradangan sendi atau asam urat. Bahkan, bisa juga menyebabkan gagal ginjal.

Berapa ukuran kadar asam urat yang normal?

Tabel di bawah ini menjelaskan tentang kadar asam urat normal bagi lelaki beda dengan standar untuk perempuan menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Standar kadar asam urat itu dibagi untuk anak-anak, remaja dan orang tua usia 40 tahun lebih.

Kelompok Asam Urat untuk Lekaki Asam Urat untuk Perempuan
Dewasa hingga Usia 40 Tahun 2 – 7,5 mg/dL 2 – 6,5 mg/dL
Usia 41 Tahun ke Atas 2 – 8,5 mg/dL 2 – 8 mg/dL
Anak-anak hingga Remaja 3,6 – 5,5 mg/dL 3,6 – 4 mg/dL

Beberapa Sayur Pantangan yang Memiliki Zat Purin Tinggi

Berikut ini beberapa sayur pantangan bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan zat purin tinggi sehingga harus Anda hindari. Jika tidak Anda hindari, Anda akan menderita sakit asam urat. Saat penyakit asam urat kambuh, terkadang Anda tidak bisa bergerak ke mana Anda mau.

Kaki terasa sangat berat dan sakit untuk digunakan bangkit dan berjalan.

“Aduhh, nyerinya sangat menyakitkan,” kata teman saya, Pak Jono, saat menceriterakan penderitaan yang dialami akibat sakit asam urat. Rasa nyeri tak tertahankan, bengkak, dan rasa panas di persendian. Itulah ciri khas atau gejala asam urat.

Berikut ini sayuran yang harus Anda hindari akibat asam urat tinggi adalah:

tanaman bayam(bayam, pantangan asam urat (sumber:senyumperawat.com)

1. Bayam, 57 gram purin

Bayam merupakan sayuran yang banyak disukai. Segar dan menyejukkan. Saya pun suka mengonsumsinya. Ia mengandung vitamin C, zat besi, beta karoten, luteins dan flavonoid.

Tetapi, bagi Anda yang menderita asam urat, sayur bayam ini harus Anda hindari. Sebab, sayur ini mengandung purin yang agak tinggi, yaitu 57 gram purin per 100 gr bayam.

Seorang penderita asam urat, Kosim dari Kalimantan Timur menceritakan, sayur yang sangat cepat membuat sakit asam urat adalah bayam, tauge, dan singkong. Selain itu adalah kepiting, udang, emping mlinjo, usus dan babat (jeroan).

2. Jamur, 92 gram purin

Jamur juga sebaiknya Anda hindari. Ia mengandung purin yang cukup tinggi atau lebvih tinggi dibandingkan dengan bayam, yaitu 92 gram purin per 100 gram jamur.

3. Asparagus, 23 purin

Sayur pantangan bagi penderita asam urat lainnya adalah asparagus. Walaupun, sayuran ini sangat populer untuk dibuat sup. Selain itu, asam uratnya tidak setinggi bayam dan jamur. Tetapi, sayuran yang mempunyai kandungan folat dan kalium tinggi ini juga mengandung purin. Yaitu, 23 gram purin untuk tiap 100 gram asparagus.

4. Kembang Kol, 51 gram purin

Kembang kol punya kandungan zat purin yang lumayan tinggi, yaitu 51 gram per 100 gram kol. Ini jelas perlu dihindari oleh penderita sakit asam urat sehingga Anda tetap sehat.

5. Lainnya

Selain 4 sayur tersebut, sesungguhnya masih ada sayuran lain yang tidak boleh Anda konsumsi. Sama dengan ke-4 sayur di atas, konsumsi sayuran ini bisa menyebabkan asam urat Anda kembali naik. Anda pun jatuh sakit.

Sayur pantangan asam urat lain yang kandungan zat purinnya cukup tinggi adalah daun singkong, kangkung daun, biji melinjo, lentil, kacang panjang dan kacang polong.

Rasa sakit yang ditimbulkan oleh penyakit asam urat adalah terasa ngilu, linu dan sering kesemutan. Jika asam urat Anda parah, bagian yang terkena asam urat akan memerah dan membengkak.

Asam urat sering terjadi pagi hari ketika bangun tidur. Atau malam hari sebelum Anda tidur. Rasa nyeri sering berulang. Ya, satu hari bisa beberapa kali.

Sakit asam urat sering terjadi pada sendi jari tangan, jari kaki, tumit, siku, dengkul dan juga pergelangan tangan.

Sakitnya tidak tertahankan atau sakit bukan main jika asam urat Anda parah. Rasa sakit terutama saat Anda akan menggerakkan sendi. Misalnya saat ingin berjalan, ingin memegang sesuatu, dsb.

Anda bisa menyembuhkan sakit asam urat dengan minum obat penurun asam urat setelah periksa dokter. Atau mengonsumsi obat herbal atau obat tradisional membuat sendiri dari tanaman obat.

Selain itu, banyak mengonsumsi makanan penurun asam urat.

Makanan Penurun Asam Urat

Jika di atas dijelaskan tentang beberapa sayur pantangan bagi penderita asam urat, di bawah ini adalah kebalikannya. Yaitu, makanan yang bisa menurunkan asam urat Anda.

1. Perbanyak konsumsi makanan atau buah yang kaya kalium. Misalnya, pisang, kentang, tomat dan yogurt. Makanan-makanan itu dapat memperlancar pengeluaran asam urat dari ginjal.

Fungsi lain, makanan-makanan itu bisa mencegah terjadinya batu ginjal akibat kadar asam urat yang tinggi.

2. Perbanyak konsumsi makanan dengan kandungan vitamin C tinggi, seperti stroberi, jeruk dan pepaya.

3. Konsumsi buah dan sayuran yang efektif untuk menurunkan kadar penyakit asam urat. Misalnya, buah naga, belimbing wuluh, labu kuning, sawi hijau, sawi putih,tomat, dan jahe.

Buah apel juga bagus untuk menurunkan kadar asam urat Anda. Kandungan asam malatnya bisa menetralkan kadar asam urat yang tinggi di dalam darah. Minimal konsumsi1 buah apel per hari cukup untuk mengendalikan asam urat Anda.

4. Sering mengonsumsi makanan yang memiliki karbohidrat kompleks. Misalnya, roti gandum, ubi, singkong rebus, beras merah, dan oat.

5. Perbanyak minum air putih yang bisa mengoptimalkan kerja ginjal untuk mengeluarkan asam urat yang tinggi.

Obat Herbal Asam Urat

Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal asam urat untuk penyembuhan asam urat Anda. Banyak obat herbal dijual di toko-toko obat herbal, termasuk di Internet (toko online). Anda tidak perlu repot membuat obat asam urat sendiri. Selain itu, beli obat herbal jadi lebih praktis dan higienis (aman). Tentu saja, juga lebih nyaman.

Anda bisa memilih yang terbaik, baik dari segi khasiat atau harga. Misalnya, De Nature. Diproduksi secara modern dengan lebih dulu dilakukan penelitian tentang khasiatnya oleh pakar.

Harga obat herbal ini tidak mahal, yakni Rp 325.000 per botol.

Anda bisa pilih obat yang lain, Kapsul Asam Urat, yang terbuat dari bahan herbal seperti Annona muricata dan Garcinia mangostana. Harga untuk obat asam urat ini antara Rp 185.000 – Rp 230.000.

Demikian artikel mengenai  Sayur Pantangan bagi Penderita Asam Urat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kesembuhan asam urat Anda.