Connect with us

Diabetes

Trik Mudah Menghindari Gula Darah Rendah

Published

on

PUNYA gula darah tinggi sangat repot. Tetapi punya gula darah rendah juga repot. Lantas, bagaimana trik hindari gula darah rendah? Bagaimana supaya Anda selalu punya kadar gula darah normal, yaitu tidak tinggi dan juga tidak rendah?

Ya, kadar gula normal adalah kadar gula yang sedang. Tidak tinggi dan juga tidak rendah. Ukurannya tergantung kondisi fisik Anda. Maksudnya, gula darah normal sebelum dan sesudah makan berbeda.

Kadar gula darah normal adalah 70 – 130 mg/dL sebelum makan. Dua jam setelah makan adalah lebih tinggi dari 130 mg/dL, tetapi kurang dari 180 mg/dL.

Jika Anda puasa setidaknya 8 jam, maka kadar gula darah Anda adalah kurang dari 100 mg/dL. Menjelang tidur adalah 100 – 140 mg/dL.

Zat gula sangat diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi untuk sel-sel tubuh. Darah yang mengangkut zat gula ke sel-sel tubuh sebagai energi yang membuat tubuh Anda sehat.

Tetapi, zat gula yang berlebihan juga bisa menyebabkan sumber penyakit diabetes. Begitu juga sebaliknya, akan menjadikan Anda tidak sehat.

Sama halnya dengan zat kolesterol atau zat purin yang menyebabkan penyakit asam urat saat berlebihan. Kelebihan zat kolesterol juga membuat Anda menderita kolesterol tinggi yang jika tidak diobati bisa mengancam kesehatan jantung Anda.

Untuk itu, Anda harus menjaga kadar gula darah selalu dalam keadaan normal. Jika terlalu rendah, ya Anda harus melakukan berbagai trik hindari gula darah rendah. Jika sebaliknya, ya usahakan bisa turun.

Gejala atau Tanda-tanda Menderita Gula Darah Rendah

Bagaimana cara Anda menghindari terjadinya gula darah rendah? Trik apa yang bisa Anda lakukan untuk menghindari gula darah rendah?

Ya, berikut ini adalah trik hindari gula rendah yang bisa Anda lakukan. Tetapi, Anda harus lebih dahulu punya tekad untuk hidup sehat dengan bebas dari penyakit gula darah, baik gula darah rendah atau gula darah tinggi (diabetes).

trik hindari gula darah rendah

dag dig dug bisa tanda sakit gula darah rendah (sumber:smartdetoxid.com)

Ini sangat penting karena banyak orang yang menderita sakit gula darah, mereka tidak sungguh-sungguh menghindari gula darah rendah maupun gula darah tinggi.

Akibatnya, mereka tidak mampu menyembuhkan sakitnya. Akhirnya mereka harus menderita sakit sepanjang hidupnya.

Kadar gula darah yang terlalu rendah (hipoglikemida) bisa membuat diri Anda tidak sehat. Anda akan merasakan berbagai kondisi tubuh seperti berikut ini, yaitu:

  1. Kulit tampak pucat
  2. Jantung sering berdebar-debar
  3. Suka merasa gelisah
  4. Mudah merasa lelah
  5. Tubuh mudah lemas
  6. Sering berkeringat dingin
  7. Mudah merasa lapar
  8. Sulit untuk berkonsentrasi
  9. Mudah marah
  10. Di area mulut sering kesemutan
  11. Terkadang terjadi kejang-kejang
  12. Sulit berdiri atau berjalan
  13. Tidak sadarkan diri atau pingsan

Kondisi ini tidak hanya akan membuat tubuh Anda tidak sehat, tetapi juga tidak produktif. Bahkan, kadar gula rendah yang tidak diobati dengan sungguh-sungguh bisa menyebabkan sakit jantung dan kerusakan otak.

Oleh karena itu, jika Anda menderita gula darah rendah harus secepatnya mengobati dan menaikkan kadar gula darah Anda menjadi normal. Lakukan trik menghindari kadar gula rendah.

Makanan untuk Penderita Diabetes yang Sebaiknya Anda Konsumsi

Ada beberapa makanan untuk penderita diabetes yang sebaiknya Anda konsumsi. Mengonsumsi makanan-makanan ini juga bisa digunakan sebagai trik hindari gula darah rendah. Anda harus selalu berusaha membuat kadar gula darah Anda normal.

1. Konsumsi Kacang-kacangan

Makanan yang sebaiknya Anda sering konsumsi adalah kacang-kacangan seperti kacang almond, ikan salmon, daging dada ayam tanpa kulit, brokoli, bayam dan kayu manis.

2. Batasi Konsumsi Karbohidrat

Anda boleh mengonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat, namun jumlahnya harus dibatasi. Misalnya, ubi, pasta dan biji-bijian utuh dan nasi merah.

3. Makan Tepat Waktu

Anda harus makan tepat waktu, terutama untuk sarapan pagi. Tujuannya supaya tidak terjadi rasa lapar yang berlebihan. Jika itu terjadi, Anda merasa ingin makan lebih banyak.

Anda makan dalam porsi melebihi ukuran seharusnya, maka gula darah Anda akan naik. Anda sebaiknya makan tiga kali sehari ditambah mengonsumsi camilan yang bernutrisi di sela-sela jam makan.

4. Melakukan Olahraga Rutin

Olahraga setidakmnya 2,5 jam per minggu. Bisa Anda lakukan tiap kali berolahraga adalah selama 30 menit. Maka, jika Anda lakukan olahraga dalam 5 hari dalam satu minggu berarti Anda berolahraga selama 2,5 jam.

Dengan berolahraga, Anda juga melatih kekuatan otot-otot dalam tubuh Anda. Peranan otot sangat besar untuk menggunakan dan menyimpan gula. Ini akan membuat gula darah Anda akan selalu normal.

Tetapi, dalam berolahraga jangan berlebiha. Misalnya, sekali olahraga sampai 1,5 jam. Ini justru bisa memicu timbulnya kadar gula darah rendah.

5. Konsumsi Camilan Manis

Camilan manis akan menghindari gula darah Anda turun drastis. Misalnya permen. Bahkan, ketika Anda merasa gula darah rendah kambuh, penanganan awal dengan makan camilan ringan atau permen.

Penderita gula darah rendah sebaiknya selalu menyediakan permen untuk ke mana saja Anda pergi sehingga Anda dapat mengonsumsinya kapan saja.

Itulah beberapa trik hindari gula darah rendah yang harus Anda jalankan jika Anda ingin kadar gula darah normal. Saya yakin Anda ingin selalu dalam kondisi sehat, termasuk dalam hal gula darah.

cek gula darahcek kadar gula darah dengan alat cek digital (foto:smartdetoxid.com)

Cek Gula Darah Periodik, Trik Hindari Gula Darah Rendah

Anda perlu cek kadar gula darah secara periodik. Misalnya, satu bulan sekali, setengah tahun sekali dan seterusnya. Anda bisa cek di rumah sakit, puskesmas, klinik atau Anda memiliki alat cek gula darah sendiri.

Dengan melakukan cek darah, Anda akan tahu dengan pasti berapa kadar gula darah Anda. Jika masih sangat rendah, Anda bisa berusaha menaikkan gula darah.

Anda bisa membeli alat pengukur gula darah di toko alat kesehatan atau toko-toko online yang menjual peralatan cek gula darah. Misalnya:

a. Easy Touch GCU 3 in 1

Alat Easy Touch GCU 3 in 1 ini tidak hanya untuk mengukur kadar gula darah Anda. Tetapi, juga bisa Anda gunakan untuk cek kadar kolesterol dan asam urat. Dengan fungsinya itu, alat ini sering disebut sebagai 3 in 1. Artinya, satu alat untuk tiga fungsi.

Menggunakan alat ini mudah dan praktis. Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasil tes gula darah. Hanya perlu 10 detik. Untuk tes asam urat perlu 20 detik dan tes kolesterol perlu 150 detik.

Waktu tes gula darah terbaik adalah pagi hari sebelum sarapan.

b. Easy Touch GCHb

Hampir sama dengan Easy Touch GCU 3 in 1, alat cek gula darah ini juga bisa digunakan untuk cek gula darah, kolesterol dan hemoglobin (kurang darah). Penggunaan alat ini juga praktis dan mudah.

Pengukuran hemoglobin (kurang darah) memerlukan waktu 6 detik. Untuk kolesterol perlu 150 detik, dan mengukur gula darah perlu 6 detik.

Demikian artikel mengenai trik menghindari gula darah rendah dengan mudah. Semoga Anda bisa sukses membuat gula darah Anda selalu normal.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.