Connect with us

stroke

9 Terapi Stroke – Diperlukan biar Stroke Anda Cepat Sembuh

Published

on

BANYAK orang mengalami shock ketika tiba-tiba terkena penyakit stroke. Kondisi seperti itu tentu saja membuat pengobatan stroke tidak mudah. Diperlukan terapi stroke secara khusus atau alat terapi stroke. Dengan cara itu, penderita bisa memulihkan kejiwaannya dan pengobatan stroke bisa berjalan dengan baik.

Ada beberapa jenis terapi stroke yang biasa digunakan oleh ahli. Anda bisa memilih terapi stroke mana yang akan digunakan. Tentu saja, jika penderita tidak memilih karena penyakitnya yang berat, maka pihak keluarga yang bisa memilih terapi stroke mana yang akan digunakan.

Ada baiknya pemilihan jenis terapi juga dikonsultasikan dengan dokter. Sebab, terapi ini bertujuan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan stroke.

Selain itu, stroke terdiri dari beberapa jenis seperti stroke ringan, stroke biasa, stroke kiri, store kanan, stroke hemoragik, stroke iskemik, dsb. Tentu saja, masing-masing memerlukan jenis terapi yang tidak sama antara satu dan lainnya.

Berikut ini adalah 9 jenis terapi stroke yang bisa Anda pilih dan Anda jalani:

1. Terapi Stroke dengan Tusuk Jarum Akupuntur

Pernah lihat terapi akupuntur? Ini adalah terapi stroke dengan menggunakan alat tusuk jarum. Cara ini dimaksudkan untuk mencari sumber penyakit dengan menusukkan jarum di titik pusat saraf di telapak kaki.

Tusuk jarum biasanya hanya dilakukan dalam beberapa menit. Diharapkan dengan alat terapi stroke tusuk jarum ini aliran darah berjalan lancar dan penyumbatan di pembuluh darah akibat kolesterol jahat bisa diatasi sehingga tensi bisa turun menuju tekanan darah normal. Sebaiknya terapi ini dilakukan secara rutin.

Tetapi, Anda juga bisa melakukan terapi akupuntur dengan alat terapi khusus kaki produksi WLW888. Alat ini menggunaka teknologi gelombang elektromagnetik dari Barat dan teknik akupuntur dari China.
Di tambah pancaran sinar inframerah. Bisa untuk mengobati stroke dan menjaga biar stroke tidak kambuh. Harganya Rp 998.000. Tetapi, Anda juga bisa memilih harga murah, misalnya harga Rp 103.500.

terapi stroke
terapi stroke (foto:getmyneed.com)

2. Terapi Psikologi biar Terhindar dari Depresi

Terapi psikologi diperlukan untuk mengembalikan kejiwaan pasien biar terhindar dari depresi yang lebih berat. Siapa pun ketika tahu dirinya terkena stroke, tentu mengalami shock berat. Apalagi strokenya disertai adanya anggota badan yang lumpuh atau tidak bisa bicara.

Terapi psikologi (kejiwaan) diperlukan untuk mengembalikan suasana kejiwaan penderita menjadi normal. Depresi berat yang terus menerus terjadi justru akan mempersulit atau memperlambat pengobatan sakitnya sehingga tidak bisa segera pulih. Jadi, terapi psikologi akan membantu kelancaran pengobatan stroke.

3. Terapi Fisioterapi untuk Melatih Otot

Terapi stroke lainnya adalah fisioterapi. Terapi modern ini diperlukan untuk melatih otot-otot yang tadinya mengalami masalah akibat teradinya stroke. Di antaranya dengan cara pelatihan, pemijatan, dsb. Fisioterapi bertujuan mengembalikan fungsi anggota tubuh sehingga kesehatannya bisa lebih baik.

Misalnya memberikan pelatihan jalan kaki, pemijatan, membantu cara menggunakan alat fisioterapi, dsb.

Alat terapi pemijatan sebaiknya menggunakan minyak zaitun. Cara memijatnya ke atas dan ke bawah pada kaki atau tangan secara teratur. Ada baiknya penderita juga mengonsumsi obat herbal stroke yang bisa membantu penyembuhan.

4. Terapi Membuat Sel Baru

Ketika terjadi serangan stroke, banyak sel yang mati karena tidak adanya pasokan oksigen akibat aliran darah pembawa oksigen terhambat. Terapi membuat sel baru diperlukan untuk kembali memperbanyak sel baru dalam tubuh penderita stroke. Terapi ini sangat aman untuk dilakukan.

5. Terapi Kognitif Mengasah Kemampuan Otak

Penderita stroke sebaiknya sering diajak bicara untuk mengembalikan fungsi otaknya, termasuk kemampuan kognitif untuk mengolah informasi yang diterimanya. Anggota keluarga yang mendampingi bisa membantu melakukan terapi bicara ini dengan mengajak penderita sering berbicara dengan mengajukan beberapa pertanyaan, misalnya.

Tidak usah yang berat. Pertanyaan sesuai dengan kondisi kesehatan penderita. Jadi, pendamping sebaiknya aktif mengajak bicara atau bertanya kepada penderita biar otaknya berfungsi dan memperceat kesembuhan.

6. Terapi Buang Air

Adakalanya penderita stroke tidak memiliki kemampuan untuk mengontrol saat buang air kecil. Ya, seperti anak kecil lagi yang harus diberi pampers karena belum bisa mengatur kapan harus pipis dan bagaimana cara pipis. Begitulah juga penderita stroke. Tentu saja, bantuan dari keluarga sangat diperlukan untuk melatih penderita mengatur cara pipis yang benar. Jika keluarga tidak mau repot, ya pakai pampers saja. Kini juga tersedia pampers untuk orang dewasa, bahkan orang tua.

7. Terapi Penglihatan

Sebagian penderita stroke mengalami gangguan penglihatan atau mata. Adakalanya satu mata dan ada juga yang mengalami gangguan dua mata sekaligus. Itu tergantung pada kondisi fisik penderita dan keadaan penyakit yang dideritanya.

Penderita perlu melakukan terapi penglihatan sehingga matanya bisa kembali normal. Di antara terapi yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi obat herbal yang bisa mengatasi atau menghindarkan Anda dari penyakit stroke mata. Atau dari kebutaan.

8. Terapi Konsumsi Obat

Terapi konsumsi obat diperlukan supaya penderita bisa mengonsumsi obat stroke secara tepat dan benar. Ya, penderita stroke memang belum bisa melakukan sendiri apa yang diinginkan. Bantuan anggota keluarga atau siapa yang ditugasi sangat penting.

Dari melakukan hal-hal kecil sampai yang besar, terutama untuk penderita yang mengalami kelumpuhan sebagian anggota badannya. Tidak terkecuali untuk penderita stroke ringan.

9. Alat Terapi Khusus Stroke

Banyak tersedia alat terapi khusus dengan berbagai keperluan sesuai dengan kondisi kesehatan penderuta. Ada alat terapi stroke kaki, alat terapi stroke tangan, alat terapi stroke untuk saraf, dsb.
Ada baiknya untuk pemilihan alat ini Anda berkonsultasi dengan dokter supaya pilihan Anda tepat dan mampu mempercepat penyembuhan stroke.

Banyak alat terapi stroke yang bisa Anda pilih sesuai dengan kegunaan dari alat itu, termasuk harganya. Semoga Anda bisa sukses menyembuhkan stroke yang kini Anda derita.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.