15 Cara Menguruskan Perut dengan Mudah, Murah dan Efektif

Posted on

PUNYA perut buncit? Uhh, rasanya malu dengan kawan dan tidak mengenakkan. Tetapi, bagaimana cara menguruskan perut dengan mudah dan cepat?

Area perut memang tempat banyak lemak tertimbun. Biasanya, hal ini terjadi karena Anda, khususnya ibu-ibu atau wanita, kurang gerak. Tidak pernah atau sangat jarang berolahraga.

Tetapi, di sisi lain Anda suka ngemil dan makan enak. Makan makanan yang tinggi lemak. Efeknya, pada area perut tertimbun banyak lemak yang membuat perut buncit.

Akibat kurang gerak dan olahraga, maka pembakaran lemak dan kalori sangat kecil. Tak seimbang antara asupan yang mengandung banyak lemak dan tinggi kalori dengan pembakaran lemak.

Pembakaran tiap harinya sangat kecil. Yang banyak terjadi justru penumpukan lemak di area perut Anda akibat sering mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung lemak dan tinggi kalori.

Bagaimana cara menguruskan perut dengan cepat sehingga perut menjadi ramping atau perut tidak buncit lagi?

Sesungguhnya itu adalah hal yang sangat mudah. Pertama, kurangi asupan lemak dan kalori. Kedua, perbesar pembakaran lemak. Jika Anda bisa melakukan dua hal itu, semuanya beres. Perut buncit akan segera kempis dan problem perut buncit teratasi.

Mudah kannn? Itulah cara menguruskan perut buncit, khususnya mengecilkan perut buncit pada wanita.

cara menguruskan perut

(sumber sinjuri.com)

Penyebab Perut Buncit yang Harus Anda Hindari

Sebelum membahas cara menguruskan perut atau cara mengecilkan perut, di sini akan dibahas dulu apa penyebab perut buncit.
Mengetahui penyebab perut buncit sangat penting karena menguruskan perut akan percuma atau sia-sia jika Anda tetap mengonsumsi makanan penyebab perut buncit.
Jika Anda ingin sukses menguruskan perut buncit, ya Anda harus melakukan kedua hal itu secara bersamaan. Yaitu, menghindari penyebab perut buncit dan melakukan hal-hal yang bisa mengecilkan perut.
Kedua hal itu harus dilakukan secara bersamaa. Ini akan mempercepat usaha Anda menguruskan perut.
Penyebab perut buncit yang harus Anda hindari antara lain:

1. Banyak Mengonsumsi Cemilan

Anda suka mengonsumsi cemilan? Jika ya, coba kurangi muai sekarang. Apalagi jika sekarang perut Anda buncit dan badan gemuk, Anda sebaiknya menghindari cemilan yang kaya lemak dan kalori.

Selain itu, kurangi ngemil di malam hari. Lebih-lebih jika sudah pukul 21.00 ke atas. Hentikan ngemil Anda. Mengapa? Sebab, sebentar lagi Anda tidur. Cemilan yang Anda konsumsi tidak akan diolah oleh pencernaan dengan baik karena pencernaan Anda juga istirahat saat Anda mulai tidur.

Akibatnya, cemilan menyisakan banyak banyak dan kalori yang membuat perut buncit. Cemilan yang banyak lemak dan kalori antara lain coklat, kue, dan ice cream.
Ganti cemilan dengan mengonsumsi buah atau makanan rendah gula (tidak manis) dan rendah lemak.

2. Kurang Olahraga dan Aktivitas Fisik Lainnya

Kurang olahraga juga bisa menjadi penyebab perut buncit. Solusinya untuk menguruskan perut adalah perbanyak aktivitas fisik. Lebih-lebih jika Anda banyak duduk saat bekerja seperti pegawai administrasi, tukang jahit, dsb.

Banyak aktivitas fisik bisa Anda lakukan. Olahraga, senam, jalan kaki, jogging, berkebun, sebentar-sebentar berdiri dari tempak duduk dan jalan 1 menit, dsb.

minuman bersodaminuman bersoda (sumber:detikfood.com)

3. Suka Minuman Beralkohol, Bersoda dan Kurang Air Putih

Sering minum minuman beralkohol dan bersoda juga bisa membuat Anda punya perut buncit. Apalagi, ditambah suka makan dalam porsi besar. Tidak hanya perut buncit, berat badan Anda juga akan meningkat banyak. Berat badan Anda tidak ideal.

Sebaliknya, kurang konsumsi air putih juga bisa menjadi penyebab perut buncit. Minumlah air putih setidak dua setengah liter perhari. Ya, sebentar-sebentar minum.

Supaya bisa sering minum, Anda perlu selalu membawa air putih ke mana pun. Ini bisa membuat Anda sering minum air putih sekalgus Anda bisa menguruskan perut.

Ini beberapa cara penting yang harus Anda lakukan untuk membuat Anda bisa sukses menguruskan perut. Mengecilkan perut buncit sangat penting supaya Anda selalu sehat dan tidak mudah dihinggapi penyakit.

Selain itu, Anda pun bisa tampil cantik atau handsome dan cekatan.

15 Cara Menguruskan Perut yang Bisa Anda Lakukan

Berikut ini adalah 15 cara menguruskan perut yang bisa Anda lakukan. Perut Anda dikatakan buncit dan harus dikecilkan jika ukuran lingkarnya mencapai 102 cm untuk lelaki dan 88 cm untuk wanita.

Jadi, sebelum mulai program atau cara menguruskan perut, Anda perlu mengetahui dulu berapa lingkar perut Anda. Setelah diketahui ukurannya, lalu catat hasilnya.

Setelah Anda melakukan berbagai aktivitas atau cara menguruskan perut untuk beberapa waktu, misalnya satu bulan, Anda kembali ukur lingkar perut Anda. Berapa penurunnya.

1. Jogging, Lari Santai, Jalan Kaki Mengecilkan Perut

Cara termudah untuk menguruskan perut Andalah adalah melakukan jogging atau lari santai. Biayanya murah dan cara melakukannya pun sangat mudah.

Anda bisa melakukan di halam rumah jika halaman rumah Anda luas. Atau di jalan kompleks rumah Anda atau di suatu tanah lapang.

Ya, Anda bisa melakukan jogging di mana saja. Waktunya juga bebas, kapan Anda punya waktu. Yang penting lakukan secara rutin. Anda akan merasa hasilnya setelah melakukan jogging beberapa waktu.

Tentu saja, jogging harus Anda lakukan terus-menerus sepanjang hidup. Misalnya, satu minggu 4 kali dan tiap jogging selama 30 menit. Sekali jogging 30 menit, Anda bisa membakar 500 – 900 kalori. Ini akan membuat timbunan lemak juga berkurang.

Jalan kaki, senam, dan olahraga lain juga bisa Anda coba untuk mengecilkan perut Anda.

2. Berenang Cara Efektif Menguruskan Perut

Berenang juga merupakan cara menguruskan perut yang cukup efektif. Jika Anda punya kemampan renang, juga lakukan cara ini. Renang juga salah satu olahraga yang disukai oleh banyak orang.
Dengan rutin melakukan renang, Anda bisa membakar oksigen dan kalori lebih banyak.

Tidak seperti jogging, Anda perlu pergi ke kolam renang dan ada biaya berlangganan. Kecuali Anda punya kolam renang sendiri. Dengan renang, Anda juga bisa bersosialisasi dengan penggemar renang lainnya.

Yang terpenting Anda harys mengecilkan perut buncit Anda, Apa pun olahraga yang akan Anda pilih, itu terserah Anda,

3. Senam Aerobik Membakar Lemak Lebih Banyak

Anda juga bisa melakukan senam aerobik untuk mengecilkan perut buncit. Bisa melakukan sendiri di rumah atau bersama teman dalam kelompok aerobik. Atau menjadi anggota (member) dari pusat kebugaran.

Anda bisa belajar sendiri bagaimana cara melakukan senam aerobik dengan membuka video senam aerobik di internet. Ini lebih sistematis sehingga bisa membakar lemak lebih banyak dibandingkan dengan olahraga lain.

Aerobik terdiri beberapa gerakan. Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda sesuai dengan usia. Ada senam yang ringan, sedang dan berat.

Aerobik yang gerakannya berat ditujukan untuk anak-anak muda yang energik. Tetapi, semuanya bisa membuat Anda sehat dengan perut ramping.

4. Bersepeda Juga Efektif untuk Menguruskan Perut

Ini tergolong olahraga rakyat. Murah meriah. Kecuali Anda membeli sepeda olahraga yang mahal harganya. Tetapi, itu pun hanya sekali membeli, sepeda bisa digunakan selama beberapa tahun ke depan.
Bersepeda 30 menit bisa membakar sekitar 300 kalori. Ya, cukup efektif. Apalagi bersepedanya naik turun. Saat di rumah, ada baiknya Anda selalu menggunakan sepeda atau jalan kaki. Jangan naik sepeda motor.
Misalnya, pergi ke masjid, ke gereja, ke rumah Pak Ketua RT atau Ketua RW. Dengan naik sepeda, Anda akan lebih sehat. Bisa menguruskan perut buncit Anda.

5. Sit Up, Back Up, Ball Chrunch, Pura-pura Bersepeda

Anda juga bisa mengecilkan perut dengan cara melakukan gerakan olah raga sit up, back up, berpura-pura naik sepeda, atau tarian perut. Semua olahraga ini efektif untuk membentuk perut langsing atau ramping karena sasarannya adalah otot-otot perut.

Olahraga kelompok ini juga mudah dan murah. Anda bisa melakukan sendiri di rumah atau secara berkelompok.

Sit up bisa membakar banyak lemak. Modalnya cuma menggunakan matras atau tikar sebagai alas. Caranya, Anda telentang di atas matras. Lalu angkat bagian tubuh atas Anda hingga posisi duduk dan kaki tetap menjulur lurus.

Tetapi, bagi wanita, Anda boleh menekuk lutut saat mengangkat kepala untuk ke posisi duduk. Tujuannya untuk mencegah cedera pada rahim Anda.

Back up Anda lakukan dengan posisi tengkurap. Bentangkan kedua tangan Anda ke kiri dan kanan. Lalu angkat kepala dan sebagian tubuh bagian atas. Lakukan gerakan yang sama beberapa kali sehingga Anda bisa mengecilkan perut Anda.

Pura-pura bersepeda, ya Anda telantang lalu gerakkan tangan dan kaki layaknya sedang bersepeda.

6. Batasi Konsumsi Makanan Berkalori Tinggi

Anda perlu mengetahui berapa jumlah kalori yang Anda konsumsi. Jika tak bisa menghitung secara pasti, ya kira-kira dengan mengetahui jumlah kalori dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Contohnya makanan berminyak seperti aneka gorengan. Per 100 mg minyak sayur mengandung 902 kkal. Makanan berminyak antara lain aneka gorengan, gajih, kerupuk, keripik, nasi goreng, dsb.

Makanan lain berkalori tinggi adalah pisang, kurma, alpukat, anggur, kelapa, mangga, pir, blueberry, kripik goreng, kentang goreng, dressing salad, es krim, junk food dan fast food, susu kental manis, aneka kue tart, dsb.

Selain itu, juga kurangi makanan dengan karbohidrat tinggi. Misalnya, semangka, melon, kedelai, jeruk, keluarga berry, apel, mangga, nanas, kentang, ubi, pisang, roti, jagung, dsb.

7. Konsumsi Makanan Porsi Kecil, meskipun Makan Lebih Sering

Jika selama ini Anda makan 3 kali sehari dengan porsi besar, coba ubah cara makan Anda dengan porsi kecil tiap kali makan. Lebih baik makan 6 kali sehari dengan porsi dibandingkan dengan makan 3 kali dengan porsi besar.

Makanan porsi kecil bisa membuat pencernaan bisa mengolahnya dengan baik sehingga sangat kecil terjadinya timbunan lemak. Anda bisa makan dua jam atau dua setengah jam sekali.

Selain itu, Anda perlu menghindari makan. Waktu makan malam sebaiknya sebelum pukul 19.00. Ini cara makan lebih sehat. Saya sendiri telah mendapatkan manfaat dengan cara makan sebelum pukul 19.00. Waktu makan lebih sore membuat maag saya bisa sembuh total.

Makan terlalu malam seperti setelah pukul 21.00 bukan cara terbaik untuk menguruskan perut Anda. Apalagi, tak lama setelah makan malam, Anda tidur. Ini hanya membuat lemak di perut makin tebal dan perut buncit sulit dihilangkan.

8. Tidur Cukup untuk Menurunkan Perut Buncit

Tidur sangat penting untuk membuat tubuh sehat dengan perut ramping. Ketika Anda begadang malam justru selalu ingin makan atau ngemil. Tentu saja, Anda akan sulit menguruskan perut. Selain itu, tidur juga membuat Anda bisa istirahat dan menghilangkan stres. Dengan tanpa stres, Anda bisa hidup lebih sehat.

9. Minum Minuman Teh Hijau Sebelum Makan

Mengonsumsi minuman teh hijau juga bisa menjadi cara efektif menguruskan atau mengecilkan perut. Tetapi, minumnya sebelum makan. Dengan minum sebelum makan, Anda tidak merasa terlalu lapar. Ini membuat Anda tidak ingin makan dengan porsi besar.

Tetapi, minuman teh hijau jangan diberi gula. Kalau ingin rasa agak manis, ya gunakan gula sintetis atau gula jawa. Gula sintetis tak akan membuat Anda kegemukan atau punya perut buncit.

Minuman teh hijau juga bisa memperlancar metabolisme tubuh sehingga bisa membantu mengikis lemak dalam tubuh Anda, termasuk lemak dalam parut. Manfaat lain dari minum teh hijau adalah mencegah penyakit kanker dan bisa menurunkan kolesterol tinggi.

10. Minum Minuman Teh Biasa Ditambah Perasan Jeruk Nipis

Anda juga bisa mengecilkan perut buncit dengan mengonsumsi minuman teh biasa ditambah perasan jeruk nipis. Cara membuatnya, yak seperti membuat minuman teh biasa. Setelah airnya agak dingin, Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis.

Jangan masukkan perasan jeruk nipis ketika air teh masih panas karena bisa merusak vitaminnya.

Selain itu, jangan tambah gula. Gula justru bisa menambah perut jadi lebih buncit karena kandungan sukroda dan fruktosa. Kedua kandungan itu justru menambah lemak di perut Anda yang berarti menambah perut menjadi lebih buncit.

11. Perbanyak Konsumsi Protein Tinggi

Makanan berprotein tinggi seperti telur, daging, ayam, ikan, daging bebek dan susu. Makanan dengan protein tinggi bisa mengurangi nafsu makan sampai 60%. Selain itu mampu menigkatkan metabolisme hingga mampu membakar 80 – 100 kalori per hari.

12.  Perbanyak Makanan Berserat Kental

Makanan dengan banyak serat memudahkan pencernaan untuk menyerapnya. Tetapi, tak semua serat bisa mengecilkan perut buncit. Yang mampu menguruskan perut adalah serat kental. Serat jenis ini bisa menyerap air dalam tubuh Anda dan membentuk gel di dalam pencernaan.

Dengan gel, proses lewatnya makanan di pencernaan dan proses penyerapan nutrisi akan lebih lama. Hal ini membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga perut buncit bisa dikempiskan dengan mudah.
Makanan berserat kental ada pada buah, sayur dan kacang-kacangan.

13. Hindari Makanan Manis

Anda perlu menghindari makanan manis, apalagi terlalu manis. Makanan dan minuman terlalu manis selain bisa menyebabkan sakit gula (diabetes), darah tinggi, kolesterol tinggi, juga menyebabkan Anda memiliki perut buncit dan tubuh bertambah gemuk. Anda sebaiknya menggunakan gula merah.

Banyak makanan dan minuman yang menggunakan banyak gula dijajakan. Misalnya, roti, kue, minuman bersoda, permen, sirup, dsb. Jika Anda selama ini penyukai makanan minuman manis, coba batasi sejak sekarang. Biar Anda sehat, tak punya perut buncit, dsb.

14. Konsumsi Obat Herbal Mengecilkan Perut

Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal mengecilkan perut buncit. Banyak obat penurun perut dijual di toko-toko obat herbal atau di toko online. Anda bisa memilih sekehendak Anda, terutama obat yang khasiatnya tinggi, mampu menguruskan perut Anda.

Misalnya Fiforlif Obat Herbal Alami Penurun Berat Badan dan Perut Buncit, Jaco Daduzi Teh Herbal Penurun Perut Buncit, Q Slim Obat Herbal Pelangsing Perut, Aichun Obat Pelangsing Perut Lengan Paha Oles, Slimming Blue Mengecilkan Perut Buncit untuk Pria dan Wanita, dsb.

15. Obat Tradisional Mengecilkan Perut

Anda bisa mengonsumsi obat tradisional dari tanaman obat. Banyak tanaman obat bisa Anda manfaatkan sebagai cara menguruskan perut sehingga Anda sehat tanpa perut buncit. Anda pun bisa tampil cantik dan percaya diri. Obat tradisional mengecilkan perut bisa Anda buat dari tanaman temulawak, kunyit, kencur, dsb.

Demikian artikel mengenai cara menguruskan perut yang bisa Anda coba untuk mengecilkan perut buncit Anda. Caranya sangat mudah dan murah dengan hasil yang efektif. Selamat mencoba dan hidup sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *