Kacang Kedelai Mencegah Penyakit Jantung dan Kanker Payudara

Posted on

SUKA produk kacang kedelai? Jika ya, itu adalah kesukaan yang sangat baik. Produk kacang kedelai bisa mencegah penyakit jantung, kanker payudara, dsb. Jadi, manfaat kacang kedelai untuk kesehatan memang sangat besar.

Apa saja produk dari kacang kedelai? Ya, banyak. Misalnya tahu, kembang tahu, tempe, minyak kedelai, kecap, taucho, dan yoghurt kedelai (soyghurt). Bahkan, kacang kedelai bisa dibuat untuk keripik, kerupuk, dan aneka cake. Produk mana yang sering Anda konsumsi?

Semua termasuk produk yang sehat dan bisa membantu membuat diri Anda sehat. Kembang tahu, misalnya, bisa untuk campuran sup. Mengandung protein 55%.

Tahu memiliki daya cerna yang tinggi. Tempe sarat nilai gizi. Jika dikonsumsi bersama nasi bisa menghasilkan komposisi asam amino protein seimbang. Ini setara dengan protein hewani.

Minyak kedelai hanya mengandung lemak 18-20%. Oleh karena itu, ia bisa menjadi alternatif pengganti minyak goreng. Singkat kata, manfaat kacang kedelai untuk kesehatan sangat besar dan banyak sehingga Anda dan kita semua layak untuk mengonsumsi produk kacang kedelai.

Anda Perlu Konsumsi Produk Kacang Kedelai 2 – 3 Porsi/Hari

susu kedelai susu kedelai mencegah sakit jantung dan kanker (foto:yowayoghurt.wordpress.com)

Berapa ukuran produk kedelai yang harus Anda konsumsi supaya mendapatkan manfaat kacang kedelai yang tepat untuk kesehatan Anda?

Ya, 2 – 3 porsi kacang kedelai asli sudah bisa memberikan keuntungan untuk kesehatan tubuh Anda dengan protein 15 – 20 gram. Sebab, porsi kacang kedelai seperti itu sudah memberikan kandungan isoflavon 50 – 75 mg.

Dengan mengonsumsi produk kacang kedelai dengan porsi seperti itu, Anda bisa terhindar dari beberapa penyakit. Misalnya, penyakit darah tinggi, penyakit jantung, kolesterol jahat, dan kanker payudara.

Dengan penurunan kadar kolesterol setelah mengonsumsi produk kacang kedelai, maka otomatis membuat jantung Anda tetap sehat. Sebab, kolesterol tinggi bisa menyebabkan sakit jantung.

Produk kacang kedelai bisa Anda gunakan untuk mengganti makanan hewani dan produk susu yang semuanya mengandung lemak tinggi. Produk kedelai juga bisa meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Manfaat lain dari konsumsi produk kedelai adalah mencegah penyakit kanker payudara. Anda bisa mencobanya. Jangan menunggu penyakit kanker muncul baru bingung mencari cara mencegah perkembangannya.

Itu adalah antisipasi yang terlambat. Anda harus berusaha mencegahnya sebelum penyakit muncul. Caranya, ya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mampu membuat tubuh Anda sehat, seperti produk dengan bahan baku kedelai seperti tempe, tahu, susu kedelai, dsb.

Bagi Anda yang memasuki masa menopause, mengonsumsi produk kacang kedelai adalah sangat bagus. Ia bisa mencegah terjadinya trauma akibat masa transisi ini, khususnya bagi wanita.

Banyak wanita yang mengalami guncangan psikologis ketika memasuki masa menopause. Kadar estrogen turun drastis, dan membuat wanita mengalami trauma memasuki masa usia lanjut.

Dengan mengonsumsi produk kedelai, Anda juga bisa mencegah penuaan dini. Sebab, produk ini kaya dengan kandungan antioksidan. Tetapi, upaya ini harus dibarengi dengan gaya hidup sehat dan olahraga.

Kacang Kedelai Mengandung Lemak Tak Jenuh

cake kacang kedelaicake dari kacang kedelai (sumber:bisnisukm.com)

Kacang kedelai sangat baik untuk Anda konsumsi karena kandungan gizinya cukup banyak sehingga sangat besar manfaatnya untuk kesehatan tubuh Anda.

Lemak yang dikandungnya pun lemak tidak jenuh. Misalnya, asam linolenat dan asam omega 3.n. Kedelai juga kaya dengan kandungan protein. Fungsi protein untuk membantu membangun sel dalam tubuh Anda. Jadi, ia sangat penting untuk kesehatan.

Kacang kedelai juga mengandung serat. Bahkan, kedelai adalah sumber kalsium yang terbaik di antara tanaman kacang-kacangan lainnya. Tentu saja, pengolahan mempengaruhi kandungan kalsium ini.

Tidak hanya itu. Kacang kedelai juga menghasilkan senyawa choline yang bermanfaat untuk metabolisme tubuh. Selain itu, choline ini juga melindungi hati.

Kacang kedelai juga mengandung vitami A, vitamin B kompleks, vitamin E, faspor, magnesium, dan zat besi.

Susu Kedelai dan Beberapa Manfaatnya

Yang banyak disukai oleh masyarakat adalah susu kedelai. Sebab, manfaat susu kedelai sangat besar. Susu kedelai bebas kolesterol, rendah lemak, dan tidak mengandung laktosa. Kandungan gizinya juga sangat tinggi.

Selain itu, susu kedelai juga bisa menurunkan berat badan. Sebab, ia rendah lemak, yakni hanya 4,5 gram untuk susu kedelai satu gelas. Susu kedelai rendah kalori sehingga cocok untuk mereka yang sedang menjalani diet.

Manfaat susu kedelai lainnya adalah melembabkan kulit. Dengan mengonsumsi produk kacang kedelai, kulit Anda akan tampak lebih sehat, halus, kenyal, dan lembut. Anda akan tampak lebih cantik dengan kulit mulus. Ya, susu kedelai cocok bagi Anda yang kulitnya sering tampak kering.

Ya, cukup banyak manfaat susu kedelai. Untuk mendapatkannya pun tidak sulit. Anda bisa berlangganan sehingga bisa minum susu kedelai secara rutin dan kesehatan Anda terpelihara dengan baik.

Manfaat lain dari susu kedelai adalah:

1. Bisa Mengganti Susu Sapi untuk Anak Anda

Jika anak Anda alergi dengan susu sapi, maka Anda bisa menggantinya dengan susu kedelai. Sebab, susu kedelai mudah diserap oleh bayi dan bali Anda. Susu kedelai memang tidak mengandung laktosa sehingga pencernaan anak bisa mencernanya dengan mudah.

Dua gelas susu kedelai bisa memenuhi 30% kebutuhan protein bali Anda dalam sehari. Bayi dan balita sangat membutuhkan protein untuk perkembangan dan pertumbuhan fisiknya.

Demikian artikel mengenai Manfaat Kacang Kedelai yang Bisa Mencegah Sakit Jantung dan Kanker Payudara. Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda lebih sehat.

Jika Anda suka artikel ini, bagikan artikel ini ke teman atau relasi biar manfaatnya lebih banyak. Terima kasih.

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *