Kenali Ciri-ciri Kolesterol Tinggi dan Cara Cepat Menurunkannya

Posted on

ANDA pernah menderita kolesterol tinggi? Jika belum pernah, coba cek kadar kolesterol Anda dan kenali ciri-ciri kolesterol tinggi. Dengan cara ini, Anda bisa memastikan diri Anda sehat atau tidak. Menderita kolesterol tinggi atau tidak.

Terutama bagi Anda yang telah berusia 40 tahun lebih. Lakukan cek kolesterol tiap lima tahun sekali. Dengan cek kolesterol, Anda bisa mengetahui perkembangan kesehatan Anda berkaitan dengan kemungkinan menderita kolesterol.

Jika ternyata hasilnya menunjukkan bahwa kolesterol Anda normal, yaitu 150 – 200 mg/dL, Anda harus bersyukur kepada Tuhan yang membuat Anda sehat. Tetapi, jika kadar kolesterol Anda di atas 200 mg/dL, apalagi di atas 240, ya Anda harus menurunkan secepatnya. Jika tidak, kolesterol Anda bisa menyebabkan Anda terkena penyakit stroke, jantung, atau lainnya.

Periksa kadar kolesterol sangat penting karena banyak penderita kolesterol tidak mengetahui bahwa dirinya menderita sakit kolesterol. Penyakit kolesterol tidak selalu memberikan gejala atau tanda. Penderita selalu merasa sehat. Karena itu, ia tidak memeriksakan diri ke dokter.

Gejala atau ciri-ciri sakit kolesterol muncul setelah penyakitnya berlangsung lama. Bahkan, kolesterol yang tidak diobati itu juga telah menyebabkan jantungnya sakit. Ya, kolesterol tinggi yang tidak segera diobati bisa menyebabkan sakit jantung, stroke, dsb.

Adik ipar saya pernah mengalami seperti apa yang saya gambarkan di atas. Pada mulanya ia menderita sakit di leher belakang atau tengkuk dan punggung atas. Beberapa kali ia mengundang tukang pijit. Usai dipijat, rasa sakit menghilang. Tetapi, beberapa hari kemudian muncul lagi.

Akhirnya ia periksa dokter di puskesmas. Ternyata, dari hasil pemeriksaan diketahui ia menderita kolesterol tinggi, yaitu 285 mg/dL. Bahkan, akibat kolesterol tidak segera diobati, ia juga menderita sakit jantung.

Oleh karena itu, Anda perlu mengenali ciri-ciri kolesterol tinggi sehingga bisa segera mengobati dan menurunkannya. Ini sangat penting supaya Anda terhindar dari sakit jantung atau stroke.

gejala kolesterolsakit leher belakang, ciri-ciri kolesterol tinggi paling umum (sumber:dokterkamu.com)

Bisa Cek Kadar Kolesterol Menggunakan Alat Ukur Digital

Apa saja tanda atau ciri-ciri kolesterol tinggi? Ada banyak gejala atau tanda-tanda kolesterol tinggi yang harus Anda kenali. Tujuannya supaya Anda bisa cepat menurunkan kadar kolesterol sehingga tidak sampai mengakibatkan sakit jantung atau stroke.

Kolesterol tinggi yang tidak segera diobati bisa menyebabkan sakit jantung seperti dialami adik ipar saya. Kadar kolesterolnya naik sampai 285 mg/dL. Ia tidak mengenali gejala atau ciri-ciri kolesterol tinggi.

Bahkan, ketika leher belakang atau tengkuk dan punggung sakit, ia anggap itu sakit biasa. Ia hanya pergi ke tukang pijat untuk memijat bagian yang sakit. Tetapi, sampai pijat berulang-ulang, rasa sakit timbul tenggelam. Usai dipijat, rasa sakit hilang. Tetapi, beberapa hari kemudian muncul kembali.

Sebelum rasa sakit di leher belakang dan punggung muncul, ia tidak merasakan gejala apa pun. Atau ada gejala kolesterol, tetapi ia menganggap itu sakit biasa. Bukan karena kolesterol tinggi. Dia memang belum akrab dengan kolesterol tinggi.

Ya, satu-satu jalan untuk memastikan apakah kolesterol Anda dalam kondisi normal atau mendekati kolesterol tinggi, Anda perlu cek di laboratorium. Dengan alat cek kolesterol, Anda akan mengetahui kadar kolesterol Anda: normal atau tinggi.

Tetapi, Anda juga bisa memiliki alat cek kolesterol sendiri sehingga tidak perlu ke dokter atau laboratorium. Anda bisa membeli alat cek kolesterol yang juga bisa untuk cek darah tinggi Anda. Atau hanya alat cek kolesterol saja.

Ya itu terserah Anda. Anda bisa memilih harga alat cek kolesterol sesuai dengan keinginan dan kemampuan keuangan Anda.

Yang harganya murah, misalnya, Easy Touch Test Strips Blood Cholesterol, harga Rp 150.000-an. Yang termahal bisa sampai Rp 1 juta. Yang sedang, ya harga Rp 250.000 hingga Rp 600.000.

Yang penting, Anda harus cek kolesterol supaya tahu berapa kolesterol Anda. Setidaknya cek 5 tahun sekali. Jika melebihi angka 200 mg/dl, Anda bisa segera menurunkannya.

Ciri-ciri Kolesterol Tinggi, Tengkuk Kencang Paling Menonjol

sakit kepalasakit kepala, salah satu ciri kolesterol tinggi (sumber:obatsakitkepala.org)

Berikut ini adalah ciri-ciri atau tanda kolesterol tinggi. Walaupun, tidak semua orang akan merasakan ciri-ciri atau gejala yang sama sebanyak yang disebutkan. Ada juga ciri-ciri yang menonjol dan kurang menonjol sehingga Anda tidak merasakan sebagian tanda yang tidak menonjol.

1. Perut Terasa Mual

Perut mual bisa diakibatkan oleh banyak hal. Salah satunya sebagai tanda bahwa Anda menderita kolesterol. Tetapi, tidak semua orang mengalami perut mual. Saya pernah sekali menderita kolesterol tinggi, tetapi tidak pernah merasa mual. Tanda-tanda kolesterol yang alami hanya kepala pusing dan tengkuk kencang.

2. Leher Belakang Sakit

Ciri-ciri sakit kolesterol yang ini saya merasakannya. Berhari-hari tengkuk atau leher belakang sakit atau terasa kencang. Gejala kolesterol seperti ini sama dengan gejala darah tinggi.

Saat kena kolesterol tinggi kedua, saya sengaja tidak periksa dokter. Pertama, saya mengira sebagai gejala darah tinggi atau hipertensi naik. Lalu saya minum obat hipertensi.

Ternyata, leher belakang saya tetap kencang dan sakit. Bahkan, rasa sakit meningkat dan membuat badan saya juga sakit. Saya segera minum obat penurun kolesterol.

Dalam lima hari, kolesterol saya kembali normal. Tidak ada lagi rasa sakit di leher belakang. Ini sebagai tanda bahwa kolesterol saya sudah kembali normal.

Saya pun memastikan bahwa penyebabnya adalah makan daging sapi dan daging kerbau dari pembagian daging kurban. Saya mengonsumsi daging sampai beberapa hari.

Saya lakukan ini untuk tes daya tahan saya mengonsumsi daging sapi ataupun daging kerbau. Ternyata, kolesterol saya naik cukup tinggi. Kini, saya tidak ingin mengulangi perbuatan buruk itu. Mungkin karena usia, daya tahan saya tidak sebaik dulu.

3. Sakit Kepala

Ciri-ciri kolesterol lain adalah sakit kepala. Tetapi, bagi saya, gejala yang menonjol adalah bahu (tengkuk) belakang sakit. Sementara, sakit kepala tidak seberapa. Ya, kepala sakit tetapi ringan. Mungkin, beda orang beda tanda kolesterol tinggi yang dialami atau dirasakan.

Sakit kepala muncul jika disertai kelelahan dan kurang istirahat. Sementara, saya tidak pernah bekerja sampai kelelahan. Saya selalu berusaha istirahat cukup.

4. Muntah-muntah

Ada juga penderita kolesterol yang muntah-muntah. Tetapi, saya belum pernah muntah-muntah akibat kolesterol naik.

5. Kram di Kaki

Jika Anda tiba-tiba suatu saat menderita kram di kaki, sebaiknya Anda cek kolesterol. Apakah kolesterol Anda naik atau tidak. Jika kolesterol Anda normal berarti kram terjadi akibat faktor lain. Bukan tanda kolesterol tinggi.

6. Kesemutan

Kesemutan di kaki atau di tangan bisa dicurigai sebagai tanda-tanda kolesterol tinggi. Tetapi, untuk memastikan apakah itu sebagai gejala penyakit kolesterol, Anda perlu cek kadar kolesterol Anda.

7. Mudah Merasa Lelah

Jika suatu saat Anda merasa mudah lelah, Anda perlu mencari penyebabnya. Mungkin saja, penyebabnya adalah kolesterol Anda naik. Anda merasa mudah lelah karena tidak mendapatkan aliran darah yang cukup dan kadar oksigen sangat rendah.

Jantung dan pembuluh darah bermasalah. Di sisi lain, berbagai organ tubuh harus melakukan metabolisme dengan keras.

Itulah sebagian dari ciri-ciri kolesterol tinggi yang perlu Anda kenali. Tetapi, paling aman ya cek kolesterol dengan alat ukur kolesterol. Hasilnya jelas dan mudah dipahami.

obat kolesterol tinggiobat herbal penurun kolesterol (sumber:penurunkolesterol10.com)

Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi

Setelah Anda mengetahui ciri-ciri kolesterol tinggi seperti disebutkan di atas, pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat dan mudah?

Ya, upaya penurunan kolesterol dengan cepat sangat penting supaya Anda bisa segera bebas dari penderitaan akibat kolesterol tinggi.  Walaupun, upaya menurunkan kolesterol tinggi tidak bisa seperti membalikkan telapak tangan. Tetapi, perlu proses sesuai dengan kadar kolesterol yang Anda derita.

Pertama: Seperti dijelaskan di atas, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui dulu berapa kadar kolesterol Anda. Apakah 200 – 239 mg/dL atau lebih dari 240 mg/dL. Dari angka itu, Anda bisa menentukan cara menurunkan kolesterol tinggi Anda.

Kedua: Anda bisa minum obat kolesterol. Anda bisa pilih obat farmasi atau obat herbal. Jika ingin yang cepat, ya menurunkan kolesterol tinggi dengan obat farmasi atau obat resep dokter. Jika ingin sembuh dari kolesterol tanpa efek samping, ya mengonsumsi obat herbal.

Obat herbal bisa beli obat jadi atau membuat sendiri dari tanaman obat.

Ketiga: Hindari makanan dan minuman yang memicu naiknya kolesterol. Banyak makanan yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Di antaranya mengonsumsi daging sapi, daging kerbau, daging kambing seperti saya sebutkan di atas. Atau kuning telur, telur puyuh, cumi-cumi, udang, dsb.

Pengaruh makanan yang mengandung kolesterol tinggi sangat besar. Jika ingin kolesterol Anda turun dengan cepat dan mudah, yang makanan penyebab kolesterol tinggi harus Anda hindari.

Keempat: Konsumsi buah dan makanan yang mampu menurunkan kolesterol Anda. Banyak buah dan makanan untuk menurunkan kolesterol Anda cukup baik sehingga Anda harus mengonsumsinya. Harga buah juga tidak mahal kok. Tetapi, khasiatnya sebagai penurun kolesterol sangat besar.

Kelima: Lakukan olahraga, senam, jalan kaki, dsb. Ini juga sangat penting. Saya merasakan benar pengaruh positif dari olahraga untuk menurunkan kolesterol tinggi. Karena itu, dokter meminta saya untuk benar-benar melakukan olahraga ini, setidaknya 30 menit setiap hari dan paling tidak empat hari dalam seminggu.

Kalau Anda belum biasa melakukan olahraga atau senam atau jalan kaki dalam waktu 30 menit, ya bisa melakukan sebentar-sebentar. Misalnya, senam 5 menit. Tetapi, itu harus dilakukan berulang-ulang sehingga akhirnya terbiasa melakukan olahraga atau senam minimal 30 menit perhari.

Saya sendiri memilih senam atau jalan kaki. Tetapi, yang termudah adalah senam. Sebab, saya cukup melakukannya di halaman rumah. Dokter meminta agar saya melakukan senam di ruang terbuka, bukan di dalam rumah atau bangunan.

Hanya Memerlukan Waktu 1 Minggu

Itulah cara efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi yang saya lakukan. Untuk kasus kolesterol tinggi yang kedua, saya bisa menurunkan kolesterol dalam 1 minggu dan kolesterol kembali normal. Ya, penurunan kolesterol benar-benar berlangsung cepat dan mudah.

Yang penting Anda bersedia melakukan semua upaya penurunan kolesterol dengan senang hati dan bersedia meluangkan waktu untuk kesehatan Anda. Minum obat, melakukan diet kolesterol, olahraga, mengonsumsi buah penurun kolesterol, dsb.

Ya, hidup sehat adalah di atas segala-galanya. Biar punya uang banyak tetapi tidak sehat, ya tidak nyaman. Jika Anda sudah biasa hidup sehat, maka hidup sehat itu sangat menyenangkan. Meskipun Anda harus meluangkan waktu sebentar untuk itu. Kenali juga tanda-tanda kolesterol tingi.

Okeyyy??? Terima kasih atas kunjungannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *