11 Cara Praktis Merawat dan Mengatasi Rambut Mengembang

Diposting pada

CARA merawat rambut mengembang. Banyak faktor yang membuat rambut Anda mengembang. Tetapi jika hal itu sudah terjadi, yaitu rambut Anda mengembang, apa yang harus Anda lakukan? Bisakah Anda mengatasi sendiri atau harus pergi ke salon khusus yang bisa mengatasi rambut mengembang?

Ada dua hal yang harus Anda lakukan berkaitan dengan rambut mengembang. Pertama adalah mencegah terjadinya rambut mengembang. Kedua mengatasi rambut mengembang biar menjadi rambut lurus.

Kedua hal itu harus dilakukan bersamaan. Tujuannya supaya Anda berhasil merawat rambut mengembang dan rambut Anda akan tumbuh sehat. Rambut, bagi wanita khususnya, merupakan mahkota. Rambut akan berpengaruh besar pada penampilan Anda.

Maka, rambut kepala harus selalu dirawat dengan baik. Kebutuhan nutrisinya juga harus dipenuhi. Tujuannya supaya rambut selalu tumbuh subur, sehat dan menawan.

Ya, cara merawat rambut mengembang sesungguhkan mudah dan murah. Kecuali Anda ingin perawatan yang prima. Tentu biayanya bisa mahal. Yang lebih penting adalah kemauan dan selalu menyediakan waktu untuk mengatasi rambut mengembang.

11 Cara Merawat Rambut Mengembang dengan Mudah dan Murah

Setidaknya ada 11 cara merawat rambut mengembang yang bisa Anda lakukan. Tidak semua cara harus Anda lakukan. Pilih cara mana yang mudah Anda lakukan dan cocok dengan kondisi rambut kepala Anda.
tititl
Yang penting Anda harus memberikan perhatian khusus pada perawatan rambut Anda. Buat jadwal perawatan rambut dan lakukan sesuai dengan jadwal yang telah Anda buat.

cara merawat rambut mengembang
(sumber: bisikan.com)

1. Keramas Menggunakan Air Dingin

Ketika keramas, jangan gunakan air panas. Anda sebaiknya menggunakan air dingin sehingga rambut Anda akan tumbuh sehat. Penggunaan air panas bisa membuat kulit kepala berminyak dan rambut tidak sehat seperti tumbuh bercabang.

Waktu keramas jangan tiap hari. Tetapi, 2 atau tiga hari sekali. Keramas terlalu sering justru bisa membuat rambut rusak.

2. Gunakan Shampo Khusus untuk Rambut Mengembang

Cara mengatasi rambut mengembang lainnya dengan menggunakan shampo. Ada beberapa sampo yang dikhususkan untuk mengatasi rambut mengembang.

Misalnya, Sampo Redken All Soft, Dove Nourishing Oil Care, TRESemme Keratin Smooth, L’Oreal Paris Smooth Intense Caring, Sunsilk Soft & Smooth dsb.

Shampo Redken All Soft mengandung formula ultra-rich yang bisa mengatasi rambut kering dan mengembang. Shampo ini bisa juga digunakan untuk jenis rambut lainnya.

Dove Nourishing Oil Care mengandung ektrak dari minyak almond, kelapa, dan bunga matahari. Shampo ini efektif untuk melembutkan rambut, rambut tidak kering dan tidak mengembang.

TRESemme Keratin Smooth mengandung keratin yang sangat bermanfaat untuk memenuhi protein rambut. Rambut tidak kering dan tidak akan mengembang lagi. Rambut juga mudah diatur.

3. Memakai Kondisioner Rambut

Kondisioner rambut dan shampo sebenarnya berbeda. Tetapi, karena fungsinya sangat berkaitan erat, maka tidak sedikit orang yang menyamakannya. Di sini tidak akan dibahas tentang perbedaan. Namun, bagaimana cara mengatasi rambut mengembang menggunakan shampo dan kondisioner (conditioner).

Ada beberapa kondisioner yang sangat baik untuk dipakai merawat rambut mengembang dan rambut kering. Antara lain TRESemmé Keratin Smooth, Sunsilk Lively Straight Conditioner dan Sunsilk Soft and Smooth Conditioner.

Gunakan TRESemmé Keratin Smooth setelah keramas. Rambut akan lurus dan mudah diatur hingga 48 jam. Kondisioner ini mengandung keratin dan protein alami yang juga ada pada rambut. Dengan menggunakan kondisioner ini, kekurangan keratin bisa dipenuhi sehingga rambut Anda kembali sehat. Tidak mengembang dan tidak rusak.

Kondisioner ini dikembangkan menggunakan teknologi Straight Lock. Tujuannya untuk membuat rambut lurus, rapi, dan halus seharus sutera. Anda bisa menggunakannya rutin setelah keramas.

4. Atur Pemakaian Shampo dengan Baik

Pemakaian shampo dan kondisioner perlu Anda atur dengan baik. Perhatikan juga cara penggunaan shampo dan kondisioner. Dengan penggunaan secara baik, rambut tidak akan rusak.

Gunakan sisir yang bergigi banyak untuk menyisir supaya rambut menjadi lurus dan tidak mengembang. Penyisiran dilakukan setelah keramas dan waktu keramas 2 – 3 hari sekali.

Anda juga bisa menggunakan catok. Tetapi, catok ini menggunakan listrik sehingga perlu dipahami cara penggunaan yang baik. Biar Anda sukses cara merawat rambut mengembang.

5. Menggunakan Masker Rambut

Cara supaya rambut tidak mengembang juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan masker rambut. Lakukan 2 minggu sekali sehingga rambut Anda tetap sehat, lembut, tidak kering dan tidak mengembang.

Banyak masker bisa Anda pilih. Ingin memilih masker harga murah, sedang atau harga mahal. Misalnya, Pantene Daily Moisture Renewal Intensive Hair Mask. Harganya cuma Rp 38.000. Atau L’Oreal Paris Total Repair 5 – 1 Minute Repairing Mask dengan harga Rp 65.000.

Atau yang berharga mahal. L’Occitane Aromachologie Repairing Mask harga Rp 520.000. Kerastase Nutritive Masquintense harga Rp 450.000 dan The Body Shop Banana Truly Nourishing Hair Mask harga Rp 269.000.

6. Pakai Bahan-bahan Alami

Anda juga bisa menggunakan bahan alami sebagai cara merawat rambut mengembang atau rambut kering. Tentu saja, cara ini lebih aman dari penggunaan produk yang menggunakan bahan kimia.

Cara terbaik, yang sesuaikan dengan kondisi rambut. Ada rambut yang rentang terhadap penggunaan produk berbahan kimia. Solusinya dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Bahan-bahan alami yang bisa digunakan merawat rambut mengembang antara lain minyak zaitun, minyak zaitun dan madu, minyak zaitun dan kuning telur, minyak kemiri, minyak jarak, alpukat, pisang, dsb.

Cara menggunakan minyak zaitun, ratakan ke rambut Anda dan diamkan sampai kering sekitar 30 menit. Lalu, bilaslah dengan air bersih atau dengan keramas.

Minyak zaitun bisa dicampur dengan madu dengan ukuran 1:1. Oleskan ke rambut sampai merata. Diamkan 30 menit dan bilas dengan air bersih.

Dengan buah alpukat, Anda perlu menghaluskannya dulu setelah dikupas kulitnya. Anda bisa pakai blender untuk menghaluskan. Cukup 1 buah saja. Hasilnya, Anda oleskan ke rambut hingga rata. Diamkan 30 menit dengan ditutup handuk. Lalu, bilas dengan air bersih atau sekaligus dengan keramas.

7. Rambut Jangan Diikat Ketika Tidur

Banyak efek negatif dari mengikat rambut menjelang tidur atau ketika tidur. Misalnya, rambut bisa rontok, rambut menjadi kering dan mudah patah, gatal-gatal pada kulit kepala, kepala pusing, rambut mengembang, dan rambut bergelombang.

Jika Anda merasa lebih nyaman dengan mengikat rambut, maka ikatan jangan terlalu kencang. Tetapi longgarkan ikatan. Sebab, rambut perlu bernafas dan menyirkulasi nutrisi.

8. Jangan Terlalu Lama Kena Sinar Matahari

Terlalu lama di bawah sinar matahari bisa merusak rambut. Misalnya, rambut menjadi kering dan mengembang. Caranya, ya pakai penutup kepala jika Anda berada di lokasi terbuka dan mendapatkan sinar matahari.

Tetapi, Anda juga bisa menggunakan produk-produk khusus untuk mengatasi kerusakan rambut akibat kena sinar matahari. Misalnya, menggunakan treatment gloss atau glaze yang bisa Anda dapatkan di salon. Atau pakai masker rambut, pakai produk styling yang bisa meluruskan rambut, dsb.

Banyak produk untuk mengatasi rambut mengembang yang bisa Anda pilih. Selain itu, Anda perlu menghindari sinar matahari, termasuk ketika beraktivitas di luar ruangan.

9. Gunakan Perawatan Anti-Frizz Spray

Ini termasuk cara perawatan rambut mengembang secara praktis. Bagi Anda yang tidak punya banyak waktu karena kesibukan bisa memilih perawatan Anti-Frizz. Banyak produk untuk itu dijual di berbagai toko atau konter kecantikan, termasuk di salon atau di toko online.

Mulai dari shampo, kondisioner, masker rambut hingga Anti-Frizz spray. Anda bisa menggunakan produk itu ketika menata rambut sebelum bepergian. Rambut Anda akan lebih rapi dan sehat.

Harganya pun murah. Banyak yang harganya di bawah Rp 50 ribu. Misalnya, Perawatan Anti-Frizz, Ricko Jaya Makarizo Anti Frizz Spray Advisor, Vanestrix Anti Frizz Spray Shine Serum, JvGood Moroccan Argan Oils 100% Pure Body & Massage Oils Hair Care, WATSONS Argan Oil Anti-frizz Treatment Shampoo, L’oreal Smooth Intense Anti Frizz Conditioner, dsb.

Harganya dari Rp 20.000 – Rp 100.000. Anda bisa memilih produk yang cocok karena banyak pilihan.

10. Sering Mengonsumsi Vitamin B

Mengonsumsi vitamin B-kompleks juga bisa Anda jadikan cara merawat rambut mengembang. Vitamin B-kompleks bisa Anda peroleh dari konsumsi telur, pisang, dan kacang-kacangan, dsb.

Tentu saja, vitamin B-kompleks bukan satu-stunya vitamin yang bisa Anda gunakan untuk merawat dan mengatasi rambut mengembang. Vitamin lain ada juga yang punya fungsi merawat rambut Anda.

Untuk mendapatkan asupan vitamin B-kompleks, Anda bisa membeli produk yang khusus untuk itu. Anda tidak perlu repot. Harganya pun murah. Misalnya, Ellips prokeratin complex smooth and silky. Produk ini mengandung minyak lidah buaya dan pro keratin complex.

Kegunaannya untuk menjaga kelembaban rambut, rambut lebih lembut, dan terhindar dari kerusakan. Harganya adalah Rp 8000.

Cara menggunakan dioleskan pada rambut secara merata setelah keramas dan agak kering. Tetapi, sebelum itu Anda keramas dulu dengan shampo yang sesuai.

Usai keramas, oleskan Ellips Hair Mask Hair Treatment Damage Reliever pada semua rambut secara merata sambil dipijat. Dua menit kemudian oleskan Ellips Hair Vitamin Pro-Keratin Complex Hair Repair. Biarkan rambut kering sendiri tanpa bantuan alat khusus.

Produk lain yang juga bisa merawat rambut mengembang, kering dan mudah rusak adalah Makarizo Advisor Hair Recovery Spray, L’Oreal Expert Pro Fiber Restore Repairing Emulsion, Miranda Hair Kemiri, Sunsilk Vitamin Soft & Smooyh, dsb.

11. Pilih Gaya Rambut yang Cocok

Anda juga bisa mengatasi rambut mengembang dengan memilih gaya atau mode rambut. Banyak mode rambut yang bisa Anda pilih. Rambut tampak modis sekaligus bebas dari masalah rambut mengembang atau rambut kering dan lainnya.

Mode rambut yang bisa dipilih antara lain mode shaggy panjang, bob panjang dengan layer, rambut ikal panjang dengan soft layer, rambut panjang dengan potongan rata, bob sebahu dengan layer, dsb. Ya, ibarat pepatah banyak jalan menuju roma. Banyak mode bisa Anda pilih untuk mengatasi rambut mengembang.

Demikian 11 cara merawat rambut mengembang. Anda bisa memilih cara mengatasi rambut mengembang yang tepat sesuai dengan kondisi rambut Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *