9 Cara Mengobati Asam Lambung secara Alami – Mudah dan Aman

Diposting pada

CARA mengobati asam lambung secara alami. Anda pernah punya penyakit asam lambung? Penyakit asam lambung sering disamakan dengan penyakit maag. Sesungguhnya kedua penyakit itu berbeda. Meskipun keduanya berawal dari lambung.

Penyakit asam lambung terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan, dan bahkan ke mulut. Saat terjadi, penderita akan mendapatkan rasa asam dan pahit di lidah.

Gejala lain dari penyakit asam lambung adalah adanya sensasi terbakar di tulang dada atau rasa nyeri di ulu hati. Anda akan merasakan gejala ini di tulang dada akibat asam lambung naik ke esofagus.

Rasa nyeri akan lebih terasa kuat sehabis makan atau ketika Anda membungkuk. Batuk kering tanpa henti juga merupakan gejala asam lambung.

Atau sakit di dada, batuk kering terus-menerus, mengi dan sulit atau merasa nyeri ketika menelan, nafas bau, suara serak dan air liur berlebih.

Penyebabnya macam-macam. Antara lain sering berbaring setelah makan, makan sampai kekenyangan, suka ngemil sebelum tidur, minum alkohol, teh, soda, kopi, dsb.

Penyebab Asam Lambung dan Cara Mengobati Asam Lambung secara Alami

cara mengobati asam lambung secara alami

(foto:klikdokter.com)

Jika penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) Anda belum berat, Anda bisa menyembuhkan sendiri penyakit itu dengan minum obat dan mengatur pola makan yang sehat.

Anda juga bisa memilih cara mengobati asam lambung secara alami. Caranya dengan memanfaatkan tanaman obat yang tumbuh di sekitar rumah Anda atau membeli bahannya di pasar, baik pasar tradisional atau di supermarket / swalayan. Tetapi, jika penyakit asam lambung sudah kronis dan akut, ya Anda perlu ke dokter.

Ada 9 cara mengobati asam lambung secara alami. Anda bisa memilih mana yang cocok untuk Anda. Misalnya, mudah menemukan bahannya, harga terjangkau dan Anda nyaman minum atau mengonsumsinya.

1. Konsumsi Sayur, Buah dan Makanan Lain

Sayur yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi penyakit asam lambung adalah sayuran hijau seperti kacang hijau, brokoli, asparagus, selada, kembang kol, mentimun, jahe, lidah buaya, dan adas.

Buah penetral asam lambung yang perlu Anda konsumsi antara lain pir, semangka, apel, pisang dan melon.
Anda juga bisa mengonsumsi makanan seperti oatmeal dan daging tanpa lemak.

2. Waktu Makan Teratur

Misalnya, waktu makan pagi (sarapan), makan siang dan makan malam. Jam makan perlu ditepati. Jangan sering makan terlambat. Anda bisa juga akan terkena penyakit maag.

3. Hindari Makan sebelum Tidur

Setidaknya, jangan makan dua jam sebelum tidur. Makan seperti itu bisa memicu terjadinya asam lambung. Bahkan, asam lambung bisa muncul ketika Anda sedang tidur. Yakni, asam lambung naik ke kerongkongan ketika tidur. Jika terpaksa makan malam, ya tunggu dua jam lebih baru tidur.

4. Banyak Ngemil di antara Waktu Makan

Ini bisa menyebabkan pencernaan akan sulit mencerna semua makanan yang Anda konsumsi. Pencernaan perlu waktu lama untuk memproses makanan yang Anda konsumsi. Maka, saat makan jangan sambil ngemil.

5. Makan Terlalu Kenyang

Cara ini bisa memicu refluks. Oleh karena itu, makanlah dengan porsi sedang. Porsi makan besar hanya akan membuat Anda mengalami kegemukan, selain kena asam lambung. Lebih baik makan 5 – 6 kali sehari dengan porsi kecil atau sedang daripada makan 3 kali dengan porsi besar

.

6. Makan Tidak Dikunyah dengan Baik

Ini bisa membuat pencernaan bekerja lebih lama dan memicu munculnya asam lambung. Makanan yang dikunyah sampai lembut akan membantu enzim. Yakni, pengolahannya di pencernaan menjadi mudah dan cepat.

7. Hindari Sering Minum ketika Makan

Mengapa? Minum terlalu banyak ketika makan bisa menyebabkan asam di lambung dan makanan yang Anda konsumsi menjadi tidak mudah dicerna. Akhirnya terjadilah penyakit asam lambung.

8. Permen Karet

Anda juga bisa mencegah terjadinya asam lambung dengan mengonsumsi permen karet yang bebas gula sehingga bisa merangsang produksi air liur. Air liur bisa membantu menetralkan asam lambung. Anda sebaiknya mengonsumsi permen karet tanpa gula. Bukan permen karet dengan rasa mint. Permen ini justru bisa menyebabkan terjadinya asam lambung.

9. Minum Baking Soda Setelah Makan

Lakukan 4 kali sehari 1 – 2 jam setelah makan. Baking soda bisa membantu pencernaan untuk membuat asam lambung netral.

Demikian artikel mengenai 9 Cara Mengobati Asam Lambung secara Alami. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *