Cara Mudah Mengolah Kayu Manis untuk Mengobati Diabetes

Advertisement

KAYU manis (cinnamon) sangat baik untuk mengobati diabetes. Banyak orang yang telah memanfaatkan kayu manis untuk mengatasi penyakitnya. Hasilnya sangat positif. Tetapi, bagaimana cara mengolah kayu manis untuk diabetes?

Caranya tidak sulit. Sebab, ibu-ibu umumnya sudah sangat familier dengan kayu manis. Sebab, kulit kayu manis merupakan salah satu bumbu masak yang sering digunakan untuk membuat masakan terasa sedap.

Ya, bagian yang digunakan untuk bumbu masak oleh ibu-ibu atau koki adalah kulitnya. Banyak kandungan yang terdapat pada kulit kayu manis ini sehingga bisa digunakan untuk pengobatan.

Tidak hanya untuk pengobatan penyakit diabetes. Kayu manis juga bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol, membantu meningkatkan fungsi otak, mencegah pertumbuhan sel penyakit kanker, melindungi jantung, dsb.

Kini, Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal yang dibuat dari kulit kayu manis. Di antaranya Kapsul Kayu Manis. Selain untuk menurunkan kadar gula darah, obat herbal ini juga bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi, mengobati rematik, asma, batuk, sariawan, dsb.

Anda tidak perlu repot untuk mengolah kayu manis sendiri untuk obat gula darah (diabetes). Anda tinggal mengonsumsi. Tetapi, jika ingin membuat ramuan sendiri, ya silakan. Ada cara mudah mengolah kayu manis untuk mengobati dan mencegah diabetes.

Ada Tiga Cara Membuat Minuman Kayu Manis

cara mengolah kayu manis untuk diabetesteh dengan bahan kulit kayu manis (sumber:vemale.com)

Kayu manis memang mengandung antioksidan. Ia merupakan obat tradisional diabates karena akan membantu mengontrol kadar gula darah. Selain itu, juga membantu proses pencernaan setelah Anda makan.

Tidak hanya itu. Kayu manis juga membantu memperbaiki respon insulin untuk pasien penyakit gula darah tipe 2.

Bahkan, kulit kayu manis tidak hanya untuk bumbu masak dan pengobatan. Kulit kayu manis juga digunakan di banyak industri pembuatan kosmetik, rokok, makanan, minuman, farmasi dan obat.

Bagaimana cara mengolah kayu manis untuk obat diabetes?

Caranya sangat mudah. Ambil 4 potong kulit kayu manis dan tuangkan air dua gelas. Biarkan air mendidih hingga tinggal satu gelas.

Cara lain adalah siapkan air tawar yang sudah dimasak dan masukkan ke dalamnya kayu manis 3 potong. Setelah kulit kayu manis terendam 10 menit, Anda bisa meminum air kayu manis.

Minum kulit kayu manis tiap hari secara rutin akan membuat kadar gula darah Anda turun. Menurunkan gula darah dengan membuat minuman kulit kayu manis adalah cara efektif untuk mengobati sakit dabetes.

Kandungan senyawa kimia pada kayu manis bisa meningkatkan jumlah insulin di dalam darah Anda. Tanpa perlu suntik insulin, Anda mampu menurunkan kadar gula darah dengan mengonsumsi minuman dari kulit kayu manis.

Selain dengan dua cara di atas, Anda juga bisa membuat minuman kayu manis dengan bahan bubuk kayu manis. Bubuk kayu manis diperoleh dari proses pelembutan kulit kayu manis dengan menggunakan blender atau kulit kayu manis langsung ditumbuk.

Proses penggilingan menggunakan blender atau dengan cara penumbukan dilakukan setelah kulit kayu manis dijemur dan kering.

Anda bisa mengonsumsi minuman bubuk atau serbuk kulit kayu manis setengah (1/2) sendok per hari. Jika Anda minum obat tradisional diabetes ini secara rutin, Anda mampu meningkatkan sensifitas sel-sel terhadap insulin.

Beberapa ahli gizi mendapati bahwa kadar gula darah objek penelitian turun setelah mengonsumsi kulit kayu manis selama 40 hari.

Ya, kayu manis bisa menjadi alternatif yang jitu sebagai obat gula darah. Cara membuat minuman dengan bahan kulit kayu manis ini tidak ubah seperti membuat minuman teh. Jadi, sangat mudah seperti diungkapkan dalam judul artikel ini: Cara mudah mengolah kayu untuk sembuhkan diabetes.

Obat Herbal Bubuk Kayu Manis

khasiat kulit kayu manis obat herbal sakit gula darah dari kulit kayu manis (copy:kayu-manis.com)

Tetapi, jika tidak ingin repot, Anda bisa membeli bubuk kayu manis yang dijual dalam bentuk kemasan. Ya, Anda seperti membeli bubuk kopi. Banyak obat herbal dari kayu manis ditawarkan. Misalnya, Kayu Manis Bubuk Cap Pohon Bambu, Dansulin, Kapsul Sambiloto, Glucublock Capsule, dsb.

Anda bisa memilih obat herbal penurun diabetes yang Anda suka. Harganya tidak mahal kok. Tetapi, khasiatnya sangat baik. Misalnya, Kayu Manis Bubuk Cap Pohon Bambu. Harganya sangat murah. Anda tinggal pilih kemasan bobot berapa.

Selain untuk minuman yang bisa diseduh seperti membuat minuman kopi, bubuk kayu manis juga bisa Anda gunakan untuk perawatan tubuh (lulur atau masker). Memang manfaat kulit kayu manis, seperti disebutkan di atas, adalah banyak sekali.

Bubuk kayu manis ini mengandung serat, kalsium, zat besi, dan mangan. Ini membua bubuk kayu manis memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, terutama untuk mengatur gula darah. Jadi, ia sangat cocok Anda gunakan untuk membantu penyembuhan sakit gula darah atau sakit diabetes.

Anda juga bisa mengonsumsi obat gula darah Ace Maxs. Menurut produsen, obat herbal ini telah melalui uji klinis yang bebas dari efek samping. Ampuh dan efektif. Aman dikonsumsi dan telah terdaftar di Depkes RI.

Perlu Cek Gula Darah secara Periodik

Untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes, Anda sebaiknya melakukan cek gula darah secara periodik. Misalnya, 3 tahun sekali setelah Anda berusia 45 tahun. Anda bisa periksa ke laboratorium di puskesmas atau di laboratorium/klinik swasta. Jika Anda punya alat cek gula darah digital, Anda bisa cek kapan saja Anda inginkan.

Di tempat saya, biaya cek gula darah Rp 30 ribu sampai Rp 50 ribu. Ini untuk cek dua kali. Yaitu cek gula darah saat berpuasa (tidak makan selama 8 jam) dan cek lagi 2 jam setelah makan.

Tujuannya untuk mengetahui apakah Anda punya sakit gula (diabetes) atau tidak. Atau mendekati kena diabetes karena gula darah Anda mendekati angka tertinggi gula darah normal.

Anda tidak perlu menunggu adanya tanda-tanda atau gejala penyakit diabetes. Sebab, umumnya Anda tidak bisa mengenali gejala sakit diabetes dengan baik. Tahu-tahu diabetes sudah menyerang Anda hingga parah, tetapi Anda tidak merasakan gejalanya.

“Sebagian besar penderita diabetes mengunjungi dokter sudah dalam keadaan kronis. Telah terjadi komplikasi berat sehingga pengobatannya tidak mudah,” kata dr HM Subuh, pejabat di Kementerian Kesehatan beberapa waktu lalu.

Angka gula darah normal adalah 70 – 100 mg/dL saat periksa dalam kondisi berpuasa dan 70 – 140 mg/dL saat periksa dalam kondisi 2 jam setelah makan.

Jika dari hasil cek laboratorium diketahui gula darah Anda mendekati angka tertinggi, Anda bisa segera mengurangi konsumsi makanan dan minuman pantangan. Selain itu, juga minum obat diabetes, termasuk obat diabetes alami atau obat diabetes herbal.

Obat diabetes alami, misalnya, dibuat dari kayu manis seperti dijelaskan di atas. Obat herbal diabetes dari bahan kayu manis juga banyak. Anda bisa memilih mana yang Anda suka. Yang penting Anda harus mengobati sakit Anda sampai sembuh.

Banyak orang yang mengobati sakit diabetes mereka dengan minum obat gula darah dari kayu manis bisa sukses. Mereka bisa sembuh dari sakitnya.

Penyakit diabetes adalah pembunuh nomor 3 di Indonesia. Artinya, jumlah penderita meninggal akibat sakit diabetes adalah nomor tiga dibandingkan dengan akibat penyakit lain.

Oleh karena itu, Anda perlu hati-hati biar terhindar dari penyakit diabetes (kencing manis). Sebab, penderitaan akibat sakit diabetes ini termasuk berat. Banyak orang harus dipotong (diamputasi) sebagian anggota badannya karena diabetes.

Dari hasil penelitian di Amerika Serikat, kayu manis memiliki khasit yang bisa menurunkan penyakit diabetes. Dengan mengonsumsi setengah sendok bubuk kayu manis selama 40 hari bisa menurunkan sakit gula darah sampai 20%.

Tidak hanya berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit diabetes, kayu manis juga bisa untuk menyembuhkan penyakit kolesterol tinggi dan trigliserida.

Demikian artikel tentang Cara Mengolah Kayu Manis untuk (Obat) Diabetes. Banyak konsumen menuyatakan cocok mengonsumsi obat herbal alami ini sehingga penyakit kencing manis atau diabetesnya bisa menjadi normal.

Semoga bermanfaat.

Advertisement