Cara Mudah Menurunkan Kolesterol dengan Jeruk Nipis

Posted on

Oleh: Ratna Silvi

JERUK nipis memiliki banyak khasiat untuk pengobatan. Misalnya untuk mengecilkan perut buncit, menurunkan risiko sakit jantung, diabetes, menurunkan kolesterol, dsb. Tetapi, bagaimana cara menurunkan kolesterol dengan jeruk nipis?

Ya, jeruk nipis mengandung flavonoid yang bernama hesperidin. Tidak hanya menurunkan kolesterol tinggi, jeruk nipis juga mampu menurunkan trigliserida Anda.

Kandungan flavonoid dalam jeruk nipis atau jeruk lemon adalah paling besar dibandingkan dengan buah lainnya. Senyawa ini mampu menghambat produksi kolesterol jahat (LDL) yang berlebihan.

Ini berarti konsumsi jeruk nipis bisa menurunkan atau mencegah terjadinya kolesterol tinggi atau penyakit kolesterol.
Kandungan penting lain dari buah jeruk nipis adalah vitamin C yang bisa menurunkan timbunan lemak dengan efektif. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus jeruk nipis.

Dari pengalaman banyak pasien, minum obat tadisional jeruk nipis bisa menurunkan lemak secara efektif dan cepat. Banyak orang sukses menurunkan kolesterol tinggi dengan mengonsumsi obat penurun kolesterol dari minuman jeruk nipis.

Kolesterol tinggi memang harus segera Anda turunkan. Sebab, kolesterol tinggi yang tidak segera diturunkan bisa membuat Anda menderita sakit jantung, stroke, dsb. Salah satu cara menurunkan kolesterol dengan jeruk nipis atau jeruk lemon.

minuman jeruk nipis

minuman es jeruk nipis berkhasiat menyembuhkan kolesterol tinggi (sumber:resepmasakankita.com)

Cara Membuat Minuman Jeruk Nipis untuk Obat Menurunkan Kolesterol

Bagaimana cara membuat minuman jeruk nipis untuk menurunkan kolesterol?

Caranya sangat mudah. Anda harus lebih dulu memilih jeruk nipis segar, lalu dicuci bersih. Belah jeruk nipis jadi empat bagian dan iris menjadi beberapa potong kecil.

Potongan-potongan jeruk nipis Anda masukkan ke dalam gelas, mangkuk atau wadah lain. Tuangkan air panas ke dalam gelas hingga penuh. Selanjutnya gelas ditutup. Setelah 30 menit dan air sudah dingin, Anda silakan minum minuman jeruk nipis.

Lakukan tiap pagi dan sore hari hingga kolesterol Anda kembali normal, yakni di bawah 200 mg/dl. Ini pertanda Anda sudah sehat. Kolesterol normal adalah 150 – 200 mg/dl.

Anda bisa pula membuat jus jeruk nipis dengan tujuan yang sama, yakni menurunkan kolesterol tinggi. Ambil jeruk nipis lalu potong kecil-kecil dan masukkan ke dalam blender.

Setelah blender dihidupkan beberapa saat, ya jadilah jus jeruk nipis yang siap Anda minum. Anda akan mampu menurunkan kolesterol Anda dan Anda menjadi sehat.

Banyak orang telah mempraktekkan cara menurunkan kolesterol tinggi dengan minuman atau jus jeruk nipis. Mereka berhasil menurunkan kolesterolnya menjadi kolesterol normal.

Obat Herbal Kolesterol dari Jeruk Nipis

Jika tidak ingin membuat sendiri obat penurun kolesterol dari jeruk nipis, Anda bisa membeli obat herbal kolesterol yang juga dibuat dari jeruk nipis. Misalnya sirup Jenisa.

Selain untuk menurunkan kolesterol tinggi, sirup ini juga bermanfaat untuk nmenyembuhkan panas dalam, batuk, serak, melarutkan lemak dalam tubuh, menghaluskan kulit, menjaga stamina dan kesegaran tubuh. Sirup ini bisa diminum dengan tambahan air.

Ada juga obat herbal kolesterol Jeniper (jeruk nipis peras). Sirup ini bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi, menghancurkan lemak dalam tubuh, melarutkan nikotin (bagi perokok), menyembuhkan sariawan, influenza, panas dalam, dll, memperlancar BAB (buang air besar), dan menjaga stamina.

Diet Kolesterol Kunci Sukses Membuat Anda Selalu Sehat

Tentu saja, akan sangat baik jika Anda juga melakukan diet kolesterol. Artinya, menghindari makanan minuman pantangan kolesterol dan mengonsumsi makanan minuman yang bisa menurunkan kolesterol tinggi.

makanan penurun kolesterol

makanan penurun kolesterol tinggi (sumber:vemale.com)

Sangat penting untuk menghindari makanan minuman penyebab kolesterol tinggi. Meskipun selalu minum obat, baik obat resep dokter, obat herbal atau obat tradisional kolesterol seperti jus jeruk nipis, tetapi jika Anda masih sering mengonsumsi makanan pantangan kolesterol, ya kolesterol Anda sulit turun.

Maka, saat saya periksa kolesterol dan ternyata kolesterol saya tinggi (253 mg/dl), dokter meminta saya untuk melakukan diet. Apa yang diminta saya patuhi. Dalam tiga minggu, kolesterol saya turun menjadi 191 mg/dk. Ini berarti kolesterol saya kembali normal.

Alhamdulillah, setelah 3 tahun kolesterol saya tidak pernah kambuh. Saya memang terus-menerus melakukan diet kolesterol. Diet merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol dengan jeruk nipis

Saat saya kembali cek kolesterol di laboratorium akhir tahun 2016, hasilnya menunjukkan bahwa kolesterol saya adalah 188 mg/dl. Berarti kolesterol saya normal atau sehat. Lebih rendah sedikit dibandingkan dengan hasil cek setelah diet usai menderita kolesterol tinggi dua tahun lalu.

Diet kolesterol juga sekaligus membuat tensi darah saya selalu stabil. Diet kolesterol dan diet darah tinggi memang hampir sama. Diet merupakan cara menurunkan kolesterol yang sangat efektif menurut pengalaman saya.

Beberapa faktor penyebab kolesterol tinggi yang perlu Anda hindari antara lain:

Berikut ini adalah 8 faktor penyebab kolesterol tinggi. Anda sebaiknya menghindari 8 faktor ini jika Anda ingin sehat tanpa kolesterol. Saya pun yakin Anda pasti ingin hidup sehat selalu. Ke-8 faktor itu adalah:

1. Makanan yang mengandung lemak jenuh dengan kadar yang tinggi. Anda sebaiknya menghindari makanan-makanan itu. Contohnya daging sapi, daging babi, olahan daging panggang/daging asap, paha ayam, krim susu, keju, susu, es krim, mentega, minyak sawit, mayones, coklat hitam, ikan sarden, dan kentang goreng.

2. Kegemukan (badan terlalu gemuk).

3. Kurang olahraga. Ya, olahraga apa saja. Lakukan olahraga yang kamu bisa biar terhindar dari kolesterol tinggi.

4. Suka merokok

5. Gaya hidup tidak sehat. Misalnya, suka minum alkohol, merokok, tidak pernah berolahraga, suka makan pantangan kolesterol, dsb.

6. Sering stres

7. Diabet mellitus

8. Sering minum kopi kental

Tetapi, jika Anda bersedia melakukan diet, Anda akan mampu mengendalikan kolesterol Anda. Diet adalah kunci sukses membuat kolesterol Anda selalu normal atau tidak akan naik tinggi.

Kolesterol tinggi bisa membuat Anda sakit jantung, stroke, ataupun penyakit berat lainnya. Yang terpenting, Anda cek kolesterol di laboratorium Puskesmas, klinik atau lainnya. Biayanya murah kok. Cuma Rp 35.000.

Apabila Anda sudah usia 45 tahun, coba cek berapa kolesterol Anda. Biarpun Anda merasa sehat, cek kolesterol penting. Sebab, pada awalnya kolesterol tinggi tak memberikan tanda-tanda (gejala). Tanda-tanda muncul setelah kadar kolesterol sangat tinggi.

Bahkan, adik ipar saya saat diketahui kolesterolnya tinggi, ia juga menderita sakit jantung. Sakit jantung terjadi akibat kolesterol tinggi tidak segera diobati atau diturunkan.

Semoga artikel tentang Cara Mudah Menurunkan Kolesterol dengan Jeruk Nipis ini bermanfaat untuk kesehatan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *