16 Khasiat Daun Kumis Kucing dan Cara Pengolahannya untuk Kesehatan

KHASIAT kumis kucing dan cara pengolahannya. Daun kumis kucing punya manfaat besar untuk kesehatan. Anda bisa menggunakan daun kumis kucing untuk menyembuhkan berbagai penyakit berat seperti sakit batu ginjal, diabetes (gula darah), darah tinggi, asam urat, dan penyakit kelamin.

Mendapatkan daun kumis kucing juga tidak sulit. Tanaman kumis kucing bisa tumbuh di mana-mana. Anda tidak akan kesulitan menemukan tanaman kumis kucing. Bahkan, di jalan setapak atau di pinggir-pinggir jalan, Anda bisa menemukan tanaman kumis kucing.

Jika Anda ingin menanam sendiri tanaman obat ini, tentu tidak sulit. Bisa ditanam di depan atau di samping rumah. Ditanam dalam pot juga bisa. Anda tidak perlu pergi jauh saat membutuhkan tanaman kumis kucing untuk mengobati sakit Anda atau keluarga Anda.

Tanaman kumis kucing sangat baik untuk bahan obat karena adanya senyawa atau zat aktif untuk kesehatan tubuh. Berbagai kandungan itu antara lain kalium yang tinggi dan efektif untuk menurunkan darah tinggi.

Tanaman obat ini juga kaya dengan kandungan flavonoid. Komposisi utamanya adalah eupatorin, scutellarein, salvigenen, sinentesis, dsb. Minyak asiri, zat semak, minyak lemak, myoinositol, zat semak, minyak lemak, dsb.

Dengan berbagai kandungannya itu, maka tanaman kumis kucing punya khasiat atau manfaat besar untuk pengobatan.

Anda ingin mencobanya sebagai obat penyakit yang Anda derita?

daun kumis kucingtanaman kumis kucing yang punya khasiat obat berbagai penyakit (sumber:manfaat.co.id)

Daftar Khasiat Kumis Kucing dan Cara Pengolahannya Jadi Obat

Berikut ini adalah khasiat kumis kucing dan cara pengolahannya. Tentu saja, pengolahan yang sederhana. Tetapi, jika ingin mengonsumsi obat yang terbuat dari tanaman kumis kucing, Anda bisa membeli obat herbal untuk itu. Anda tidak perlu repot mencari dan mengolahnya. Melainkan tinggal mengonsumsi.

1. Kumis Kucing Mengobati Sakit Keputihan

Ambil daunnya dan olah untuk dibuat obat alami. Misalnya, untuk mengobati sakit keputihan. Siapkan daun kumis kuncing dan daun beluntas, lalu rebus. Tambahkan jintan satu sendok teh dan 10 biji kemukus.

Rebus sampai airnya mendidih. Anda bisa minum setelah air rebusan daun kumis kucing dingin. Anda bisa minum satu hari sekali sampai sakit keputihan sembuh.

Mudah, kan?? Ya, membuat obat tradisional dari tanaman obat, umumnya dengan cara direbus. Jika berbentuk buah, Anda bisa membuat jus.

Itulah contoh membuat ramuan obat tradisional untuk sakit keputihan. Tidak hanya mudah cara pengolahannya. Obat tradisional juga sangat murah harganya.

2. Kumis Kucing Mengobati Sakit Batu Ginjal

Daun kumis kucing juga bisa untuk mengobati sakit batu ginjal. Cara pengolahannya adalah ambil 21 lembar daun yang telah kering. Siram air bersih dan tambahkan 5 lembar daun keji beling.

Rebus hingga airnya mendidih. Setelah air dingin, Anda bisa minum rebusan daun kumis kucing. Minum sehari dua kali hingga batu ginjal larut bersama air seni.

Anda pun akhirnya bebas dari gangguan sakit batu ginjal atau kencing batu dengan memanfaatkan khasiat kumis kucing.

Tetapi, jika Anda tidak ingin repot, ya Anda beli saja obat herbal kumis kucing. Anda bisa beli di toko-toko obat herbal atau toko online yang melayani pembelian obat herbal kumis kucing.

Contohnya: Herba Kumis Kucing. Tiap botol isi 60 kapsul dijual dengan harga Rp 50 ribu. Sangat murah

3. Bisa Memperlancar Air Kemih

Mengonsumsi ramuan daun kumis kucing juga bisa memperlancar air kemih (kencing). Caranya, Anda ambil daun kumis kucing, daun meniran dan daun ilalang masing-masing 30 gram.

Lalu, rebus dengan air tiga gelas. Silakan minum rebusan dari ramuan beberapa daun itu 3 kali sehari dan tiap kali minum setengah gelas rebusan daun kumis kuncing.

4. Menyembuhkan Sakit Diabetes (Kencing Manis)

Diabetes termasuk salah satu penyakit dengan jumlah penderita cukup banyak. Untuk menyembuhkannya, Anda bisa mengonsumsi ramuan daun kumis kucing.

Caranya, siapkan 16 lembar daun lalu cuci biar bersih. Setelah itu, daun kumis kucing direbus hingga mendidih. Anda cukup minum 1 gelas rebusan per hari. Lakukan cara yang sama sampai sakit diebetes Anda sembuh atau gula darah Anda normal.

Tetapi, bersamaan dengan itu, Anda harus menghindari makanan dan minuman yang bisa menyebabkan sakit diabetes meningkat. Misalnya, menghindari makanan minuman yang mengandung gula tinggi seperti minuman-makanan yang manis, sirup, roti yang manis, dsb.

5. Menyembuhkan Sakit Pinggang

sakit pinggangadduhh… sakit pinggangku amaattt… amatttt.. sakittt…(sumber:riauhealth.com)

Anda pernah sakit pinggang? Saat kambuh, Anda akan merasakan sakit yang sangat. Saya pun pernah merasakan hal itu saat pinggang tercetit akibat salah posisi waktu mengangkat benda berat. Aduhhh.. sakitnya bukan main. Siang malam merasakan sakit itu.

Cara menyembuhkannya, Anda bisa memanfaatkan daun kumis kucing. Siapkan 8 lembar daun kumis kuncing dan 2 potong akarnya. Lalu rebus hingga airnya mendidih. Silakan minum hasil rebusan daun dan akar kumis kucing ini 2 kali dalam sehari hingga sakit Anda sembuh.

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Anda juga bisa menggunakan daun kumis kucing untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Bisa menggunakan daun kumis kucing kering atau daun yang masih basah (segar).

Jika menggunakan daun kering, ambil daun 50 gram. Setelah dibersihkan dengan air bersih, daun kumis kucing direbus. Silakan minum 1 gelas rebusan daun kumis kucing hingga tensi darah Anda turun ke posisi tensi normal.

Tetapi, Anda juga dapat membuat ramuan daun kumis kucing basah (hijau). Anda cukup siapkan air matang seperti menyiapkan air matang untuk membuat minuman teh.

Baca Juga: Madu Hitam Pahit Propolis Sembuhkan 18 Penyakit

Masukkan daun kumis kucing ke dalam air panas dan seduh sampai warna air berubah. Setelah air dingin, Anda perlu menyaring dan kemudian minum air kumis kucing. Minum 1 gelas per hari hingga tensi darah turun ke posisi normal.

Dengan cara ini, Anda bisa bebas dari risiko kena stroke, sakit jantung, dan lainnya.

7. Akar Kumis Kucing Menyembuhkan Demam

Tidak hanya daunnya. Akar tanaman kumis kucing juga bisa Anda manfaatkan untuk mengobati sakit demam. Siapkan akar kuming kucing 100 gram, lalu direbus hingga airnya mendidih.

Setelah airnya dingin, Anda bisa menyaringnya dan hasilnya Anda minum satu gelas per hari.

8. Kumis Kucing untuk Mengobati Sakit Batuk

Ada berbagai macam batuk. Misalnya, batuk kering, batuk berdahak, bronchitis, batuk asma, batuk rejan, dsb. Terkadang batuk disertai demam dan tenggorokan terasa gatal.

Anda bisa menghentikan batuk itu dengan cara tradisional, yaitu mengonsumsi rebusan daun kumis kucing. Siapkan 15 – 2o gram daun yang masih segar. Setelah dicuci bersih, daun direbus. Silakan minum rebusan daun kumis kucing 1 gelas per hari. Insya Allah sakit batuk Anda akan sembuh.

9. Menyembuhkan Penyakit Asam Urat

Jika Anda punya penyakit asam urat, Anda bisa mengonsumsi rebusan daun kumis kucing. Nyeri atau radang sendi, khususnya di jari kaki, atau dikenal sebagai penyakit asam urat, bisa dihentikan dengan minum ramuan daun kumis kucing.

Tentu saja, Anda juga harus mengurangi atau menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak zat purin. Sebab, kelebihan zat purin pada tubuh Anda akan berakibat terjadinya sakit asam urat yang sangat menjengkelkan.

Ya, penyakit asam urat tidak mematikan, tetapi sangat menjengkelkan. Nyeri yang sangat berat terkadang membuat Anda harus beristirahat dan tidak masuk kerja.

Cara mengobati asam urat dengan daun kumis kucing adalah: ambil 4 s/d 5 lembar daun kumis kucing dan daun meniran yang masih segar. Rebus hingga airnya mendidih. Silakan minum air rebusan daun kumis kucing setidaknya 3 kali sehari, sampai sembuh.

Anda juga bisa minum seduhan daun kumis kucing ini untuk mencegah terjadinya asam urat.

10. Kumis Kucing Mengobati Sakit Sipilis (Kelamin)

Khasiat daun kumis kucing lainnya adalah mampu menyembuhkan sakit sipilis atau sakit kelamin. Sakit ini terjadi akibat bakteri spirochaeta pallida atau treponema pallidum. Penyakit ini bisa menular melalui hubungan seksual, baik vagina,l, rektum, anal, maupun oral.

Untuk menyembuhkan penyakit kelamin ini, Anda bisa memanfaatkan rebusan daun kumis kucing. Minum rutin tiap hari akan membebaskan Anda dari penyakit ini.

Banyak gejala dari penyakit kelamin. Misalnya, bengkak pada getah bening, tonjolan seperti kutil di sekitar anus dan ketiak, ruam pada telapak tangan atau telapak kaki, dan gejala flu seperti demam, sakit tenggorokan, nyeri ototo, pusing, dan kelalahan.

radang ginjalsumber:obat-gagal-gagal.web.id

11. Menyembuhkan Sakit Radang Ginjal

Dengan radang, maka ginjal tak mampu membuang dan menyaring limbah sehingga cairan dalam tubuh berlebih.
Siapkan 60 sampai 120 gram daun kumis kucing segar. Rebus hingga airnya mendidih. Minum rebusan kumis kucing tiga kali sehari.

Gejala penyakit ini adalah kencing berkurang, air kencing tampak keruh, kemerah-merahan, bahkan bercampur darah. Selain itu, penderita akan demam, sakit pinggang, pelupuk mata, kaki dan tangan bengkak dan perut buncit.

12. Menyembuhkan Gatal-gatal Alergi

Gatal-gatal terkadang terjadi akibat kegagalan kekebalan tubuh. Kondisi ini membuat tubuh menjadi hipersensitif terhadap sesuatu. Misalnya, sensitif terhadap serbuk sari, jamur, bulu binatang, dsb. Maka, terjadilah gatal-gatal.

Anda bisa memanfaatkan tanaman kumis kucing untuk menyembuhkan rasa gatal seperti itu. Caranya, sediakan setengah genggam daun kumis kucing, daun sambiloto, dan daun meniran. Ditambah 2 jari temulawak dan 4 gelas air.

Rebus semua bahan itu hingga airnya mendidih. Minum ramuan itu 2 kali sehari.

Selain terasa gatal, gejala penyakit ini adalah mata berair, sering bersin, gatal pada hidung, dan mudah merasa lelah.

13. Mengobati Gagguan Sembelit

Sulit buang air besar atau sembelit juga sangat merepotkan. Rasanya ingin buang air besar. Tetapi, setelah berada di kamar WC, apa yang ingin dikeluarkan tidak bisa keluar. Walaupun, Anda sudah mengejan (memaksa).

Tentu saja, ini sangat merepotkan. Minum ramuan daun kumis kucing bisa menjadi salah satu upaya mengatasinya. Anda tidak perlu bingung untuk mengatasinya.

Untuk mencegah kejadian ini berulang, Anda harus mengonsumsi banyak makanan berserat, biasakan buang air secara teratur, jangan biasakan menggunakan obat pencahar, dan lakukan pola makan dengan baik.

14. Menyembuhkan Penyakit Albuminuria

Penyakit apaan nih? Anda masih asing dengan nama penyakit ini? Penyakit ini ditandai dengan penemuan albumin di dalam urine. Kerusakan saringan ginjal seperti nefritis, sindrom nefrotik, hipertensi (darah tinggi), dan gagal jantung bisa menyebabkan sakit albuminuria.

Olahraga berat, infeksi saluran kemih dan demam tinggi juga bisa menyebabkan timbulnya albuminuria. Untuk pengobatannya, Anda bisa memanfaatkan daun kumis kucing.

15. Menghilangkan Nyeri Saat Buang Air Kecil

Tanaman kumis kucing juga bisa Anda gunakan untuk mengobati rasa nyeri ketika buang air kecil. Cara mengolahnya adalah ambil segenggam daun kumis kucing dan dikeringkan hingga daun berubah menyerupai daun teh kering. Lalu seduh seperti ketika Anda menyeduh minuman teh. Rasanya akan manis jika Anda menambahkan gula aren.

16. Daun Kumis Kucing Mengobati Sakit Rematik

Daun kumis kucing juga bisa digunakan untuk mengobati atau menyembuhkan sakit rematik. Biasanya, penyakit rematik menyerang persendian, otot dan urat. Penyakit ini mirip penyakit asam urat. Ya, mirip tapi tak sama.

Ciri-ciri atau gejala penyakit rematik adalah nyeri di sendi saat tubuh bergerak, otot lemah, sendi terasa kaku, kejang dan kontraksi pada otot, sendi goyah, sendi berbunyi, adanya benjolan dan nodul.

Pengobatannya, Anda bisa menggunakan daun kumis kucing. Adapun cara pengolahannya adalah ambil 5 helai daun kumis kucing dan daun meniran. Setelah disiram air, lalu kedua jenis daun itu direbus hingga airnya mendidih.

Setelah air dingin, Anda bisa meminumnya 3 kali sehari.

Obat Herbal yang Terbuat dari Tanaman Kumis Kucing

kumis kucing super primaobat kumis kucing prima (sumber:obatherbalsuper.wordpress.com)

Tetapi, jika Anda tidak ingin repot membuat sendiri ramuan obat dengan bahan baku utama tanaman kumis kucing, Anda bisa membeli obat herbal kumis kucing. Misalnya, obat herbal kumis kucing untuk diabetes (kencing manis). Obat bisa berupa kapsul, tablet, atau lainnya.

Antara lain Herba Kumis Kucing, Kapsul Kumis Kucing, Kumis Kucing Prima, Obat Siplilis Alami Gang Jie, Teh Celup Kumis Kucing, Teh Kesehatan Kumis Kucing, Kapsul Daun Kumis Kucing, Kumis Kucing Herba Cahaya Nusantara, Gho Siah de Nature, Gang Jie de Nature, dsb.

Ya, banyak sekali obat herbal kumis kucing atau obat herbal dengan menggunakan bahan baku dari tanaman kumis kucing. Baik dibuat dari daun kumis kucing atau akar tanaman kumis kucing. Ya, Anda bebas memilih mana yang Anda suka dan cocok untuk penyembuhan sakit Anda.

Harga obat herbal kumis kucing ini umumnya sangat murah. Banyak di antaranya hanya mematok harga di bawah Rp 100 ribu per botol.

Demikian artikel tentang Khasiat Kumis Kucing dan Cara Pengolahannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kesembuhan penyakit Anda. Terima kasih atas kesediaan Anda membaca artikel ini.