Kolesterol Jahat, Kolesterol LDL dan Cara Menurunkannya secara Alami

Posted on

KOLESTEROL jahat atau kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein) harus selalu Anda waspadai. Ini sangat penting supaya Anda bisa segera menurunkannya jika ternyata kolesterol Anda naik. Anda pun perlu tahu bagaimana cara menurunkan kolesterol secara alami dengan cepat dan tepat sehingga Anda tetap sehat.

Kolesterol jahat (LDL) memang merupakan salah satu ancaman kesehatan di masa sekarang, Data menyebutkan bahwa sekitar 28% penduduk Indonesia menderita kolesterol tinggi. Semoga saja Anda tidak termasuk di dalamnya.

Tetapi, Anda tetap harus mewaspadai munculnya kolesterol tinggi. Mengapa? Karena kolesterol tinggi yang tidak segera diobati bisa menyebabkan sakit jantung, stroke atau lainnya. Sulitnya mewaspadai kolesterol karena kebanyakan orang tidak merasakan adanya tanda-tanda atau gejala kolesterol.

Gejala muncul setelah kadar kolesterol Anda tinggi. Biasanya, dari kolesterol normal sampai kolesterol tinggi cukup lama. Tetapi, karena tak ada tanda-tanda, banyak orang merasa dirinya sehat. Mereka tidak periksa dokter dan tidak minum obat kolesterol.

Tanda muncul saat kolesterol sudah tinggi seperti dialami adik ipar saya, Trisjani (53). Saat kepalanya sering pusing, tengkuk (leher belakang) sakit, lalu ia periksa dokter. Ternyata, itu akibat kolesterol tinggi. Berapa kolesterolnya?

Ternyata, sudah 285 mg/dL. Ini berarti kolesterolnya naik sudah agak lama. Sebab, kolesterol normal tertinggi adalah 200 mg/dL. Antara 201 sampai 239 adalah pra-kolesterol tinggi.

Jika kenaikannya mencapai 240 mg/dL, itulah kolesterol tinggi. Berarti prosesnya sampai 285 mg/dL telah berlangsung lama.

Tetapi, karena tak pernah cek kolesterol, maka dia tidak tahu bahwa dirinya terkena kolesterol tinggi. Sebab, penyakit kolesterol tinggi tidak memberi tanda-tanda.

Lalu, langkah apa yang sebaiknya Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kolesterol tinggi? Ya, baca pada bahasan berikutnya.

jus tomat jus tomat, segarrr…, kolesterol turun (kadarkolesteroltinggi.wordpress.com)

Cara Menurunkan Kolesterol Jahat (LDL) yang Berlebihan

Yang terbaik adalah cek kolesterol berkala atau periodik sejak usia 20 tahun. Periksa ulang tiap 6 tahun sekali. Dengan catatan Anda sehat. Tak punya darah tinggi, diabetes, obesitas (kegemukan), tidak minum alkohol, tidak merokok, dsb.

Jika Anda punya darah tinggi, kegemukan, diabetes dan sebagainya, ya periksa kolesterol rutin tiap 4 – 5 tahun sekali. Tujuannya supaya mengetahui perkembangan kolesterol Anda.

Jika ada tanda-tanda naik, Anda bisa segera menurunkannya sehingga tetap sehat.

Kolesterol terbagi dalam dua jenis. Yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik. Supaya Anda selalu sehat, Anda harus mencegah munculnya kolesterol jahat. Jika sudah muncul, ya Anda harus menurunkannya.

Sebaliknya, Anda harus mendorong peningkatan jumlah kolesterol baik (HDL). Sebab, kolesterol baik itulah yang mampu melawan kolesterol jahat dan membuat tubuh Anda selalu sehat.

Kolesterol jahat bertugas membawa darah yang mengandung oksigen ke seluruh jaringan tubuh yang membutuhkan.

Tetapi, jika jumlah kolesterol jahat ini berlebihan atau terlalu banyak, maka kelebihan itu akan menjadi plak-plak di saluran pembuluh arteri. Akibatnya, aliran darah pembawa oksigen ke otak, jantung dan organ lain terganggu.

Bahkan, aliran darah bisa terhenti akibat plak-plak di pembuluh darah.

Inilah penyebab terjadinya sakit jantung atau stroke. Penyebabnya karena jantung, otak dan organ lain tidak mendapatkan kiriman darah yang dibutuhkan.

Anda tentu saja harus segera menurunkan kolesterol jahat atau kolesterol LDL. Apa pun cara yang ingin Anda lakukan, yang penting Anda harus membuat kolesterol Anda dalam posisi normal. Anda harus sehat.

Adapun kolesterol baik (HDL = High-density lipoprotein) bertugas membersihkan saluran darah arteri. Kolesterol baik akan mendorong kolesterol jahat kembali ke hati dan didaur ulang menjadi kolesterol baik.

Kolesterol baik mengandung protein, sedangkan kolesterol jahat lebih banyak mengandung lemak. Anda sebaiknya meningkatkan kolesterol baik sehingga ancaman kolesterol tinggi dan sakit jantung bisa kecil.

Ini berarti Anda akan selalu sehat. Bebas dari risiko kena sakit jantung, stroke, diabetes, atau lainnya.

Anda Juga Harus Mencegah Trigleserida Berlebihan

Ada satu jenis lagi lemak yang harus Anda kenali, yaitu trigleserida. Komponen trigleserida juga dihasilkan dari makanan yang Anda konsumsi, yaitu menghasilkan anergi.

Tetapi, jika energi sudah cukup, maka energi akan disimpan sebagai trigleserida. Kadar trigleserida akan membuat Anda sehat jika jumlahnya tidak berlebihan.

Jika berlebihan, ya trigleserida akan menjadi sumber penyakit jantung, stroke dan diabetes.

Jadi, tugas Anda di sini adalah menjaga kolesterol jahat (LDL) dan trigleserida tetap tidak melebihi batas normal. Sebab, jika melebihi batas kolesterol normal, Anda bisa terncam kena sakit jantung atau stroke.

Tetapi, bagaimana caranya supaya kolesterol jahat dan trigleserida tidak berlebihan? Apa yang harus Anda lakukan?

Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Jahat secara Alami

ikan salmon ikan salmon (sumber: ahlikolesterol.com)

Ada beberapa cara menurunkan kolesterol jahat atau kolesterol LDL. Anda bisa memilih cara yang Anda suka. Misalnya, minum obat resep dokter, minum obat herbal, minum obat tradisional atau obat alami, dsb.

Berikut ini adalah cara menurunkan kolesterol jahat/LDL dengan memanfaatkan berbagai makanan yang punya khasiat untuk itu. Ya, ini adalah cara menurunkan kolesterol secara alami yang Anda bisa melakukan dengan mudah.

Bahan makanan yang diperlukan pun bisa Anda dapatkan di pasar swalayan atau supermarket. Tetapi, jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa membeli obat herbal kolesterol di toko-toko obat herbal atau toko online.

1. Konsumsi Ikan Laut, Terutama Ikan Salmon

Anda bisa mengganti makanan daging dan ayam dengan lauk ikan, terutama ikan laut. Lemak yang terkandung dalam ikan adalah lemak jenuh rendah dan asam omega3. Ikan terbaik untuk ini adalah iklan salmon.

Asam omega3 mampu menurunkan trigleserida dan menghambat pertumbuhan plak dalam pembuluh darah. Dengan cara ini, Anda bisa menurunkan kolesterol jahat pada tubuh Anda.

2. Konsumsi Banyak Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran sangat dikonsumsi untuk menurunkan atau mencegah peningkatan kolsterol jahat. Buah dan sayuran bebas dari lemak jenuh. Sebaliknya, kaya serat yang bisa memperlancar peredaran darah.

Anggur, aprikot, apel, ubi jalar, kol adalah contoh buah dan sayuran yang mampu menurunkan kolesterol jahat.

3. Kacang-kacangan, Mengandung Banyak Asam Lemak Omega3

Kacang-kacangan juga mengandung banyak asam lemak omega3. Asam lemak dari kacangan-kacangan ini sangat efektif untuk menurunkan kolesterol jahat. Sebaliknya, bisa meningkatkan kolesterol baik dalam darah.

Contoh kacangan-kacangan yang sangat bagus untuk meningkatkan kolesterol baik adalah almond dan kenari.

Tetapi jika Anda punya kolesterol, ya hati-hati. Sebab, konsumsi kacang-kacangan bisa menyebabkan sakit asam urat kambuh.

4. Alpukat, Mengandung Lemak Tak Jenuh

Alpukat juga bisa Anda pilih untuk mengendalikan kolesterol Anda. Buah ini mengandung kalori tinggi, tetapi kandungan lemaknya tak jenuh. Karena itu, ia aman dikonsumsi karena bisa menurunkan kolesterol jahat.

Tetapi, jangan ditambah gula dan susu. Misalnya, Anda membuat jus alpukat. Jangan diberi susu atau gula. Mengapa? Ya, karena kalori dari alpukat sudah tinggi. Nanti malah tidak sehat.

5. Minuman Teh yang Non-Kafein

Minuman teh juga bisa Anda gunakan untuk menurunkan kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik. Teh mengandung epigallocatechin yang mampu mencegah terjadinya kolesterol jahat berlebihan.

Tentu saja, teh yang akan Anda konsumsi harus bebas dari kafein. Sebab, di pasar ada juga teh yang mengandung kafein. Ini justru membuat Anda tidak sehat.

6. Cokelat Hitam, Mengandung Oksidan Tinggi

Anda juga bisa mengonsumsi cokelat. Kalau bisa cokelat hitam. Biar rasanya agak pahit, tetapi khasiatnya tinggi untuk menurunkan kolesterol jahat.

Dari hasil penelitian, mereka yang mengonsumsi cokelat lebih sehat. Tekanan darahnya agak rendah, tak punya kolesterol tinggi, risiko kena stroke dan sakit jantung rendah.

7. Kedelai, Mengandung Protein Nabati Berkualitas

Kedelai juga bagus untuk menurunkan kolesterol jahat. Sebab, kedelai mengandung protein nabati yang tidak kalah dengan protein hewani. Produk dari bahan baku kedelai adalah tahu, tempe, oncom, kecap, susu, dsb.

Tetapi, makanan dari bahan baku kedelai itu jangan digoreng. Bisa jadi lemak yang digunakan menggoreng adalah lemak trans yang membahayakan kesehatan.

8. Bawang Putih

Bawang putih juga bisa Anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol. Meskipun rasa dan baunya cukup menyengat. Tetapi, khasiatnya sangat tinggi untuk menurunkan kolesterol jahat ataupun menurunkan darah tinggi.

Saya suka mengonsumsi bawang putih dengan cara diiris tipis-tipis dan dicampurkan pada nasih yang akan saya konsumsi. Bau dan rasanya tak begitu mengetat.

Anda Bisa Memilih Obat Herbal Kolesterol

obat herbal kolesterol

Jika Anda tidak ingin membuat sendiri obat kolesterol alami, Anda bisa membeli obat herbal kolesterol di toko-toko herbal atau toko online. Anda bisa memilih obat herbal yang Anda suka.

Harganya pun sangat murah. Beberapa obat dijual dengan harga di bawah Rp 100 ribu. Ya, Anda bisa memilih obat mana yang Anda suka dan anggap manjur.Selain itu, obat herbal kolesterol bebas dari efek samping yang bisa merugikan kesehatan Anda.

Obat herbal kolesterol itu antara lain, Nature’s Plus Lecithin 1200 Mg 60’s. Obat herbal untuk kolesterol ini bisa menurunkan kolesterol LDL, trigliserida dan meneningkatkan kolesterol HDL (baik). Atau HIU Mengkudu, Sidomuncul Fatraper 30’s, Al Arobi Minyak Zaitun, dsb.

Yang terpenting Anda bisa menurunkan kolesterol Anda dan Anda selalu sehat.

Demikian artikel mengenai Kolesterol Jahat, Kolesterol LDL (jahat) dan Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami. Semoga artikel ini bermanfaat.

One thought on “Kolesterol Jahat, Kolesterol LDL dan Cara Menurunkannya secara Alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *