Connect with us

Ibu Hamil

10 Vitamin untuk Ibu Menyusui agar Bayinya Cerdas

Published

on

Vitamin untuk Ibu Menyusui agar Bayi Cerdas – Jenis makanan apa yang dibutuhkan oleh ibu menyusui agar bayinya cerdas dan tumbuh sehat? Ya, pada zaman sekarang ini orang tua tidak sekadar harus berusaha agar anaknya tumbuh sehat, tetapi juga memiliki otak yang cerdas.

Mengapa? Karena persaingan dalam kehidupan makin tinggi. Banyak tantangan yang harus dihadapi di masa depan. Oleh karena, generasi mendatang perlu disiapkan sejak dini. Yakni, sejak anak usia 0 (nol) tahun.

Lalu, bagaimana caranya? Ketika si kecil masih mengandalkan nutrisi yang dikonsumsinya dari air susu ibu (ASI), ya si ibu harus mengonsumsi vitamin dan makanan yang bisa memenuhi kebutuhan si bayi.

Tentu saja, yang harus diperhatikan bukan saja nutrisi yang dikonsumsi Bunda supaya mencukupi, tetapi juga vitaminnya. Artinya, Bunda harus selalu mengonsumsi vitamin yang dibutuhkan si bayi biar tumbuh menjadi anak cerdas dan sekaligus sehat fisiknya.

Pertanyaannya, vitamin apa saja yang harus disediakan untuk bayi Anda?

Daftar 10 Vitamin untuk Ibu Menyusui agar Bayi Cerdas

vitamin untuk ibu menyusui agar bayi cerdas beberapa sayuran untuk ibu menyusui (sumber:jualbotolasikaca.com)

Ya, ada beberapa vitamin dan makanan yang Bunda perlukan agar bayinya cerdas. Ketercukupan nutrisi dan vitamin harus disiapkan sejak dini karena proses pembentukan otak yang cerdas terjadi sejak anak lahir. Bahkan, sejak bayi masih dalam kandungan.

Dengan pemenuhan berbagai vitamin dan makanan tersebut, bayi Bunda akan tumbuh sehat, cerdas dan tubuhnya montok. Ya, sangat menggemaskan dan menyenangkan.

Vitamin apa saja yang harus Bunda sediakan untuk si buah hati?

Ada beberapa vitamin untuk ibu menyusui agar bayi cerdas. Yakni, vitamin B, B6, C, D, F, dan asam folat. Bunda bisa menyediakan berbagai vitamin dengan mengonsumsi makanan dan buah yang mudah pengadaannya dan terjangkau harganya, tetapi kaya vitamin untuk kesehatan dan kecerdasan otak di kecil.

Tidak perlu makanan dan buah yang mahal. Yang penting bisa mencukupi kebutuhan si kecil untuk tumbuh sehat dan cerdas.

1. Vitamin B untuk Ibu Menyusui

Bayi membutuhkan konsumsi vitamin B tidak saja setelah lahir. Tetapi, sejak masih dalam kandungan usia 6 bulan, si janin sudah membutuhkan vitamin untuk pembentukan sel-sel otak.

Selain konsumsi vitamin B, Bunda juga perlu mengonsumsi banyak protein, karbohidrat dan lemak. Tujuannya supaya ASI yang diproduksi Bunda berkualitas baik.

Setelah usia bayi lebih dari dua tahun dan tidak lagi mengonsumsi ASI, Bunda perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi si kecil. Bunda harus memberikan berbagai vitamin yang bisa mencerdaskan otaknya sekaligus menyehatkan fisiknya, termasuk vitamin B.

Makanan yang banyak mengandung vitamin B antara lain susu, yoghurt, oatmeal, dan wortel.

2. Vitamin B6

makanan ibu hamil muda agar anak cerdas

sumber:icpplus.com

Bunda menyusui juga perlu mengonsumsi vitamin B6, salah satu jenis vitamin B. Manfaatnya bisa membuat si kecil sehat dan berisi. Bayi yang badannya gemuk belum tentu sehat lo. Maka, jika memungkinkan, sering-seringlah Bunda mengonsumsi vitamin B6. Selain itu, juga tumbuh menjadi anak cerdas.

Vitamin B6 bisa Bunda dapatkan di buah pisang, kacang-kacangan, brokoli, bayam, semangka, ikan tuna dan tomat.  Tomat memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan darah tinggi, kanker, menghindari stroke, dsb.

3. Vitamin C buat Ibu Menyusui

Selama menyusui si kecil, Bunda sebaiknya banyak mengonsumsi makanan dan buah yang mengandung vitamin C. Tujuannya supaya Bunda dan si upik memiliki ketahanan fisik yang baik sehingga tidak mudah terkena penyakit seperti batuk, flue, alergi, demam, dsb.

Bagi Bunda yang sedang menyusui, kebutuhan konsumsi vitamin C adalah 120 mg per hari. Wanita yang tidak menyusui hanya membutuhkan vitamin C 90 mg per hari. Selisih vitamin C 30 mg adalah untuk si kecil.

Kekurangan konsumsi vitamin C bisa menyebabkan si bayi mudah sakit seperti diare, flu, demam, alergi, sariawan, dan sebagainya.

Vitamin C bisa Bunda dapatkan di jambu biji, jeruk, mangga, stroberi, paprika, brokoli,

4. Vitamin D dan Manfaatnya

Vitamin D juga sangat penting untuk membuat bayi bisa mendapatkan asupan ASI berkualitas dan sehat. Vitamin D bisa Bunda dapatkan dengan berjemur sinar matahari pagi hari mulai jam 06.00 sampai jam 08.00.

Bukan hanya si kecil, Bunda juga memerlukan sengatan sinar matahari pagi biar sehat. Apalagi, jika Bunda juga bersedia jalan-jalan pagi dengan mengajak si kecil menggunakan kereta dorong bayi.

Si kecil bisa tumbuh sehat dan Bunda juga sehat. Bisa sehat akibat jalan-jalan dan mendapatkan vitamin D dari sinar matahari.

Vitamin D juga bisa Bunda dapatkan dengan mengonsumsi jamur, ikan tuna, tahu, minyak hati ikan kod.

5. Vitamin E dan Manfaatnya

Banyak mengonsumsi vitamin E akan membuat kulit halus. Bahkan, bagi Bunda yang menyusui, konsumsi vitamin E juga bisa membuat kulit si kecil tumbuh menjadi halus seperti Bunda.

Oleh karena itu, Bunda yang kini menyusui bayinya sangat baik untuk mengonsumsi vitamin E sesuai dengan kebutuhan.

Vitamin E antara lain bisa Bunda peroleh dari konsumsi kacang hijau, almond, paprika merah, kecambah, brokoli, dsb.

6. Buah Blueberry

Salah satu makanan ibu menyusui agar bayinya tumbuh cerdas adalah buah blueberry. Konsumsi buah ini akan membuat si kecil memiliki kecerdasan yang lebih baik. Sebab, buah ini mengandung flavonoids yang punya khasiat meningkatkan daya ingat anak, kemampuan belajar, dan kemampuan berpikir.

Selain itu, mengonsumsi buah blueberry juga bisa mencegah penurunan kemampuan mental. Jadi, sangat penting Bunda yang menyusui selalu mengonsumsi buah ini sesuai dengan aturan.
Bunda bisa mengonsumsi buah blueberry secara langsung atau dicampur dengan sereal oats atau yoghurt.

7. Buah Zaitun untuk Ibu Menyusui

 

makanan sehat untuk ibu menyusui

buah zaitun (sumber:akuinginsukses.com)

Buah zaitun juga sangat baik untuk konsumsi Bunda yang menyusui si kecil. Sebab, konsumsi buah ini juga akan membuat bayi Bunda tumbuh menjadi anak yang cerdas otaknya.

Ini tidak lain karena buah zaitun mengandung lemak tidak jenuh tunggal. Fungsinys untuk mengantarkan oksigen lebih banyak ke otak ataupun seluruh sel dalam tubuh Bunda.

8. Kacang-kacangan

Konsumsi kacang-kacangan bagi Bunda yang menyusui juga sangat baik untuk membuat di kecil memiliki otak yang cerdas. Kacang mengandung gizi yang bisa menghasilkan ASI yang bisa membuat bayi Bunda tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Bahkan, menu kacang-kacangan bisa dijadikan sebagai makanan pendamping ASI. Kacang-kacangan mengandung lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang membantu otak untuk menghindari terjadinya penyakit Alzheimer (pikun).

9. Buah Alpukat

Buah alpukat juga bisa Bunda konsumsi untuk membuat si kecil memiliki otak yang cerdas. Sebab, buah ini memiliki kandungan asam omega 3 yang tinggi dan bisa melancarkan aliran darah yang mengandung oksigen ke otak.

Ini adalah cara alami meningkatkan otak si kecil dengan mengonsumsi ASI yang punya kandungan asam omega 3.

Selain mengonsumsi buah alpukat dengan manfaat seperti dijelaskan di atas, Bunda juga bisa memberikan asupan buah alpukat langsung kepada si kecil. Tentu saja, setelah buah alpukat dilembutkan.

Manfaat dari kedua cara itu memberikan asupan buah alpukat kepada si kecil adalah sama. Alpukat mengandung vitamin untuk Ibu menyusui agar bayi cerdas.

10. Kuning Telur Ayam

Kuning telur ayam sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan otak si kecil. Kuning telur termasuk makanan ibu menyusui agar bayinya tumbuh cerdas. Baik sewaktu masih menyusu pada Bunda maupun setelah agak besar sehingga tidak menyusu pada Bunda lagi.

Satu telur ayam memiliki kuning telur yang mengandung sekitar 200 miligram kolin yang diperlukan bayi hingga usia 8 tahun. Kuning telur ayam merupakan nutrisi yang sangat penting untuk membuat ingatan di kecil menjadi kuat.

Telur juga mengandung zat besi, asam folat, vitamin A dan vitamin. Semua sangat penting bagi Bunda agar bisa memproduksi banyak ASI yang mampu membuat si kecil memiliki otak yang cerdas selain sehat fisiknya.

Sea-Quill DHA Gold 200 Mg 50’s
sumber:id.cattrees.com

Membeli Vitamin Otak Anak Sudah Jadi

Jika tidak ingin menyiapkan sendiri vitamin untuk Ibu menyusui agar bayi cerdas, maka Bunda bisa mengonsumsi vitamin otak anak yang sudah jadi. Bunda bisa mendapatkan di toko herbal atau toko online.

Misalnya, Sea-Quill DHA Gold 200 Mg 50’s. Dari hasil penelitian, anak-anak yang mengonsumsi suplemen ini memiliki kecerdasan lebih tinggi dari anak yang tidak mengonsumsi suplemen ini.

Vitamin dalam botol ini diproduksi dari bahan ikan tuna yang mempunyai komposisi DHA 50% dari total lemaknya. Diproses secara khusus biar menghasilkan kadar DHA yang terbaik

Contoh suplemen otak anak lainnya adalah Daxen Spirulina Vitamin Peningkat Daya Ingat Otak & Kecerdasan Anak, Vitamin Otak Anak Omar Smart Brain (OSB), Suplemen / Vitamin Untuk Mencerdaskan Otak Anak,  Vitabrain Centella Asiatica Vitamin Otak Kecerdasan Anak, dsb.

Demikian artikel mengenai Vitamin untuk Ibu Menyusui agar Bayi Cerdas dan Makanan Ibu Menyusui agar Bayinya Cerdas. Semoga artikel ini bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *




DISCLAIMER

Semua tips dan cara yang dimuat di blog Sehatfisik.com ini hanya merupakan informasi dan pengetahuan berdasarkan pengalaman penulis atau orang lain. Tidak
memiliki tujuan mengganti saran dan obat dari dokter. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan tips-tips yang dimuat di blog ini.
Terima Kasih.