Connect with us

Ibu Hamil

Senam Ibu Hamil 8 Bulan – Cara Memperlancar Kelahiran Bayi Anda

Published

on

Senam Ibu Hamil 8 Bulan – “Sudah berapa bulan usia kehamilan Bunda? Wah, sudah mendekati kelahiran ya. Semoga selamat dan si calon bayi lahir dengan lancar,” kata seorang ibu kepada wanita hamil yang ditemuinya dalam perjalanan.

“Ya, Bu. Sudah 8 bulan. Terima kasih atas doanya,” jawab wanita yang perutnya tampak membuncit karena kehamilan yang sudah mendekati puncak.

Ya, mendekati puncak usia kehamilan, wanita ini selalu jalan-jalan tiap pagi keliling kompleks perumahan dia tinggal.

Selain untuk membuat dirinya tidak bosan sepanjang hari di rumah, calon ibu ini berjalan-jalan dengan harapan supaya tubuhnya selalu sehat dan kelahiran bayinya nanti berjalan lancar.

Selain jalan pagi, Bunda ini juga rajin melakukan senam ibu hamil 8 bulan. Ya, penamaan senam dan gerakannya disesuaikan dengan usia kehamilan.

Ada senam ibu hamil 6 bulan, 7 bulan dan seterusnya hingga senam ibu hamil 9 bulan.

Jalan-jalan, senam dan olahraga ringan lainnya bisa menguatkan otot-otot tubuh Bunda menghadapi persalinan. Dengan itu diharapkan proses kelahiran si calon bayi berjalan lancar.

Banyak Manfaat dari Senam Ibu Hamil 8 Bulan

Banyak manfaat yang bisa Bunda dapatkan dengan melakukan senam ibu hamil 8 bulan. Tentu saja, gerakan senam hamil 8 bulan tidak terlepas dari senam di usia kehamilan sebelumnya.

Senam merupakan salah satu jenis olahraga yang paling aman untuk dilakukan oleh wanita hamil. Tujuan senam hamil adalah membuat fleksibilitas dan kekuatan fisik wanita hamil tetap prima.

Diharapkan selama kehamilan, Bunda dan bayi yang dikandungnya tetap sehat dan proses kelahiran berjalan lancar.

Tetapi, senam hamil harus dilakukan dengan hati-hati supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diharapkan.

Alodokter.com meminta Bunda selama senam tidak boleh sering melompat, berlari atau menendang sesuatu. Perbuatan itu justru bisa melemahkan otot panggul bawah.

Padahal, senam hamil sesungguhnya dimaksudkan untuk memperkuat otot-otot di bagian panggul dan otot-otot di sekitar vagina.

Senam hamil harus disesuaikan dengan perubahan bentuk fisik Bunda, perubahan genital atau perubahan lainnya.

Tidak hanya membuat fisik sehat, senam hamil juga akan membuat Bunda siap mental untuk melahirkan. Bahkan, senam juga bisa digunakan berlatih menghadapi persalinan yang cepat, mudah dan lancar.

senam ibu hamil 8 bulan

sumber:prenagen.com

Beberapa manfaat lain dari senam ibu hamil adalah:

1. Mengurangi rasa nyeri dan sakit di masa kehamilan.

2. Mengencangkan otot.

3. Menghindari kemungkinan stres

4. Menguatkan jantung dan paru.

5. Tidur Bunda akan lebih nyenyak.

6. Menghindari berat badan bertambah

7. Mengurangi rasa lesu.

8. Mencegah terjadinya risiko terkena sakit diabetes kehamilan.

9. Mengurangi risiko kena obesitas (kegemukan) saat hamil

10. Menghindari terkena sembelit.

Sesungguhnya masih banyak manfaat senam hamil 8 bulan yang bisa disebutkan. Tetapi, dengan 10 manfaat dan manfaat lain yang disebutkan di uraian sebelumnya sudah cukup untuk membuat Bunda sehat dan siap menghadapi persalinan.

Yang penting senam dilakukan rutin dan teratur. Selain itu, juga ditunjang dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Tujuannya supaya Bunda dan bayinya selalu sehat.

8 Jenis Senam untuk Ibu Hamil 8 Bulan

Berikut ini 8 jenis senam ibu hamil 8 bulan yang bisa Bunda lakukan. Jika tidak ingin menjalani semua jenis senam hamil, Bunda bisa memilih beberapa yang dirasa tidak memberatkan.

Yang penting selalu melakukan senam tiap hari sehingga proses persalinan nanti berjalan lancar dan sehat.

Senam bisa dilakukan di rumah seperti di ruang keluarga, di ruang tamu atau di ruang mana pun. Tetapi, Anda juga bisa melakukan dengan beberapa orang lain di tempat pelatihan atau lainnya.

Ke-8 Jenis Gerakan Senam Hamil 8 Bulan itu adalah:

1. Hands and Back Up Train

Sebagai langkah awal, Bunda perlu menyiapkan matras untuk alas melakukan senam. Hands and back up train dilakukan dengan cara duduk bersila. Lalu, angkat kedua tangan ke atas dengan posisi saling berhadapan.

Setelah sekitar 20 detik, turunkan kedua tangan dan langsung bentangkan ke kanan dan kiri. Lalu, angkat lagi hingga lurus ke atas dengan posisi sebelumnya. Ya, lakukan gerakan senam itu beberapa kali atau 5 kali.

2. Hip, Senam Ibu Hamil 8 Bulan

Cara melakukan senam hamil adalah berbaring di atas dengan posisi telentang dengan lutut ditekuk. Sementara, kedua tangan lurus ke bawah. Lalu, angkat bokong dan perut Anda semampu mungkin.

Tahan sebentar sekitar 5 detik. Setelah itu, bokong dan perut bisa diturunkan. Ketika Anda meninggikan bokong dan perut, Anda coba tarik nafas dan kencangkan otot seperti orang melakukan persalinan.

Ya, gerakan ini memang bertujuan melenturkan otot-otot Anda sehingga nantinya bisa mempermudah proses persalinan.

Bunda sebaiknya sering melakukan senam ini biar proses kelahiran si bayi berjalan lancar. Senam ini sebaiknya dilakukan sejak kehamilan Bunda memasuki bulan ke-7.

3. Senam Memperbaiki Posisi Janin

 

gerakan senam hamil

Senam hamil yang ini bisa berfungsi untuk memperbaiki posisi biar kepalanya mengarah ke panggul sehingga mempermudah proses kelahiran di bayi. Atau tidak lahir sungsang.

Mulai dengan jongkok. Lalu, turunkan kepala hingga Bunda bisa mencium lantai. Saat mencium lantai bagai orang sujud ketika shalat (muslim). Tahan posisi itu hingga 10 menit. Barulah setelah itu, Bunda bisa mengangkat kepala ke posisi semula.

Lakukan senam ini secara rutin tiap hari hingga posisi kepala janin mengarah ke mulut rahim.

4. Senam Hamil Kegel

Bunda bisa melakukan senam kegel dengan berdiri ataupun duduk. Senam ini bertujuan melatih otot dasar panggil sehingga mampu mempermudah proses persalinan nantinya.

Senam kegel juga melatih otot di sekitar uretra, kandung kemih, rektum dan rahim. Tiap gerakan bisa dilakukan 3 – 10 detik. Ulangi lagi sampai 4 kali sehari.

5. Jalan Kaki Mempermudah Kelahiran

Yang banyak ibu hamil suka melakukannya, yakni jalan kaki, khususnya di pagi hari. Sering kaki bisa membuat posisi bayi bisa berada di jalur kelahiran sehingga memperlancar proses persalinan.

6. Senam Hamil Jongkok

senam untuk ibu hamil

Gerakan senam ini juga bertujuan untuk mempermudah proses persalinan nantinya. Ya, bayi bisa lahir normal. Tak perlu operasi dengan biaya besar.

Gerakan senam ini, ya Anda berdiri dan kemudian jongkok. Setelah jongkok sekitar 10 detik, berdiri lagi. Ulangi beberapa kali sampai Anda anggap cukup.

Fungsinya untuk memperkuat otot paha dan peregangan otot panggul. Senam ini berbeda dengan senam nomor 3. Yang ini adalah berdiri – jongkok – berdiri – jongkok lagi, dst.

7. Senam Hamil Pose Kupu-kupu

Senam pose kupu-kupu dalam yoga ini juga sering disebut sebagai senam pose tailor. Anda duduk di lantai dalam posisi kaki ditekuk ke depan dan kedua telapak kaki bertemu.

Senam ini bermanfaat untuk melatih otot paha dan menghilangkah stres punggung bawah untuk memperlancar persalinan. Tiap gerakan sebaiknay dilakukan 10 – 20 detik. Ulangi gerakan ringan itu beberapa kali sehari.

8. Olahraga Mengatur Pernapasan

senam bumil

Bunda sebaiknya juga melakukan olahraga pernafasan. Ini juga sangat membantu untuk memperlancar proses pelahiran bayi yang Bunda kandung. Latihan pernafasan bisa dilakukan bersamaan dengan melakukan bebeapa senam di atas.

Intinya, Bunda harus mampu mengatur pernafasan untuk membantu proses persalinan, khususnya sewaktu mengejan.

Demikian 8 jenis senam ibu hamil 8 bulan yang bisa Anda pilih untuk membuat tubuh Anda sehat dan nantinya proses kelahiran akan berjalan lancar.

Tentu saja, selama proses kehamilan, Bunda harus selalu mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil, termasuk makanan sehat yang bisa membuat bayi Bunda menjadi anak berotak cerdas.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Bunda yang kini sedang berbadan dua. Semoga sukses.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.