9 Cara Ngecilin Perut dengan Mudah dan Aman

Advertisement

GIMANA cara ngecilin perut dengan mudah dan aman? Ya, tentu banyak cara bisa dilakukan. Tetapi, yang lebih utama adalah upaya memperkecil perut buncit harus dilakukan terus menerus atau kontinyu. Bukan hanya satu minggu selesai dan kembali melakukan cara hidup lama.

Ya, pemahaman ini harus dipegangi dulu. Jika tidak, banyak orang gagal ngecilin perutnya karena tekad yang kurang kuat dan tidak bulat. Tekad untuk memiliki perut ramping harus dicanangkan lebih dulu.

Baru setelah itu, mulailah melakukan berbagai upaya untuk mengecilkan perut buncit Anda. Tidak usah tergesa-gesa dengan mematok sekian hari, sekian minggu, dsb.

Yang terpenting adalah tekad untuk berusaha. Jika upaya mengecilkan perut buncit bisa tercapai sesuai dengan jadwal, ya alhamdulillah. Jika tidak, ya terus lakukan sampai sukses.

Itu penting supaya sukses mengecilkan perut buncit untuk jangka waktu yang lama. Bukan hanya satu minggu, satu bulan, satu tahun, tetapi untuk selamanya. Ya, selama hayat masih dikandung badan.

Dengan cara seperti itu, Anda akan nyaman melakukan diet mengecilkan perut sekaligus membuat Anda sehat.

Ya, ini penting. Bukan sekadar cara ngecilin perut dan perut jadi ramping. Tetapi, membuat Anda lebih sehat dengan perut tidak buncit.

Daftar 9 Cara Ngecilin Perut yang Perlu Anda Lakukan Tiap Hari

mengukur perut buncitmengukur perut buncit (foto:sitijuwariyah.com)

Seperti disinggung pada awal artikel ini, banyak cara mengecilkan perut buncit yang bisa Anda lakukan. Anda bisa memilih cara yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda.

Tidak perlu memaksakan diri. Tetapi, jalankan cara mengecilkan perut dengan rasa senang dan semangat. Ini akan membantu mempercepat cara mengatasi perut buncit dengan cepat.

Selain itu, juga jalankan diet mengecilkan perut ini dengan cara yang tetap membuat Anda sehat. Bukan menyiksa. Caranya, sesuaikan program melangsingkan perut dengan beban yang Anda jalankan.

Sebab, beban tiap orang berbeda sehingga proses mengecilkan perut buncit juga tidak sama.

Berikut ini beberapa langkah atau cara ngecilin perut Anda. Sekali lagi, lakukan cara mengecilkan perut buncit dengan rasa senang dan penuh semangat. Sebab, ini bukan mengecilkan hanya untuk satu minggu, dua minggu, satu bulan, atau satu tahun.

Tetapi untuk selamanya. Selama hayat masih dikandung badan.

1. Kurangi porsi makan

Jumlah porsi makan yang banyak sering membuat perut Anda buncit. Lebih baik makan beberapa kali dengan porsi kecil daripada makan hanya dua kali sehari tetapi dalam porsi besar.

Mengapa? Karena dengan makanan porsi kecil, proses metabolisme dalam tubuh akan berjalan lebih cepat. Kalori yang terbakar pun lebih banyak. Sebaliknya, hanya sedikit lemak yang tersimpan dalam tubuh. Ini akan membuat program ngecilin perut buncit berjalan lancar.

2. Kurangi asupan gula

Kurangi minuman manis karena banyak gula. Sebab, gula bisa meningkatkan jumlah insulin yang juga bisa meningkatkan jumlah produksi lemak dalam tubuh.

Selain itu, konsumsi banyak gula bisa menghambat hormon leptin sehingga Anda akan selalu merasa lapar. Akibatnya, Anda selalu ingin makan yang membuat kegemukan ataupun perut buncit. Cara terbaik untuk mengecilkan perut buncit adalah mengurangi konsumsi gula.

3. Perbanyak makan buah dan sayuran

makan buahkonsumsi buah (sumber:dokter.id)

Cara ngecilin perut lainnya adalah mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein dan rendah lemak dan mengandung banyak vitamin C. Antara lain buah raspberry, paprika, kacang-kacangan, gandum, alpukat, labu, kiwi, dan sayuran.

Beberapa sayuran yang rendah lemak adalah kentang, kembang kol, bayam, dan labu. Ikan dan susu rendah lemak juga baik untuk Anda konsumsi. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C. Tetapi, jangan lebih dari 500 miligram per hari.

4. Perbanyak minum air putih

Memperbanyak minum air putih juga bisa sebagai cara melangsingkan perut dan membuat tubuh Anda sehat. Anda bisa minum 8 – 10 gelas dalam sehari. Air putih akan membantu kesehatan sel dan membantu dalam pencernaan. Air juga sebagai alat detoksifikasi dan penahan nafsu makan.

Selain itu, konsumsi banyak air putih bisa membantu pemecahan lemak yang tertimbun dalam tubuh. Selain itu, tingkat metabolismenya meningkat 30% setelah Anda minum 17 ons air putih.

5. Jalan cepat, jogging dan jalan santai

Anda bisa melakukan olahraga untuk mengecilkan perut buncit. Antara lain dengan jalan cepat, jalan santai, jogging, aerobik, bersepeda, dsb. Lakukan 40 – 50 menit tiap hari dan lakukan selama 4 – 5 hari dalam satu minggu.

Bangkitkan selalu semangat untuk melakukan olahraga secara terus-menerus. Makin lama Anda akan merasa nyaman sehingga tidak malas untuk berolahraga.

6. Istirahat yang cukup

Anda perlu istirahat yang cukup. Tidur termasuk istirahat. Anda bisa istirahat selama 7 – 8 jam sehari. Istirahat perlu untuk mengembalikan stamina. Ketika Anda kurang tidur akan terjadi peningkatan hormon ghrelin yang membuat Anda banyak makan sehingga perut menjadi buncit atau kegemukan.

Sebaliknya, hormon leptin menurun sehingga Anda tidak mudah cepat merasa kenyang. Ya, mau makan malas sehingga otomatis bisa mengecilkan perut buncit Anda.

7. Minum teh hijau atau teh jeruk nipis

Minuman teh juga bisa Anda gunakan sebagai cara ngecilin perut buncit. Yaitu, minuman teh hijau atau minuman teh biasa ditambah dengan jeruk nipis.

Mengecilkan perut buncit dengan minum teh hijau sudah dikenal sejak dulu. Tetapi, seduhan teh hijau ini harus tanpa gula. Anda harus mengonsumsi minuman teh hijau sebelum makan. Tujuannya supaya Anda bisa mengurangi porsi makan akibat sudah minum banyak.

Khasiat teh hijau juga bisa memperlancar metabolisme tubuh, minuman teh hijau juga mengikis lemak dalam tubuh Anda, termasuk lemak dalam perut. Jika diminum secara teratur, minuman teh hijau bisa mengecilkan perut. Khasiat lain bisa menurunkan kolesterol jahat.

Anda juga bisa mengecilkan perut buncit dengan minuman teh biasa dicampur dengan jeruk nipis. Cara membuatnya, siapkan teh tiga sendok makan, segelas air panas dan jeruk nipis. Yang pertama buat minuman teh dengan air panas. Setelah diseduh dan agak dingin, masukkan air perasan jeruk nipis.

8. Kunyit asam + gula jawa

Anda juga bisa mengecilkan perut Anda dengan minum jamu kunyit asam. Ya, ini memang cara tradisional. Tetapi, jika Anda praktekkan dengan baik, jamu kunyit asam bisa menjadi cara efektif untuk mengatasi perut buncit Anda.

Tetapi, jika tidak ingin repot, Anda bisa membeli obat herbal sudah jadi. Obat herbal dari kunyit.

Membuat sendiri jamu kunyit memang agak repot. Warna kuning dari kunyit akan menandai bahwa Anda usai membuat jamu kunyit. Jika enggan memarut kunyit, Anda bisa memblendernya dengan dipotong kecil-kecil lebih dahulu.

Sediakan 1/2 kg kunyit, 1/4 kg gula jawa, 1/2 kg asam jawa, 2 liter air dan sedikit garam. Setelah kunyit dibersihkan lalu diblender, hasilnya disaring. Setelah itu rebus dan tambahkan semua bahan yang sudah Anda siapkan. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan. Jamu kunyit siap diminum.

9. Madu jahe

Madu dicampur jahe juga bisa menjadi cara yang efektif untuk mengecilkan perut . Selain itu, juga mengatasi beberapa penyakit.

Madu sudah sangat lama dikenal punya khasiat sebagai obat selain rasanya yang sangat manis. Salah satunya bisa Anda gunakan untuk mengecilkan perut buncit. Madu memang mengandung fruktosa, zat pembakar lemak tak langsung.  Sementara, jahe bisa menahan nafsu makan.

Ambil madu 3 sendok makan dan perasan jahe 2 sendok makan. Campur jadi satu dan ditambah air hangat. Setelah dicampur, madu jahe siap Anda minum dua kali sehari.

Obat Herbal Pelangsing Perut

Anda bisa mengonsumsi obat herbal mengecilkan perut sehingga tidak perlu membuat sendiri. Harganya juga tidak mahal. Misalnya, U Slim Obat Herbal Pelangsing Perut Alami, Tiens Pelangsing Badan untuk Mengecilkan Perut, QSlim Obat Herbal Pelangsing Perut Alami, dsb.

Demikian artikel mengenai Cara Ngecilin Perut Buncit dengan Mudah dan Aman. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengecilkan perut, khususnya ibu-ibu.

Advertisement