Connect with us

Ibu Hamil

11 Sayuran Penambah Darah Terbaik untuk Menyembuhkan Anemia

Published

on

ANDA sering merasa lesu, malas, kurang semangat, mudah mengantuk, mungkin Anda mengalami kurang darah atau terkena penyakit anemia. Jika ya, Anda perlu memperbanyak konsumsi sayuran penambah darah. Ini sangat penting supaya Anda bebas dari sakit anemia atau kurang darah.

Banyak orang terkena sakit kurang darah tetapi tidak menyadari akan sakitnya itu. Mereka hanya mengeluh badan loyo, mudah mengantuk, malas kerja, dsb. Oleh karena itu, jika Anda mengalami kondisi atau gejala seperti itu, coba cek hb atau hemoglobin Anda.

Anda bisa cek di puskesmas, klinik atau rumah sakit. Tetapi, Anda juga bisa memiliki alat ukur hb sendiri sehingga bisa mengukur berapa hb Anda. Apakah normal atau kurang dari normal atau terlalu rendah.

Jika telah diketahui apa yang membuat Anda loyo, malas, dan tak semangat kerja, Anda bisa mengatasinya. Misalnya, mengonsumsi obat penambah darah, mengonsumsi buah dan makanan penambah darah dan buah yang mengandung banyak zat besi, dsb.

Sayuran penambah darah juga bisa Anda konsumsi untuk mengatasi penyakit anemia. Yang penting Anda harus sehat sehingga bisa kembali bersemangat dalam bekerja, belajar, dsb.

Produktivitas Anda bisa kembali meningkat. Anda tidak menjadi pemalas dan kurang produktif. Selain sayuran, Anda juga bisa mengonsumsi makanan penambah darah untuk bisa sembuh dari anemia.

Pernah Periksa Kadar Hb? Jika Belum Pernah, Coba Lakukan Sekali Aja

sayuran penambah darahbayam (sumber:mancinginfo.com)

Ya, penyakit kurang darah atau anemia sering dialami banyak orang. Saya pun dulu terkadang merasakan kondisi seperti itu. Loyo, suka mengantuk, produktivitas kerja rendah dan badan tak sehat.

Sayangnya, penjelasan tentang sakit anemia sangat kurang. Karena itu, tidak aneh jika banyak orang tak pernah memeriksa atau mengecek hb-nya. Kecuali ibu hamil karena hampir tiap bulan mereka periksa kesehatan di puskesmas, rumah sakit, atau klinik bersalin.

Ibu hamil harus periksa hb untuk membuat supaya bayinya selalu sehat. Untuk membuat bayi yang dikandungnya sehat, si ibu juga harus sehat.

Sebab saat hamil, bayi yang dikandungnya membutuhkan zat besi untuk proses pembentukan berbagai organ tubuhnya. Calon bayi menyedot banyak zat besi sang ibu sehingga ibu harus menambah banyak zat besi.

Bahkan, terkadang tidak cukup hanya mengonsumsi makanan dan buah-buahan penambah darah yang mengandung banyak zat besi. Ibu hamil juga perlu mengonsumsi suplemen penambah zat besi sehingga bisa selalu sehat.

Itulah sebabnya ibu hamil harus selalu periksa kesehatan tiap bulan. Tidak lain hal ini untuk menjaga kesehatan dirinya dan bayi yang dikandungnya supaya tumbuh dan lahir sehat. Tidak mengalami cacat.

Bapak-bapak atau kaum pria sesungguhnya juga perlu cek hemoglobinnya. Terutama saat mengalami gejala atau ciri-ciri sakit anemia seperti loyo, lesu, suka malas, suka mengantuk, dsb.

Cek Berapa Hb Anda di Klinik atau Menggunakan Alat Digital

Ya, sekali-kali coba periksa untuk mengetahui secara pasti berapa hb Anda. Jika benar ternyata hb Anda rendah, perbanyak konsumsi makanan, buah, dan sayur penambah darah.

Cara ini akan mampu membuat Anda kembali sehat dan tubuh Anda tidak loyo lagi. Anda bisa kembali semangat untuk bekerja, belajar, atau melakukan aktivitas lain.

Biaya cek hb dan mengonsumsi makanan atau buah penambah darah lebih murah daripada kerugian yang Anda derita akibat loyo, suka mengantuk, tak punya semangat kerja, dsb.

Ya, sekali lagi, coba cek hb Anda. Rendah atau normal. Jika rendah, segera normalkan hb Anda biar Anda tidak loyo lagi. Salah satunya dengan mengonsumsi banyak sayuran. Atau mengonsumsi makanan penambah darah.

Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan hemoglobin (hb). Dengan hemoglobin yang cukup, maka pengangkutan oksigen ke seluruh jaringan tubuh dan otot berjalan lancar.

Ini akan membuat Anda bisa sehat, tidak loyo, tidak suka malas, dan tidak suka mengantuk, dsb. Sebab, kadar hb Anda normal atau tidak terlalu rendah.

11 Sayuran Penambah Darah Terbaik untuk Penderita Anemia

brokolibrokoli (sumber:ayosehat.net)

Berikut ini adalah 11 sayuran penambah darah yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan atau menormalkan hb Anda. Sayuran ini mengandung zat besi yang cukup tinggi.

Selain itu, juga mengandung berbagai vitamin yang bisa membuat hb Anda meningkat, yang berarti Anda sehat.

Tidak hanya memerlukan makanan yang kaya zat besi, untuk meningkatkan ketercukupan sel darah merah yang bisa meningkat Hb Anda, maka Anda juga perlu mengonsumsi makanan dan buah yang mengandung asam folat, mineral, vitamin A, B12, dan C.

Dengan mengonsumsi berbagai sayuran penambah darah secara rutin dan dalam jumlah cukup, kebutuhan untuk mendapat zat besi sebagai bahan terbentuknya hemoglobin bisa terpenuhi dengan baik.

Selain itu, dengan rajin mengonsumsi sayuran, Anda tidak perlu minum obat farmasi atau obat resep dokter. Apalagi, obat farmasi memiliki efek samping yang tidak baik untuk kesehatan dalam jangka panjang.

Hanya saja, mengonsumsi sayuran untuk meningkatkan hb dengan tambahan zat besi perlu dilengkapi dengan konsumsi vitamin C. Tujuannya supaya tubuh bisa menyerap zat besi dari sayuran dengan mudah.

Ya, ini memang perlu bantuan untuk penyerapan zat besi. Lain dengan zat besi dari konsumsi daging sapi, kambing, hati, daging ayam, bebek, tiram, udang, sarden, dsb. Penyerapannya mudah tanpa harus konsumsi vitamin C.

Ke-15 sayuran penambah darah yang sangat baik adalah:

01. Bayam, Sebaiknya Diolah Dulu

Bayam termasuk sayuran penambah darah yang baik karena kandungan zat besinya tinggi, yaitu 0,91 mg untuk bayam 225 gram. Selain kaya zat besi, bayam juga mengandung kalsium, kalium, fee, serat, vitamin E, protein dan vitamin A.

Caranya mengonsumsinya bebas. Anda bisa memasak lebih dulu atau dikonsumsi dalam keadaan mentah. Tetapi, sebaiknya diolah dulu seperti ditumis atau direbut. Dengan dimasak dulu, tubuh akan mudah menyerapnya.

Tidak hanya bayam biasa. Bayam berduri juga sangat baik Anda konsumsi untuk mengatasi sakit anemia. Bisa dibuat jamu. Caranya, sejumlah daun bayam dilembutkan. Setelah itu, peras dengan diberi air matang. Anda bisa tambahkan kuning terlur dan madu sehingga terasa segar dikonsumsi.

02. Kacang Kedelai Mengandung Zat Besi Tinggi

Kacang kedelai memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi, yakni 4 mg dari 200 gram kacang kedelai.

Selain kaya zat besi yang membuat kacang ini sangat baik untuk penyembuh sakit anemia, kacang kedelai juga kaya mangan, tembaga, serat, protein, asam animo, dan berbagai vitamin lain. Kedelai rebus memiliki kandungan zat besi tinggi.

03. Brokoli Menambah Hb dengan Cepat

Brokoli juga bagus untuk menambah sel-sel darah merah dengan cepat. Sayuran ini mengandung protein nabati dan zat besi. Selain itu juga mengandung vitamin C yang dapat mengikat radikal bebas dan memperkuat sistem kekebalan dalam tubuh.

04. Kacang Hijau Memiliki Dua Manfaat

Kacang hijau selain mengandung zat besi yang bisa untuk meningkatkan hb Anda, juga membantu penyerapan nutrisi dan protein. Kacang hijau dikenal sebagai antioksidan yang bisa menghindari radikal bebas, bisa membantu pembentukan sel, membuat kerja saraf bisa maksimal, sumber energi untuk penyerapan karbohidrat.

05. Kulit Kentang, Kandungan Zat Besinya Lebih Besar

Kentang sangat bermanfaat untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Tetapi, yang kandungan zat besinya besar justru kulitnya. Bukan dagingnya. Daging kentang juga mengandung zat besi. Tetapi kandungan zat besi pada kulit 5 kali lebih besar daripada zat besi pada dagang.

Baru tahu? Maka, konsumsi kentang dengan kulitnya. Artinya, kentang sebelum dimasak hanya perlu dicuci. Tak perlu kulitnya dikupas dan dibuang.

06. Kangkung, Tak Hanya Daun yang Mengandung Zat Besi

Sumber zat besi lainnya adalah kangkung. Ia juga kaya dengan vitami A, B dan C, kalsium serta kalium. Yang mengandung zat besi bukan hanya daunnya, tetapi hampir semua bagian dari sayur kangkung mengandung zat besi.

Yang terbesar memang ada pada daunnya yang berwarna hijau gelap. Anda bisa menemukan kangkung dengan mudah di penjual sayur atau swalayan. Sangat baik untuk meningkatkan hb Anda sehingga bisa terbebas dari sakit anemia.

kacang lentilkacang lentil (sumber:tokopedia.com)

07. Kacang Lentil, Tersedia Warna Merah, Hijau dan Cokelat

Apa itu kacang lentil? Pernah mendengar namanya? Ya, kacang lentil itu mirip kacang hijau. Tetapi lebih besar sedikit. Ada tiga warna kacang lentil, yaitu hijau, cokelat dan merah. Anda bisa mengolahnya menjadi sup atau bubur.

Dalam satu cangkir lentil mengandung 6,6 mg zat besi. Jadi sangat baik untuk menyembuhkan atau mengatasi sakit anemia atau kurang darah. Selain itu, kadang lentil bisa untuk menurunkan kolsterol, gula darah, kesehatan jantung, pencernaan, dsb.

08. Kacang Kedelai Mengandung 4mmg Zat Besi

Kandungan zat besi pada kacang kedelai juga cukup besar. Yaitu,  4 mg zat besi dari 200 gram kacang kedelai. Kandungan lain adalah mangan, tembaga, serat, protein, asam amino, dan ragam vitamin lainnya.

Dengan demikian, kacang kedelai sangat baik untuk meningkatkan kesehatan Anda, termasuk mengatasi sakit kurang darah atau anemia.

09. Daun Kacang Panjang

Daun kancang panjang juga sangat baik untuk mengatasi kurang darah atau penyakit anemia. Cuci bersih setengah genggam daun kacang panjang, lalu diasapkan sebentar. Konsumsilah sebagai urap pada saat makan. Anda sebaiknya mengonsumsi dua kali sehari.

10. Kembang Kol Meregerasi Sel Darah Merah

Bunga kol adalah sayuran yang sangat akrab bagi ibu-ibu kebanyakan. Mereka pasti sering memasak sayuran bunga kol yang ber putih kehijauan. Biasa dijadikan lalap saat mengonsumsi ayam goreng. Kandungan zat besi dan gizinya cukup besar. Setara dengan sayuran brokoli sehingga sangat baik untuk mengatasi kurang darah atau sakit anemia. Ia akan meregenerasi sel darah merah Anda.

11. Sawi Sangat Baik untuk Wanita Hamil

Anda bisa memilih sawi hijau atau putih. Mengandung zat hijau (klorofil) yang sangat baik untuk penderita anemia. Sayuran penambah darah ini juga mengandung vitamin A, B dan C yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan hb Anda yang rendah.
Sawi juga sangat baik dikonsumsi wanita hamil karena mengandung banyak mineral seperti magnesium, potassium, dan kalium yang baik untuk ibu hamil.

Ya, masih banyak sayur yang mengandung zat besi yang sangat baik untuk menyembuhkan sakit anemia atau kurang darah Anda. Misalnya, kacang merah, lobak, daun katuk, daun singkong, dsb.

Yang penting kesungguhan Anda untuk cek berapa hb Anda sekarang sehingga tahu persis seberapa besar kurang darah Anda. Anda pun akan tahu terapi yang harus Anda lakukan.

Obat Herbal Anemia untuk Mengatasi Kurang Darah Anda

Tetapi, jika Anda ingin yang praktis dan higienes, Anda bisa mengonsumsi obat herbal anemia atau suplemen zat besi. Anda tidak perlu repot untuk membuat sendiri obat herbal anemia alami dari sayuran.

Ya, apa pun obat yang Anda pilih, yang utama adalah bisa menyembuhkan penyakit anemia sekaligus mengatasi penyebab terjadinya kurang darah.

Di sini ada beberapa pilihan obat herbal anemia atau obat herbal penambah darah. Antara lain:

1.Luxor Spirulina Pacifica Antioksidan & Kaya Zat Gizi

Spirulina Luxor ini terbuat dari spirulina Pacifica. Lebih dari 30 tahun spirulina luxor dimanfaatkan untuk memberikan gizi dan membuat tubuh selalu sehat. Khasiatnya mampu meningkatkan daya tahan tubuh, antioksidan alami, antikanker, menyehatkan darah, dsb.

Spirulina pacifica mampu membentuk darah merah yang bisa menyembuhkan Anda dari sakit anemia (kurang darah). Sebab, ia mengandung klorofil, vitamin B12, asam folat dan zat besi. Konsumsi teratur akan membebaskan Anda dari sakit anemia.

2. Nature’s Plus Iron 40 Mg 90’s Mencegah Anemia

Obat herbal ini bermanfaat untuk meningkatkan hemoglobin atau hb Anda pada sel darah sehingga Anda bisa sehat. Tidak mudah lesu, loyo, suka mengantuk, dsb. Anda akan bebas dari penyakit anemia atau kurang darah.

Fungsi lain adalah meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan pencernaan, mata, rambut, kulit dan kuku.

3. Bioglan Natural Iron 30 Tablets Suplemen Zat Besi

Dengan mengonsumsi per tablet tiap hari, kebutuhan akan zat besi Anda untuk pembentukan hemoglobin dalam darah akan terpenuhi dengan baik. Selain mengandung zat besi yang cukup, obat herbal ini juga dilengkapi dengan vitamin C sehingga mudah diserap oleh tubuh.

Demikian artikel mengenai sayuran penambah darah yang sangat baik untuk penderita sakit anemia. Sayuran-sayuran ini akan meningkatkan hb Anda sehingga kembali sehat. Tidak lesu, letih, suka mengantuk, badan loyo, malas bekerja, dsb.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.