Connect with us

Vitamin

6 Vitamin Otak untuk Anak 5 Tahun – Penting untuk Putra-Putri Anda

Published

on

SEMUA orang tua pasti berkeinginan anaknya bisa tumbuh menjadi anak pintar. Tetapi, keinginan itu harus diwujudkan dengan pemberian vitamin. Misalnya, vitamin otak untuk anak 5 tahun.

Tanpa pemberian vitamin khusus, yaitu vitamin otak untuk anak, maka harapan Anda hanyalah angan-angan. Kecuali dari sananya sudah ditakdirkan menjadi anak pintar. Tanpa bantuan vitamin, anak yang demikian akan selalu mendapat nilai sempurna di sekolahnya.

Jika putra-putri Anda tidak memiliki otak yang cemerlang seperti itu, Anda tidak perlu khawatir. Keinginan Anda bisa terpenuhi jika sejak dalam kandungan, Anda sudah memberikan perhatian untuk itu.

Misalnya, makanan minuman yang dikonsumsi ibunya haruslah makanan yang mengandung vitamin yang bakal membuat si bayi memiliki otak cerdas.

Demikian pula setelah bayi lahir. Bunda harus selalu memberikan air susu ibu (ASI) yang berkualitas. Bunda harus selalu mengonsumsi makanan minuman yang bisa membantu memberikan ASI berkualitas kepada si kecil.

Pemberian vitamin yang bisa membuat anak punya otak cemerlang harus terus dilakukan, termasuk ketika anak berusia 5 tahun. Bunda harus selalu menyajikan makanan minuman yang bisa membuat anak Bunda memiliki otak cerdas.

Pertanyaannya, seperti apa vitamin otak untuk anak 5 tahun? Adakah vitamin otak untuk anak 5 tahun yang bisa dibeli sehingga Anda tidak perlu repot membuat sendiri?

6 Jenis Vitamin Otak untuk Anak 5 Tahun

 

vitamin otak untuk anak 5 tahun

sumber:bukalapak.com

Anak usia 5 tahun mulai memasuki masa pra-sekolah. Mulai masuk sekolah taman kanak-kanak (TK). Pada usia 4 tahun, anak-anak sudah memasuki pra-TK atau pendidikan anak usia dini (PAUD).

Tidak hanya bermain, mereka di TK juga sudah dididik untuk lancar membaca, berhitung, berbahasa Indonesia dengan baik, dsb. Bahkan, ada juga yang mengajarkan bahasa asing (Inggris) kepada mereka.

Tentu saja, kondisi ini menuntut anak harus mendapatkan asupan nutrisi vitamin otak untuk anak yang mendukung pertumbuhan otak mereka menjadi anak pintar. Apalagi, usia 5 tahun merupakan masa pertumbuhan otak anak memasuki performa terbaiknya.

Berikut ini 6 nutrisi vitamin otak untuk anak 5 tahun:

1. Vitamin B6 Meningkatkan Konsentrasi Anak

Vitamin B6 sangat penting untuk peningkatan kecerdasan anak, khususnya anak usia 5 tahun. Kekurangan vitamin B6 bisa menyebabkan menurunnya memori dan konsentrasi anak.

Tidak hanya itu. Kekurangan vitamin B6 juga bisa menyebabkan terjadinya kecemasan dan depresi. Selain itu, vitamin B6 juga bisa mencegah terjadinya penyakit jantung.

Makanan yang mengandung vitamin B6 yang bisa Anda pilih untuk konsumsi anak-anak antara lain pisang, alpukat, tomat, melon, semangka, madu, wortel, bayam, kangkung, kembang kol, sawi, kacang-kacangan, biji bunga matahari, dan ikan tuna telur.

2. Vitamin B12 Mencegah Kerusakan Saraf Otak

Vitamin B12 juga juga sangat penting untuk membantu perkembangan otak anak. Yakni, membantu pembentukan myelin atau lapisan pelindung saraf otak anak. Dengan vitamin B12, kerusakan saraf otak bisa dicegah atau dibatasi.

Saraf otak sangat penting karena bisa berpengaruh kuat terhadap sistem memori, bahkan juga kesehatan mental anak.

Vitamin otak untuk anak ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi daging merah, daging domba, unggas, ikan, kepiting, ikan sarden, ikan tuna, ikan salmon, ikan haring, caviar, kerang, keju, dan susu.

3. Vitamin B9 Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Vitamin B9 atau asam folat juga sangat penting dalam pembentukan kecerdasan otak anak usia 5 tahun khususnya, dan semua anak pada umumnya.

Anak usia 5 tahun memerlukan konsumsi vitamin B9 200 mcg setiap hari.

Selain bisa meningkatkan produksi sel darah merah, vitamin B9 juga penting untuk pembentukan DNA pembawa gen, dan menurunkan tingkat stres anak ataupun orang dewasa.

Tumbuhan yang mengandung vitamin B9 antara lain alpukat, pepaya, jeruk, stroberi, kentang, bayam, selada, brokoli, kacang polong, jagung, pisang, melon, hati sapi, dan kacang hijau.

4. Vitamin B1 Menjaga Fungsi Otot dan Sistem Saraf

Vitamin B1 atau thiamin juga penting untuk mendukung metabolisme karbohidrat, menjaga fungsi otot dan sistem saraf, termasuk mendukung perkembangan otak anak.

Kekurangan vitamin B1 bisa menyebabkan anak terkena penyakit beri-beri, saraf, otot, pencernaan dan fungsi otak.

Makanan yang mengandung vitamin B1 antara lain daging, sereal, gandum, nasi, ragi, susu, kacang-kacangan, nanas, anggur, semangka, jeruk, asparagus, bayam, terong, paprika, dan brokoli.

5. Vitamin E Mencegah Kerusakan Sel Otak

Vitamin E juga sangat penting untuk membantu perkembangan otak anak. Vitamin ini berfungsi mencegah kerusakan sel sekaligus meningkatkan regenerasi sel baru. Ini semua akan membuat risiko kerusakan otak bisa dihindari.

Anda bisa mendapatkan vitamin E pada bayam, almond, sawi swiss, lobak sayur, cabai, kacang tanah, paprika, asparagus, udang, tomat, alpukat, kiwi, wortel, buncis, dsb.

6. Vitamin C, Sumber Antioksidan yang Mudah Didapatkan

Vitamin C adalah antioksidan yang bisa mencegah terjadinya kerusakan sel otak akibat radikal bebas. Anda bisa mendapatkan vitamin C dengan mudah. Antara lain pada kubis, paprika hijau, brokoli, kembang kol, bok choy, labu, pepaya, stroberri, jeruk bali, nanas, markisa, jeruk, kiwi, sukun, mangga, belimbing, lemon, melon, jeruk nipis, anggur hijau, tomat, buah pir, dan pisang.

5 Merek Vitamin Otak untuk Anak 5 Tahun

Jika Anda tidak ingin membuat sendiri asupan vitamin otak untuk anak 5 tahun, Anda bisa membeli suplemen vitamin otak untuk anak yang sudah jadi. Anda tinggal memberikan suplemen vitamin itu kepada anak Anda. Anak akan tumbuh dengan otak yang cerdas.

Suplemen vitamin yang bisa Anda dapatkan antara lain Vitabrain Centella,
Cerebrovit X-cel, Omar Smart Brain, Cerebrofort Gold, dan Syifa Kids Cerdas Cendekia.

Vitabrain Centella: 100% dibuat dari bahan herbal. Selain meningkatkan kerja otak anak, suplemen herbal ini juga bisa untuk terapi anak autis. Terdiri dari banyak tipe sehingga harganya bermacam-macam. Dari harga Rp 45.000 hingga Rp 700.000.

Cerebrovit X-cel: produksi Kalbe Farma yang sudah sangat dikenal oleh kebanyakan konsumen. Bisa meningkatkan kecerdasan otak anak. Ada juga produksi untuk remaja. Harga bervariasi dan cukup murah.

Omar Smart Brain: dibuat dari ekstrak daun pegagan jadi 100% alami sehingga aman dan tidak menyebabkan ketergantungan.

Cerebrofort Gold: multivitamin yang berfungsi membantu proses berpikir anak. Selain itu juga menambah nafsu makan sekaligus meningkatkan metabolisme anak agar mudah membakar lemak akibat junk food.

Syifa Kids Cerdas Cendekia: dibuat dari madu murni, habbatussauda oil, zaitun oil, ekstrak pegangan, spirulina, dan berbagai obat herbal lainnya. Ada paket Syifa Kids untuk usia 1 – 3 tahun, 3 – 5 tahun dan usia 6 tahun.

Khasiat suplemen ini banyak. Selain untuk mencerdaskan otak anak, juga bisa untuk tambahan gizi anak, merangsang pertumbuhan anak, merangsang kecerdasan motorik anak, dsb.

Demikian artikel mengenai Vitamin Otak untuk Anak 5 Tahun. Anda bisa memilih berbagai vitamin dari tumbuhan, daging atau sayur yang Anda olah sendiri dan diberikan kepada anak Anda.

Tetapi Anda juga bisa memilih suplemen vitamin otak untuk anak buatan pabrik. Anda tinggal mengonsumsi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.