Buah-buahan yang Baik untuk Ibu Hamil – Cegah Bayi Catat

Diposting pada

BUAH-BUAHAN yang baik untuk ibu hamil – Tidak hanya Bunda. Setiap orang tahu bahwa mengonsumsi buah itu sangat baik untuk kesehatan. Masalahnya, banyak di antara kita tidak menindaklanjutinya dengan mengonsumsi buah.

Alasan yang paling umum adalah biaya untuk membeli buah. Tetapi, penyebab utama adalah kesadaran untuk mengonsumsi buah masih kurang. Meskipun dibandingkan dengan 10 tahun lalu, misalnya, konsumsi buah kini sudah ada peningkatan.

Nah, mari kita membiasakan diri untuk sering mengonsumsi buah. Ya, buah apa saja. Tidak harus mahal. Buah murah juga tak masalah. Yang penting kandungan gizi pada buah bisa membantu membuat tubuh Anda sehat.

Syukur Anda bersedia menanam sendiri buah di sekitar rumah. Tidak ada pekarangan, bisa menanam tanaman buah di pot (hidroponik). Yang penting tanaman bisa tumbuh, terawat dan berbuah. Hasilnya dikonsumsi biar tubuh selalu sehat.

5 Jenis Buah-buahan yang Baik untuk Ibu Hamil

Bagi Bunda yang sedang hamil, buah sangat penting. Demikian pula Anda yang sedang sakit, mengonsumsi buah bisa membantu untuk membuat tubuh selalu segar dan berenergi.

Bagi Bunda yang sedang hamil, mengonsumsi buah tidak hanya untuk diri sendiri. Tetapi juga untuk kesehatan si calon bayi dalam kandungan. Untuk membantu pertumbuhannya biar menjadi anak yang sehat sejak dalam kandungan, Bunda perlu sering mengonsumsi buah.

buah-buahan yang baik untuk ibu hamil

(sumber:arterikesehatan.blogspot)

Pertanyaannya, buah apa saja yang terbaik untuk Bunda yang sedang hamil? Berapa kali sehari harus mengonsumsi buah?

1. Apel Hijau Menghindari Bengkak

Apel hijau sebaiknya dikonsumsi tiap hari. Sebab, buah ini mengandung banyak vitamin yang Bunda dan calon bayi butuhkan. Misalnya, vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan C. Berbagai vitamin itu bermanfaat untuk menjaga kesehatan sang ibu dan bayinya dalam kandungan.

Apel hijau mengandung vitamin lebih banyak daripada apel merah. Selain itu, apel hijau juga mengandung serat yang tinggi. Serat sangat diperlukan untuk memperlancar pencernaan dan menghindari sembelit.

Khusus bagi ibu hamil, konsumsi buah apel juga bisa menghindarkan diri dari bengkak di bagian kaki, siku, dan lainnya. Juga menghindarkan Bunda dari muntah-muntah. Bagi ibu muda yang sedang hamil, konsumsi apel hijau jangan lupa.

Baca Juga: Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda biar Janin Tidak Keguguran

Harga apel hijau dari Malang Rp 35.000/kg.

2. Manggis Mencegah Bayi Cacat

Buah manggis tidak mahal. Harga per kilogram sekitar Rp 10.000 kualitas sedang. Kualitas super bisa sampai Rp 25.000/kg dan super 2 harga Rp 16.000/kg.

Konsumsi manggis bisa mencegah bayi dalam kandungan menderita cacat. Manggis mengandung asam folat dan mangan. Asam folay juga diperlukan untuk pembentukan tulang rawan dan sistem tulang.

Mangan bisa melindungi si bayi dari kemungkinanan kena kanker. Konsumsi manggis juga bisa menghindarkan Bunda dari dari darah tinggi (preklamsia).

Apalagi, Bunda punya tensi darah tinggi sebelum hamil. Harus selalu mengonsumsi vitamin yang bisa mencegah darah tinggi kambuh.

3. Melon Mencegah Keguguran

Melon juga termasuk buah-buahan yang baik untuk ibu hamil. Bisa mencegah darah beku sehingga kemungkinan terjadi keguguran bisa dihindari. Demikian pula kemungkinan bayi lahir cacat. Bisa dihindari dengan mengonsumsi melon. Buah melon juga bisa mengatasi rasa mual, menormalkan tekanan darah, dsb.

Kandungan vitamin A dan B kompleks dari melon bisa membuat mata bayi tumbuh sehat. Tetapi, mengonsumsinya jangan banyak-banyak. Ada juga efek negatif jika mengonsumsi berlebihan. Melon hendaknya dicuci bersih sebelum dikonsumsi.

Melon produksi petani dalam negeri lebih murah harganya, Rp 10.000 – Rp 15.000/kg.

4. Buah Anggur Membuat Otak Bayi Cerdas

Buah anggur juga sangat baik bagi kesehatan Bunda dan bayinya. Rasanya segar dan manis sehingga siapa pun pasti suka. Buah anggur mengandung vitamin A, C, dan B1, beta karoten, fosfor, kalsium, zat besi, DHA, magnesium, asam folat, omega 3, dan serat.

Sangat membantu perkembangan otak janin. Membantu pembentukan saraf di otak, pembentukan tabung di otak janin, mengurangi risiko cacat otak, dsb. Konsumsi anggur bisa membuat anak berotak cerdas.

Folat dan kalsium dari anggur juga bisa membantu pembentukan tulang dan gigi, selain memperkuat tulang Bunda. Tetapi, maksimal Bunda boleh mengonsumsi anggur 50 gram per hari. Sebab, ada kandungan alkohol pada buah anggur.

Harga anggur bervariasi. Anggur merah Rp 40-an ribu – Rp 50 ribu.

5. Buah Naga

Buah naga juga bagus dikonsumsi ibu hamil. Diantara kandungan yang bisa membantu kesehatan ibu hamil adalah zat besi, karoten, karbohidrat, folat, serat, dan lainnya.

Tidak hanya untuk Bunda. Buah naga bisa menyempurnakan indra penglihatan janin selama dalam kandungan. Konsumsi buah naga bisa menambah pembentukan sel darah merah yang mampu menghindarkan Bunda dari sakit anemia.

Harga per kilogram antara Rp 25.000 – Rp 30.000. Tetapi, juga ada yang lebih mahal atau lebih murah. Tergantung dari varian atau jenisnya.

Masih banyak buah lain yang juga sangat baik untuk Bunda konsumsi selama hamil.Buah bisa dikonsumsi langsung, dibuat jus atau diolah menjadi suatu makanan minuman.

Tentu saja, Bunda harus selalu mengonsumsi makanan sehat  buat ibu hamil ditambah sering melakukan senam hamil.

Demikian artikel mengenai buah-buahan yang baik untuk ibu hamil: bisa mencegah bayi lahir cacat. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *