Cara Menurunkan Kolesterol Jahat dengan Cepat dan Aman

Posted on

ANDA ingin cara menurunkan kolesterol jahat dengan cepat dan aman? Itu adalah keinginan yang sangat baik. Sebab, jika kolesterol tinggi, terutama kolesterol jahat, dibiarkan bisa menyebabkan stroke ataupun sakit jantung.

Kalau Anda menderita stroke, huuhh… sangat menyedihkan. Anda akan sangat menyesal, tetapi tidak ada gunanya. Stroke sulit disembuhkan, dan Anda tidak lagi bisa hidup mandiri.

Anda akan selalu minta pertolongan orang lain. Keluarga Anda akan ikut repot karena harus selalu mendampingi Anda. Apalagi, jika stroke Anda adalah stroke berat.

Saya punya tentangga menderita stroke ringan. Dokter yang merawatnya menyatakan tetangga saya itu stroke 20%. Tetapi, sudah hampir dua tahun ia belum bisa mandiri. Apa-apa harus dibantu atau minta bantuan.

Ingin makan, ingin mandi, ingin ke belakangan dan sebagainya. Jika Anda menyaksikan sendiri keseharian orang terkena sakit stroke, tentu Anda akan bersumpah jangan sampai stroke.

Tetapi, orang sering lalai. Syarat agar tidak terkena stroke atau tidak menderita sakit jantung adalah Anda harus menjalani hidup sehat. Salah satunya, Anda harus menghindari makanan penyebab kolesterol tinggi. Sebaliknya, Anda harus mengonsumsi makanan penurun kolesterol tinggi.

Selain itu, juga tidak minum minuman keras dan merokok. Tambah satu lagi, jangan sering stres. Ya stres kadang tidak bisa dihindari. Tetapi, Anda harus berlatih cara menghindari stres.

kolesterol jahat

KOLESTEROL JAHAT: makanan enak tapi sumber kolesterol jahat

Risiko Mengidap Kolestesterol Jahat yang Tidak Diobati

Gimana, Anda bisa menjalani hidup sehat? Anda ingin hidup sehat atau suka makan enak yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi?

Ya, sama dengan darah tinggi. Sumber utama terjadinya kolesterol tinggi adalah makanan. Yakni, makanan yang memproduksi kolesterol tinggi atau kolesterol jahat.

Sesungguhnya setiap orang membutuhkan kolesterol. Tetapi, jika kolesterol yang ada pada diri Anda berlebihan, maka kolesterol justru membuat Anda tidak sehat. Bahkan, bisa menyebabkan Anda jatuh sakit. Karena itu,  Anda harus berusaha menurunkannya sampai posisi kolesterol normal.

Batasan kolesterol normal adalah 150 – 200 mg/dL. Jika lebih tinggi dari itu, Anda harus berusaha menurunkannya. Apalagi, jika kolesterol Anda mencapai 240 mg/dL ke atas, wooww..

Itu adalah kolesterol tinggi. Penyebabnya adalah karena tingginya kolesterol jahat dalam darah Anda. Anda harus menggunakan cara menurunkan kolsterol jahat dengan cepat.

Jika tidak, risikonya bisa macam-macam. Misalnya, Anda akan terkena sakit jantung, stroke atau lainnya.

Untuk menghindari terjadinya kolesterol tinggi, Anda perlu cek kolesterol di puskesmas, rumah sakit atau klinik yang melayani pemeriksaan kolesterol. Ya, di mana saja klinik yang melayani pemeriksaan kolesterol yang dekat dengan tempat tinggal Anda.

Jika Anda punya dana, Anda bisa membeli alat cek kolesterol digital. Harganya tidak mahal kok. Harga murah, tetapi fungsinya sangat besar.

Saya punya adik ipar. Ia tinggal di desa, memiliki usaha peternakan ayam potong. Mungkin, ia sering mengonsumsi daging ayam.

Ia tidak pernah cek kolesterol. Semula ia sakit di bagian tengkuk dan punggung. Ia pijat ke tukang pijat. Sembuh, tetapi di lain waktu muncul kembali. Itu terjadi berulang-ulang.

Akhirnya ia periksa ke puskesmas. Apa hasilnya? Ternyata ia menderita kolesterol tinggi. Bahkan, jantungnya juga kena akibat kolesterol jahat yang tidak diobati atau diturunkan.

Terpaksa ia harus dirawat beberapa hari di rumah sakit. Ia harus menurunkan kolesterol jahat yang menggerogoti kesehatannya.

makanan serat tinggi

Diet, Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Apakah kolesterol jahat itu?

Dinamakan kolesterol jahat atau LDL karena sangat buruk pengaruhnya bagi kesehatan. Ia bisa menjadi biang kerok dari munculnya penyakit pembuluh darah arteri.

Akan banyak plak di dinding arteri sehingga menyebabkan darah tidak bisa mengalir lancar ke jantung dan otak. Akibatnya, ancaman sakit stroke atau jantung meningkat.

Oleh karena risikonya yang sangat tinggi, Anda harus selalu membatasi kolesterol Anda jangan sampai melebihi angka kolesterol normal (200 mg/dL). Jika lebih dari 200 mg/dL, apalagi 240 mg/dL ke atas, Anda harus berusaha menurunkannya.

Cara menurunkan kolesterol jahat paling cepat dengan diet. Yaitu, menghindari makanan pemicu kolesterol tinggi sekaligus mengonsumsi makanan penurun kolesterol tinggi.

Anda perlu juga mengonsumsi obat farmasi atau obat herbal penurun kolesterol. Tetapi, cara itu harus didukung dengan diet supaya penurunan kolesterol berlangsung cepat.

Alodokter.com menjelaskan, beberapa makanan harus dihindari selama diet supaya Anda bisa terhindari dari kolesterol jahat adalah hati hewan ternak, lobster, burger, steak iga, dan camilan.

Beberapa makanan itu mengandung kolesterol tinggi yang membahayakan kesehatan Anda. Hati sapi seberat 85 gram mengandung kolesterol 331 mg. Padahal, tubuh hanya memerlukan kolesterol 300 mg. Bagaimana jika Anda makan hati sapi goreng cukup banyak. Wooww…

Belum lagi dengan makanan lain yang juga mengandung kolesterol tinggi. Bagi Anda yang sehat, mengonsumsi hati sapi dalam jumlah banyak ya tak apa-apa. Tetapi, sebaiknya tetap dalam batasan yang wajar biar tak muncul kolesterol jahat.

Kandungan kolesterol dalam lobester juga tinggi. Walau tidak setinggi hati sapi. Kandungan kolesterol pada lobster 85 gram adalah 61 mg. Burger juga mengandung kolesterol jahat yang tinggi, yakni 85 – 175 mg. belum ditambah makanan lain yang juga punya kandungan kolesterol yang tinggi.

Ya, hati-hati aja biar Anda tidak terkena penyakit kolesterol jahat atau kolesterol tinggi. Penyakit kolsterol juga sangat menyiksa looo..! Soalnya, saya juga pernah kena kolesterol tinggi.

Saat itu kadar kolesterol saya adalah 253 mg/DL. Angka ini melebihi toleransi sehingga harus cepat diturunkan.

Waktu itu, selain mengonsumsi obat penurun kolesterol farmasi dari resep dokter, saya juga melakukan diet kolesterol.

Apa saja makanan yang saya hindari? Wah, banyak.

Tetapi, masih banyak makanan yang dibolehkan karena tidak membuat kolesterol tinggi.

Salah satu makanan yang saya hindari adalah goreng-gorengan. Misalnya, tempe goreng, ayam goreng, bebek goreng, tahu goreng, udang goreng, ikan goreng, dsb. Pokoknya aneka gorengan karena minyaknya mengandung lemak jenuh.

Gantinya, saya minta disiapkan segala makanan rebus. Ya, tempe rebus, tahu rebus, ketela rebus, dsb. Pokoknya serba rebus. Tidak lezat dan merupakan makanan jadul (jaman dulu), ya tak apa. Tetapi nyaman. Yang terpenting tetap sehat.

Ternyata, hasilnya sangat efektif. Benar-benar efektif. Dalam waktu 21 hari, kolesterol saya turun menjadi 191 mg/dL. Saya sangat senang sekali ketika dokter menyatakan saya sudah sehat dan penurunan kolesterol jahat saya berlangsung sukses.

kolesterol jahatsenam kolesterol, senam untuk menurunkan kolesterol (sumber:sinarharapan.co)

Melakukan Olahraga dengan Teratur

Selain faktor makanan, sesuai dengan petunjuk dokter, saya pun melakukan olahraga. Terkadang jalan kaki dan terkadang senam. Saya jalankan tiap pagi. Ya, semampunya aja tetapi rutin.

Tentu saja, saya tidak pernah mengonsumsi minuman keras karena saya tidak punya hobi untuk itu. Saya juga tidak merokok.

Ya, menghindari makanan pemicu kolesterol ditambah dengan olahraga teratur adalah cara efektif untuk menurunkan kolesterol jahat. Diet seperti yang saya jalankan itu tidak berat kok.

Yang penting bagaimana kita bisa hidup sehat. Lebih-lebih bagi Anda yang berusia 50 tahun ke atas. Menjaga kesehatan lebih penting daripada apa pun. Ini harus ditanamkan dalam keseharian kita.

Jangan dibalik. Yang penting makan enak dan nikmat. Woww, jika itu prinsip Anda, coba pikirkan lagi. Ubah prinsip itu. Sebab, itu bisa fatal jika Anda adalah penderita darah tinggi, kolesterol tinggi, dsb.

Tambahan, untuk menghindari terjadinya kolesterol tinggi, sebaiknya Anda hindari semua jenis lemak trans yang terdapat pada minyak sayur terhidrogenasi dan camilan.

Hindari juga daging berlemak, kuning telur, produk susu, roti, dan makanan cepat saji, termasuk burger dan steak.

Demikian artikel mengenai cara menurunkan kolesterol jahat dengan cara cepat dan aman. Sehatfisik.com berharap semoga artikel bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *