Kanker Payudara, Penyebab dan Cara Menghindarinya

Advertisement

SEBELUMNYA telah dibahas tentang ciri-ciri penyakit kanker payudara. Kali ini, sehatfisik.com akan menyajikan informasi mengenai panyebab kanker payudara. Tidak hanya untuk mereka yang telah terkena kanker ini, Anda yang tidak terkena kanker ini pun perlu mengetahui penyebab kanker payudara supaya bisa menghindarinya.

Ya, saya yakin siapa pun Anda pasti tidak ingin terkena penyakit mahaberat ini, khususnya bagi kaum wanita. Saya beri ungkapan “khususnya bagi kaum wanita” karena penyakit kanker payudara sesungguhnya juga bisa menimpa kaum lelaki.

Jadi, sakit kanker payudara tidak hanya dikhususkan untuk wanita. Lelaki juga bisa terkena. Hanya saja, penderita lelaki sangat jarang. Terbanyak penderitanya memang wanita sehingga semua wanita perlu memperhatikan penyakit satu ini.

Banyak kasus seseorang diketahui menderita kanker payudara setelah penyakitnya pada stadium 2. Bahkan, telah meningkat ke stadium 3. Selain yang bersangkutan kurang memberi perhatian, hal itu terjadi akibat kurangnya informasi mengenai ciri-ciri penyakit kanker payudara.

Lebih jauh lagi, Anda perlu sekali mengetahui penyebab kanker payudara. Dengan informasi mengenai sebab-sebab sakit kanker payudara, Anda bisa melakukan pencegahan. Dengan kata lain, Anda bisa mengetahui cara menghindari kanker payudara.

Ini sangat penting karena penderitaan akibat penyakit kanker payudara adalah sangat berat. Selain itu, biaya pengobatannya juga tidak murah. Saya bisa bicara begini karena adik ipar saya juga kena kanker payudara dan salah satu payudaranya telah dioperasi.

Oleh karena itu, tindakan terbaik adalah menghindari penyakit kanker payudara. Caranya, Anda menjauhi atau menghindari penyebab sakit kanker payudara. Dan, Anda harus sungguh-sungguh untuk itu.

operasi payudaraartis Pevita Pearce usai operasi kanker payudara (copy:showbiz.liputan6.com)

10 Penyebab Kanker Payudara

Apa saja penyebab penyakit kanker payudara itu? Bagaimana cara menghindari penyakit kanker payudara?

Setidaknya ada 10 penyebab dari kanker payudara. Walaupun, Anda tidak bisa menghindari 100%, tetapi upaya pencegahan tetap sangat penting. Setidaknya dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa melakukan pencegahan secara dini.

Tentang hasilnya, ya serahkan kepada Tuhan, Sang Pencipta. Kita hanya diharuskan untuk melakukan upaya pencegahan supaya kita bisa hidup lebih sehat dan lebih nyaman.

Ya, hidup sehat dan hidup nyaman adalah dambaan setiap orang. Tetapi, untuk mencapainya kita harus berusaha dan berbuat. Di antaranya dengan mencegah terjadinya sakit kanker payudara pada diri Anda atau keluarga Anda.

Ada tiga kelompok penyebab terjadinya kanker payudara. Yaitu, faktor genetik, gaya hidup, dan faktor lingkungan. Apa pun penyebabnya, Anda harus berusaha mencegah dan menghindari kanker payudara sehingga Anda bisa tetap sehat.

A. Penyebab Kanker Payudara dari Faktor Genetik

1. Riwayat Keluarga

Maksud dari riwayat keluarga adalah apakah di antara anggota keluarga ada yang terkena kanker payudara. Jika ya, di antara keturunannya ada kemungkinan bisa mengidap kanker payudara. Meskipun ini bukan penyakit warisan.

2. Wanita Lebih Banyak

Penderita kanker payudara sesungguhnya tidak hanya wanita. Lelaki juga bisa terkena penyakit kanker ini. Tetapi, yang terbanyak adalah perempuan. Bahkan, perempuan 100 kali lebih berisiko terkena penyakit kanker payudara dibandingkan dengan lelaki.

Tentu saja, dengan kenyataan ini, wanita perlu lebih berhati-hati dengan melakukan pencegahan dini. Kata pepatah lama, mencegah lebih baik daripada mengobati.

3. Usia Senja

Wanita usia senja lebih berpotensi terkena kanker payudara dibandingkan dengan usia muda. Tercatat, 8 dari 10 orang yang terkena kanker payudara adalah wanita usia senja atau di atas 55 tahun. Cara terbaik untuk pencegahan adalah wanita usia lebih dari 50 tahun perlu cek kesehatan payudara.

Selain itu, bagaimana cara menghindari penyebab kanker payudara akan disebutkan di bawah dari bagian artikel ini. Tetapi, kini juga banyak penderita kanker payudara berusia di bawah 50 tahun. Ya, mungkin hal ini akibat pergeseran pola hidup dan pola makan.

4. Pernah Menderita Kanker Payudara

Anda yang pernah terkena kanker payudara harus ekstra hati-hati supaya tidak melakukan operasi payudara untuk kedua kalinya. Karena itu, pemeriksaan berkala sangat diperlukan untuk mencegah kemungkinan terjadinya sakit kanker payudara jilid 2.

Selain itu, pola makan dan pola hidup harus dijaga supaya tetap sehat. Banyak penderita kanker payudara yang sudah sehat beranggapan dirinya bisa mengonsumsi apa saja seperti layaknya orang sehat. Ya, katakanlah kurang kontrol dalam hal konsumsi makanan atau perilaku tidak sehat lain sehingga penyakit kankernya kambuh lagi.

5. Menstruasi Dini dan Manepause Terlambat

Anda yang saat awal menstruasi dalam usia dini, misalnya, 12 tahun, juga perlu waspada. Demikian pula Anda yang berhenti menstruasi pada usia lebih dari 55 tahun. Anda punya risiko terkena penyakit kanker payudara sehingga harus mengatur pola hdup dan pola makan agar bisa selalu sehat.

B. Penyebab Kanker Payudara dari Gaya Hidup

kegemukankegemukan rentan terkena kanker payudara (sumber:kapanlagi.com)

Gaya hidup apa saja yang bisa menjadi penyebab kanker payudara? Dapatkah Anda menghindari gaya hidup penyebab sakit kanker payudara?

Berikut ini adalah beberapa penyebab kanker payudara dari segi gaya hidup. Anda harus menghindari gaya hidup tidak sehat karena dampaknya luar berat. Tidak hanya dari penyakitnya, tetapi biaya penyembuhan sakit kanker juga tidak kecil.

1. Fisik Terlalu Gemuk

Kegemukan atau obesitas juga bisa menyebabkan terjadinya kanker payudara, terutama Anda yang usia lebih dari 55 tahun dan fisik kegemukan. Ini sangat rentan terkena kanker payudara akibat hormon estrogen yang berlebih.

Solusinya, ya turunkan berat badan Anda menuju berat ideal. Banyak cara bisa Anda lakukan. Antara lain, ya konsumsi makanan yang tidak banyak lemak atau ikuti pola hidup sehat. Atau, lakukan diet kegemukan.

2. Minum Alkohol

Sering mengonsumsi alkohol, apalagi minum setiap hari, bisa menyebabkan kanker payudara. Pernyataan ini didasarkan pada penelitian bahwa dari 200 orang yang diteliti, 3 di antaranya menderita kanker payudara akibat minum alkohol tiap hari.

Ya, meskipun persentasenya kecil, namun minum alkohol bisa menjadi penyebab kanker payudara. Makin sering dan makin banyak mengonsumsi alkohol, makin besar risiko kena kanker payudara. Solusinya, ya.. menghindari minum alkohol biar bisa terhindar dari kanker payudara.

3. Implan Payudara

Memasang implan payudara juga bisa menjadi penyebab berjangkitnya kanker payudara. Kenyataan ini didasarkan pada penelitian di Kanada. Wanita yang mengenakan implan payudara potensial kena kanker dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan implan payudara.

4. Terapi Penggantian Hormon

Terapi penggantian hormon kombinasi juga bisa memperbesar risiko terkena kanker payudara. Walaupun, munculnya risiko itu setelah 10 tahun lebih penggantian hormon kombinasi. Dari 1000 wanita yang ikut dalam penelitian, 19 orang di antaranya terkena kanker payudara.

C. Penyebab Kanker Payudara Akibat Lingkungan

5. Sering Rontgen dan CT Scan

Sering melakukan rontgen dan CT scan juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kanker payudara. Ini terjadi akibat radiasi atau penggunaan medis tertentu dengan radiasi seperti rontgen dan CT scan.

 Baca Juga: Diet Kentang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

Solusinya, ya tidak terlalu sering melakukan rontgen dan CT Scan.

Demikian artikel mengenai penyebab kanker payudara dan cara menghindarinya yang sehatfisik.com bisa sajikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda semua bisa terhindar dari penyakit kanker payudara.

Advertisement