15 Obat Herbal Pengencer Darah untuk Hindari Stroke dan Sakit Jantung

Advertisement

ANDA ingin terbebas dari stroke dan penyakit jantung? Caranya sangat mudah. Aliran darah ke otak dan jantung harus selalu lancar. Dengan mengonsumsi obat herbal pengencer darah, maka Anda bisa mencegah terjadinya pembekuan darah di dalam pembuluh darah.

Ya, itu betul. Anda sebaiknya mengonsumsi obat pengencer darah sehingga darah Anda bisa bebas dari gangguan. Tak ada darah yang membeku dan plak yang menumpuk sehingga menutup aliran darah. Terutama bagi Anda yang sekarang telah menderita tekanan darah tinggi ataupun kolesterol tinggi.

Dengan obat pengencer darah kental (antikoagulan), aliran darah Anda bisa lebih lancar, bukan mengental seperti sebelumnya. Yaitu, sebelum mengonsumsi obat pengencer darah.

Ada beberapa penyebab, mengapa darah Anda kental sehingga tidak bisa mengalir lancar ke semua organ tubuh yang memerlukan. Sebaliknya, darah Anda justru membentuk plak-plak di dinding arteri atau pembuluh darah sehingga aliran darah tidak bisa lancar.

Dengan tersendatnya aliran darah ke otak dan jantung, Anda bisa terancam kena stroke atau sakit jantung. Data di Kementerian Kesehatan menyebutkan 35% kasus kematian terbanyak akibat sakit jantung dan stroke. Jumlah yang cukup tinggi.

Intinya: mengonsumsi obat herbal pengencer darah bisa mencegah Anda terkena stroke dan penyakit jantung.

Daftar 15 Obat Herbal Pengencer Darah yang Mengental

buah nanasbuah nanas (sumber:health.kompas.com)

Berikut ini adalah daftar 15 obat herbal pengencer darah. Dengan darah yang encer, pasokan darah yang mengangkut oksigen ke otak atau jantung akan berjalan lancar dan terhindarlah Anda dari risiko terkena stroke atau sakit jantung.

Untuk konsumsi obat pengencer darah, Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Obat pengencer darah umumnya diperuntukkan bagi mereka yang menderita sakit jantung, termasuk sakit katup jantung dan irama jantung tidak teratur, serta sakit jantung koroner.

Ke-15 obat pengencer darah kental adalah:

1. Buah Nanas, Zat Enzim Bisa Mengencerkan Darah

Buah nanas bisa dijadikan solusi untuk mengencerkan darah Anda. Rasa nanas adalah manis tetapi bercampur asam. Karena itu, jika Anda menderita sakit maag, Anda sebaiknya menghindari konsumsi buah nanas.

Anda bisa pilih buah lain. Banyak pilihan bisa Anda lakukan.

Nanas bisa dijadikan sebagai obat pengencer darah yang cukup baik. Bisa Anda kupas dan potong kecil-kecil untuk dikonsumsi. Tetapi, Anda juga bisa membuat jus nanas.

Nanas mengandung enzim bromelain yang bisa membuat darah Anda encer. Akan lebih baik jika Anda menambahkan kunyit dan jahe sehingga kerjanya maksimal. Anda bisa mengonsumsi langsung atau dibuat jus.

2. Bawang Putih Bisa Menghindari Risiko Stroke

Bawang putih juga sangat bagus untuk digunakan sebagai pengencer darah. Karena itu, bawang putih juga bagus untuk menurunkan darah tinggi Anda. Dengan mengonsumsi bawang putih, darah Anda akan lebih encer dan lebih lancar sehingga tensi Anda bisa turun. Risiko kena stroke pun bisa dihindari.

Bawang putih adalah bumbu dapur yang sangat efektif untuk mengencerkan darah dan membasmi bakteri dalam usus yang membuat vitamin K.

Cara mengonsumsinya, Anda bisa memperbanyak bawang putih di dalam masakan sehingga Anda bisa terhindar dari rasa dan bau yang menyengat.

3. Bawang Merah, Bumbu Dapur yang Anti-Biotik

Sama dengan bawang putih, maka bawang merah juga bisa dijadikan sarana untuk mengencerkan darah. Ia juga merupakan bumbu dapur yang memiliki sifat antibiotik yang sangat baik.

Untuk mengurangi rasa yang tak nyaman, Anda bisa memotong bawang merah dalam potongan kecil-kecil untuk dicampurkan dalam makanan. Tetapi, Anda yang kekurangan vitami K jangan mengonsumsi bawang merah.

4. Kunyit, Penurun Darah Tinggi dengan Efektif

kapsul kunyitobat herbal dari kunyit “Kunir Kunyit” (sumber:danherbal.com)

Kunyit juga punya khasiat sebagai obat herbal darah kental dan menurunkan darah tinggi dengan cukup efektif. Bahkan, juga penyembuh sakit maag.

Selain itu, bisa digunakan untuk mengobati disentri, penambah darah, dan diabetes melitus.
Kunyit mengandung zat besi, vitamin C, fosfor, kalium, protein, dan minyak atsiri.

Ia efektif untuk mengencerkan darah akibat kandungan salisilat yang tinggi. Tidak hanya mencegah pembekuan darah, kunyit juga bisa digunakan sebagai pengencer darah yang telanjur menggumpal.

5. Tomat, tapi Penderita Maag Jangan

Anda sebaiknya tiap hari mengonsumsi 5 buah tomat untuk mencegah pengentalan darah. Anda yang menderita darah tinggi sangat baik mengonsumsi tomat.

Tetapi, bagi Anda yang menderita sakit maag, jangan mengonsumsi tomat. Sebab, ada rasa asam pada tomat. Walaupun saat masak, tomat terasa manis. Ya, manis bercampur asam. Tomat, dalam hal ini, sama dengan mangga. Mangga manis tetap bisa membuat sakit maag kambuh.

6. Daun Salam Juga Bisa Obati Banyak Penyakit

Daun salam juga sangat istimewa untuk obat kesehatan. Di antaranya ia mampu menjadi obat pengencer darah kental dan asam urat.

Sama seperti digunakan untuk mengobati asam urat, Anda bisa menyiapkan obat tradisional daun salam untuk berbagai penyakit, termasuk asam urat.

Anda cukup menyiapkan beberapa lembar daun salam. Cuci bersih dan rebus hingga mendidih. Setelah diangkat, saringlah dan biarkan dingin untuk bisa diminum.

melileaobat herbal dari bahan baku alpukat (sumber:murahabis.net).

7. Alpukat, Kaya Vitamin E untuk Mengencerkan Darah

Buah alpukat kaya dengan vitamin E yang bisa mencairkan darah kental di pembuluh darah. Bahkan, alpukat bisa melawan vitamin K yang menyebabkan penggumpalan darah.

Dengan demikian, konsumsi alpukat bisa dijadikan sebagai pengencer darah yang membeku di dinding arteri. Vitamin E sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit.

Banyak orang salah pengertian tentang khasiat buah alpukat. Sesungguhnya buah ini sangat baik untuk membuat tubuh Anda tetap sehat.

Banyak orang yang salah paham akan alpukat yang dikira mengandung lemak jahat tinggi. Inilah yang kemudian menjadi alasan sebagian dari kita untuk tidak pernah mengonsumsi alpukat agar penyempitan pembuluh darah oleh penumpukan lemak dapat dicegah.

8. Bayam Mencairkan Darah Beku

Sama dengan alpukat, bayam juga mengandung vitamin E yang bisa membantu untuk mencegah pengentalan darah di dalam pembuluh darah. Dengan cara itu, bayam bisa menjadi sarana penurun darah tinggi dan kolesterol tinggi dengan efektif.

Bayam juga merupakan sumber vitami E yang bisa mencegah sel-sel darah menggumpal di pembuluh darah. Sama dengan sayur lainnya, bayam juga bisa mencairkan darah yang beku cukup lama. Anda bisa mengonsumsi bayam ini tiap hari.

9. Jahe Menurunkan Hipertensi dan Kolesterol Tinggi

Jahe termasuk rempah yang bisa mengobati beberapa penyakit, di antaranya darah tinggi dan kolesterol. Zat gingerol yang ada pada jahe adalah anti-koagulan yang bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah di arteri.

Dengan konsumsi jahe, maka tensi darah tinggi (hipertensi) dan kadar kolesterol Anda akan turun. Otomatis dengan cara, Anda bisa terhindar dari risiko sakit stroke atau sakit jantung.

susu kedelaisusu kedelai dan bahan baku kedelai (sumber:manfaat.co.id)

10. Susu Kedelai Mencegah Sakit Jantung Koroner

Susu kedelai juga bisa digunakan untuk mencegah terjadinya plag-plag di pembuluh darah akibat darah yang kental. Susu kedai dibuat dari kacang kedelai yang digiling dan direbus. Tentu saja, susu kedelai ini  bebas kolesterol, rendah lemak jenuh, dan tidak mengandung laktosa.

Kedelai juga mengandung asam lemak seperti omega-3 yang dapat membantu mengurangi kadar lemak darah (kolesterol total dan trigliserida). Dengan itu, ia otomatis mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan penyakit jantung.

11. Brokoli, Makanan yang Kaya Serat

Brokoli juga bisa Anda gunakan untuk obat herbal pengencer darah sehingga bisa mencegah terjadinya stroke ataupun sakit jantung. Brokoli termasuk makanan yang kaya serat. Bisa jadi obat untuk menurunkan darah tinggi dan kolesterol jahat Anda hingga kembali normal. Tetapi, Anda harus rajin mengonsumsi brokoli tiap hari.

12. Anda Perlu Minum 8 Liter Air Putih Per Hari

Ini adalah obat berbagai penyakit yang paling murah. Walaupun Anda beli, tetapi harga air putih tergolong murah. Anda perlu minum air putin 8 liter per hari.

Supaya Anda bisa banyak minum air putih, ya ke mana pun Anda pergi harus selalu membawa air putih. Bahkan, ke tempat kerja, ke tempat ibadah atau ke mana pun, Anda sebaiknya selalu membawa air putih. Bahkan, di rumah pun Anda harus menyiapkan air putih yang mudah dilihat dan dijangkau.

Dengan cara itu, Anda bisa sering minum air putih untuk mencegah terjadinya pengentalan darah. Sebaliknya, peredaran darah ke jantung dan otak juga berjalan normal.

13. Perbanyak Gerak Fisik, Terutama bagi Pekerja Kantoran

Anda sebaiknya sering bergerak, meskipun kerja Anda lebih banyak duduk seperti dialami oleh para pekerja kantoran, pekerja administrasi, keuangan, dsb.

Anda bisa bergerak dengan bangkit dari tempat duduk setelah duduk selama 2 jam. Bangkit dari tempat duduk dan jalan-jalan di sekitar tempat kerja.

Ini sangat penting supaya Anda tetap sehat dan bebas dari sakit darah tinggi, kolesterol, stroke dan sakit jantung. Cara ini sangat mudah, tetapi banyak orang tidak melakukannya. Luangkan waktu 1 – 5 menit untuk itu. Aliran darah Anda akan berjalan lancar tanpa ada gangguan.

Banyak gerak juga termasuk salah satu obat pengencer darah yang sangat murah dan ampuh. Cara melakukannya juga tidak sulit. Hanya kemauan yang tinggi untuk menghindari stroke atau sakit jantung yang bisa membuat Anda melakukan banyak gerak fisik.

14. Kacang Almond Mencegah Penyempiran Arteri

Kacang almond juga berkhasiat memperlancar aliran darah. Ia mampu mengencerkan darah beku dan juga meningkatkan kolesterol baik yang kadarnya rendah. Jadi, kacang almond akan berfungsi mengontrol kadar kolesterol Anda.

Penyempitan arteri dan vena akibat penggumpalan darah bisa dicegah dengan mengonsumsi kacang almond. Ini berarti akan menjaga kesehatan jantung Anda.

Vitamin E yang terkandung di dalam kacang ini bisa mencegah pembekuan darah sekaligus mampu memperkecil risiko penyakit jantung karena antioksidan.

ramuan kayu manisramuan kayu manis (sumber:sehatalamiku.com)

15. Kayu Manis Bisa Mengendalikan Gula Darah

Anda juga bisa menggunakan kayu manis sebagai pengencer darah.  Tidak hanya itu. Kayu manis juga dapat dijadikan sebagai pengendali gula darah bagi penderita sakit kencing manis (diabetes). Khasiat lain bisa membantu memperbaiki pencernaan, menekan perkembangan sel kanker, dsb.

Demikian artikel mengenai 15 obat herbal pengencer darah untuk menurunkan sakit darah tinggi dan kolesterol tinggi sehingga Anda bisa terhindar dari stroke dan sakit jantung. Sesungguhnya masih banyak obat herbal tradisional yang bisa mencegah terjadinya penyumbatan aliran darah di dinding arteri.

Tetapi, dengan 15 obat herbal di atas, Anda bisa memilih yang cocok untuk itu. Anda bisa membuat sendiri obat herbal untuk pengencer darah seperti dijelaskan di atas. Jika tidak ingin repot, ya Anda juga bisa membeli obat pengencer darah yang sudah jadi.

Anda bisa membelinya di toko-toko obat atau penjualan obat pengencer darah secara online (internet).

Misalnya, Buchang Naoxintong – Paket Isi 2 Dus Pengencer Darah, Kolestrol, Stroke dan Lumpuh; Tiens Grape Extract Kapsul Anti Kolesterol & Pengencer Darah, dsb.  Harga bervariasi, tergantung isi atau paket yang Anda pilih.

Diet Darah Tinggi dan Kolesterol Penentu Utama

Selain itu, penting juga bagi Anda untuk melakukan diet. Bahkan, dari pengalaman saya menurunkan darah tinggi dan kolesterol, diet adalah cara utama, termasuk diet garam. Obat, baik obat farmasi maupun obat herbal, adalah pendukung.

Untuk jangka panjang supaya tensi darah ataupun kolesterol Anda tetap stabil dan tidak naik turun, apalagi naik tinggi, diet sehat adalah kuncinya. Diet adalah cara penyembuhan penyakit yang paling murah tetapi khasiatnya atau daya sembuhnya paling tinggi.

Selamat untuk menurunkan tensi darah tinggi dan kolesterol tinggi Anda dengan menggunakan obat herbal pengencer darah. Dengan semangat untuk sehat dan konsisten untuk hidup sehat, Anda bisa bebas dari stroke ataupun sakit jantung.

Advertisement