16 Cara Mudah untuk Mencerdaskan Otak Anak Anda

Posted on

SETIAP orang tua pasti menginginkan anaknya pandai. Sekolahnya lancar dan selalu mendapatkan nilai tertinggi saat ulangan atau ujian. Dengan kecerdasan yang dimiliki, anak bisa mencapai cita-citanya yang tertinggi.

Tetapi, bagaimana cara mencerdaskan otak anak? Apa yang harus dilakukan oleh orang tua sehingga anaknya bisa tumbuh menjadi anak cerdas dan selalu berprestasi dalam hidupnya?

Kenyataannya, kebanyakan orang tua tidak bisa menemukan jawaban yang tepat untuk kedua pertanyaan besar itu. Mereka pun tidak tahu persis apa yang harus dilakukan supaya anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas dan selalu memiliki prestasi akademik yang tinggi.

Akhirnya, ya anak tumbuh sesuai dengan apa yang bisa didapatnya. Baik dari lingkungan rumah, lingkungan tempat mereka sering bermain ataupun di lingkungan sekolahnya.

Tentu saja, hal itu tidak bisa menghasilkan kecerdasan yang maksimal. Anak tidak bisa mendapatkan nilai tertinggi dalam sekolahnya. Bahkan bisa sebaliknya. Mereka sering mendapatkan nilai yang rendah dari guru-gurunya. Prestasi akademiknya tidak bisa dibanggakan atau mampu mengantarkan untuk mendapatkan masa depan yang gemilang.

Daftar 15 Tips tentang Cara Mencerdaskan Otak Anak

memberi asi

dengan ASI, anak Anda akan lebih cerdas otaknya (sumber:doktercewek.com)

Pertanyaannya, apa yang harus dilakukan oleh orang tua biar anak kesayangannya tumbuh sehat dan cerdas? Adakah makanan tertentu yang harus dikonsumsi? Atau vitamin khusus yang harus didapatkan setiap hari?

Ya, menjadikan anak bisa tumbuh menjadi anak cerdas adalah sangat penting di masa sekarang. Sebab, dengan otak yang cerdas, anak bisa selalu memiliki prestasi yang tinggi, baik di lingkungan sekolah, keluarga ataupun masyarakat.

Prestasi yang sangat bagus itu akan mengantarkan si anak untuk mampu memasuki persaingan dalam hidup di masa depannya. Mereka bisa menjadi orang yang sukses dalam berbagai bidang yang ditekuninya.

Salah satu kewajiban orang tua adalah melakukan berbagai cara untuk mencerdaskan otak anak. Cara yang bisa membuat putra-putri Bapak-Ibu menjadi anak yang pandai dan selalu memiliki prestasi gemilang.

Cara-cara yang perlu dilakukan untuk mencerdaskan otak anak terutama ketika anak berusia 0 – 6 tahun. Ini adalah masa emas (golden age) yang perlu Bapak-Ibu manfaatkan untuk membuat anak tumbuh cerdas.

Jangan lewatkan masa emas itu terbuang percuma hanya karena Bapak-Ibu menganggap anak masih terlalu kecil diajari sesuatu yang bisa mencerdaskan otak. Apa yang perlu Bapak-Ibu lakukan tentu saja selalu mengacu kepada perkembangan jiwa dan fisik anak.

Berikut ini 15 tips tentang cara mencerdaskan otak anak yang perlu Anda lakukan sehingga putra-putri Anda bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas otaknya. Selalu memiliki prestasi akademik di semua jenjang pendidikan yang ditempuhnya.

1. Berikan ASI Selama 2 Tahun

Bunda sebaiknya memberikan air susu ibu (ASI) atau ASI eksklusif kepada si kecil hingga berusia 2 tahun. Ini sangat penting untuk Bunda lakukan. Sebab, dari berbagai penelitian diketahui bahwa anak yang diberi ASI hingga usia 2 tahun lebih cerdas dibandingkan dengan anak yang mendapatkan ASI kurang dari 2 tahun. Bahkan, dibandingkan dengan anak yang hanya mendapatkan susa formula, anak yang minum ASI tetap lebih cerdas.

2. Jangan Beri Makanan Cepat Saji

Anak jangan dibiasakan mengonsumsi makanan cepat saji. Tetapi, beri dia makanan alami. Tujuannya supaya kebutuhan gizi dan nutrisi anak terpenuhi. Anak menjadi cerdas. Otaknya akan berkembang dengan baik, tidak mengalami kelambatan berpikir.

Makanan bergizi yang bisa Anda berikan antara lain ikan, ayam, telur, buah, dan sayuran. Sementara, nutrisi terbaik untuk otak anak adalah asam animo. Fungsinya untuk pembentukan saraf dan struktur otak. Vitamin B6 juga bagus untuk pertumbuhan otak anaki. Demikian pula yodium dan zat besi. Semua akan membantu pertumbuhan kecerdasan otak anak Anda.

3. Ajak Anak untuk Aktif Berbicara

Berikan banyak aktivitas yang bisa membantu anak memiliki otak yang cerdas. Misalnya, ajak anak untuk sering berbicara, menyanyi, membaca buku cerita, dsb. Dengan cara itu, anak akan cepat memiliki banyak perbendaharaan kata.
Ajak juga anak suka bermain. Misalnya, melempar bola, mengajak berlari, sepak bola atau mainan lain yang bisa meningkatkan sistem motorik anak. Atau aktivitas lain yang bisa membantu anak tumbuh kembang dengan cerdas.

4. Berikan Banyak Alat Bermain

Anda bisa memberikan banyak alat bermain untuk anak Anda. Kini, banyak mainan elektronik yang bisa diberikan kepada anak. Ya, tak usah yang mahal. Pilih mainan yang murah tetapi mampu merangsang aktivitas otak anak. Misalnya, menyusun balok, mencocokkan bentuk, memasang puzzle, dsb.

Jika mainan itu dilakukan tiap hari, otak anak akan berkembang dengan baik. Ya, berbagai mainan dan game yang bersifat edukasi (mendidik) adalah sangat baik untuk merangsang pertumbuhan otak anak menjadi anak cerdas.

gemar membaca

gemar membaca membuat anak cerdas otaknya (sumber:perpusnas.com)

5. Biasakan Anak Suka Membaca

Kebiasaan membaca adalah aktivitas terbaik untuk mencerdaskan otak anak. Kini, banyak buku untuk anak yang sangat bagus. Baik isi, metode yang digunakan atau ilustrasi gambar yang ditampilkan.

Anak akan senang untuk membaca dan mempelajarinya. Tinggal bagaimana orang tua merangsang anak untuk suka membaca buku. Ya, boleh saja main game di hp, tetapi ajak juga ajak untuk rajin membaca buku.

6. Kenalkan dengan Berbagai Musik

Mengenal musik juga bisa merangsang perkembangan otak anak. Coba perhatikan saat ada permainan musik di televisi. Anak Anda saat berada di depan TV dan mendengar alunan musik kontan ikut menggerak-gerakkan badannya atau tangannya. Ini berarti musik bisa menjadi perangsang (stimuli) perkembangan otak dan jiwa anak. Di SD pun anak dikenalkan dengan berbagai alat musik. Banyak alat musik murah untuk anak-anak.

7. Ajak Anak untuk Suka Belajar Apa Saja

Ada baiknya Bapak-Ibu mengenalkan si kecil untuk suka belajar apa saja. Mulailah dengan mengenalkan huruf-huruf abjad dan merangkainya menjadi kata. Kini banyak buku yang disajikan untuk belajar membaca sejak anak usia TK. Banyak buku yang disajikan dengan warna warni penuh gambar yang sangat menarik sehingga bisa menjadi tempat belajar dan latihan anak untuk pintar membaca.

Dalam buku belajar membaca, anak juga dilatih untuk menulis huruf-huruf yang dikenali. Dengan cara ini, anak akan menjadi cepat memiliki kemampuan membaca. Tentu saja, Bapak-Ibu perlu merogoh kocek untuk membelikan buku-buku yang diperlukan. Tetapi, harganya tidak mahal kok.

8. Suasana Gembira dan Harmonis dalam Keluarga

Suasana harmonis dan gembira dalam keluarga juga sangat penting untuk merangsang perkembangan daya pikir anak. Si kecil akan merasa nyaman dan gembira sehingga bisa membuat anak lebih kreatif dan cerdas. Jika si kecil adalah anak kedua Anda, maka ajaklah ia bisa bermain bersama kakaknya.

Si kecil bisa mendapatkan teman sebaya untuk bermain dan bercengkerama. Ia merasa lebih suka dan cocok bermain dengan kakaknya atau anak sebaya dibandingkan dengan anak yang lebih besar seperti anak remaja.

9. Biasakan Tidur dalam Waktu yang Cukup

anak tidur

biasakan anak tidur cukup (sumber:gamesiana.com)

Biasakan anak Anda selalu tidur dalam waktu yang cukup sesuai dengan perkembangan usianya. Tidur dan istirahat yang cukup juga akan mempengaruhi kecerdasan otaknya. Sebab, dengan istirahat yang cukup otak anak akan berkembang secara maksimal.

Anak usia 0 – 1 tahun perlu tidur 14-15 jam. Yakni, 8 jam tidur malam dan 6-7 jam tidur siang.

Anak usia 1 – 3 tahun perlu tidur 12 – 14 jam. Terdiri, 11 jam tidur malam dan 2-3 jam tidur siang.

Usia 4-6 tahun perlu tidur 11-13 jam. Yakni, 10 – 11 jam tidur malam dan 2 jam tidur siang.

Usia sekolah 7 – 12 tahun perlu tidur 1-11 jam. Yaitu, 8-9 jam tidur malam dan 2 jam tidur siang

10. Tumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak

Ini juga sangat penting bagi pertumbuhan otak anak. Jika bermain menendang bola, misalnya, si anak jatuh jangan dimarahi. Tetapi, beri dorongan bahwa jatuh akan membuat anak kuat. Rasa sakit tak akan lama. Sebentar saja segera hilang sehingga anak tidak takut untuk melakukan permainan yang sama. Permainan apa pun akan merangsang pertumbuhan otak anak dan keberanian untuk melakukan berbagai aktivitas menyehatkan dan merangsang pertumbuhan otak anak.

11. Ajukan Pertanyaan kepada Si Anak Tiap Hari

Anda perlu membiasakan anak untuk menghadapi berbagai pertanyaan. Selain memberikan tambahan kosa kata, dengan pertanyaan yang didapatkannya, otak anak akan tumbuh menjadi otak yang cerdas. Ia selalu berusaha memberikan jawaban yang tepat dan benar.

Misalnya, Anis sudah makan belum? Tadi, Anis maem apa? Ataupun perintah-perintah ringan untuk membuat anak bisa mengenali apa yang Anda minta. Misalnya, Anis bolanya mana, coba ambil. Coba tendang bolanya dengan keras dan perintah-perintah lain. Pertanyaan dan perintah seperti itu akan membuat anak makin pintar.

12. Selalu Serapan Pagi Sebelum Beraktivitas

Sarapan pagi sangat penting bagi siapa pun, terutama anak. Sarapan pagi bisa menjadi salah satu cara mencerdaskan otak anak sehingga mereka mampu berkembang menjadi anak yang cerdas. Penelitian di Jerman membuktikan anak-anak yang selalu sarapan pagi sebelum masuk sekolah terbukti memiliki kecerdasan yang lebih baik dibandingkan dengan rekannya yang tidak pernah sarana pagi.

Hal yang sama terbukti dari penelitian di Inggris. Anak-anak yang selalu sarapan dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks memiliki kinerja mental yang lebih baik. Mereka mempunyai perhatian dan memori di atas rekannya yang tak pernah sarapan pagi.

Supaya anak Anda tumbuh cerdas, berikan sarapan dengan buah, sereal gandum, susu rendah lemak dan makanan kaya protein. Misalnya, kacang-kacangan dan telur.

13. Batasi Waktu Nonton TV dan Main Game

Menonton TV menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh hampir semua anak di Indonesia. Begitu juga main game dengan hp atau melalui komputer. Bapak-Ibu sebaiknya membatasi waktu anak berada di depan TV atau pegang hp dan di tempat-tempat main game.

Tayangan TV memang ada yang bernilai pendidikan. Tetapi, Bapak-Ibu perlu menganturnya supaya sebagian waktunya tidak tersita untuk menonton TV seperti menonton serial Upin dan Ipin. Apalagi, anak sampai melalaikan belajar akibat waktunya banyak digunakan untuk menonton TV atau main game.

Dulu, TV sering menyiarkan anjuran “Dampingi Anak Anda saat menonton TV”. Tujuannya supaya tayangan yang ditonton bisa berpengaruh positif pada perkembangan otak dan perilakuk anak. Bukan membuat anak malas belajar, meniru perliku negatif dalam tayangan TV, dsb.

14. Ajak Anak Rajin Belajar Tiap Hari

Bapak-Ibu sebaiknya selau mendampingi anak untuk belajar. Ya, setidaknya selalu mengingatkan untuk belajar dan membantu memecahkan persoalan jika anak menghadapi kesulitan. Jangan asal menyuruh. Tetapi, tanyakan apa kesulitannya. Lengkapi buku-bukunya atau perlengkapan lain yang diperlukan untuk belajar. Anak akan merasa nyaman dan termotivasi untuk selalu meningkatkan kemampuan intelektualnya dan kecerdasan otaknya.

15. Ciptakan Suasana yang Nyaman untuk Belajar

Cara lain untuk mencerdaskan otak anak adalah ciptakan suasana nyaman di tempat belajar. Baik di rumah ataupun di sekolah. Tempat yang nyaman akan membuat anak bisa berkonsesntrasi dengan baik saat belajar. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa prestasi anak yang belajar di tempat yang nyaman cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang belajar di tempat yang bising, tak nyaman, dsb.

16. Berikan Suplemen untuk Kecerdasan Otak Anak

Jika memungkinan, berikan anak Anda suplemen untuk pengembangan kecerdasan otak. Banyak suplemen dijual di toko obat atau di toko online di Internet. Harganya murah, tetapi pengaruhnya sangat besar untuk kecerdasan otak anak Anda. Jika Anda tidak punya dana cukup, Anda bisa memberikan makanan yang sehat dan membuat kecerdasan anak tumbuh dengan baik.

Misalnya, Appeton Taurine, Vitamin Otak Vitabrain, Vidoran Total Care, Vitabrain VB Contlla, dsb. Berikan suplemen ini sesuai dengan aturan sehingga anak anak bisa tumbuh menjadi anak yang pintar dengan memiliki banyak prestasi dari kecerdasan otaknya.

Demikian antara lain cara praktis untuk mencerdaskan otak anak. Tentu saja, peran orang tua sangat besar untuk membuat anak memiliki otak yang cerdas dan anak selalu memiliki prestasi di sekolahnya. Lakukan semua itu secara konsisten sehingga anak Anda bisa tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *