13 Cara Mudah Mengatasi Jantung Berdebar

Posted on

PERNAH mengalami jantung berdebar? Jika belum pernah, jangan panik jika suatu saat jantung Anda berdebar. Banyak cara untuk mengatasi jantung berdebar dengan mudah.

Mengapa tidak perlu panik? Ya, karena peristiwa itu tidak selalu menandakan bahwa jantung Anda sakit. Walaupun, jantung Anda berdebar-debar cukup kencang. Anda tidak usah panik dan tidak perlu langsung pergi ke dokter atau rumah sakit.

Anda perlu pahami dulu apa penyebab jantung Anda tiba-tiba berdebar seperti itu. Jika dari perkiraan Anda bahwa itu ada kemungkinan jantung Anda sakit, ya barulah pergi ke dokter atau puskesmas. Atau, Anda bisa mengobati sendiri dengan obat herbal jantung berdebar.

Tetapi, jika jantung Anda berdebar bukan karena sakit, Anda bisa mengatasi sendiri. Misalnya, jantung berdebar saat Anda menunggu pengumuman hasil tes pegawai atau tes masuk perguruan tinggi, menunggu kelahiran anak, dsb. Atau terjadi saat terdapat peristiwa yang sangat mengejutkan.

Bagaimana cara mengatasi jantung berdebar bukan karena sakit? Ya, baca sub judul di bawah ini.

Cara Mengatasi Jantung Berdebar Bukan Sakit

mengatasi jantung berdebar

Berikut ini adalah cara mengatasi jantung berdebar dengan mudah karena memang bukan akibat sakit. Jika jantung berdebar akibat sakit, tentu harus diatasi dengan cara-cara medis atau harus minum obat, obat farmasi atau obat herbal sakit jantung seperti diuraikan di bawah nanti.

1. Olahraga, Bersepeda dan Jalan Kaki

Ya, saya pernah mengalami jantung mudah berdebar. Semula saya juga khawatir jangan-jangan jantung saya bermasalah. Saya mencoba mengatasinya dengan olahraga ringan, bersepeda atau jalan kaki tiap pagi.

Eh, lama-lama jantung berdebar makin jarang terjadi dan akhirnya menghilang. Saya pun merasa makin sehat. Bahkan, nafas saya juga bisa lebih panjang dari sebelumnya.

Ketika saya cek (rontgen) jantung dan paru di laboratorium kesehatan, hasilnya sangat membahagiakan. Jantung saya dinyatakan sehat tanpa catatan apa pun.

2. Batuk-batuk dan Istirahat Cukup

Anda bisa mengatasi dengan batuk-batuk kecil. Mengapa? Saat Anda batuk, irama jantung lebih teratur. Biasanya, jantung berdebar akan menghilang. Ya, ini cara yang sangat sederhana dan Anda bisa mencobanya dengan mudah.

Selain itu, usahakan beristirahat cukup. Misalnya, waktu tidur juga harus cukup. Misalnya 6 jam sehari. Jangan sampai tiap hari kurang tidur. Istirahat dengan duduk santai juga bisa membuat Anda rileks dan sehat.

3. Mandi dengan Air Dingin dan Minum Air Putih

Anda bisa mengatasi jantung berdebar dengan cuci muka atau mandi. Ya, tujuannya untuk mengembalikan irama jantung Anda ke keadaan semula, yaitu tidak berdebar.

Rajin minum air putih tiap hari 2 liter juga bisa mencegah terjadinya jantung berdebar. Ya, minum air putih 2 liter tidak sekaligus. Tetapi, jadinya bisa mencapai 2 liter. Ya, sebentar-sebentar minum. Nanti kan banyak.

4. Melakukan Berbagai Gerakan

Misalnya memegang hidung dan menutup mulut, kemudian bernafas dengan hembusan yang kuat. Banyak orang berhasil menghilangkan jantung berdebar. Cara ini dinamakan manuver valsava.

Logikanya, salah satu penyebab besar terjadinya jantung berdebar adalah saraf vagus. Dengan melakukan gerakan atau manuver valsalva, Anda berusaha merangsang saraf vagus sehingga jantung kembali normal.

Inilah empat cara mengatasi jantung berdebar bukan karena sakit. Caranya mudah dan murah. Bahkan, tanpa biaya.

Penyebab Jantung Berdebar yang Harus Anda Waspadai

 

jantung bocor pada anak bayi diperiksa karena jantung bocor (copy:masterpediatria.com)

Tetapi, jika berbagai upaya di atas tidak membuat jantung Anda membaik dan jantung berdebar masih sering terjadi, ya Anda harus mewaspadainya.

Jangan-jangan itu pertanda bahwa jantung Anda sedang bermasalah atau tidak sehat. Atau, tepatnya Anda harus periksa dokter untuk mendapatkan perawatan supaya jantung tidak sering berdebar. Atau Anda minum obat herbal untuk itu.

5. Jantung Bocor

Jantung bocor juga bisa membuat jantung Anda berdebar-debar. Mengapa? Dengan terjadinya kebocoran, pasokan darah menjadi tidak lancar dan terjadilah anemia. Ini membuat jantung harus bekerja lebih keras memompa aliran darah ke seluruh tubuh Anda.

Di sinilah Anda mendapati jantung Anda berdebar cepat. Jantung bocor juga terjadi pada bayi ayau anak-anak. Solusinya, ya Anda periksa dokter atau mengonsumsi obat herbal untuk itu.

6. Jantung Koroner

Sebenarnya, penyakit jantung koroner tidak terjadi tiba-tiba. Sebelumnya, penderita sudah mendapatkan gejalanya. Yaitu, jantung berdebar. Bahkan, tidak sekali dua kali terjadi.

Tetapi, hal ini justru sering diabaikan oleh penderita. Ah, nanti kan hilang sendiri. Demikian pikir banyak penderita.

Ternyata, jika sakit jantung mereka sudah akut bisa menyebabkan kematian. Gejalanya jantung berdebar di salah satu bagian dada disertai rasa nyeri seperti tertusuk benda tajam.

7. Kekurangan Magnesium dan Kalium

Jantung berdebar juga bisa diakibatkan oleh kekurangan makanan yang mengandung magnesium dan kalium. Zat ini akan membantu untuk pembentukan sel darah merah sehingga tubuh bisa terhindar dari anemia.

Magnesium bisa Anda dapatkan pada almond, bayam, kacang mete, kacang, alpukat, kentang, dsb. Makan/buah yang mengandung kalium tinggi adalah sukun, alpukat, kurma, pisang, markisa, dsb.

8. Sering Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

Anda suka makanan cepat saji atau junk food? Makanan ini dikenal mengandung kimia dan bahan pengawet yang bisa memberatkan kerja jantung. Jantung harus bekerja keras memompa darah untuk dialirkan ke seluruh tubuh Anda.

Jadinya, ya jantung Anda akan mudah berdebar-debar. Anda sebaiknya tidak makan jank food berlebihan. Itu cara mengatasi jantung berdebar sebelum telanjur sakit.

9. Sering Merokok

Sering merokok juga bisa membuat jantung Anda terkadang berdebar-debar. Mengapa? Karena kandungan nikotin pada rokok membuat kerja jantung makin berat. Jantung harus terengah-engah… Solusinya, ya menghentkan kebiasaan merokok. Berani?? Ya, harus berani demi kesehatan jantung Anda.

10. Sering Minum Alkohol

Sama dengan merokok, sering minum alkohol juga bisa membuat jantung berdebar. Sebab, sering minum alkohol bisa menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah Anda. Efeknya adalah aliran darah tidak bisa lancar. Jantung pun harus bekerja keras memompa darah. Tidak hanya berdebar. Jantung Anda bisa sakit, bahkan rusak akibat minum alkohol.

Apa solusinya? Mudah saja, hentikan kebiasaan minum alkohol. Tidak ada jalan lain, kecuali Anda sudah bertekad untuk berani hidup tidak sehat. Ya, janganlah…..

minum kopiminum kopi berlebihan membuat jantung berdebar (foto:sidomi.com)

11. Kafein/Kopi

Sama dengan minum minuman keras dan merokok, sering mengonsumsi kafein atau minum kopi juga bisa menyebabkan sakit jantung. Jantung Anda bisa berdebar karena minum kafein berlebih dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah ke jantung.

Ya, akibatnya jantung harus bekerja keras memompa darah akibat pasokan kurang. Solusinya, ya seperti penyebab lainnya, hentikan itu.

Suka mengonsumsi masakan pedas juga bisa menyebabkan jantung berdebar. Ya, Anda tetap sehat, tapi hati-hati …

12. Penyakit Darah Tinggi

Sakit darah tinggi juga bisa menyebabkan jantung berdebar. Darah tinggi bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan pengerasan pembuluh darah. Akibatnya, aliran darah tidak bisa berjalan lancar. Jantung pun harus bekerja keras memompa darah ke seluruh tubuh seperti halnya terjadi akibat penyebab-penyebab lain.

13. Minum Obat Tertentu

Minum obat tertentu seperti obat asma bisa membuat jantung berdebar. Karena itu, saat akan minum obat, Anda sebaiknya membaca petunjuk penggunaan. Biar tidak terjadi hal-hal yang buruk, baca dulu petunjuk yang tersedia dalam kemasan atau lembar khusus.

Misalnya, minum obat bersamaan dengan minum alkohol bisa menyebabkan kerusakan fungsi hati. Ini hanya contoh.

13-a. Kegemukan, Kolesterol, Asam Urat, dsb

Kegemukan, kolesterol tinggi, stres, diabetes, dan asam urat juga bisa menyebabkan jantung berdebar saat aliran darah tidak bisa berjalan lancar akibat sumbatan lemak pada pembuluh darah.

Jika itu penyebabnya, tentu Anda harus menurunkan kegemukan Anda, kolesterol dan asam urat Anda sehingga menjadi normal. Otomatis, jika semuanya pada posisi normal, jantung pun akan bekerja normal. Tidak berdebar-debar alias Anda sehat.

Anda bisa minum obat herbal jantung berdebar untuk menyembuhkan penyakit jantung Anda. Sakit jantung menjadi pembunuh terbesar di Indonesia sehingga Anda harus selalu menjaga kesehatan jantung.

Demikian artikel mengenai 13 Cara Mengatasi Jantung Berdebar dengan Mudah. Sehatfisik.com berharap artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *