Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami dengan Mudah dan Murah

Posted on

ANDA bisa menurunkan kolesterol tinggi tanpa menggunakan obat. Banyak cara bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol. Antara lain menurunkan kolesterol secara alami. Ini adalah cara yang aman dan mampu bertahan lama.

Kolesterol tinggi terjadi ketika kadar kolesterol Anda melebihi angka normal. Sementara, pengertian kolesterol adalah senyawa lemak berlilin. Sebagian besar kolesterol diproduksi di hati dan lainnya berasal dari makanan yang Anda konsumsi.

Kolesterol Anda dikategorikan normal jika kadarnya 150 – 200 mg/dl. Jika angkanya 201 – 239 mg/dl, itu adalah prakolesterol tinggi. Dikatakan kolesterol tinggi jika angkanya 240 mg/dl ke atas.

Saya pernah menderita kolesterol tinggi karena kolesterol saya adalah 253 mg/dl. Badan terasa sakit dengan tengkuk (leher belakang) kencang. Makan tidak nyaman dan tidur tidak tenang. Saat periksa dokter, eh saya menderita kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi harus diturunkan sampai kembali normal. Jika tidak diturunkan, risikonya Anda bisa terkena sakit jantung atau stroke. Saya yakin Anda tidak ingin terkena stroke atau sakit jantung. Anda harus mengobati kolesterol Anda.

Yang Merepotkan, Banyak Penderita Kolesterol Tinggi Tanpa Ada Tanda

menurunkan kolesterolmakanan yang bisa menurunkan kolesterol tinggi (sumber:turuninberatbadan.com)

Masalahnya, banyak orang menderita kolesterol tinggi tanpa gejala atau tanpa-tanda. Mereka merasa selalu sehat sehingga tidak pernah periksa dokter. Kolesterol tinggi diketahui setelah ada tanda-tanda seperti tengkuk sakit, kepala pusing, dsb.

Tetapi, tanda-tanda itu muncul setelah kolesterolnya tinggi. Misalnya, angka kolesterol sudah mencapai 285 mg/dl seperti dialami adik ipar saya. Atau mencapai 253 mg/dl seperti saya alami.

Yang dikhawatirkan, ketika diketahui Anda menderita kolesterol tinggi, kondisinya sudah payah atau bahaya. Yakni sudah kondisi berat. Bahkan, tidak jarang penyakit kolesterol sudah menimbulkan komplikasi dengan sakit jantung, misalnya.

Maka, cara terbaik adalah periksa kolesterol. Anda bisa datang ke Puskesmas atau klinik untuk cek kolesterol. Berapa kadar kolesterol Anda?

Tidak perlu takut untuk cek kadar kolesterol. Biaya periksa sekitar Rp 35.000. Jika Anda punya kartu BPJS, Anda bisa periksa gratis. Dengan periksa kadar kolesterol, Anda bisa tahu kondisi kolesterol Anda.

Jika kolesterol Anda dinyatakan sehat, ya alhamdulillah. Anda perlu periksa lagi sekitar 5 tahun. Ya, sekali lagi, periksa kadar kolesterol jangan menunggu sakit. Dengan mengetahui kondisi kolesterol, Anda bisa melakukan pencegahan kolesterol biar tidak tinggi.

Misalnya, kolesterol Anda 195 mg/dl. Ini adalah lampu kuning. Anda harus menurunkannya sebelum kolesterol Anda menjadi tinggi. Apalagi, jika kolesterol Anda sudah 215, misalnya. Anda harus berusaha keras menurunkannya supaya Anda tetap sehat.

Salah satu caranya dengan mengonsumsi obat herbal kolesterol. Obat herbal bebas dari efek samping yang bisa merugikan kesehatan Anda.

Menurunkan Kolesterol secara Alami: Hindari Makanan-makanan Berikut Ini

Banyak cara bisa Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol tinggi. Antara lain dengan cara alami. Artinya, Anda menurunkan kolesterol tanpa menggunakan obat.

Bisakah itu? Ya, bisa. Yang penting Anda selalu mematuhi cara mencegah atau menurunkan kolesterol secara alami. Jika Anda konsisten, Anda akan sehat. Anda tak akan pernah menderita kolesterol tinggi.

Saya telah menjalankan hal itu. Setelah sembuh dari kolesterol tinggi tahun 2014 lalu, saya mencoba cara mencegah kolesterol secara alami. Artinya, saya mencegah dan menghindari penyakit kolesterol tanpa mengonsumsi obat.

Setelah dua tahun berjalan, saya cek di laboratorium. Hasilnya, kolesterol saya adalah 188 mg/dl. Ini berarti lebih sehat daripada pemeriksaan dua tahun sebelumnya, yakni 191 mg/dl.

Selama dua tahun setelah sembuh dari sakit kolesterol pertama, saya tak pernah minum obat kolesterol, baik obat generik ataupun obat herbal kolesterol. Saya memilih cara menurunkan kolesterol secara alami.

Antara lain dengan menghindari beberapa makanan berikut ini:

aneka gorengan

aneka gorengan, sumber penyakit kolesterol tinggi

1. Aneka Gorengan.

Jika ingin mengonsumsi gorengan, Anda perlu memilih aneka gorengan yang menggunakan minyak zaitun. Jika tidak, ya Anda bisa mengganti aneka gorengan dengan mengonsumsi makanan direbus.

Jika Anda tidak bisa menghindari makanan gorengan, maka hindari bertahap. Artinya, Anda tidak menghindari sekaligus, tetapi bertahap. Misalnya, biasanya habis 4 tempe goreng, kurangi jadi 2 tempe goreng. Tahap berikut baru meninggalkan semuanya.

Demikian pula untuk makanan goreng lainnya, seperti tahu goreng, ayam goreng, kerupuk goreng, ikan goreng, lunpia goreng, dsb. Pokoknya, semua makanan yang digoreng.

Selain itu, Anda harus punya semangat untuk hidup sehat. Apa pun akan Anda lakukan. Yang penting Anda bisa hidup sehat.

Saya pun awalnya agak sulit meninggalkan aneka gorengan, terutama untuk lauk seperti ayam goreng, tempe goreng, tahu goreng, dsb. Tetapi, kini bisa menghindari semua makanan gorengan dan saya merasa lebih sehat dibandingkan waktu sebelumnya.

2. Makanan Manis

Makanan manis juga sumber terjadinya kolesterol tinggi. Maka, hati-hati jika sekarang Anda tergolong penghobi makanan atau minuman manis. Kurangi rasa manisnya sampai ke tingkat minimal.

Atau ganti dengan gula sintetis. Yang paling mudah, ya kasih gula sedikit saja.

Tidak hanya terhindar dari penyakit kolesterol tinggi. Dengan menghindari makanan dan minuman manis, Anda akan terbebas dari penyakit darah tinggi (hipertensi), diabetes, dsb.

Makanan manis, misalnya, cookies, kue, croissant, muffin, kue kering, permen, soda, minuman berenergi, jus instan, roti, dan makanan kemasan lain yang mengandung tambahan gula.

3. Daging Beku

Makanan lain yang harus Anda hindari untuk menurunkan kolesterol secara alami adalah daging beku. Seumpama Anda sangat ingin mengonsumsi, boleh saja. Tetapi, sedikit saja dan tidak tiap hari.

Tidak hanya memicu naiknya kadar kolesterol, makanan ini juga bisa meningkatkan risiko kena penyakit jantung. Ya, hati-hatilah. Makanan yang harus Anda hindari ini adalah bacon, sosis, salami, dsb.

4. Mayonis dan Makanan Fast Food

Mayonis, burger, dan fast food juga harus Anda hindari biar Anda sehat, tidak kena kolesterol tinggi. Makanan ini tidak hanya mengandung lemak, tetapi juga asam lemak jenuh.

5. Makanan dengan Kadar Lemak Tinggi

Anda juga harus menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh kadar tinggi. Misalnya, santan, jeroan, kerang, udang, telur burung puyuh, cumi, otak sapi, daging kambing, daging bebek dengan kulitnya, dsb.

6. Makanan dengan Karbohidrat Hasil Refinasi

Makanan lain yang harus Anda hindari adalah makanan yang mengandung karbohidrat hasil refinasi. Misalnya, roti tawar putih dan pasta. Kedua makanan ini umumnya mempunyai indeks glikemik tinggi.

Tidak hanya bisa meningkatkan kadar kolesterol, makanan-makanan ini juga bisa menaikkan kadar gula dalam darah Anda.

Hindari 15 Makanan Ini untuk Menurunkan Kolesterol secara Alami

Berikut ini adalah 15 makanan dengan kandungan kolesterol tertinggi. Anda sebaiknya menghindari makanan-makanan ini. Apalagi, jika angka kolesterol Anda lebih dari 200 mg/dl.

Menghindari ke-15 makan berikut ini adalah cara efektif untuk menurunkan kolesterol secara alami. Saya telah membuktikan cara itu dan saya puas dengan hasilnya.

Sampai kini saya masih menghindarinya. Saya tidak ingin kembali menderita sakit kolesterol.

Ke-15 makanan dengan kandungan kolesterol tertinggi adalah:

01 Telur burung puyuh 3.640 Dilarang
02 Otak babi 3.100 Dilarang
03 Otak sapi 2.300 Dilarang
04 Kuning telur ayam 2.000 Dilarang
05 Cumi-cumi 1.170 Dilarang
06 Jeroan kambing 610 Berbahaya
07 Telur ayam 500 Berbahaya
08 Kerang putih/remis/tiram 450 Berbahaya
09 Jeroan babi 420 Berbahaya
10 Jeroan sapi 380 Berbahaya
11 Mentega/margarine 300 Berbahaya
12 Coklat (cacao) 290 Berbahaya
13 Susu sapi krim 280 Berbahaya
14 Susu sapi 250 Berbahaya
15 Lemak babi 200 Berbahaya

Lakukan Olahraga, Makan Buah & Mengonsumsi Makanan Penurun Kolesterol

Untuk membuat Anda sukses menurunkan kolesterol tinggi dan membuat kolesterol Anda selalu normal, Anda sebaiknya rutin melakukan olahraga. Tidak perlu olahraga berat dan berbiaya mahal. Cukup olahraga yang murah dan mudah.

Misalnya, jalan kaki keliling kompleks perumahan, lari pagi, senam, jogging, push up, site up, bersepeda, dsb. Lakukan minimal 5 kali per minggu, Anda akan mampu menurunkan kolesterol tinggi. Anda juga akan mampu membuat kolesterol Anda selalu normal. Bahkan, Anda juga akan bebas dari kemungkinan terkena darah tinggi, stroke, darah tinggi, diabetes, dsb.

Intinya, Anda akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berat.

Selain itu, perbanyaklah makan buah. Ini juga sangat baik untuk memelihara kolesterol Anda sehingga dalam kondisi normal. Misalnya, buah mangga, delima, blueberry, alpukat, anggur, jeruk lemon, tomat, strawberry, apel, dsb.

Atau memperbanyak makanan penurun kolesterol. Jika Anda mengonsumsinya secara teratur, Anda bisa menurunkan kolesterol dan menjaga kolesterol tetap normal. Makanan penurun kolesterol antara lain beras merah, gandum, bayam, buncis, kedelai, bawang putih, ikan omega 3, dan ikan salmon.

Demikian artikel mengenai cara menurunkan kolesterol secara alami. Semoga Anda sukses menurunkan kolesterol sehingga Anda selalu sehat.

One thought on “Cara Menurunkan Kolesterol secara Alami dengan Mudah dan Murah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *