7 Cara Mengobati Rematik pada Kaki dengan Mengonsumsi Obat Alami

Posted on

Banyak jenis penyakit rematik. Salah satunya adalah penyakit rematik yang menyerang sendi-sendi di kaki. Bagaimana cara mengobati rematik pada kaki dengan tepat sehingga penyakitnya bisa teratasi dan tidak sering kambuh?

Penyakit rematik memang bukan penyakit berat. Tetapi, sangat menjengkelkan. Penyakit rematik akan membuat sendi-sendi yang terkena rematik terasa nyeri dan ngilu yang sangat. Bahkan, juga bengkak dan Anda tidak bisa beraktivitas karena sendi yang sakit terasa kaku.

Anda sebaiknya segera menyembuhkan penyakit rematik jika ada tanda-tanda telah terserang penyakit sendi itu. Sebab, jika rematik tidak disembuhkan sampai tuntas, maka penyakit ini bisa sering kambuh.

Bahkan, tidak jarang bisa membuat penderita menjadi lumpuh sebagaimana dialami oleh penderita penyakit stroke. Kalau sudah lumpuh, wahh.. repotnya bukan main. Ingin pergi kemana pun, Anda harus didampingi orang lain.

Oleh karena itu, jika Anda mendapati rasa nyeri di sendi, Anda harus segera mengobati atau menyembuhkannya. Jangan dibiarkan dengan alasan bukan penyakit berbahaya.

Jika lebih dari 1 tahun tidak diobati, maka penyakit rematik Anda menjadi kronis. Biaya pengobatannya mahal. Cara terbaik, ya Anda segera mengobati penyakit rematik yang Anda derita.

Entah sendi yang terkena rematik adalah sendi di kaki, tangan, leher, atau organ tubuh lainnya. Yang penting begitu ada tanda-tanda atau gejala rematik, Anda harus segera mengobati atau menyembuhkannya.

Cara Mengobati Rematik pada Kaki dengan Obat Alami

cara mengobati rematik pada kaki

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara mengobati rematik. Atau lebih spesifik lagi adalah bagaimana cara mengobati rematik pada kaki. Ya, kali ini akan kita bahas cara mengobati penyakit rematik pada bagian kaki.

Banyak cara bisa Anda lakukan untuk mengobati rematik. Bisa menggunakan obat resep dokter, obat herbal rematik, obat rematik alami atau obat tradisional rematik.

Tetapi, kali ini akan dibahas tentang cara mengobati rematik pada kaki dengan mengonsumsi obat rematik alami. Artinya, obat rematik yang telah disediakan oleh alam berupa tanaman obat.

Tuhan memang Maha Bijaksana. Banyak tumbuhan yang disediakan untuk Anda dengan berbagai khasiat menyembuhkan penyakit, termasuk penyakit rematik.

Obat rematik alami dari tanaman obat antara lain:

1. Obat Rematik dari Singkong

obat rematik dari singkongAnda bisa menyembuhkan rematik pada kaki Anda dengan parutan singkong. Anda tahu singkong? Beli saja bahannya pada tukang sayur keliling atau penjual sayur di pasar.

Setelah kulit singkong dikupas dan singkong diparut, Anda oleskan parutan singkong ke bagian yang terkena serangan sakit rematik atau sakit sendi. Diamkan beberapa menit, dan barulah parutan singkong Anda bersihkan.

Umbi singkong mengandung kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, dan zat besi. Kandungan lain adalah vitamin A,B,B1,C, dan kalsium.

Tidak hanya umbinya. Daun singkong juga berkhasiat untuk pengobatan, termasuk mengobati sakit rematik.

Selain sebagai obat oles, singkong juga bisa direbus dan air rebusan Anda minum. Selain singkong, bahan lain yang perlu direbus bersama singkong adalah 1 batang sereh dan 15 gram jahe.

Setelah air rebusan singkong agak dingin, Anda saring dan Anda minum pagi sore.

Untuk daun singkong, Anda siapkan 5 lembar daun singkong, 15 jahe merah dan kapur sirih secukupnya. Semua bahan dihaluskan dengan diberi sedikit air. Hasilnya bisa dioleskan bagian sendi yang terasa nyeri akibat rematik.

2. Obat Rematik Alami dari Lengkuas

obat rematik dari lengkuas

Ibu-ibu tentu hapal dengan bumbu dapur yang bernama lengkuas. Ternyata, rempah ini juga bisa Anda gunakan untuk mengobati rematik pada kaki.

Kandungan lengkuas sehingga berkhasiat obat antara lain minyak atsiri, flavonoida saponin dan tanin. Kandungan lain adalah zat aktif galangan, eugenol, basonin, dan galangol.

Dengan berbagai kandungan itu, lengkuas berkhasiat untuk menyembuhkan banyak penyakit, termasuk penyakit rematik pada sendi kaki.

Untuk membuat obat alami dari lengkuas, Anda bisa siapkan 2 rimpang lengkuas yang baik. Setelah diparut, hasil parutan diperas dengan ditambah sedikit air dan disaring. Ada baiknya ditambahkan kuning telut biar terasa segar dan menyehatkan.

3. Cara Mengobati Rematik pada Kaki dengan Daun Seledri

Anda juga bisa mengobati rematik pada kaki dengan ramuan daun seledri. Saya sering menggunakan daun seledri untuk menurunkan darah tinggi dan kolesterol.

Ya, daun seledri memiliki khasiat menyembuhkan banyak penyakit. Antara lain sakit rematik, darah tinggi dan kolesterol, stroke, dsb.

Daun seledri mengandung vitami A, B1, C, zat besi, fospor, kalsium, hidrat arang, lemak, protein dan kalori. Kandungan sodiumnya juga tinggi sehingga membantu mengobati sakit rematik.

Cara membuat ramuan (jamu) dari daun seledri sangat mudah. Ambil segenggam daun seledri, lalu bersihkan dan potong kecil-kecil. Lalu, potongan daun seledri direbus hingga airnya mendidih.

Setelah air rebusan daun seledri agak dingin, Anda bisa menyaring airnya. Hasilnya bisa Anda minum untuk menyembhkan rematih.

Anda juga bisa mengonsumsi daun seledri mentah sebagai lalapan saat makan siang atau makan malam. Ulangi beberapa kali sampai rematik Anda sembuh.

4. Mengobati Rematik Dengan Seduhan Jahe

Cara lain untuk menyembuhkan penyakit rematik adalah minum seduhan jahe. Orang Jawa bilang wedang jahe. Sama seperti membuat minuman dari bahan obat sebagaimana dijelaskan di atas, cara membuat obat rematik alami dari bahan jahe juga sama.

Tentu saja, rasa berbagai minuman itu berbeda. Minuman dari jahe agak pedas. Minuman dari daun seledri, rasa dan baunya kurang nyaman. Maka, perlu ditambah madu dan kuning telur kalau ada.

Selain menambah khasiat kesehatan, tambahan madu dan kuning telur biar rasa dan bau rebusan daun seledri lebih bersahabat. Kandungan anti-inflamasi pada rimpang jahe bisa membantu menyembuhkan rematik.

Cara membuat minuman jahe merah ini bisa direbus atau ambil air panas dan tuangkan di gelas dengan dimasuki bahan-bahan jahe dan lainnya untuk membuat minuman obat jahe. Ya, seperti membuat minuman teh.

Bahan jahe dikupas dan ditambah daun kumis kucing, temulawak, dan daun komfrey.

5. Daun Cocor Bebek untuk Mengobati Rematik

Daun cocor bebek juga bagus bisa Anda gunakan untuk mengobati rematik. Anda bisa menemukan tanaman ini dengan mudah di lingkungan Anda. Jika tak ada, yang beli saja di pasar tradisional atau di penjualan jamu herbal.

Kandungan daun cocor bebek yang berkhasiat obat adalah zat kalium yang sangat tinggi, asam malat, asam lemon, damar, glikosida artthosiphonin, alkaloid, asa apel, vitamin C, flavanoid, dsb.

Tak hanya rematik. Dengan berbagai kandungannya itu, rebusan daun cocor bebek juga bisa digunakan sebagai antiseptik dan antiradang. Setidaknya, ada 18 jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan minum rebusan daun cocon bebek.

Anda bisa membuat minuman daun cocor bebek dengan diseduh seperti membuat minuman teh. Cara lain, daun coco bebek dilembutkan dan dioleskan pada bagian sendi yang sakit.

6. Daun Kumis Kucing untuk Menyembuhkan Rematik

Daun kumis kucing juga berkhasiat untuk menyembuhkan rematik ataupun berbagai penyakit lain. Mendapatkan daun kumis kucing juga tidak sulit. Di jalan atau pekarangan yang banyak rumputnya, biasanya juga tumbuh tanaman kumis kucing.

Anda bisa ambil beberapa tanaman kucing. Ambil daun dan bunganya. Rebus bersama setelah dicuci tentunya. Hasil rebusan itulah yang harus Anda minum sebagai cara mengobati rematik pada kaki.

Ya, semua itu cara yang murah dan mudah.

7. Obat Herbal Rematik yang Bisa Anda Pilih

Selain mengonsumsi obat rematik alami atau obat tradisional rematik, Anda juga bisa memilih mengonsumsi obat herbal rematik. Tentu saja, mengonsumsi obat herbal rematik lebih praktis dan mudah. Bahkan, juga lebih higienes.

Obat herbal rematik bisa Anda dapatkan di toko obat herbal online maupun offline. Obat herbal rematik buatan pabrik tentu lebih sempurna dibandingkan dengan buatan sendiri secara manual dan tradisional.

Ada banyak obat herbal untuk penyakit rematik yang bisa Anda pilih. Misalnya:

1. China Tong Mai Dan – Obat Sakit Rematik, Asam Urat, Otot dan Sendi. Selain mengobati rematik, obat herbal ini juga menyembuhkan sakit asam urat, nyeri otot dan sendi, melancarkan aliran darah, menghilangkan kesemutan, dsb.
Obat herbal ini terdiri dari beberapa bentuk kemasan. Harganya pun bermacam-maca, dari Rp 75 ribu hingga Rp 200 ribuan.

2. Maderic – Obat Herbal Asam Urat Rematik Nyeri Sendi. Berkhasiat untuk mengobati penyakit rematik, asam urat, dsb. Dibuat dari buah mahkotadewa, daun alpukat, umbi daun dewa, sidaguri, dan pegagan. Ini juga terdiri dari beberapa tipe/jenis.

3. Tung Shueh Pill Cap Kepala Sapi 80’s Cow’s Head Brand. Bisa mengobati rematik dan asam urat, melancarkan peredaran darah, menghilangkan sakit pinggang, sakit otot dan sakit tulang. Tangan dan kaki semutan, lutut tidak bernega, dsb.

4. HIU Samuratik Obat Asam Urat dan Rematik, isi 40 kapsul. Menyembuhkan pengeroposan tulang, sakit sendi, nyeri otot dan kesemutan, nyeri pinggang, dsb.

5. Obat Rematik Herbal Jelly Gamat Ekstrak Teripang Asli. Bisa untuk menjaga kelenturan persendian, membantu dan menyembuhkan rematik tulang dengan memelihara jaringan ligmen pada tulang penderita rematik.

Masih banyak obat herbal yang bisa Anda pilih untuk mengobati rematik pada kaki atau di bagian sendi yang lain. Silakan memilih mana yang Anda sukai, termasuk harganya.

Tentu saja, sangat baik jika Anda juga melakuan diet dengan mnghindari konsumsi makanan penyebab rematik. Ini sangat penting supaya penyembuhan penyakit rematik yang Anda derita bisa berlangsung cepat dan rematik tidak kambuh lagi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *