23 Obat Tradisional Penurun Asam Urat yang Tersedia di Sekitar Anda

Posted on

ALAM sebenarnya telah menyediakan banyak obat untuk sakit apa pun, termasuk obat penyakit asam urat. Baik berupa tanaman, makanan, air, dsb. Anda bisa menyiapkan sendiri obat tradisional penurun asam urat dari bahan yang tersedia di sekitar Anda.

Contohnya air putih. Ternyata, air putih bisa menangkal banyak penyakit. Dokter pun sering menasihati pasiennya agar mengonsumsi banyak air putih biar sakitnya cepat sembuh. Dokter tidak hanya menyuruh Anda meminum obat.

Tidak hanya untuk menangkal dan menyembuhkan penyakit ringan. Air putih juga bisa membantu penyembuhan penyakit berat seperti stroke, kanker, dsb. Bahkan, air bisa melarutkan berbagai racun dalam tubuh Anda melalui air seni.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda yang penyakit asam uratnya sering kambuh juga memanfaatkan obat tradisional penurun asam urat yang tersedia di lingkungan Anda. Bahkan, sebagian di antara tanaman itu tergolong sebagai obat tradisional asam urat yang ampuh untuk menyembuhkan sakit Anda.

Penyakit asam urat bukan penyakit berat, tetapi sangat menyiksa dan menjengkelkan. Radang sendi yang terjadi sering menimbulkan rasa sakit atau rasa nyeri yang luar biasa. Saat rasa nyeri memuncak, Anda tidak bisa pergi ke mana-mana. Anda harus istirahat dan mengobati sakit Anda.

Selain pengadaannya mudah, harga obat asam urat alami atau obat tradisional asam urat juga murah. Jika Anda harus mengeluarkan biaya, tentu biaya yang sangat minimal.

23 Obat Tradisional Penurun Asam Urat yang Sangat Manjur

obat tradisional penurun asam uratbeli aja cuka apel jadi, jika tak sempat bikin sendiri (copy:cukaapel.org)

Berikut ini 23 obat tradisional penurun asam urat yang bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan sakit asam urat Anda. Atau mencegah penyakit asam urat Anda kambuh lagi.

Ya, obat tradisional asam urat ini memiliki fungsi ganda. Pertama sebagai obat untuk menyembuhkan sakit Anda dan kedua sebagai upaya pencegahan agar asam urat Anda tidak kambuh lagi.

Obat tradisional penurun asam urat bisa berupa air, makanan, buah, sayur, dsb. Anda bisa pilih mana yang Anda suka dan mudah menemukan dan mengonsumsinya.

1. Minum air putih 1,5 liter

Minum air putih juga bisa menjadi obat tradisional asam urat yang cukup bagus. Sekali minum 1,5 liter atau 5 – 6 gelas. Anda harus minum 3 kali sehari. Saat bangun tidur, sebelum makan siang dan sebelum makan malam.

Pada tahap awal, minum air 1,5 liter sekaligus tentu berat. Ya, lakukan bertahap. Misalnya, minum dulu 4 gelas air, dua menit kemudian minum lagi 2 gelas air. Satu jam sebelum dan 1 jam sesudah mengonsumsi air putih, jangan makan atau minum lainnya.

Tujuannya supaya air yang telah Anda konsumsi bisa bekerja menyehatkan tubuh. Jika setelah minum air putih 1,5 lantas sering ingin buang air kecil, Anda tak perlu terkejut. Itu hanya bersifat sementara.

Konsumsi air putih yang cukup sangat diperlukan supaya tak terjadi dehidrasi (kekurangan air) dalam tubuh Anda. Dehidrasi membuat kadar asam urat dalam darah meningkat dan terjadilah sakit asam urat.

Untuk menurunkan dan mencegah penyakit asam urat, Anda perlu minum air putih yang cukup. Anda perlu selalu siap air putih, ke mana pun dan di mana pun Anda berada. Air putih harus selalu menyertai Anda. Dengan cara ini, Anda bisa minum air putih kapan pun.

2. Obat tradisional asam urat buah apel

Apel juga sangat baik untuk menyembuhkan atau mencegah asam urat. Anda bisa mengonsumsi langsung setelah buah apel dikupas atau dibuat jus apple. Ya, terserah Anda, mana yang Anda pilih.

Asam malat yang terkandung dalam buah apel bisa menetralkan asam urat sehingga bisa menurunkan kadar asam urat Anda.

Disarankan mengonsumsi apel atau jus apel. Mengonsumsi jus apel satu kali sehari.

3. Obat asam urat alami buah cheri

Anda juga bisa mengonsumsi buah cheri untuk menurunkan kadar asam urat Anda karena buah itu mengandung zat antioksidan. Selain itu, buah cherry juga mengandung anthocyanin dan bisa menurunkan kadar asam urat. Bahkan, juga bisa mencegah supaya penyakit asam urat Anda tidak kambuh.

Setidaknya, Anda perlu makan 15 – 20 cherry per hari. Atau satu gelas jus cherry tiap hari sebagai obat asam urat.
jeruk-nipis-obat-asam-uratjus jeruk nipis, rasa asam tapi segar….(sumber:jussehatkita.wordpress.com)

4. Obat Asam Urat Alami Jeruk nipis

Jeruk nipis juga bagus sebagai obat asam urat alami yang cukup baik. Sebab, buah ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C bisa meningkatkan kinerja ginjal dalam memproses asam urat sehingga limbah yang harus dibuang melalui urin bisa lebih besar jumlahnya. Otomatis konsumsi jeruk nipis bisa menghindarkan Anda dari sakit asam urat.

5. Kacang panjang prancis

Anda bisa membuat jus dengan bahan kacang panjang perancis. Anda bisa minum jus ini dua kali sehari. Jus kacang panjang ini cukup efektif sebagai obat herbal alami menurunkan asam urat.

6. Ekstrak biji seledri

Merupakan obat rumahan yang sering sekali digunakan untuk mengurangi asam urat dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menambahkan daun seledri. Anda bisa ekstrak biji seledri hingga mudah dikonsumsi.

Tetapi, Anda juga bisa membeli ekstrak biji seledri kemasan. Anda tidak perlu repot dan tinggal mengonsumsinya. Seledri bisa menjadi salah satu obat tradisional penurun asam urat untuk Anda.

7. Cuka apel obat tradisional asam urat

Khasiat dari sari cuka apel sudah terbukti bisa mengurangi penyakit asam urat dalam tubuh Anda. Cara mengonsumsinya sangat mudah. Cukup tambahkan 3 sendok sari cuka apel ke dalam air mineral dan Anda minum dua sampai tiga kali sehari.

8. Kacang pinto

Kacang pinto kaya akan asam folat yang dapat berfungsi se menurunkan asam urat secara alami. Makanan yang mengandung asam folat, seperti kacang pinto, biji bunga matahari, dapat Anda sertakan dalam menu harian Anda sebagai obat tradisional asam urat.

9. Kunyit obat tradisional penurun asam urat

Khasiat utama dari kunyit adalah memperbaiki dan menyehatkan pencernaan. Tetapi, kunyit juga bekerja sebagai antiradang.

Masyarakat China dan India masih menggunakan kunyit untuk pengobatan tradisional mengatasi asam urat, artritis, dan radang tulang lainnya.

Untuk mengobati sakit maag, saya telah berkali-kali mengonsumsinya. Khasiatnya benar-benar hebat. Periksa tiga dokter, sakit asam urat masih saja muncul. Minum jamu kunyit, eh.. sakit maag saya langsung bablas-blas… alias sembuh. Kini, maag saya tidak pernah kambuh. Alhamdulillah…

10. Kumis kucing

Kumis kucing juga dikenal sebagai obat asam urat. Anda bisa membuat sendiri karena bahannya mudah ditemukan. Tetapi, kalau tidak menemukan bahannya, Anda bisa mencoba membeli obat asam urat herbal dari bahan kumis kuncing untuk mengobati asam urat Anda.

Obat herbal dari kumis kucing juga bisa untuk mengobati sakit kencing batu. Anda bisa baca kisah pengobatan sakit batu ginjal atau kencing batu dengan obat herbal kumis kucing di sini.

11. Buah pisang

Anda juga bisa mengonsumsi buah pisang untuk menurunkan kadar asam urat Anda. Dengan makan 8 atau 9 pisang tiap hari, Anda bisa menghindari atau mengurangi sakit asam urat.

Bahkan, Anda bisa mengempiskan pembengkakan pada bagian sendi akibat pengobatan tak segera dilakukan.

jus sayurjus sayur (dari: food.detik.com)

12. Jus sayur obat penurun asam urat

Anda bisa mengonsumsi jus campuran antara wortel, bit, dan mentimun. Hasilnya adalah jus sayur yang efektif menurunkan asam urat Anda. Perbandingan komposisi jus sayur sekitar 100 ml jus bit, 100 ml jus mentimun dan 300 ml jus wortel.

13. Daun tempuyung

Daun tempuyung mirip dengan tapak liman. Bedanya, tanaman tempuyung tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan tapak liman.

Daun tempuyung juga sangat baik untuk menurunkan asam urat. Sebab, ia mengandung senyawa flavonida apigenin-7-O-glukosida yang bisa menghambat kerja enzim ksantin oksidae atau sehingga mengatasi asam urat. Daun tempuyung direbus untuk Anda minum 2 kali sehari.

14. Kentang dan jagung

Dua sayuran ini sangat baik untuk mengurangi asam urat dalam tubuh Anda. Pembuatannya juga sangat mudah, cukup dikukus dan langsung bisa dikonsumsi. Asam urat Anda langsung turun. Tetapi, keduanya juga bisa dikonsumsi untuk mencegahan.

15. Minyak ikan obat asam urat alami

Minyak ikan bisa mengurangi peradangan pada sendi akibat penyakit asam urat. Minyak ikan mengandungkan banyak omega 3 yang sangat baik untuk menyembuhkan asam urat. Tetapi, ia juga sangat baik dikonsumsi untuk pencegahan timbulnya sakit asam urat.

16. Produk susu rendah lemak

Produk susu hewani sangat bagus untuk penderita asam urat. Ia bisa mengurangi gejala munculnya penyakit asam urat. Karena itu, sangat baik jika Anda mengonsumsi susu hewani secara teratur.
Produk susu yang aman dikonsumsi adalah susu skim (susu tanpa lemak), susu rendah lemak, yoghurt, dan keju. Konsumsi susu ini juga tidak ada efek samping.

17. Teh hijau

Obat tradisional penurun asam urat lain adalah teh hijau. Teh ini mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan dan obat pencegahan asam urat. Teh hijau mengandung Vitamin C dan Vitamin E yang sangat bermanfaat untuk penyembuhan sakit asam urat.

Beberapa riset menunjukkan teh hijau mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang bisa mencegah penyebab atau kerusakan pada sendi akibat asam urat.

obat kumis kucing obat herbal dari kumis kucing (sumber: obatherbalmart.com).

18. Kumis kucing obat tradisional penurum asam urat

Anda juga bisa menggunakan tanaman kumis kucing sebagai obati herbal asam urat. Obat kumis kucing ini memiliki kandungan senyawa seperti glikosida orthosiphonin, zat samak, saponin dan kandungan mineral seperti kalium, mionositol, sapofonin, dan sinensetin. Bisa pula untuk sembuhkan sakit batu ginjal.

19. Makanan tinggi serat

Makanan tinggi serat juga bisa menurunkan asam urat Anda menjadi normal. Anda sebaiknya mengonsumsinya tiap hari. Pilih makanan mana yang tersedia dan cocok. Misalnya, oats, brokoli, apel, jeruk, pir, stroberi, blueberry, mentimun, seledri, wortel, dsb.

20. Obat asam urat tradisional cokelat hitam

Jika Anda penggemar makanan cokelat, maka Anda bisa memilih cokelat hitam sebagai obat tradisional asam urat. Cokelat hitam mengandung teobromin yang bisa menjaga kadar asam urat Anda tetap normal. Manfaat lain dari cokelat hitam adalah menghindari stres.

21. Jus wortel dan mentimun

Anda juga bisa membuat jus campuran antara 2 wortel, 1 mentimun, dan 8 rusuk seledri. Anda bisa minum jus ini tiap pagi hari. Selain untuk menyembuhkan penyakit asam urat Anda, jus ini juga bermanfaat untuk membuat Anda tetap segar dan terhindar dari dehidrasi sepanjang hari.

Silakan minum jus ini minimal 15 sampai 20 hari sehingga sakit asam urat Anda benar-benar bisa sembuh. Semua kristal yang menumpuk dalam sendi akibat tidak larut melalui air sendi bisa hancur.

22. Obat asam urat dari jus nanas

Jus nanas juga bisa menjadi pilihan untuk membuat obat tradisional penurun asam urat. Sebab, nanas mengandung enzim yang dinamakan bromelain. Rasa sakit akibat asam urat dan peradangan sendi dapat berkurang setelah minum jus nanas. Enzim yang Anda peroleh dari konsumsi jus nanas bisa melarutkan limbah asam urat melalui urin.

23. Sayur dan buah kaya vitamin C

Anda juga bisa memanfaatkan sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin C. Misalnya, jambu, kiwi, jeruk nipis, jeruk lemon, tomat, dan sayuran berdaun hijau. Jadikan beberapa buah dan sayur ini sebagai bagian dari daftar menu makan Anda sehingga asam urat Anda bisa kembali normal.

Anda Bisa Pilih Obat Asam Urat Tradisional Jadi

Beberapa obat tradisional asam urat tersebut telah tersedia dalam bentuk kapsul atau tablet dalam botol atau kemasan lain. Anda tidak harus membuat sendiri obat herbal asam urat itu. Anda bisa membelinya di toko obat, baik toko online atau offline.

Beberapa obat herbal asam urat yang bisa Anda pilih:

1. Nano Suan Wan: bisa untuk menyembuhkan asam urat, memperlancar peredaran darah, menurunkan sakit otot, sakit pinggang, sakit punggung, dan menurunkan kolesterol tinggi. Harga obat asam urat ini bervariasi, tergantung ukurannya. Ada yang dibawah Rp 100 ribu dan ada pula di atas Rp 100 ribu.

2. Maju Jaya Tawon Liar Jamu: obat untuk menurunkan asam urat, rematik dan pegel linu. Selain itu juga bisa digunakan mengobati flu tulang, sakit encok, kaki dan tangan kesemutan, masuk angin dan badan sakit. Harga obat asam urat ini adalah Rp 80.000 untuk 20 sachet. Cara minumk 2 kali sehari, yaitu pagi dan malam.

3. Obat Herbal Asam Urat Sambiloto: Ya, obat tradisional ini terbuat dari daun sambiloto dalam bentuk kapsul. Sudah berizi BPOM sehingga aman diminum. Selain menyembuhkan asam urat, obat asam urat ini juga bisa menyembuhkan flu tulang, rematik, chikunguya, dsb.

4. China Tong Mai Dan; bisa untuk mengobati sakit rematik, asam urat, otot dan sendi. Selain iut juga bisa melancarkan darah, menghilangkan kesemutan, mengatasi kaku-kaku pada tangan/kaki, mengobati sakit pinggang, dsb.

5. Binasyifa: obat asam urat ini terbuat dari seperti Annona muricata dan Garcinia. Jadi, obat herbal ini 100% herbal alami, aman dan berkhasiat. Harga obat asam urat ini adalah Rp 195.000 untuk satu botol isi 30 kapsul.

Ya, masih banyak produk obat tradisional asam urat dalam bentuk kapsul atau tablet yang bisa Anda pilih. Obat asam urat di atas hanya sebagian saja.

Tetapi, jika Anda ingin membuat sendiri obat asam urat tradisional, ya tidak masalah. Itu lebih baik buat Anda.

Yang terpenting, penyakit asam urat Anda harus diobati sedini mungkin sehingga Anda bisa bebas dari penyakit sendi itu. Anda bebas memilih cara penyembuhan, apakah menggunakan obat tradisional, obat herbal kemasan, atau obat asam urat farmasi.

Demikian informasi mengenai 23 Obat Tradisional Penurun Asam Urat yang ampuh dan sangat mudah pembuatannya karena bahan-bahannya berupa tanaman obat tersedia di sekitar Anda. Tentu saja, Anda tidak perlu biaya banyak. Bahkan, bisa tanpa biaya.

Semoga artikel kesehatan ini bermanfaat. Bagikan informasi ini kepada teman dan relasi Anda jika dipandang sangat bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *