Inilah 12 Obat Kolesterol Alami yang Mampu Melawan Kolesterol Jahat Anda

Posted on

Obat kolesterol alami untuk melawan kolesterol jahat.

ANDA memiliki kolesterol tinggi dan ingin menurunkannya dengan cepat? Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini ada 12 obat kolesterol alami yang mampu melawan kolesterol jahat Anda.

Selain mampu menurunkan kolesterol Anda dengan cepat, ke-12 obat kolesterol alami ini juga mudah ditemukan dan murah harganya.

Ya, benar. Anda bisa menurunkan kolesterol jahat Anda tanpa harus minum obat resep dokter. Cukup dengan obat kolesterol alami. Yang penting ada terus mengonsumsi obat kolesterol dari alam itu secara menerus tanpa henti sampai kolesterol Anda bisa kembali normal.

Ini tidak sulit dan tidak memerlukan waktu lama. Tergantung tingginya kolesterol Anda dan keseriusan Anda mengonsumsi obat kolesterol alami.

Apakah kolesterol itu?

Kolesterol adalah lemak yang ada di dalam aliran darah atau sel tubuh. Semua orang membutuhkan kolesterol. Kegunaannya untuk membentuk dinding sel dan bahan baku beberapa hormon.

Tetapi, kalau jumlah kolesterol dalam darah berlebihan, ini yang berabe. Kelebihan kolesterol atau kolesterol tinggi bisa membuat Anda kena sakit jantung, stroke atau lainnya.

Waduuhh…

Bagaimana jika ternyata saya sudah kena kolesterol tinggi? tanya seorang teman.

Ya, Anda perlu mengonsumsi obat kolesterol alami. Yaitu, obat kolesterol yang dibuat dengan bahan baku dari berbagai tanaman. Banyak tanaman berkhasiat obat tumbuh di mana-mana tanpa ada yang menanamnya. Indonesia memang kaya dengan tanaman obat.

Misalnya, temu lawak, kunyit, mahkota dewa, dan masih banyak lagi. Jika diteliti, jumlahnya bisa puluhan, bahkan ratusan.

Sebagian memang sudah dibudidayakan oleh petani. Ada juga dibudidayakan dalam jumlah besar oleh perusahaan jamu/obat. Tetapi, masih banyak yang tumbuh tanpa sentuhan budi daya manusia, terutama di desa-desa.

Anda bisa memanfaatkan tanaman herbal itu sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang Anda derita, seperti kolesterol jahat. Anda bisa membeli bahan mentah tanaman obat itu di pasar-pasar tradisional atau di pasar swalayan (supermarket).

Anda bisa membuat obat sendiri dengan cara tradisional sederhana ataupun cara yang lebih modern. Tentu saja, harganya sangat murah.

Yang penting Anda bisa mengonsumsi obat kolesterol alami untuk melawan kolesterol jahat.

kulit manggis obat herbal kolesterol dari kulit manggis (sumber:tokojualherbal.com)

Jika Anda Ingin Mengonsumsi Obat Kolesterol Alami Tanpa Repot

Tetapi, jika Anda tidak ingin repot karena berbagai kesibukan, Anda bisa membeli obat kolesterol alami  di toko obat herbal atau toko jamu.

Di sana tersedia banyak obat kolesterol herbal yang sudah jadi. Anda tinggal mengonsumsinya. Anda juga bisa membelinya di toko-toko online.

Ya, membeli obat herbal kolesterol di toko online tidak jauh beda dengan membeli obat farmasi di apotek atau toko obat. Obat kolesterol sudah jadi dan Anda tinggal mengonsumsinya sesuai dengan petunjuk yang tertera dalam kemasan.

Jangan lupa membaca petunjuk sebelum mengonsumsi obat yang Anda inginkan. Tujuannya supaya Anda bisa menggunakan obat kolesterol herbal itu dengan benar dan tepat sehingga cepat menyembuhkan sakit Anda.

Selain itu, Anda bisa terhindar dari efek samping yang mungkin ada. Obat herbal atau obat alami, termasuk obat alami kolesterol umumnya bebas efek samping. Tetapi, penggunaannya harus benar dan tepat.

Ya, Anda bisa mengonsumsi obat kolesterol alami untuk menurunkan kolesterol jahat Anda. Kolesterol jahat adalah lipoprotein dengan kepadatan rendah. Tugasnya mengangkut kolesterol dari organ hati ke sel-sel yang membutuhkan.

Tetapi, jika jumlah kolesterol jahat berlebihan bisa mendatangkan penyakit. Sebab, kelebihan kolesterol akan mengendap di dinding arteri.

Makin lama kian tebal dan akan menghambat aliran darah ke jantung atau otak. Bahkan, kolesterol jahat bisa menutup peredaran darah sehingga terjadilah sakit jantung atau stroke.

Salah satu cara untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah dengan minum obat kolesterol alami yang dibuat dari tumbuhan obat. Banyak obat kolesterol alami bisa melawan kolesterol jahat.

Saya pun telah membuktikan. Dalam satu bulan, kolesterol tinggi saya turun dari 273 menjadi 191. Dikatakan kolesterol Anda jika hasil pemeriksaan darah Anda adalah 150 – 200 mg/dl. Pra-kolesterol tinggi adalah 101 – 139 mg/dl. Kolesterol tinggi adalah 241 mg/dl – ke atas.

Anda bisa melakukan cek darah untuk mengetahui kadar kolesterol dengan cara datang ke puskesmas, rumah sakit atau klinik cek kolesterol. Jika kurang dari 200 mg/dl berarti Anda sehat. Kadar kolesterol lebih dari 240 mg/dl adalah kolesterol tinggi.

Jika ternyata kadar kolesterol Anda mendekati angka 200 mg/dl, Anda harus melakukan diet dengan mengurangi konsumsi makanan yang kadar kolesterolnya tinggi. Kolesterol tinggi yang tidak segera diobati bisa menyebabkan seseorang terkena sakit jantung.

Cek kolesterol sebaiknya 5 tahun sekali jika Anda belum pernah kena kolesterol. Jika sudah kena, cek bisa lebih cepat dari. Misalnya, 3 tahun sekali.

Tersedia Ratusan Obat Kolesterol Alami untuk Melawan Kolesterol Jahat

obat menurunkan kolesterolplak di pembuluh darah menyumbat aliran darah ke otak (sumber: obattradisionalkolesterol.org)

Obat kolesterol alami yang bisa Anda gunakan untuk melawan kolesterol jahat dan kolesterol tinggi cukup banyak. Bisa mencapai puluhan, bahkan ratusan. Anda pilih mana yang Anda pandang terbaik.

Berikut ini, sehatfisik.com pilihkan 12 obat kolesterol alami untuk melawan kolesterol jahat. Ke-12 obat kolesterol alami ini diketahui memiliki kandungan zat yang bisa menyembuhkan banyak penyakit, termasuk sembuh dari kolesterol jahat.

1. Temulawak, Bisa Obati Banyak Penyakit

Tanaman ini juga multifungsi dalam kesehatan. Artinya, bisa mengobati banyak penyakit. Di antaranya untuk menurunkan kolesterol, kanker, liver, maag, dsb. Anda bisa menambahkan madu pada ekstrak temulawak sehingga obat penurun kolesterol alami ini terasa segar saat diminum.

Kandungan temulawak antara lain zat tepung, kurkuminoi, flavonoi, glukosidan, dan minyak atsiri. Cara membuatnya, ambil rimpang temulawak, kupas kulitnya, cuci, dan tumbuk sampai halus atau diparut. Peras atau saring dengan air panas. Setelah air agak dingin, jamu temulawak nosa Anda minum.

2. Kunyit, Ampuh untuk Obati Maag Saya

Sama dengan temu lawak, kunyi juga berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Saya telah membuktikan untuk menyembuhkan sakit maag saat obat resep beberapa dokter tidak bisa menyembuhkan maag saya.

Tetapi, kunyit juga bisa menyembuhkan kolesterol tinggi. Banyak obat herbal kunyit dijual di toko-toko online sehingga Anda tidak perlu repot beli bahan kunyit ke pasar, mengupas dan mengekstraknya. Cara membuat obat kolesterol alami dari kunyit sama dengan membuat jamu dari temulawak.

3. Kulit Manggis Kaya Zat Antioksidan

Yang digunakan untuk melawan kolesterol jahat bukan daging manggis, tetapi kulitnya. Kulit manggis mengandung zat antioksidan yang bisa digunakan untuk menyembuhkan banyak penyakit, termasuk menurunkan kolesterol.

Sementara, beberapa senyawa dalam kulit manggis adalah antioksidan, anti-inflamasi, antibakteri, dan antidiabetes. Senyawa-senyawa itu sangat penting untuk penyembuhan berbagai penyakit, termasuk penyakit kolesterol tinggi.

Untuk membuat obat kolesterol dari kulit manggis adalah ambil kulit manggis minimal dari 5 buah manggis. Setelah kulit manggis dicuci bersih, Anda ambil dagingnya dengan menggunakan sendok. Pilih daging kulit manggil yang warnanya agak ungu.

Selanjutnya daging kulit manggis Anda masukkan ke blender dengan diberi air sekita 150 ml. Setelah lembut, jus kulit manggis direbus sampai mendidih. Setelah rebusan jus kulit manggis agak dingin, Anda bisa meminumnya.

Untuk mengurangi rasa pahit dan getar, Anda bisa menambahkan madu dan susu kental. Bisa susu cokelat atau susu putih. Anda bisa minum jus kulit manggis dua kali sehari.

Jika Anda tidak punya waktu atau tidak ingin membuat sendiri jus kulit manggis, Anda bisa membelinya jus kulit manggis jadi di toko obat herbal online atau offline.

4. Jus Apel Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Anda sebaiknya membuat jus apel untuk menurunkan kolesterol dengan cepat. Minum jus apel dua gelas perhari. Kolesterol akan turun cepat dan aman. Artinya, tidak ada efek samping.

Apel kaya serat yang akan mengikat kolesterol untuk dikeluarkan dari tubuh Anda.

5. Semangka Kaya Zat Penyehat Tubuh

Semangka sangat baik untuk menjaga kesehatan Anda, termasuk melawan kolesterol tinggi atau jahat. Semangka tidak mengandung lemak. Kaya zat penyehat tubuh dan segar rasanya. Menurut dr. Prapti Utami, herbalis, mengonsumsi semangka 200 gr tiap hari bisa mencukupi asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk bisa selalu sehat, termasuk sehat dari kolesterol.

6. Jambu Biji Merah Efektif Atasi Kolesterol

Jambu biji merah juga efektif untuk menurunkan kolesterol jahat Anda. Ini berdasarkan hasil penelitian tim kedokteran UGM Yogyakarta dan tim Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah.

Jamu biji merah mengandung vitamin C dan E, selenium, karotenoid, serta flavonoid. Ini berpengaruh positif pada penurunan kolesterol jahat.

susu kedelaisusu kedelai efektif untuk menurunkan kolesterol (sumber:indonesianface.com)

7. Susu Kedalai, Efektif untuk Menurunkan atau Menstabilkan

Susu kedelai diketahui kaya senyawa fitokirriawi isoflavon yang bersifat antioksidean. Sangat baik untuk menurunkan kolesterol tinggi. Atau, hanya untuk menstabilkan kolesterol Anda setelah turun ke angka normal.

Jika Anda tidak sempat membuat sendiri, banyak penyedia susu kedelai dan Anda bisa membelinya.

8. Kacang Tanah Kaya Lemak Tidak Jenuh

Kacang tanah juga bagus untuk media menurunkan kolesterol jahat Anda. Kacang tanah kaya dengan lemak tidak jenuh dan antioksidan. Ini sangat efektif sebagai obat kolesterol alami Anda.

9. Mahkota Dewa dari Irian Jaya

Tanaman yang banyak didapati di Irian Jaya ini kaya manfaat untuk kesehatan, termasuk penurun kolesterol tinggi. Ia juga bisa digunakan untuk mengobati sakit kanker, darah tinggi, diabetes, rematik, dsb. Tetapi, Anda harus hati-hati dengan racunnya.

10. Mangga Kaya Serat Prebiotik

Mangga mengandung banyak serat prebiotik yang bisa menurunkan kolesterol tinggi. Mangga juga mengandung pectin dan vitamin C yang bisa menghancurkan plak-plak di dinding arteri. Ini akan membuat peredaran darah menjadi lancar dan Anda poun terhindari dari sakit darah tinggi, jantung ataupun stroke.

11. Jeruk Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Dengan zat sterol, jeruk bisa menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat. Dari suatu studi diketahui jeruk mampu menurunkan kolesterol hingga 10%. Tetapi, disi lain jeruk juga bisa meningkatkan jumlah kelosterol baik.

12. Alpukat, Lemaknya Lemak Tidak Jenuh

Alpukat memang dikenal mengandung banyak lemak hingga 16%. Tetapi, lemak tidak jenuh. Fungsinya justru bisa sebagai obat herbal alami untuk menurunkan kolesterol. Lemak tidak jenuh bisa berfungsi sebagai oksidan yang melindungi pembuluh darah dari kolesterol jahat.

Sebenarnya masih banyak tanaman obat yang bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol Anda dengan cepat. Tetapi, untuk sementara cukup daftar 12 obat kolesterol alami untuk melawan kolesterol jahat Anda. Toh, Anda juga tidak ingin meminum semuanya.

Pilih salah satu yang mudah didapatkan dan nyaman saat meminumnya. Anda bisa membuat sendiri atau membeli obat herbal sudah jadi. Untuk obat herbal sudah jadi, sebagian disajikan dalam bentuk tablet sebagian berbentuk kapsul sehingga Anda nyaman untuk mengonsumsinya. Ada juga dalam bantuk cairan.

Anda Bisa Mengonsumsi Obat Herbal Kolesterol Jadi

Jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa mengonsumsi obat herbal kolesterol jadi. Anda bisa beli di toko-toko obat herbal atau toko online. Banyak tersedia obat herbal kolesterol. Harganya juga tidak mahal, Bahkan, ada yang di bawah Rp 100 ribu.

Misalnya, Obat Herba Kolesterol, Obat Herbal Nautre’s Evening Primrose Oil, Tawon Liar Kapsul Obat Asam Urat dan Kolesterol, Kapsul Herbal Colestrol, Herbal Jamkho, dsb.

Minum obat herbal kolesterol buatan pabrik memang lebih praktis dan higienis. Yang lebih penting lagi, obat herbal lebih aman dari efek samping.

Minum obat herbal kolesterol atau obat kolesterol alami joss. Anda bisa menurunkan kolesterol Anda depan cepat, sekaligus aman dari efek samping yang tidak menguntungkan untuk kesehatan Anda di masa depan.

Hindari Makanan Pantangan Kolesterol:

Tentu saja, hal yang sangat penting untuk Anda lakukan biar tidak dihinggapi kolesterol tinggi adalah menghindari makanan yang mengandung zat kolesterol tinggi, rajin berolahraga dan tidak stres atau menghindari stres.

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi yang harus Anda hindari biar tidak terkena penyakit kolesterol tinggi adalah:

1. Daging terdiri dari daging sapi, kambing dan daging kuda. Atau daging yang diawetkan seperti abon atau dendeng dari daging sapi, kambing atau kuda.

2. Jeroan juga harua Anda hindari. Misalnya usus, ginjal, paru, hati dan limpa, baik dari jeroan ayam, kambing, domba, sapi, kerbau atau lainnya.

3. Seafood atau beberapa ikan laut yang kandungan kolesterolnya tinggi juga harus Anda hindari. Misalnya, ikan teri, kepiting, tiram, cumi – cumi, remis, udang, ikan sarden dan ikan sotong

5. Sayuran yang meliputi buncis, daun singkong, sawi, asparagus, kol, daun pepaya dan jamur kuping.

6. Makanan yang digoreng juga harus Anda hindari biar tidak terkena penyakit kolesterol. Tahu goreng, ayam goreng, tempe goreng, kentang goreng, sosis goreng, dsb. Baik cara menggorengnya menggunakan minyak goreng ataupun margarin.  Jika Anda belum kena kolesterol, ya boleh makan tetapi tidak berlebihan atau tidak terlalu sering.

dr Iwan Purnawan, SpPD dari Mayapada Hospital Tangerang:

Santan dan daging sapi mengandung kolesterol tinggi. Anda yang punya kolesterol tinggi dan penyempitan pembuluh darah  jantung harus menghindari konsumsi santan dan daging sapi.

7. Kacang – kacangan, misalnya kacang hijau, kacang tanah, kedelai dan melinjo. Anda juga harus menghindari konsumsi air kelapa, es krim, keju, kuah daging dan kaldu.

Ya, singkatnya Anda harus membebaskan diri dari makanan yang mengandung kolesterol tinggi biar Anda tidak terkena sakit kolesterol. Penyakit kolesterol yang tidak segera diobati bisa membuat penderitanya kena sakit jantung.

Repotnya, banyak orang tidak tahu jika dirinya telah kena kolesterol tinggi. Kolesterol sering tidak memberikan tanda-tanda atau gejala. Kecuali kolesterol Anda sudah tinggi dan sudah merembet ke jantung. Biasanya penderita baru merasa sakit di tengkuk, kepala ataupun di jantung (dada).

Konsumsi obat kolesterol alami dari tanaman atau buah bisa membantu mencegah terjadinya sakit kolesterol tinggi. Ya, mencegah penyakit lebih baik daripada mengobati. Artinya, Anda perlu membatasi konsumsi makanan dan buah yang mengandung kolesterol tinggi, sering berolahraga dan konsumsi makanan dan buah penurun kolesterol atau melakukan diet sehat.

Demikian informasi mengenai 12 Obat Kolesterol Alami untuk Melawan Kolesterol Jahat. Pilih mana yang mudah Anda dapatkan dan cocok untuk Anda.

Terima kasih atas kunjungan Anda dan sukses menyembuhkan kolesterol tinggi Anda. Silakan bagi artikel ini ke teman biar mereka juga bisa bebas dari gangguan kolesterol.

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *