Connect with us

Diet Sehat

Senam Ibu Hamil 9 Bulan yang Mudah Dilaksanakan dan Aman

Published

on

Senam Ibu Hamil 9 Bulan – Hari yang dinantikan makin dekat. Mungkin satu bulan lagi. Atau kurang dari itu atau lebih. Si kecil bakal lahir. Tentu saja, Bunda harus menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya dan selalu berdoa supaya kelahiran si bayi berjalan lancar.

Tiap hari Bunda hendaknya selalu melakukan senam ibu hamil 9 bulan. Tidak ada hari yang dilewatkan. Senam akan membuat kelahiran si kecil berjalan lancar. Tidak perlu operasi atau lainnya.

Begitu sampai di ruang bersalin rumah sakit atau klinik bersalin, tidak lama kemudian terdengar suara tangis bayi. Pertanda bayi yang Bunda kandung telah lahir dengan selamat.

Itulah suasana ketika kelahiran si bayi akhirnya tiba. Bunda dan semua orang yang menunggui kelahiran si bayi merasa bersyukur dan lega. Apalagi, setelah diketahui bayinya lahir dengan sehat dan lancar.

Saya yakin, semua Bunda yang kini tengah menanti kelahiran bayinya berharap proses kelahiran berjalan seperti yang digambarkan di atas. Salah satu usaha yang harus diusahakan sebelum kelahiran si kecil adalah senam hamil.

Bagaimana dengan senam ibu hamil 9 bulan? Jenis senam apa yang cocok dengan kehamilan 9 bulan?  Anda bisa tonton video gerakan senam hamil 9 bulan di bagian bawah dari artikel ini.

5 Jenis Senam Ibu Hamil 9 Bulan

Berikut ini 5 jenis senam ibu hamil 9 bulan yang bisa Bunda lakukan. Senam hamil tidak saja bertujuan agar kelahiran bayi berjalan lancar, tetapi juga membuat Bunda selalu sehat.

Oleh karena itu, meskipun terasa berat, Bunda tetap harus aktif bergerak, termasuk melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, senam dan aktivitas fisik lainnya. Jangan selalu duduk atau berbaring di sofa.

Ya, aktivitas fisik sangat penting supaya Bunda selalu dalam kondisi sehat. Demikian pula bayi yang dikandungnya, juga akan sehat. Dengan senam secara rutin tiap hari, Bunda bisa memiliki stamina yang prima dan siap untuk melahirkan.

Tidak hanya saat kandungan berusia 9 bulan. Senam sebaiknya dimulai sejak kehamilan trimester awal. Setidaknya, sejak kehamilan usia 6 bulan yang dilanjutkan pada kehamilan 7 bulan, kehamilan 8 bulan, hingga bayi lahir.

senam ibu hamil 9 bulan

sumber:kaltim.prokal.co

1. Senam Pernapasan biar Bayi Lahir Mudah

Anda bisa melakukan gerakan pernapasan ini dengan duduk bersila di atas matras, tikar atau di atas lantai. Ya, layaknya orang ingin melakukan meditasi. Dengan lebih dulu menenangkan pikiran dan berdoa kepada Tuhan, Bunda bisa mulai untuk melakukan gerakan pernapasan.

Ketika melakukan senam ini, kedua tangan Bunda letakkan di atas paha. Dengan posisi tegak, Bunda bisa mulai senam pernapasan ini.

Hirup napas dalam-dalam, lalu hembuskan dengan perlahan-lahan. Ulangi gerakan bernapas ini hingga Anda memandang cukup.

Senam pernapasan juga melatih Bunda untuk selalu tenang dan berpikiran positif saat menjalani proses kelahiran si bayi. Dan, bayi pun akan lahir dengan mudah.

2. Senam Hamil Merangkak dan Mengejan

Senam merangkak dan mengejan untuk melatih otot-otot bagian bawah supaya Bunda siap untuk melahirkan dengan lancar. Gerakannya, Bunda merangkak sambil mengempiskan perut dan mengerutkan dubur.

Ya, gerakan ini adalah persiapan untuk melahirkan. Bunda biar mampu mendorong proses kelahiran si bayi dengan baik, dengan cara mengatur nafas dan mengejan. Lakukan senam ini beberapa kali sampai Bunda rasa cukup atau lelah.

3. Senam Ibu Hamil 9 Bulan dengan Berdiri dan Jongkok

Berdiri, jongkok, berdiri, jongkok, berdiri dan seterusnya. Itulah latihan penting untuk Bunda yang segera melahirkan karena usia kandungan telah mencapai 9 bulan.

Dengan senam hamil 9 bulan ini, Bunda akan meregangkan otot-otot paha dan pangul yang bisa membuat kelahiran bayi berjalan lancar. Senam jongkok juga bisa menggunakan bola.

4. Rutin Jalan Kaki biar Lebih Sehat

Jalan kaki adalah olahraga yang umum dilakukan oleh para ibu yang sedang hamil, terutama setelah usia kandungan menginjak 7 – 9 bulan (trimester). Ini sangat penting bukan saja menjaga kesehatan Bunda, tetapi juga menjaga kesehatan si bayi.

Ya, Bunda dan bayi yang dikandungnya harus selalu sehat. Tentu saja, kebutuhan nutrisi dan vitamin perlu dipenuhi, termasuk untuk membuat bayi yang dikandungnya bisa memiliki otak yang cerdas.

Lakukan jalan kaki ke mana saja. Tidak hanya terbatas jalan kaki keliling kompleks perumahan tempat Bunda tinggal. Jalan kaki saat belanja ke toko dekat rumah juga termasuk senam ibu hamil.

5. Naik Turun Bangku Pendek

Bunda juga bisa melakukan senam dengan naik turun bangku atau tangga pendek. Ketinggian bangku sekitar 20 cm. Lakukan dengan naik ke atas bangku, lalu turun. Naik lagi, turun lagi. Ulangi beberapa kali sampai Bunda rasa cukup.

Gerakan senam hamil 9 bulan ini akan memperkuat otot kaki sehingga bisa membantu kelancaran proses kelahiran di bayi.

Semua senam hamil 9 bulan harus dilakukan dengan hati-hati. Jangan sampai senam membuat Bunda cedera atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Tips Melakukan Senam untuk Ibu Hamil 9 Bulan

Seperti telah disinggung dalam bahasan di atas, senam ibu hamil harus dilakukan dengan hati-hati. Apalagi setelah kehamilan menginjak usia trimester (7 – 9 bulan). Bunda harus hati-hati. Jangan sampai senam membuat Bunda cedera atau mengalami hal negatif yang tidak diinginkan.

Berikut ini 5 tips terbaik untuk melakukan senam hamil, yaitu:

Pertama: Mulailah senam dengan melakukan pemanasan dan bertahap. Jika sebelumnya Bunda tidak pernah berolahraga atau senam, maka mulailah senam secara bertahap. Misalnya, senam 5 menit, lalu meningkat menjadi 10 menit, 15 menit, dan seterusnya.

Jangan lakukan langsung 1 jam. Ini justru membuat Anda bisa kelelahan dan berpengaruh negatif pada kesehatan Bunda.

Kedua: Jangan melakukan gerakan memutar. Ini agak berbahaya, lebih-lebih jika kandungan Bunda sudah besar. Bunda bisa kehilangan keseimbangan dan membuat Bunda terjatuh.

Ketiga: Suhu di tempat latihan jangan terlalu panas. Pastikan pergantian suhu di ruang tempat Bunda melakukan senam berjalan dengan baik. Suhu tidak terlalu panas. Maka, sebaiknya Bunda tidak mengenakan pakaian yang tebal.

Keempat: Siapkan air putih yang cukup dan minumlah saat akan mulai senam, saat istirahat atau selesai senam. Jangan sampai Bunda kekurangan air minum sehingga membuat tubuh Bunda tidak sehat.

Kelima: Usahakan selalu mengonsumsi makanan sehat. Selain membuat Bunda sehat hingga kandungannya juga tumbuh sehat, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi bisa membuat kandungan Bunda terhindar dari lahir cacat.

Bunda sebaiknya juga mengonsumsi makanan yang bisa membuat bayi Anda jadi anak cerdas. Setidaknya ada 7 makanan yang bisa Bunda pilih. Tetapi, Bunda perlu menghindari konsumsi makanan kalengan.

Demikian beberapa gerakan senam 9 bulan yang perlu Bunda lakukan ketika usia kehamilan menginjak bulan ke-9. Senam ibu hamil 9 bulan sangat membantu kelancaran kelahiran si calon bayi nantinya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kesehatan Bunda dan bayi yang dikandungnya sampai lahir dengan lancar dan tiada hambatan apa pun.

Contoh gerakan senam hamil 9 bulan:

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.