15 Tips Sukses Mengecilkan Perut dengan Olahraga dan Diet

ANDA ingin mengecilkan perut buncit? Ya, tentu saja. Siapa yang tidak suka dengan perut ramping? Pasti semua orang ingin tampil langsing, termasuk perutnya. Sebab, selain tubuh sehat, dengan perut rata akan membuat Anda bisa tampil cantik, ganteng dan menarik.

Ada 15 tips mengecilkan perut yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan keinginan Anda, yaitu tampil langsing dan menarik. Ke-15 tips itu dikelompokkan menjadi dua. Pertama adalah tips untuk olahraga mengecilkan perut dan kedua tips menghindari makanan minuman penyebab perut buncit.

Ya, untuk tips pertama, Anda tidak usah memilih olahraga berat. Jika Anda tidak biasa berolahraga, itu justru bisa menyiksa diri. Pilih saja olahraga ringan. Atau apa saja yang bisa membuat badan Anda bergerak. Tidak hanya duduk, diam, atau tiduran.

Tetapi, Anda harus melakukan aktivitas apa saja yang bisa membuat Anda menghilangkan perut buncit. Bisa menghilangkan timbunan lemak di dalamnya sehingga perut Anda bisa tampak langsing.

Anda yang kerjanya tiap hari duduk di kantor atau belajar dengan banyak duduk, tentu bisa membuat perut buncit.

Apalagi, Anda juga mengonsumsi berbagai makanan yang bisa membuat perut buncit. Wah, jelas Anda akan memiliki perut buncit. Sebab, tidak ada aktivitas yang bisa membuat Anda sehat dengan perut ramping.

Tips mengecilkan perut adalah solusi jitu untuk membuat Anda tampil menarik dan sehat. Sehat itu mahal harganya. Orang kegemukan dengan perut buncit mudah terkena sakit jantung, diabetes, dsb.

Pilih Olahraga yang Anda Merasa Nyaman, Ajak Tetangga Bergabung

tips mengecilkan perutsit up…(sumber:forumviva.co.id)

Olahraga atau gerakan fisik apa yang cocok untuk Anda, silakan pilih sendiri. Yang terpenting Anda bisa menjalankan dengan nyaman. Ya, Anda memilih aktivitas olahraga yang Anda merasa nyaman dan asyik untuk menjalankannya.

Ingin lari pagi? Silakan. Ingin push up, sit up, senam, jalan kaki, main tenis meja, tenis lapangan, bola voli, golf atau olahraga apa pun, semua baik untuk kesehatan.

Yang terpenting Anda harus kontinyu melakukan olahraga atau aktivitas fisik yang Anda pilih. Jangan selama satu minggu rajin lari atau jalan cepat terus-menerus, tetapi kemudian selama satu bulan tidak pernah olahraga lagi.

Jika ditanya tetangga, mengapa tidak pernah lari pagi, lalu dijawabnya “wah, sedang sibuk”.

Padahal, ya tidak sibuk amat. Artinya, seandainya Anda bersedia menyisihkan waktu untuk berolahraga, bisa. Jika pagi hari tidak bisa karena harus berangkat kerja pagi-pagi benar, ya lakukan gerakan malam hari sebelum tidur.

Jika Anda konsisten, misalnya minimal tiap hari 30 menit, Anda akan sukses mencapai hasil. Yaitu, Anda bisa sukses mengecilkan perut sekaligus Anda bisa hidup sehat.

Untuk bisa konsisten, ya Anda bisa menulis program olahraga tiap hari dengan huruf agak besar dan tempelkan di mana Anda mudah melihat dan membacanya.

Misalnya di kamar tidur, meja/ruang makan, ruang keluarga, dsb. Ini sebagai pengingat dan cara memotivasi diri Anda. Memotivasi tiap hari sangat penting untuk sukses mengecilkan perut buncit.

Tanpa motivasi, Anda akan gagal memiliki perut ramping. Kalau perlu, Anda minta bantuan anggota keluarga lain untuk bersama-sama berolahraga sehat sehingga bisa selalu semangat.

Atau, kalau perlu ajak tetangga sehingga bisa lebih meriah, terutama di hari Sabtu atau Minggu saat mereka libur kerja. Pada hari lain Anda berolahraga sendiri atau dengan anggota keluarga.

Ya, sekali lagi waktunya bebas sesuai dengan waktu luang Anda. Bisa tiap pagi, siang atau sore hari. Bahkan, malam hari. Semua bisa dan tidak ada masalah.

Yang terbaik memang pada pagi hari saat matahari telah terbit. Anda juga akan mendapatkan vitamin D dari sinar matahari pagi sehingga membuat Anda lebih sehat.

Daftar 15 Tips Mengecilkan Perut Anda

Berikut ini adalah daftar 15 tips untuk mengecilkan perut. Ke-15 tips itu terdiri dari dua kelompok. Pertama kelompok olahraga yang cocok untuk mengecilkan perut buncit. Semuanya ada 7 tips.

Kedua adalah tips tentang makanan dan minuman yang sebaiknya Anda hindari atau Anda konsumsi untuk mengatasi perut buncit. Semua ada 8 tips.

Anda bisa memilih tips mana saja yang ingin Anda lakukan dari kedua kelompok itu. Semua terserah Anda.

Yang penting Anda mulai sekarang juga. Mulai praktek (action), yaitu olahraga ringan untuk mengecilkan perut dan membuat diri Anda sehat.

lari pagilari pagi… (sumber:sarankesehatan.com)

1. Jalan Kaki, Jalan Cepat atau Berlari

Jalan kaki bisa Anda pilih untuk olahraga mengecilkan perut. Tetapi, sebaiknya jalan cepat atau lari jika masih muda.

Apalagi masih muda banget. Anda harus memilih olahraga berkeringat. Jangan seperti bapak ibu yang sudah berumur. Mereka harus menghindari olahraga berat.

Ya, olahraga adalah cara yang paling baik untuk menjaga kesehatan. Tidak hanya untuk mengecilkan perut, tetapi juga membuat diri bebas dari penyakti darah tinggi, jantung, stroke dan masih banyak lagi.

Jadi, bagi Anda yang belum punya perut buncit, Anda sebaiknya selalu menjalankan hidup sehat. Salah satunya dengan olahraga. Tak perlu olahraga berat. Jalan kaki, jalan cepat atau berlari di jalan depan rumah juga tak apa.

Yang penting bisa membuat tubuh Anda sehat dan perut selalu ramping. Tidak perut buncit. Oke???

2. Bersepeda atau Menggunakan Sepeda Statis

Bersepeda juga bisa Anda pilih untuk mengecilkan perut buncit. Bersepeda zaman dulu dan sekarang berbeda. Apalagi untuk tujuan olahraga. Kini, banyak tersedia sepeda trendi dengan desain yang sangat menarik.

Tetapi, hati-hati jika bersepeda di jalan raya, terutama jika Anda hidup di kota-kota besar. Bersepeda di jalan raya rasanya kurang aman karena banyaknya pengendara motor dan mobil.

Lebih baik bersepeda di tempat khusus seperti di lingkungan lapangan olahraga. Atau, di jalan lingkungan tempat tinggal Anda atau di tempat lain yang aman.

Yang paling aman memang menggunakan sepeda statis. Alat ini mirip sepeda tetapi tanpa roda. Yang ada hanya stang sebagai pegangan tangan dan pedal pengayuh.

Tugas Anda hanya mengayuh dan sepeda tetap di tempat. Sepeda tidak bergerak atau berjalan.

Selain aman, Anda tidak perlu pergi ke mana-mana. Anda bisa bersepeda di depan rumah, di garasi, teras, dsb. Pokoknya, kayuh sepeda sampai berkeringat, Anda akan sehat.

3. Olahraga Back Up atau Push Up

Cara melakukan olahraga back up ini tidak sulit. Ya, sama dengan push up. Anda tengkurap, lalu angkat badan ke atas dan kemudian turun lagi. Tetapi, tubuh tak perlu menyentuh lantai. Lakukan berulang-ulang sehingga cukup untuk membuat perut buncit Anda mengempis.

Waktu dan tempatnya terserah Anda. Bisa pagi hari, siang atau malam. Bisa di dalam rumah, ruang terbuka atau di mana pun Anda kehendaki. Olahraga ini akan melatih otot-otot perut menjadi lebih kencang dan sehat.

4. Sit Up atau Crunch Kaya Variasi

Jika Anda merasakan sit up belum cukup untuk mengecilkan perut, silakan melakukan crunch. Ya, sebenarnya olahraga ini sama seperti sit up. Hanya divariasi biar lebih sukses menurunkan perut buncit dan lebih menantang.

Buat anak muda, kan tantangan juga penting untuk menguji nyali biar bisa sukses di masa depan.
Dengan crunch, Anda akan melakukan banyak gerakan yang bisa mengurangi timbunan lemak di perut  sehingga perut pun akan mengempis dan sehat.

Dengan sit up atau crunch, Anda tidur telentang dengan kaki ditekuk ke atas. Lalu, letakkan kedua tangan di bawah kepala. Angkat kepala hingga bahu. Setelah agak tinggi, lalu turunkan lagi.

Lakukan gerakan itu berulang-ulang. Misalnya, sampai 20 kali. Ini adalah gerakan standar dari crunch.

Anda bisa menambah gerakan variasi sehingga usaha mengecilkan perut buncit bisa berhasil dengan baik, termasuk mengencangkan otot-otot perut atas atau bawah. Selain itu, biar Anda selalu semangat, tidak bosan, dsb.

5. Melakukan Jogging dan Renang

Jogging juga efektif untuk membakar kalori sehingga bisa mengecilkan perut. Selain itu, jogging juga akan mengecilkan paha dan betis. Sebab, saat jogging banyak anggota tubuh ikut bergerak.

Lakukan jogging rutin tiap hari. Maka, akan kian banyak kalori yang terbakar. Bukan hanya membuat perut ramping, jogging juga bisa membuat Anda tampil langsing dan sehat.

Anda juga bisa mengempiskan perut dengan berenang. Setidaknya 3 kali dalam satu minggu. Ya, pilih mana yang Anda suka. Hobi renang, ya silakan berenang. Suka jooging, ya silakan jogging.

6. Senam Aerobik dan Senam Yoga

Ya, banyak senam bisa Anda lakukan untuk mengecilkan perut buncit. Di antaranya adalah senam aerobik dan senam yoga. Keduanya termasuk senam favorit banyak orang untuk melangsingkan tubuh, utamanya melangsingkan perut.

Dengan senam aerobik, Anda akan mampu membakar banyak kalori dan lemak di perut. Tidak hanya melangsingkan perut, senam aerobik juga membuat Anda bisa terhindar dari penyakit jantung.

Senam aerobik terdiri dari banyak jenis. Yaitu, high impac aerobic, low impac aerobic, discorobic, rockrobic, dan aerobic sport.

High impac aerobic. Sesuai dengan namanya, seini adalah senam yang paling keras. Ini cocok untuk Anda yang sangat aktif dan lincah. Tetapi, efeknya memang lebih cepat mengecilkan perut. Buat anak muda, senam ini pas sekali.

Low impac aerobic lebih ringan sehingga orang-orang tua juga bisa melakukan senam jenis ini.

Discorobic menggabungkan senam aerobic dan senam disco sehingga selain mampu mengecilkan perut efektif, juga sangat menyenangkan atau menghibur.

Rockrobic adalah senam dengan basis gerakan musik rok dan disco. Ya, semua jenis senam aerobic adalah gerakan para pencinta musik sehingga menggunakan nama jenis musik selain jenis olahraga.

Aerobic sport selain bertujuan mengecilkan perut, juga membangun kelenturan tubuh.

Senam yoga juga memiliki beberapa gerakan, seperti pavan muktasan, bhujangasan, dhanurasan, dan bandha sarvangasana. Tiap gerakan memakan waktu 30 detik dan bisa diulang sesuai dengan keinginan Anda.

7. Naik Turun Tangga di Rumah atau di Gedung Bertingkat

Jika Anda punya rumah tingkat, tentu rumah Anda dilengkapi dengan tangga. Anda bisa gunakan tangga di rumah untuk olahraga mengecilkan perut. Ya, cukup dengan naik turun tangga hingga 30 menit. Akan mampu membakar 200 kalori.

Jika di rumah Anda tak ada tangga, mungkin di kantor tempat kerja ada tangga. Atau di tempat umum, seperti rumah sakit, puskesmas, pasar, swalayan, masjid, dsb.

Di gedung tinggi biasanya disediakan tangga darurat. Umumnya pengunjung naik turun menggunakan lif sehingga tangga darurat sepi. Anda bisa bebas dan leluasa berolahraga menurunkan perut buncit menggunakan tangga manual.

Yang dituntut di sini adalah semangat, tekad dan kemauan. Prakteknya sih mudah dan murah. Bahkan, tidak perlu biaya, kecuali biaya transpor dari rumah sampai ke gedung yang punya tangga.

Kecuali rumah Anda bertingkat yang dilengkapi dengan tangga. Tak perlu pergi dari rumah sehingga tak perlu biaya.

Sekali lagi, yang diperlukan adalah semangat untuk berolahraga mengecilkan perut. Perbesar terus semangat Anda sehingga sukses mengecilkan pertu buncit dan selalu sehat. Anda pun harus disiplin melakukan olahraga sesuai dengan pilihan dan jadwal.

Anda bisa pula memilih olahraga di luar yang 7 di atas. Yang penting harus melakukan olahraga ringan yang bisa mengecilkan perut buncit dan sehat.

Hindari Makanan Penyebab Perut Buncit

Selain melakukan olahraga mengecilkan perut seperti disebutkan di atas, Anda juga harus mengindari makanan penyebab perut buncit. Jika Anda melakukan olahraga tetapi sering mengonsumsi makanan penyebab perut buncit, ya usaha itu tidak mendapatkan hasil secara maksimal.

Jadi, dua cara mengecilkan perut buncit itu harus dikombinasi atau dilakukan bersamaan. Ya, melakukan olahraga mengecilkan perut, ya menghindari makanan penyebab perut buncit.

Makanan apa saja yang bisa menjadi penyebab perut buncit?

Ya, banyak. Makanan yang harus Anda hindari untuk mengecilkan perut buncit anta lain:

perut buncitih, masih buncit (sumber:merdeka.com)

1. Makanan yang Mengandung Banyak Gula Pasir

Hindari makanan atau minuman yang sangat manis. Sebab, makanan dan minuman seperti itu mengandung banyak gula pasir. Ini berarti tinggi kalori, tetapi rendah vitamin dan mineral. Makanan  minuman yang mengandung banyak gula antara lain roti dan sirup.

2. Makanan dengan Kandungan Tinggi Garam

Sama dengan makanan minuman yang mengandung banyak gula, Anda juga harus menghindari makanan dengan tinggi garam. Jika ingin mengonsumsi makanan kaleng, silakan membaca label yang menjelaskan volume kandungan gula dan garam.

Makanan banyak garam akan membuat cairan dalam tubuh Anda meningkat tajam. Efeknya, berat badan juga meningkat karena kegemukan, termasuk gemuk perutnya.

3. Makanan Aneka Gorengan

Anda juga harus menghindarkan makanan aneka gorengan untuk menurunkan atau mencegah perut buncit. Mengapa? Karena makanan gorengan mengandung banyak lemak. Ini berarti makanan gorengan sulit dicerna oleh tubuh.

4. Makanan dengan Karbohidrat Tinggi

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi juga bisa membuat perut buncit. Makanan dengan kandungan karbohidra tinggi antara lain nasi, roti putih dan pasta. Glikemik yang terkandung dalam makanan dengan karbohidrat putih tinggi bisa membuat perut buncit dan gemuk. Anda bisa mengonsumsi banyak buah dan sayuran sebagai ganti makanan aneka gorengan.

5. Hindari Minuman Bersoda dan Alkohol

Anda juga perlu menghindari minuman bersoda dan alkohol. Keduanya bisa menyebabkan kegemukan dan perut buncit. Dari penelitian diketahui lingkar pinggang orang yang suka mengonsumsi soda naik 5 kali tiap hari dibandingkan dengan mereka yang tidak minum soda.

Hal yang sama juga berlaku untuk alkohol. Selain membuat perut bisa buncit, banyak minum alkohol juga membuat hormon stres meningkat dan pembakaran lemak menurun.

6. Makanan Olahan dan Daging Olahan

Anda juga harus menghindari makanan olahan, termasuk daging olahan. Sebab, makanan olahan dan daging olahan umumnya tinggi kalori. Sebaliknya, miskin nutrisi. Selain menyebabkan perut buncit, makanan tinggi kalori juga bisa menyebabkan darah tinggi, kolesterol tinggi, dsb. Misalnya, sosis, daging asap, dan hot dog.

7. Istirahat dan Tidur yang Cukup

Tips nomor 7 dan 8 ini adalah tambahan. Istirahat dan tidur juga sangat penting untuk membuat Anda sehat, termasuk sehat dari kandungan tinggi lemak. Dengan istirahat cukup, Anda bisa memulihkan stamina setelah seharian bekerja atau berolahraga.

Selain itu, berdasarkan penelitian, orang yang kurang tidur dan kurang istirahat membuat hormon ghrelin mereka meningkat sehingga nafsu makan pun meningkat. Ini membuat mereka selalu ingin makan. Mereka tak pernah merasa kenyang. Akibatnya terjadilah kegemukan, plus perut buncit.

8. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih merupakan terapi umum yang perlu dilakukan untuk membuat tubuh sehat. Tidak hanya untuk mengecilkan perut, minum air putih juga bisa menjadi cara penting untuk menghindari atau menurunkan banyak penyakit. Darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, dsb, semua memerlukan konsumsi air putih.

Dari berbagai penelitian diketahui konsumsi air putih bisa memecah lemak dalam tubuh. Selain itu, metabolismenya meningkat 30% setelah mengonsumsi air putih 17 ons.

Konsumsi Obat Herbal Pelangsing Perut

obat herbal pelangsing perutCara lain untuk mengecilkan perut buncit adalah minum obat herbal pelangsing perut. Banyak obat herbal yang bisa Anda konsumsi untuk membuat perut Anda tidak buncit.

Fiforlif Minuman Pelangsing Perut Buncit dan Penurun Berat Badan, misalnya. Selain berkhasiat untuk menurunkan perut buncit dan berat badan, obat herbal pelangsing perut ini juga bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol tinggi, menyehatkan saluran pencernaan dan merampingkan perut.

Bagi Anda yang sudah berusaha keras menurunkan berat badan dan perut buncit tetapi belum berhasil, mungkin masalahnya adalah toxin yang menumpuk di lipatan usus dari sisa makanan dan minuman yang tak terbuang sempurna. Bahkan, jika Anda selalu buang air besar dengan lancar pun belum tentu pencernaan sehat.

Obat herbal ini akan menolong masalah kegemukan dan perut buncit Anda. Banyak orang yang merasa cocok dengan obat herbal pelangsing perut ini.

Ada beberapa paket yang bisa Anda pilih untuk membeli obat pelangsing perut ini. Dari harga Rp 300 ribu hingga Rp 2 juta lebih. Anda bebas untuk memilih mana yang Anda suka.

Obat herbal pelangsing lainnya adalah Q-Slim, Borobudur Herbal Susut Perut Buncit, Daduzi Teh Hijau Celup, HWI Dtozym Pelangsing Perut Buncit, dsb. Ada juga beberapa merek baju pelangsing ataupun korset.

Demikian artikel mengenai Tips Mengecilkan Perut yang Perlu Anda Lakukan sehingga Anda bisa tampil sehat dan nyaman.

Cara-cara merampingkan perut yang dibeberkan di atas adalah cara alami, baik berupa olahraga ringan atau diet mengecilkan perut. Anda bisa melakukannya dengan mudah dan tanpa biaya banyak serta aman dari efek samping.

Sekali lagi, yang diperlukan hanyalah kemauan dan tekad Anda untuk hidup sehat. Kini, besok, lusa, dan seterusnya. Sehatfisik.com menyampaikan terima kasih atas kunjungan Anda.