9 Cara Sukses Menurunkan Berat Badan tanpa Olahraga, Anda Bisa Coba

SAYA sangat sibuk. Adakah cara menurunkan berat badan tanpa olahraga? Berat badan tinggi sering menghambat aktivitas saya. Saya ingin sekali hidup sehat dengan berat badan ideal. Mungkinkah? Bagaimana caranya?

Demikian tanya seorang kawan saat bertemu dalam suatu acara dan saya mengingatkan risiko punya badan gemuk atau mengalami obesitas seperti dia. Ya, saya sudah agak lama tidak pernah bertemu dia. Dulu, tidak gemuk. Tetapi, kini ia tampak tambun.

Ia adalah seorang pejabat di suatu daerah di Jawa. Ia memang super sibuk. Tidak hanya di wilayahnya, ia juga kerap berkunjung ke daerah lain. Salah satu kelemahan pejabat super sibuk seperti kawan saya adalah sering makan yang enak-enak tanpa kendali.

Tentu saja, orang sukses seperti itu sangat menyenangkan. Tetapi, jika Anda tidak bisa mengatur pola makan dengan baik, risiko terkena penyakit berat selalu di depan mata. Artinya, risiko kena penyakit itu sangat besar dan harus mendapatkan perhatian ekstra.

Kata dia, habis bagaimana? Saya tidak punya waktu untuk berolahraga. Saya harus berangkat pagi-pagi karena rumah saya sekitar 55 km dari kantor. Pulangnya tensu sudah sangat sore. Terkadang masih harus mengurus lembaga pendidikan yang saya pimpin.

Bagaimana cara menurunkan berat badan tanpa olahraga untuk saya?

Langsung Saja Berolahraga, Anda Bisa Menurunkan Berat Badan

olahraga kardioolahraga kardio untuk menurunkan berat badan

Mendengar jawaban kawan seperti itu, saya hanya menyerahkan pilihan sepenuhnya kepada dia. Hidup memang pilihan. Apakah pilih untuk selalu sehat atau menyimpan penyakit yang suatu saat bisa meledak. Artinya, benar-benar jatuh sakit akibat berat badan yang tidak pernah diturunkan.

Ya, semuanya kembali kepada Anda yang punya berat badan tinggi. Jika benar-benar ingin sehat, tentu saja Anda harus menjalankan pola hidup sehat. Tidak bisa tidak. Itu sudah hukum alam yang siapa pun harus mematuhi atau menjalani aturan itu.

Hukum alam, jika Anda ingin kenyang ya harus makan atau disuntik zat-zat makanan (ketika mulut tak bisa menelan makanan). Ingin tidak haus, ya harus minum air putih yang banyak.

Ingin pandai, ya harus belajar. Ingin bisa pergi jauh, ya harus naik kendaraan. Apa pun kendaraan Anda. Atau jalan kaki jika bersedia untuk itu.

Pendek kata, untuk mencapai suatu tujuan, tentu Anda harus berbuat sesuatu yang bisa membuat tujuan Anda tercapai.
Demikian pula untuk hidup sehat. Banyak orang membayangkan yang berat-berat sebelum memulai cara menurunkan berat badan. Yang berat sebenarnya hanya terjadi saat akan mulai.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak perlu berpikir banyak untuk menjalani olahraga. Langsung saja olahraga. Ya, olahraga apa saja, termasuk senam, jalan kaki, jogging, push up, bersepeda, berkebun, latihan kardio, dsb.

Saat ada di rumah, langsung saja keluar. Anda bisa senam di halaman rumah. Langsung senam. 15 menit, 20 menit, 30 menit, dan seterusnya. Hari pertama agak berat. Tetapi, jangan menyerah. Hari ke-2, ke-3, dan seterusnya tetap menjalankan olahraga.

Nanti Anda akan terbiasa berolahraga. Sebab, berolahraga adalah cara penting untuk menurunkan berat badan.
Anda pun nantinya akan merasa nyaman dengan olahraga. Mengapa? Karena olahraga membuat Anda sehat. Secara bertahap, berat badan Anda akan turun.

Anda harus selalu berusaha menikmati olahraga atau senam. Tanamkan pada diri Anda tentang keinginan yang kuat untuk hidup sehat. Anda tidak ingin terkena stroke, diabetes, kolesterol tinggi, sakit jantung, dsb. hanya karena berat badan Anda yang tinggi. Anda bisa memilih cara menurunkan berat badan tanpa olahraga.

Tak Bisa Olahraga, Turunkan Berat Badan dengan Diet Sedang

Tetapi, jika Anda tetap tidak punya waktu untuk berolahraga, ya Anda bisa melakukan cara lain. Yaitu, cara menurunkan berat badan tanpa olahraga. Apa itu?

Caranya dengan diet menurunkan berat badan. Anda juga jangan membayangkan diet itu sangat berat. Misalnya, Anda tidak boleh makan nasi. Anda tidak boleh makan daging. Anda hanya boleh makan buah, sayur, dsb.

Diet seperti itu memang ada. Terutama jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Anda perlu melakukan diet dengan ketat seperti disebutkan di atas. Misalnya, Anda tidak boleh makan nasi selama 5 hari. Anda hanya boleh makan buah dan sayuran serta memperbanyak minum air putih.

Tetapi, jika Anda memilih diet sedang, ya Anda bisa tetap makan nasi. Hanya porsinya dikurangi. Misalnya, Anda hanya mengonsumsi nasi separo dari porsi biasanya.

Sebagai gantinya, Anda bisa makan berkali-kali. Misalnya, biasanya satu hari makan 3 kali, kini bisa 6 kali dengan porsi kecil.

Jadi, diet menurunkan berat badan terdiri dari banyak macam. Anda bisa memilih model mana yang Anda inginkan. Diet dengan hasil yang cepat seperti diet seminggu, diet 2 minggu, dsb. Atau diet untuk selamanya.

Haahh ! Selamanya? Ya, tujuannya supaya Anda tetap sehat dengan berat badan ideal. Jika berat badan Anda sudah ideal, diet yang Anda lakukan sangat ringan.

Misalnya, membatasi makanan yang kalorinya sangat tinggi. Tujuannya supaya jumlah kalori yang Anda asup tiap hari tidak melebihi kebutuhan. Misalnya, kebutuhan kalori per hari 2.000, ya jangan mengonsumsi makanan yang jumlah kalorinya sekitar 4.000.

Kelebihan kalori itulah yang akhirnya menjadi lemak. Kian lama, lemak akan menumpuk dan membuat berat badan meningkat. Ini berarti, diet menurun berat badan 1 minggu atau 2 minggu hanya tujuan sementara. Tujuan akhir adalah memiliki berat badan ideal.

Tentu saja, setelah berat badan Anda turun, langkah selanjutnya adalah Anda harus selalu mempertahankan berat badan ideal Anda. Anda tidak bisa kembali menjalani pola hidup sebelumnya. Jika tidak, ya berat badan Anda kembali naik tingggi seperti sebelumnya.

Jelaslah bahwa diet dengan program apa pun harus dijalankan untuk selamanya. Hanya variasi diet yang bisa dikembangkan atau berganti variasi. Dengan cara ini, Anda akan sukses menurunkan berat badan tanpa olahraga.

9 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Berikut ini adalah cara menurunkan berat badan tanpa olahraga. Anda bisa lakukan secara bertahap. Tetapi jika ingin menjalankan semua tips sekaligus, ya itu tekad yang bagus. Semoga Anda berhasil menurunkan berat badan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

1. Lakukan Pengukuran Berat Badan Anda

mengukur berat badan

mengukur berat badan (sumber:wolipop.detik.com)

Pertama, coba ukur berat badan Anda sebelum mulai diet. Dengan cara itu, nantinya Anda akan bisa mencatat perkembangannya tiap minggu. Dengan melihat perkembangan penurunan berat badan, Anda selalu bisa memperbaiki cara diet yang Anda jalankan sehingga penurunan berat badan bisa berlangsung lebih cepat.

2. Pilih Menu Makanan yang Harus Anda Konsumsi

Tentukan makanan apa saja yang perlu Anda konsumsi selama diet dan tidak boleh dikonsumsi selama diet. Misalnya, jangan mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang tinggi. Anda harus mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori sesuai dengan kebutuhan. Baca daftar makanan dengan kalori tinggi: 16 Makanan Berkalori Tinggi yang Bisa Membuat Anda Kegemukan.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih punya peran besar untuk membuat tubuh Anda selalu sehat, termasuk bisa menurunkan berat badan atau kegemukan. Misalnya, minum dua gelas air putih 30 menit sebelum makan. Harus minum air putih sehari setidaknya 2 liter, dsb.

4. Makan Tepat pada Waktunya

Anda harus selalu makan tepat pada waktunya, baik untuk sarapan pagi, makan siang atau makan malam (petang). Makan tidak pada waktunya bisa mendorong Anda untuk makan lebih banyak. Ini bisa membuat Anda mengalami kegemukan.

5. Selalu Makan di Rumah

Makanan yang disediakan di rumah biasanya selalu terkontrol. Apakah makanan untuk penderita darah tinggi (hipertensi), kolesterol tinggi, kegemukan atau obesitas, dsb. Makanan di restoran atau rumah makan disediakan untuk orang sehat, bukan untuk orang sakit. Jika Anda yang menderita kegemukan juga makan di rumah makan, umumnya tidak bisa memilih makanan yang benar-benar sehat dan cocok untuk problem kesehatan Anda. Ya, jadilah Anda tetap sulit untuk menurunkan berat badan.

6. Tidur yang Cukup

Anda hendaknya tidur dengan waktu yang cukup, yaitu 7 – 8 jam per hari. Kurang tidur akan membuat metabolisme tubuh tak bisa bekerja dengan baik. Ini membuat Anda bisa mengalami kegemukan. Berat badan Anda selalu meningkat.

7. Pilih Makanan yang Benar-benar Bisa Menurunkan Berat Badan Anda

Makanan adalah faktor utama yang bisa membuat Anda sukses menurunkan berat badan. Oleh karena itu, perhatikan betul tentang makanan pilihan Anda. Jangan sampai salah pilih. Banyak jenis diet dan pilih jenis diet sesuai dengan tujuan Anda melakukan diet.

Yang ini adalah diet menurunkan berat badan. Bukan diet menurunkan tensi darah tinggi atau diet kolesterol tinggi. Jadi, jenis makanan yang harus dipilih bisa berbeda-beda antara satu orang dengan lainnya. Jika Anda salah memilih makanan yang perlu Anda konsumsi, Anda akan gagal dalam diet ini.

8. Konsumsi Makanan dengan Serat Tinggi

Pilih makanan dengan serat tinggi. Ini akan membuat Anda cepat kenyang atau Anda tidak mudah lapar. Makanan berserat tinggi, misalnya, jagung, kacang hitam, alpukat, pir, apel, brokoli, kacang almond, dsb.

9. Tinggalkan Hobi Ngemil (Makan Camilan)

Ngemil atau makan camilan (snack) sering menyebabkan seseorang mengalami kegemukan. Bagi Anda yang berusaha menurunkan berat badan, ya tinggalkan hobi ngemil. Apalagi, ngemil makanan yang rasanya gurih. Tak terasa, makanan kecil satu toples habis semua. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi buah.

Demikian artikel mengenai cara menurunkan berat badan tanpa olahraga. Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda sukses menurunkan berat badan Anda. Terima kasih.