Connect with us

Herbal

8 Sayuran Efektif untuk Mengencerkan Darah Kental Anda

Published

on

ANDA menghadapi masalah darah kental? Salah satu cara untuk mengatasi darah kental adalah mengonsumsi sayuran pengencer darah. Ini adalah pengobatan secara alami yang aman dari efek samping tetapi sangat manjur (efektif).

Anda harus mengencerkan darah kental karena darah kental bisa menyebabkan serangan jantung, stroke, paru-paru, otak, dsb. Oleh karena itu, jika Anda merasakan ada tanda-tanda terjadi darah kental, Anda harus berusaha mengencerkannya.

Ciri-ciri atau tanda darah kental akan disebutkan di bagian berikutnya dari artikel ini.

Namun, Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal pengencer darah. Setidaknya tersedia 15 obat herbal pengencer darah. Obat herbal ini sangat baik. Selain aman dari efek samping, harga obat juga herbal murah. Anda bisa memilih obat herbal mana yang Anda suka.

Kembali ke mengencerkan darah kental dengan menggunakan sayuran. Banyak sayur punya khasiat mengencerkan darah yang bisa Anda pilih. Tuhan Yang Maha Bijaksana dan Maha Pemurah telah menumbuhkan banyak tanaman sayuran yang juga berkhasiat untuk obat.

Selain untuk lauk makan, banyak sayur bisa Anda manfaatkan untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit. Di antaranya untuk obat pengencer darah kental.

Sayur apa saja yang bisa Anda gunakan untuk mengencerkan darah kental? Ikuti uraian selanjutnya tentang sayur pengencer darah dalam artikel ini.

Ciri-ciri Anda Mengalami Darah Kental

Apa ciri-ciri atau gejala terjadinya darah kental? Apa saja penyebab terjadinya darah kental?

Ya, ini perlu Anda ketahui dulu sebelum membahas sayuran apa saja yang berkhasiat untuk mengencerkan darah kental.

Ciri-cirinya antara lain Anda sering merasa pegal, kesemutan, sering pusing, pingsan, hilang ingatan, gangguan kesehatan pada kulit, usus, dsb.

Bahkan, bisa menyebabkan keguguran saat seorang wanita hamil yang mengalami darah kental.

Jika gejala itu berulang-ulang, Anda perlu curiga. Jangan-jangan itu akibat Anda mengalami darah kental atau darah beku. Darah kental bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja.

sayuran pengencer darahhati-hati dengan darah kental saat hamil (copy: stellar.ie)

Yang diperlukan adalah Anda harus mewaspadainya. Sebab, jika darah kental dibiarkan untuk waktu lama bisa mendatangkan risiko penyakit berat seperti tersebut di atas.

Konsumsi sayuran pengencer darah akan mencegah terjadinya darah kental untuk waktu lama. Darah yang kental atau beku harus segera dicairkan atau diencerkan.

Tujuannya supaya aliran darah yang membawa oksigen ke otak, jantung, atau semua organ tubuh yang memerlukan bisa berjalan lancar. Anda bisa tetap sehat.

Bukan sebaliknya, Anda jatuh sakit. Misalnya, Anda terkena penyakit darah tinggi, stroke, sakit jantung, dll. Jadi, mengencerkan darah kental sangat penting sebagai obat pencegah darah tinggi.

Tetapi, untuk memastikan adanya darah kental, tentu saja dokter yang memeriksa Anda akan merekomendasikan tes darah, tes PT atau tes PTT, atau tes pemeriksaan gen.

Tes darah untuk mengetahui jumlah sel darah putih, darah merah dan trombosit darah Anda.

Tes PT atau PTT untuk mengetahui berapa lama darah kental telah berlangsung atau terjadi.

Tes pemeriksaan gen antara lain untuk mengetahui mutasi yang mengakibatkan terjadi darah kental.

Dari hasil pemeriksaan darah itulah, dokter akan menentukan diagnosa atau pengobatannya. Obat pengencer darah apa yang tepat untuk Anda.

Daftar 8 Jenis Sayuran Pengencer Darah Kental

Ada beberapa sayuran yang bisa Anda konsumsi untuk mengencerkan darah kental atau mencegah terjadinya pengentalan darah. Anda bisa pilih sayuran pengencer darah mana yang ingin Anda konsumsi untuk mencegah atau mengencerkan darah kental.

Ya, ada dua manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi beberapa sayuran berikut ini. Yaitu (1) mencegah terjadinya darah kental dan (2) mengencerkan darah kental.

Ke-8 sayur yang bisa Anda gunakan sebagai obat pengencer darah kental adalah:

1. Bawang Putih, Tersedia juga Obat Herbal Bawang Putih

Ya, bawang putih termasuk sayuran yang memiliki khasit sangat banyak. Di antaranya untuk menurunkan darah tinggi, kolesterol tinggi dan lain-lain, termasuk mengencerkan darah kental atau darah beku.

Bawang putih merupakan herbal antibiotik yang sangat andal. Ia bisa membasmi bakteri di dalam usus. Sayur ini mengandung zat icilin tinggi yang bisa memperlancar aliran darah.

Jika Anda tidak suka mengonsumsi bawang putih mentah akibat rasa dan baunya yang menyengat, Anda bisa mengonsumsi obat herbal dari bawang putih. Banyak merek dijual di toko-toko obat herbal atau di toko online. Anda tinggal pilih mana yang cocok.

2. Jahe Bisa Memblokir Vitamin K

Banyak khasiat yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi jahe. Selain bisa mengencerkan darah, jahe juga bisa Anda gunakan untuk meredakan batuk. Jahe termasuk herbal yang cukup manjur untuk menghentikan batuk Anda.

Selain itu, jahe juga bagus untuk menyembuhkan sakit paru-paru akibat banyak merokok dan menurunkan kolesterol tinggi.

Kandungan salisilat pada jahe mampu mengencerkan darah. Jahe mengandung senyawa yang bisa memblokir vitamin K yang dikenal sebagai salah satu penyebab penggumpalan darah.
Anda bisa mengonsumsi ramuan jahe dua kali sehari.

3. Kunyit Efektif Mengencerkan Darah Beku

Saya punya pengalaman mengonsumsi kunyit untuk pengobatan. Belasan tahun saya menderita sakit maag. Berkali-kali periksa dokter. Tidak hanya satu dokter. Tetapi tiga dokter. Tetapi, maag tidak bisa sembuh untuk waktu lama.

Tiap minum obat, maag menghilang. Tetapi, satu, dua atau tiga minggu kemudian setelah obat habis, maag muncul kembali. Sangat repot punya maag karena lambung terasa perih dan harus makan. Biar di tengah malam.

Maag saya sembuh setelah mengonsumsi kunyit.  Bahkan, empat tahun belakangan tak pernah kambuh.

Selain mengobati maag, kunyit juga efektif untuk mengencerkan darah kental. Banyak penderita darah kental menyatakan kunyit sangat efektif untuk mengencerkan darah beku. Caranya. kunyit dihaluskan atau diparut dan diperas dengan air matang. Ekstrak kunyit itu yang diminum sebagai obat pengencer darah atau penyakit lain.

4. Kayu Manis Juga Bisa Menurunkan Kolesterol

Sama dengan tanaman obat lain, kayu manis juga berkhasiat untuk mengencerkan darah kental. Banyak penyakit yang bisa Anda atas dengan mengonsumsi kayu manis ini. Kayu manis mengandung banyak mineral, termasuk kalsium dan mangan.

Kayu manis juga efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi. Tentu saja, kolesterol tinggi berkaitan dengan darah beku. Sebab, kolesterol tinggi bisa menyebabkan aliran darah ke seluruh jaringan tubuh tidak berjalan lancar.

sayuran pengencer darahberbagai sayuran pengencer darah kental (copy: ngehits.net)

5. Bayam, Sayur Pengencer Darah Baru dan Lama

Bayam mengandung vitamin E yang cukup tinggi. Vitamin inilah yang bertugas mengencerkan darah kental dalam pembuluh darah. Tidak hanya mencegah dan mengencerkan darah beku yang terjadi belum lama. Darah yang mengental sejak lama pun bisa diatasi dengan mengonsumsi banyak sayuran bayam.

6. Rebusan Daun Salam Pengencer Darah

Anda juga bisa menggunakan ramuan daun salam untuk mengencerkan darah kental. Cara membuatnya pun sangat mudah. Ambil beberapa lembar daun salam, cuci sampai bersih dan rebus hingga airnya mendidih.

Sesudah rebusan daun salam diangkat, biarkan sampai dingin dan baru airnya disaring. Air rebusan daun salam siap diminum.  Anda pun perlu banyak minum air putih biar sehat.

7. Tomat, Penderita Maag Perlu Berhati-hati

Anda suka tomat? Saya sangat suka dan sering mengonsumsinya dalam keadaan mentah. Ambil tomat, cuci dan potong-potong. Langsung konsumsi beberapa tomat dan rasanya segar dengan sedikit asam. Banyak khasiat tomat untuk pengobatan, antara lain mengencerkan darah.

Tetapi, jika Anda menderita sakit lambung (maag), Anda harus hati-hati. Jika sakit maag Anda bertambah setelah mengonsumsi tomat, maka jangan diteruskan. Tomat tidak cocok untuk Anda.

8. Perbanyak Minum Air Putih

Untuk melengkapi daftar sayuran yang bisa mencegah atau mengencerkan darah kental, Anda sebaiknya memperbanyak konsumsi air putih. Ya, air mudah ditemukan di mana pun sehingga efektif untuk memenuhi kebutuhan kesehatan diri Anda.

Setidaknya Anda perlu minum air putih 7 – 8 liter untuk mencegah terjadinya suatu penyakit.  Kekurangan air putih memang bisa menyebabkan terjadinya darah kental.

Demikian artikel mengenai 8 Sayuran Pengencer Darah yang Sangat Baik. Semoga artikel ini bermanfaat. Silakan membagikan artikel ini ke teman, relasi atau siapa pun.

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.