56 Makanan Penambah Darah – Buah Kurma dan Strowbery Terbaik

Advertisement

APAKAH Anda sering merasakan 6L, yaitu lemas, lelah, lemah, letih, lesu, dan loyo? Itu pertanda bahwa Anda menderita kurang darah atau penyakit anemia. Anda perlu mengonsumsi makanan penambah darah untuk menghindarkan Anda dari gejala-gejala seperti itu.

Ya, betul. Anda perlu makanan penambah darah, baik berupa daging, buah, sayur, atau lainnya. Kurang darah sebetulnya bukan penyakit. Tetapi, sebagai gejala dari berbagai penyakit. Tetapi, banyak pihak yang tetap menyebutnya sebagai penyakit kurang darah.

Kurang darah bisa diartikan sebagai berkurang darahnya, baik dari jumlah sel darahnya maupun kualitas sel darah merahnya. Satuan pengukur kualitas sel darah merah menggunakan istilah hemoglobin (Hb) atau pemerah sel darah merah.

Banyak faktor yang menyebabkan mengapa Anda mengalami kurang darah. Salah satunya adalah kekurangan zat besi. Kondisi ini membuat tubuh tidak bisa memproduksi hemoglobin, pembawa oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya, Anda sering merasakan 6L.

Bahkan, bisa lebih dari itu. Misalnya, tubuh Anda merasa tidak stabil dan goyah. Anda juga bisa kehilangan kesadaran atau pingsan.

Kekurangan darah bisa membuat tubuh Anda tidak mendapatkan pasokan oksigen sesuai dengan kebutuhan, termasuk untuk otak dan organ vital lainnya. Ini jelas harus diatasi segera supaya Anda segera kembali sehat.

Kurang darah bisa dialami oleh semua orang dan tingkatan. Lelaki, wanita, anak-anak, remaja, dewasa sampao lanjut usia, terutama wanita yang sedang hamil.

Di Indonesia, bahkan ada dokter yang menyatakan bahwa penyakit anemia umum dialami banyak orang. Kasus terjadinya penyakit anemia cukup tinggi di negeri ini.

Selalu memperhatikan makanan penambah darah adalah cara tepat yang harus Anda lakukan tiap hari untuk membuat diri Anda selalu sehat. Tidak kekurangan darah. Selalu konsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi tiap hari.

Beberapa Risiko Penyakit Kurang Darah

Penyebab lain terjadinya kurang darah atau sakit anemia adalah kekurangan asupan vitami B12, asam folat, dan protein. Solusinya tidak lain Anda harus mengonsumsi makanan penambah darah yang bisa membuat mencapai kondisi sehat.

Kurang darah berbeda dengan tekanan darah rendah. Jika tekanan darah rendah adalah kondisi tensi darah Anda yang berada di bawah 90/60 mmHg. Adapun kurang darah, pengukurannya ditentukan oleh berapa kadar Hb Anda.

Berdasarkan pada penyebabnya, kurang darah atau anemia bisa terbagi menjadi anemia akibat kekurangan zat besi dan anemia akibat kekurangan vitamin B12, asam folat atau protein. Tetapi, yang terbanyak terjadi adalah kurang darah akibat kekurangan zat besi atau disebut anemia defisiensi besi.

Lantas, mana yang Anda alami sekarang? Umumnya kaum wanita lebih banyak menderita anemia akibat kekurangan zat besi. Wanita kekurangan darah karena tiap bulan kedatangan tamu yang nama haid atau menstruasi. Ini juga bisa menyebabkan terjadi kekurangan darah.

Tetapi, apa pun menyebabnya, apakah karena kurang zat besi atau kekurangan asupan vitamin B12 dan lainnya, keduanya harus disembuhkan. Anda harus segera berusaha meningkatkan penambahan darah sehingga Anda terhindar dari berbagai akibat dari sakit anemia.

Sebab, penyakit kurang darah yang dibiarkan tanpa pengobatan segera juga bisa mendatangkan risiko datangnya penyakit lain yang tidak ringan.

Dalam jangka panjang, banyak organ tubuh penting yang ikut terganggu akibat kurang darah yang tidak segera diobati atau diatasi dengan sungguh-sungguh sehingga Anda mudah dihinggapi banyak penyakit. Saya yakin, Anda tidak ingin seperti itu kannn..??

Sumber Zat Besi Penambah Darah Hewani dan Nabati: Mana yang Terbaik?

penyakit anemiamakanan sehat untuk penderita anemia (sumber:afifahwulandari.com)

Ada dua sumber yang bisa Anda konsumsi sebagai makanan penambah darah karena kandungan zat besi dan zat lain yang cukup tinggi. Dengan tingginya zat besi dan zat lain yang Anda konsumsi untuk penambah darah, maka Anda bisa terhindar dari penyakit anemia atau penyakit kurang darah.

Pertama: zat besi yang bersumber dari makanan hewani seperti daging merah, daging unggas, dan ikan.

Kedua: zat besi yang Anda dapatkan dari konsumsi bahan makanan nabati. Misalnya dari kentang, bayam, kismis, sayuran berdaun hijau, biji-bijian, buah kering, dsb.

Dari kedua jenis sumber zat besi itu, zat besi yang pertama lebih mudah diserap oleh tubuh. Apalagi, jika konsumsi makanan yang mengandung zat besi didukung oleh asupan vitamin C yang banyak Anda temukan di buah dan sayuran segar.

Itu akan lebih baik karena penyerapannya oleh tubuh sangat mudah. Tetapi, konsumsi makanan nabati juga perlu. Bahkan, Anda bisa mengonsumsi keduanya, yaitu zat besi dari makanan hewani dan zat besi dari makanan nabati.

Yang terpenting adalah kamu memperbanyak makanan yang mengandung banyak zat besi. Baik dari makanan nabati ataupun hewani atau dari keduanya.

Buah-buahan penambah darah sangat baik Anda konsumsi sehingga bisa meningkatkan volume sel darah merah Anda. Buah, bahkan juga mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin B, C, serat, antioksidan, dsb.

Selain mengonsumsi makanan dan buah yang mengandung zat besi, Anda juga perlu mengonsumsi vitamin B-Kompleks dan vitamin C, dan asam folat.

Berikut ini daftar 56 makanan, sayur dan buah yang mengandung zat besi, vitamin B-Kompleks dan vitamin C. Anda bisa mengonsumsi makanan, buah dan sayur mana yang Anda suka untuk menaikkan kekurangan darah Anda hingga Anda bisa kembali sehat.

Anda pun akan bebas dari penyakit anemia. Walaupun tidak seberat penyakit darah tinggi, penyakit kurang darah atau anemia juga bisa mengganggu aktivitas keseharian Anda. Bahkan, bisa membuat produktivitas Anda juga menurun tajam.

Ya, namanya sakit. Tentu Anda harus mengobati penyakit Anda, termasuk penyakit anemia atau kurang darah. Salah satu caranya adalah mengonsumsi makanan penambah darah.

Anda bisa memilih dan mengonsumsi beberapa makanan, buah, daging atau ikan. Atau, gabungan dari berbagai makanan itu.

No Nama Mananan/Buah No Nama Makanan/Buah
01 Jambu biji 29 Kacang almond
02 Tomat 30 Kacang polong
03 Jeruk 31 Ikan salmon
04 Mangga 32 Udang
05 Pepaya 33 Tiram dan kerang
06 Apel 34 Tebu
07 Stroberi 35 Jeruk mandarin
08 Buah naga 36 Kurma
09 Pisang 37 Labu
10 Kesemek 38 Ubi
11 Sowa 39  Garam
12 Sukun 40 Kacang panjang
13 Delima 41 Sereal
14 Kiwi 42 Kacang merah
15 Anggur 43 Lobak
16 Alpukat 44 Brokoli
17 Sirsak 45 Kentang
18 Blewah 46 Buah plum
19 Cherry 47 Aprikor
20  Daging merah 48 Semangka
21 Labu 49 Melon
22 Kismis 50 Nanas
23 Bayam 51 Susu
24 Sawi 52 Hati sapi
25 Kangkung 53 Telur
26 Daun datuk 54 Sereal
27 Bunga kol 55 Pasta
28 Kacang hijau 56 Buncis

Buah Paling Besar Pengaruhnya untuk Atasi Anemia

Dari sekian banyak buah dan makanan penambah darah, mana yang paling besar pengaruhnya untuk meningkatkan kekurangan darah Anda?

Buah kurma dan strobery. Kurma termasuk buah penambah darah terbaik karena mengandung vitamin B-kompleks yang bisa meningkatkan produksi sel darah merah yang sangat diperlukan untuk menyembuhkan sakit anemia.

Sementara, strowbery mengandung banyak zat besi, antioksidan, vitamin, tinggi serat dan rendah lemak. Oleh karena itu, buah ini sangat baik untuk meningkatkan kekurangan darah Anda.

Strobery, demikian pula pepaya dan apel, juga mengandungkan vitamin C dan asam folat yang mampu menyembuhkan dan mengatasi sakit anemia Anda.

Tentu saja, konsumsi daging merah seperti daging sapi, kambing, kerbau bisa meningkatkan kekurangan darah rendah dengan cepat. Daging merah kaya protein dan mengandung zat besi tinggi dan mineral lain.

Protein diperlukan untuk membentuk sel-sel darah merah. Meskipun demikian, konsumsi daging merah jangan berlebihan. Sebab, itu akan meningkatkan risiko kena sakit jantung.

Kebalikan dari penyakit darah tinggi, Anda sebaiknya mengonsumsi banyak garam untuk menaikkan kurang darah Anda. Meskipun demikian, tetap harus terkendali. Jangan sampai berlebihan sehingga menimbulkan risiko yang bisa merugikan kesehatan lainnya.

Anda sebaiknya menghindari konsumsi minuman kopi berlebihan, menghindari perilaku buruk dalam kesehatan seperti banyak minum alkohol, malas berolahraga dan terlalu sedikit minum air putih.

Lakukan pola hidup dan pola makan sehat yang bisa membuat hidup Anda selalu sehat, termasuk masalah mengatasi kurang darah atau penyakit anemia. Selalu konsumsi makanan dan buah penambah darah sehingga Anda terhindar dari penyakit kurang darah atau anemia.

Dengan bebas penyakit anemia (kurang darah), Anda akan bersemangat dalam bekerja, belajar, dan melakukan aktivitas apa pun. Anda sering merasa lesu, letih, ngatukan (suka mengantuk), dan merasa malas.

Demikian artikel tentang 56 Makanan Penambah Darah untuk bisa menyembuhkan penyakit anemia atau kurang darah yang mampu disajikan oleh sehatfisik.com. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang punya problem kurang darah atau sakit anemia.

Terima kasih.

Advertisement