Tahu Tempe Makanan Kaya Zat Besi (Tertinggi), Obati Anemia

Advertisement

MAKANAN penambah darah apa yang kaya zat besi? Ternyata, tahu dan tempe. Makanan dengan kandungan zat besi sangat penting untuk Anda yang menderita sakit anemia atau kurang darah. Mudah merasa lelah, lesu, letih, loyo adalah tanda orang menderita anemia.

Bagaimana dengan Anda? Suka merasa cepat lelah dan letih saat bekerja? Atau kurang semangat untuk bekerja? Atau mudah cepat lelah saat melakukan aktivitas? Bahkan, sekadar duduk-duduk pun cepat merasa lelah dan badan tak enak.

Solusinya adalah meningkatkan asupan makanan dan buah yang mengandung zat besi, vitamin B12 dan asam folat seperti olahan tahu dan olahan tempe. Apalagi ibu-ibu atau wanita yang sedang hamil atau saat menstruasi akibat mengeluarkan darah yang banyak.

Bahkan, ibu-ibu yang sedang hamil tidak cukup hanya mengonsumsi makanan dan buah dengan kandungan zat besi tinggi. Mereka juga masih perlu mengonsumsi suplemen zat besi demi kesehatan dirinya dan bayi yang dikandungnya.

Kekurangan zat besi bisa membuat bayi yang Anda kandung mengalami kecacatan.  Oleh karena itu, asupan makanan kaya zat besi harus Anda perhatikan dengan sungguh-sungguh. Ya, ini jika Anda benar-benar ingin sehat, termasuk bayi yang Anda kandung.

Saya yakin, Anda pasti ingin sehat. Demikian pula dengan bayi dalam kandungan, Anda tentu ingin tumbuh sehat dan lahir lancar plus sehat sempurna.
susu kedelaisusu kedelai yang laya zat besi (copy:indonesianface.com).

Berbagai Kandungan dalam Produk Kedelai

Tetapi, makanan apa yang kandungan zat besinya sangat tinggi?

Ternyata, makanan dengan kandungan zat besi tertinggi adalah kedelai. Ini berarti makanan olahan yang terbuat dari bahan kedelai sangat baik untuk Anda konsumsi sebagai asupan dengan kandungan zat besi tinggi.

Makanan olahan dengan bahan baku kedelai antara lain tahu, tempe, susu kedelai, kecambah (tauge), tauco, oncom, kembang tahu, kecap, dsb.

Kedelai mempunyai tekstur yang membuat orang yang mengonsumsinya cepat merasa kenyang. Selain itu kandungan nutrisinya cukup tinggi dan rasanya pun gurih.

Kedelai mengandung senyawa fitoestrogen yang berfungsi untuk mencegah beberapa penyakit akibat gangguan hormon estrogen. Bahkan, kacang kedelai bisa mencegah pertumbuhan sel kanker payudara pada wanita menopause dan gejala PMS pada wanita yang masih subur.

Makanan olahan dari kedelai juga bisa menurunkan kolesterol tinggi dan darah tinggi. Anda yang mengidap dua penyakit berat ini sangat baik untuk mengonsumsi tahu, tempe, susu kedelai, dsb.

Kandungan zat besi di dalam produk kedelai mampu menjaga kekebalan tubuh dan mendukung proses produksi sel darah merah.

Kedelai juga mengandung lemak tak jenuh, protein, serat, dan lechitin. Ditambah lagi dengan vitamin A, vitamin B-kompleks, vitamin E, fospor, dan magnesium. Oleh karena itu, sangat baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan diri Anda, termasuk untuk menghindari penyebab kurang darah.

Lebih lengkapnya Anda bisa melihat tabel di bawah ini:

 Kandungan Gizi dalam 100 gram Kacang Kedelai
Energi 286 kal
 Protein  30,2 g
 Lemak  15,6 g
 Karbohidrat  30,1 g
 Serat  4,9 g
 Kalsium  196 mg
 Fosfor  (506) mg
 Besi  6,9 mg
 Vitamin A  95 IU
 Vitamin B1  0,93 mg
 Vitamin C  –
 Air  20 g

Bisa Mencegah Sakit Jantung, Diabetes, Kanker…

Tidak hanya mampu mencegah dan menyembuhkan sakit anemia atau kurang darah, konsumsi kacang kedelai juga mampu mengatasi banyak penyakit berat dan penting.

Dengan ini, Anda selayaknya memperhatikan makanan yang dibuat dari bahan kedelai seperti tahu dan tempe atau yang lain, termasuk susu kedelai. Jangan menganggap masakan tahu tempe sebagai masakan rendahan yang tidak layak untuk Anda.

Apa saja manfaat makanan dan minuman dari bahan kedelai? Selain mampu menyembuhkan kurang darah (bukan darah rendah), olahan dari kedelai juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, mencegah tulang keropos (osteoporosis), mengobati diabetes melitus, dsb.

Mencegah Kanker, termasuk kanker payudara. Ibu-ibu layak memberi perhatian dalam hal ini. Konsumsi makanan minuman yang terbuat dari kedelai. Walaupun tidak tiap hari.

Sebab, kedelai mengandung oksidan yang bisa mengurangi risiko sakit kanker. Oksiden bisa menetralisir radikal bebas sehingga Anda bisa bebas dari ancaman penyakit kanker.

Menjaga Jantung, bahkan juga menurunkan kolesterol tinggi. Kedelai memang mengandung lemak, tetapi lemak tidak jenuh. Karena itu, konsumsi kedelai sangat baik untuk menurunkan kolesterol tinggi yang berarti mencegah sakit jantung.

Memperlambat Menopause. Banyak wanita trauma menghadapi masa tua atau menopause. Akibatnya, tidak jarang kadar estrogen turun tajam. Dengan mengonsumsi makanan minuman dari kedelai, Anda bisa menjalani masa tua dengan tetap sehat dan tenang.

Mencegah Pengoropasan Tulang atau osteoporosis. Tidak hanya mencegah pengeroposan tulang, kandungan kalsium dalam kedelai bisa menguatkan tulang. Selain itu, kandungan protein kedelai bisa mencegah pengeluaran kalsium melalui urine.

Kendalikan Diabetes Melitus. Sangat baik Anda yang menderita sakit diabetes melitus sering mengonsumsi makanan dari kedelai. Makanan dari kedelai mengandung serat, vitamin B kompleks dan asam animo.

Cegah Sembelit. Ya, kandungan serat dalam kedelai membantu kontraksi otot dalam perut sehingga mencegah sembelit. Bahkan juga bisa mencegah diare.

susu kedelaiproduk susu kedelai dalam kemasan (copy: samsgroceria.com).

Anda Membeli Susu Kedelai Kemasan

Anda juga bisa mengonsumsi susu kedelai dalam kemasan untuk mendapatkan makanan kaya zat besi. Tidak perlu membuat sendiri. Anda tinggal beli dan mengonsumsinya. Misalnya, susu kedelai Melilea. Anda bisa memilih kemasan yang Anda inginkan. Susu kedelai Melilea dijual dalam bentuk berbagai ukuran kemasan yang tentu saja berbeda-beda harganya.

Tersedia juga untuk anak-anak, wanita hamil dan menyusui. Tentu saja, susu ini tersedia juga untuk pria dewasa.

Ada juga Susu Kedelai Alami SKA-72. Produk ini juga terdiri dari berbagai ukuran sehingga Anda bisa memilih harga yang Anda inginkan. Bisa menurunkan kolesterol tinggi, untuk meningkatkan makanan sehat bagi ibu hamil, ibu menyusui, dsb.

Ada juga bubuk susu kedelai Ama Soya. Produksinya dibuat dengan perpaduan antara kedelai berkualitas ditambah daun katuk, beepollen, dan fenugreek/hulba. Disediakan terutama untuk para wanita, wanita hamil atau menyusui. Sarat protein nabati, isoflavon, asam animo esensial, bermacam vitamin dan mineral.

Demikian artikel mengenai Manfaat Produk Kacang Kedelai sebagai makanan kaya zat besi dan berbagai kandungan lain. Antara lain berupa masakan tahu dan masakan tempe.  Keduanya bisa membantu mencegah dan mengobati banyak penyakit secara alami.  Termasuk penyakit kolesterol tinggi, kanker, kurang darah, dsb.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Silakan membagi artikel ini kepada saudara dan relasi Anda biar semua selalu sehat dengan cara yang mudah dengan klik tombol Twitter Cs di bawah ini.

Advertisement